Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Chartreux Asli Impor (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Update Harga Kucing Chartreux Asli Impor (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Ada banyak varian kucing yang berbulu abu-abu dan biru, salah satunya adalah chartreux. Harga kucing chartreux sendiri memang mahal, yakni bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Persaingan Harga Kucing Chartreux

Sering dibandingkan dengan bsh, harga kucing abu abu ini memang sama mahalnya dengan harga kucing british shorthair abu-abu. Memang, sebagian besar harga kucing abu abu tidak murah.

Namun, nilai jual kucing chartreux bisa lebih mahal dibandingkan harga kucing british shorthair non ped. Ada juga yang menyebutkan, chartreux lebih mahal dengan harga kucing british shorthair golden dan harga kucing siam.

Baca Juga: Harga Anjing Beagle (Dewasa & Anakan) dan Cara Memeliharanya

Beberapa orang juga menyebutkan, tidak ada harga kucing british shorthair murah, sama seperti chartreux. Hanya saja, nilai penawaran chartreux bisa menyaingi harga kucing scottish fold yang terbilang populer.

Sebelum membahas harga kucing chartreux di Indonesia, Anda perlu mengetahui seluk beluknya. Berikut adalah asal-usul kucing chartreux.

Asal Kucing Chartreux

Nenek Moyang Kucing Chartreux

Seperti BSH, chartreux merupakan golongan ras domestik, hanya saja berasal dari Perancis. Berdasarkan sejarahnya, chartreux baru ada pada abad 18.

Sayangnya, belum ada bukti yang sangat valid mengenai informasi perngembangan atau breeding chartreux. Ini yang membuat chartreux harga jualnya kurang transparan hingga saat ini.

Meskipun begitu, ada yang menyebutkan bahwa breeding chartreux pertama kali berlatar belakang agama. Disebutkan bahwa kucing berwarna smoke blue asal Timur Tengah yang dibawa ke Perancis adalah nenek moyang chartreux.

Breeding Kucing Chartreux

Pada tahun 1500 an, kucing chartreux mulai dikembangkan secara massive oleh para biarawan. Dikembangkan para biarawan carthusian, kucing tersebut akhirnya dinamakan chartreux.

Namun, ada yang mengklaim bahwa chartreux murni baru muncul pada 1920. Ketika itu, dua bersaudara asal Perancis (Christine dan Suzane Leger) tanpa sengaja menemukan koloni chartreux.

Kucing-kucing abu-abu berbulu pendek itu sangat umum di Kota Le Palais, Pulau Belle Ile. Itu adalah sebuah pulau di Pantai Brittany, tepatnya di barat laut Perancis.

Kepunahan Kucing Chartreux

Hingga akhirnya, dua bersaudara tersebut membawa beberapa kucing chartreux untuk di-breeding. Untuk mempopulerkan chartreux, Leger bersaudara memamerkan chartreux dalam sirkus kucing di Paris.

Meskipun kepopulerannya sempat meroket, kucing abu-abu ini juga pernah punah. Kepunahan chartreux diakibatkan perang dunia ke-2.

Meskipun trah chartreux sempat hilang, masih ada ras chartreux yang tersisa. Untuk melestarikannya, banyak breeder yang mengawinkannya dengan BSH, russian blue, dan persia.

Pengakuan Kucing Chartreux

Setelah populasi chartreux mulai stabil, anabul ini dibawa orang California dari Prancis ke Amerika pada 1970. Hingga akhirnya, pada 1987, chartreux diakui CFA (The Cat Fanciers' Association) sebagai ras baru.

Setelah mendapatkan pengakuan CFA, chartreux menjadi sangat populer. Pamor anabul ini juga semakin dikenal di seluruh dunia, hingga chartreux dijadikan sebagai maskot resmi acara festival jazz di Montreux.

Persebaran kucing chartreux tak hanya di Eropa dan Amerika, tetapi juga Asia, termasuk Indonesia. Meskipun harga chartreux di Tanah air tidak murah, banyak yang menyukainya karena bentuk fisiknya yang menggemaskan.


Update Harga Kucing Chartreux Asli Impor (Anakan & Dewasa) di Indonesia


Ciri-Ciri Kucing Chartreux

Bentuk Kepala Kucing Chartreux

Sekilas, chartreux sangat mirip dengan british shorthair karena bentuk kepalanya yang membulat. Pada bagian atasnya juga cenderung bulat, sehingga terlihat seperti boneka.

Jarak antara telinga kanan dan kiri anabul ini cenderung lebar. Sementara itu, telinganya tumbuh meruncing ke atas dengan bagian dalam berwarna abu-abu.

Hidung kucing chartreux cenderung pendek dan mungil. Tulang pipi anabul ini tidak terlalu tegas dan ini membuatnya terlihat semakin gembul.

