Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kambing Boer Anakan dan Dewasa (Fullblood & Peranakan)

Harga Kambing Boer Anakan dan Dewasa (Fullblood & Peranakan)

Tidak sulit mencari kambing untuk aqiqah dan qurban, Anda bisa memilih jenis kambing boer. Sebagai salah satu ras unggulan, harga kambing boer, baik anakan maupun dewasa memang tidak murah.

Penentu Harga Kambing Boer

Sebelumnya, harga kambing boer 2022 ditentukan dari berbagai faktor. Menurut review yang jual bibit kambing boer asli, harganya ditentukan dari usia dan gender.

Namun, beberapa orang menyebutkan, jenis kambing boer juga dapat mempengaruhi harganya. Sebagai contoh, harga kambing boer import lebih mahal daripada yang lokal.

Baca Juga: Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B)

Selain itu, harga kambing boer f4 akan berbeda dengan harga kambing boer f1. Ada juga harga kambing boer 78 farm yang bervariasi di pasaran.

Lokasi pembelian juga mempengaruhi nilai jual kambing boer. Sebagai contoh, harga kambing boer Blitar berbeda dengan yang ada di Jakarta.

Untuk mengetahui update harga kambing boer teraktual, Anda bisa langsung ke pasar hewan terdekat. Namun, akan lebih mudah jika Anda menyimak informasi dari kami.

Sebelum mengetahui nilai penawaran kambing boer di Indonesia, Anda juga perlu tahu asal-usulnya. Berikut ulasannya. Namun, mungkin Anda juga tertarik dengan harga burung puyuh petelur.

Asal Usul Kambing Boer 

Penamaan Kambing Boer

Bukan termasuk ras lokal, kambing boer berasal dari Afrika Selatan. Namun, kambing ini dipelihara petani Belanda pada 1900-an.

Dengan pengaruh Belanda, akhirnya kambing boer dipindahkan dari Afrika ke Belanda. Saat itu, kambing diberi nama 'Boer' yang artinya petani dalam bahasa belanda.

Seiring berkembangnya waktu, pada 1993, kambing boer dibawa ke Amerika Serikat. Itu bertujuan untuk menyebarkan spesies tersebut.

Pengembangan Kambing Boer

Tak disangka, kambing boer menjadi cukup terkenal sebagai hewan ternak. Banyak orang AS yang menjadikannya sebagai kambing pedaging.

Untuk meningkatkan pamornya, akhirnya kambing boer dipelihara dengan cara khusus. Ini bertujuan untuk menghasilkan daging yang berkualitas dan menyehatkan.

Selain itu, pengembangan kambing boer di era modern bertujuan untuk menguntungkan peternak. Dengan pengembangannya, bentuk fisik kambing boer pun berubah.

Jenis-Jenis Kambing Boer Peranakan

Tak hanya itu, saat ini sudah banyak peternak yang mengawin silangkan kambing boer dengan jenis lain. Sehingga, terciptalah peranakan kambing boer yang sehat dan termasuk ras unggul.

Sementara kambing boer galur murni dipelihara untuk preservasi ras murni, kambing peranakan untuk produksi cempe. Dengan bibit atau anakan kambing unggulan, maka konsumen akan mendapatkan produk berkualitas tinggi.

Untuk jenis-jenis kambing boer peranakan, biasanya adalah hasil persilangan kambing boer dan kambing spanyol. Ada juga kambing boer dengan kambing anggora.

Beberapa peternak tak segan mengawinkan kambing boer murni dengan kambing kiko. Namun, kebanyakan yang dipasarkan secara lokal adalah hasil peranakan kambing boer dan kambing jawa.

Untuk peranakan lokal seperti ini, kebanyakan orang menyebutnya kambing boerawa. Ini juga termasuk jenis kambing boer peranakan unggulan.

Nah, bagi Anda yang bingung membedakan kambing boer galur murni dan peranakan, perhatikan fisiknya. Berikut ciri-ciri kambing boer. 


Harga Kambing Boer Anakan dan Dewasa (Fullblood & Peranakan)


Ciri-Ciri Kambing Boer Murni

Postur Tubuh Kambing Boer

Kambing boer sangat mudah dikenali, terutama dari postur tubuhnya. Termasuk jenis kambing berukuran besar, kambing boer murni bisa tumbuh seukuran anak sapi.

Meskipun tubuhnya sangat besar, kambing boer cenderung berkaki pendek. Tubuh kambing ini juga cenderung memanjang dan lebar.

Dengan bentuk dan ukuran tubuhnya, tak heran kambing boer menjadi primadona di kambing kelas pedaging. Apalagi, hampir semua bagian tubuhnya bisa dikonsumsi.

Sementara itu, untuk berat kambing boer jantan bisa mencapai 150 kg. Itu lebih berat daripada bobot kambing betina yang mampu mencapai 90 kg.

Bentuk Wajah Kambing Boer

Ciri khas kambing boer ras murni adalah bentuk kepala yang cenderung besar. Tak hanya itu, kambing ternak ini dinilai mempunyai bentuk wajah yang imut.

Bentuk hidung kambing noer cenderung cembung dengan totol hitam seperti kismis. Lalu, telinga kambing boer cenderung memanjang dan menggantung.