Bentuk wajah yang mirip dengan boneka, membuat kucing chartreux harga jualnya tidak murah. Namun, ini juga yang membuatnya populer di kalangan anak-anak.

Mata Kucing Chartreux

Ciri khas kucing chartreux adalah bentuk dan warna matanya. Berbeda dengan kucing russian blue yang bermata hijau atau biru, chartreux bermata kuning keemasan.

Sekilas, warna mata chartreux memang mirip dengan BSH, hanya saja cenderung lebih terang. Untuk bentuk matanya cenderung bulat dengan ujung agak melengkung.

Saat malam, pupil kucing chartreux akan membulat dan besar. Ini membuatnya tampak sangat mirip dengan boneka.

Bulu Kucing Chartreux

Termasuk kucing domestik, chartreux memiliki bulu berlapis ganda. Bulu bagian paling bawah sangat lembut dan halus, sedangkan bagian atas agak kaku, tetapi masih lembut.

Seperti kucing berbulu pendek lainnya, bulu chartreux sangat tebal dan mirip mantel. Pada bagian paling atas, warnanya lebih gelap daripada bagian bawah.

Baca Juga: Harga Ikan Koki Bibit dan Dewasa (Panda, Oranda, dan Lainnya)

Menurut review para owner chartreux, bulu anabul ini mudah disisir dan diatur. Namun, Anda juga harus merawatnya dengan rajin supaya tidak mudah rontok.

Postur Tubuh Kucing Chartreux

Untuk membedakan chartreux dengan kucing abu-abu lainnya adalah memperhatikan postur tubuhnya. Chartreux memiliki tubuh yang tegap, cenderung berotot, dan gembul.

Dibandingkan dengan BSH, chartreux memiliki tubuh agak kecil, tetapi lebih berisi dibandingkan russian blue. Ini membuat kucing memiliki ciri khasnya tersendiri.

Selain itu, kaki chartreux tidak terlalu jenjang seperti russian blue. Jika diperhatikan, kakinya lebih berisi dan besar.

Mengetahui bentuk fisik yang unik, beberapa orang tidak hanya antusias membeli chartreux. Ada juga yang jual kucing chartreux karena memiliki perkiraan usia hidup panjang.

Perkiraan Usia Hidup Kucing Chartreux

Sebelumnya, kucing chartreux termasuk kucing berbadan medium to big. Anabul ini mampu tumbuh dengan berat sekitar 6 kg untuk dewasa jantan dan kurang dari 6 kg untuk dewasa betina.

Sementara itu, dengan tubuh besarnya, kucing chartreux diperkirakan memiliki usia hidup rata-rata selama 8-13. Namun, tak jarang ditemukan chartreux dengan usia 15 tahun.

Ada juga kucing dengan usia lebih dari 18 tahun. Panjangnya usia chartreux juga didukung dari cara Anda memelihara atau merawatnya.

Semakin baik cara memelihara kucing chartreux yang Anda terapkan, semakin panjang pula umurnya. Ini juga yang membuat harga kucing chartreux bisa lebih murah dibandingkan biaya pemeliharaannya.

Tips Memelihara Kucing Chartreux

  • Sediakan ruangan khusus untuk kucing bermain.
  • Kandang harus selalu dibersihkan supaya terhindar dari penyakit dan parasit.
  • Selalu ajak kucing bermain, apalagi jika kucing chartreux masih anakan.
  • Kitten kucing chartreux baru bisa dimandikan setelah 2 minggu.
  • Anak kucing chartreux harus diberi pakan bernutrisi lengkap.
  • Indukan chartreux membutuhkan pakan sebanyak 2 kali sehari.
  • Grooming harus dilakukan rutin untuk merawat bulu kucing.
  • Ajak kucing ke dokter hewan untuk cek kesehatan setiap tahun.

Selain itu, pastikan kucing mendapatkan vaksin lengkap untuk menghindari penyakit menular. Lalu, berapa harga kucing chartreux saat ini? Berikut rinciannya.


Update Harga Kucing Chartreux Asli Impor (Anakan & Dewasa) di Indonesia


Harga Kucing Chartreux

  • Kucing Chartreux Kitten: Rp15.000.000 - Rp28.000.000 per ekor.
  • Chartreux Dewasa Jantan atau Betina: Rp30.000.000 - Rp50.000.000 per ekor.

Sebagai informasi, harga kucing chartreux di atas sudah termasuk biaya impor. Tentunya, harga kucing chartreux tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Ada bisa mengetahui harga kucing chartreux teraktual secara langsung di breeder terdekat. Anda juga dapat melihat harga kucing chartreux di situs-commerce atau forum jual beli hewan peliharaan.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Chartreux Asli Impor (Anakan & Dewasa) di Indonesia"