Baca Juga: Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Tatapan kambing boer juga cenderung ekspresif dengan bola mata yang membulat. Khusus kambing boer jantan, terdapat tanduk berukuran pendek di kedua kepalanya.

Bulu Kambing Boer

Hampir semua bagian tubuh kambing boer ditumbuhi bulu yang lebat dan halus. Warna bulunya cukup beragam, mulai dari cokelat muda, coklat tua, dan putih. 

Ada juga kambing boer dengan bulu berwarna cokelat kemerahan dan hitam. Mampu hidup di suhu -25 hingga 43 derajat Celsius, bulunya juga cenderung tebal dan panjang.

Dengan bulunya itu, tak heran jika kambing boer tidak mudah terserang penyakit. Ini juga yang membuatnya memiliki daya hidup tinggi.

Khusus bagian kepala kambing boer, terdapat warna gelap di bagian kanan dan kiri. Sementara itu, bagian tengahnya berwarna putih.

Nah, jika Anda berminat memelihara kambing boer untuk diternak, sebaiknya memilih indukan unggulan. Pastikan juga Anda mengetahui perbedaan indukan kambing boer jantan dan betina.

Perbedaan Kambing Boer Jantan dan Betina

  • Kambing boer jantan mempunyai tubuh yang lebih berotot daripada kambing boer betina.
  • Pundak kambing boer jantan lebih besar dan tegap dibandingkan betina.
  • Penciuman kambing boer jantan juga lebih tajam daripada betina.
  • Seekor kambing boer jantan aktif secara seksual mulai usia 7-8 bulan.
  • Namun, disarankan untuk mengawinkan indukan jantan dan betina ketika usia pejantan sudah menginjak 1 tahun.
  • Kambing boer jantan dewasa bisa dikawinkan dengan 40-40 kambing boer betina.
  • Usia produktif kambing boer jantan adalah 7-8 tahun.
  • Setelah kambing boer jantan tidak bisa kawin, Anda boleh menjadikannya kambing pedaging.
  • Sementara itu, dari segi fisik, kambing boer betina mempunyai bentuk kepala dan leher ramping.
  • Boer betina juga sangat jinak dan manja kepada pemiliknya.
  • Untuk kambing boer betina, baru bisa dikawinkan saat usianya 10-12 bulan.
  • Betina kambing boer mengalami masa kebuntingan 5 bulan dan mampu melahirkan sebanyak 3 kali selama 2 tahun.
  • Meskipun termasuk hewan ternak, kambing boer betina tidak memiliki musim kawin.
  • Anak kambing boer yang dilahirkan pertama biasanya tidak kembar, alias hanya ada satu.
  • Pada kebuntingan berikutnya, barulah kambing boer betina bisa memiliki cempe kembar sebanyak 2-3 ekor.

Selain harus mengetahui bedanya indukan jantan dan betina, Anda harus tahu ciri kambing boer yang baik. Sehingga, Anda bisa menjadikannya ternak ataupun konsumsi. Itu seperti ayam petelur.


Harga Kambing Boer Anakan dan Dewasa (Fullblood & Peranakan)


Tips Memilih Kambing Boer

  • Pilihlah kambing boer yang sehat dan bebas penyakit dari lahir.
  • Kambing boer tidak cacat dengan gusi yang merona.
  • Bulu kambing boer tidak mudah rontok dan cenderung lebat.
  • Nafsu makan kambing baik saat akan dibeli.
  • Kambing boer aktif dan tidak mudah tertidur.
  • Mata kambing boer terlihat jernih dan tidak berubah warna.
  • Gigi kambing boer rapi dan tidak menghitam.

Jika Anda sudah menentukan kambing boer yang ingin Anda beli, jangan lupa untuk mengecek harganya. Lalu, berapa harga kambing boer saat ini? Tentunya, berbeda dengan harga ayam kalkun.

Baca Juga: Harga Ikan Channa di Shopee (Limbata, Red Barito, Maru, dll)

Harga Kambing Boer

Harga Kambing Boer Fullblood

Jenis Kambing Boer Fullblood

Harga per Ekor

Kambing Boer Betina Usia 3-5 bulan 

Rp2.500.000

Kambing Boer Jantan Usia 3-5 bulan 

Rp3.000.000

Kambing Boer Betina Usia 3-5 bulan 

Rp5.200.000

Kambing Boer Jantan Usia 6-7 bulan 

Rp6.600.000

Kambing Boer Jantan Usia 8-12 bulan 

Rp7.300.000

Kambing Boer Betina Usia 3-5 bulan 

Rp7.900.000

Kambing Boer Jantan Usia 1-2 tahun 

Rp9.000.000

Kambing Boer Betina Usia 1-2 tahun 

Rp14.500.000

Harga Kambing Boer Peranakan

Jenis Kambing Boer Peranakan

Harga per Ekor

Kambing Boer Jantan F4 Usia 9 bulan 

Rp5.000.000

Kambing Boer Jantan F4 Usia 1 tahun 

Rp9.000.000

Kambing Boer Betina F4 Betina Hamil 

Rp14.500.000

Sebagai informasi, harga kambing boer di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kambing. Tentunya, harga kambing boer bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga ayam broiler.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kambing Boer Anakan dan Dewasa (Fullblood & Peranakan)"