Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Buah Cempedak Asli Kalimantan (Frozen & Fresh Masak Pohon)

Harga Buah Cempedak Asli Kalimantan (Frozen & Fresh Masak Pohon)


Salah satu buah dengan aroma wangi yang menjadi buruan para pelancong di Kalimantan adalah cempedak. Punya rupa mirip dengan nangka, harga buah cempedak per kg maupun per buah ternyata tidak bisa dibilang murah.

Tersebar di beberapa daerah di Indonesia, konon cempedak sudah mulai punah di beberapa wilayah. Namun jika musimnya telah tiba, konon buah ini bisa dijumpai di Kalimantan dan sekitarnya. Hal ini yang menyebabkan nilai jual cempedak meningkat di beberapa kota di Tanah Air. 

Populasi cempedak yang mulai merosot tampaknya tidak membuat jumlah peminatnya menurun, justru kian meningkat. Bahkan beberapa orang mulai melirik bisnis jual beli cempedak dan aneka hidangan terbuat dari buah tersebut.

Baca Juga : Harga Crawfish per Kg Asli Louisiana dan Cara Mengolahnya

Namun karena populasinya kian menurun, banyak pedagang yang mencampur cempedak dengan nangka. Hal ini tentunya membuat rasa makanan olahan cempedak menjadi kurang autentik. Supaya Anda tidak tertipu dan bisa menikmati cita rasa cempedak asli, berikut perbedaan cempedak dan nangka.

Perbedaan Buah Cempedak dan Nangka

Ukuran Buah Cempedak dan Nangka

Sekilas mirip, nangka dan cempedak merupakan buah dari suku Moraceae. Sementara nangka punya nama ilmiah Artocarpus heterophyllus, cempedak dikenal sebagai Artocarpus integer.

Meskipun keduanya mirip, Anda bisa membedakan buah nangka dan cempedak melalui ukurannya. Buah nangka cenderung berukuran sangat besar saat matang, bahkan saking besarnya tingginya bisa mencapai 100 cm.

Cempedak sendiri hanya mampu tumbuh hingga 50 cm untuk ukuran giant atau super jumbo grade A. Untuk kualitas terendahnya, buah cempedak tumbuh sekitar 15 cm saja.

Baca Juga : Harga Kurma Sukari 3 Kg, 1 Kg, & 500 Gr Asli (Basah dan Kering)

Meskipun ukurannya tak sebesar nangka, harga buah cempedak diketahui lebih mahal. Tentunya, ini karena rasa dan aroma daging buahnya yang terbilang khas.

Aroma Buah Cempedak dan Nangka

Selain ukuran, buah nangka dan cempedak dapat dibedakan dari aromanya. Seperti yang kita ketahui, nangka punya aroma wangi yang khas, begitu pun dengan cempedak.

Dibandingkan aroma wangi yang soft, bau cempedak sangat tajam melebihi nangka. Selain itu, terdapat aroma mirip durian dengan campuran nangka sedikit pada buah dan kulitnya.

Bagi beberapa orang, cita rasa buah cempedak bisa dinilai dari wanginya. Semakin menyengat aromanya, maka semakin legit dan manis rasa buah cempedaknya.

Rasa Buah Cempedak dan Nangka

Kulit buah nangka terbilang lebih bergerigi dan tebal dibandingkan cempedak. Saking tipisnya kulit cempedak, Anda tidak memerlukan pisau untuk mengupasnya.

Daging buah nangka dan cempedak juga bertolak belakang dari segi ukuran dan rasa. Ukuran daging buah nangka cenderung lebih tebal dan besar.

Meskipun daging buah cempedak kecil dan tak setebal nangka, rasanya lebih legit dan manis dengan aroma wangi yang khas. Tak heran jika harga buah cempedak per buah relatif lebih mahal dibanding nangka.


Harga Buah Cempedak Asli Kalimantan (Frozen & Fresh Masak Pohon)


Cara Mengolah Cempedak

Mudah dikonsumsi, Anda bisa langsung melahap buah cempedak setelah dikupas. Namun, beberapa orang lebih suka mengolahnya menjadi aneka makanan.

Anda bisa memasaknya menjadi gorengan, dodol, selai, hingga bahan tambahan untuk membuat roti. Karena rasanya yang cenderung manis, beberapa orang juga ada yang menjadikannya sebagai campuran untuk bahan baku es krim dan es putar.

Nah, apabila Anda penasaran dengan rasa dan rupa buah cempedak, Anda bisa membelinya secara langsung di lapak jual buah cempedak terdekat. Biasanya, itu adalah buah cempedak yang diimpor dari Kalimantan, Sumatera, Borneo, Maluku, Papua, dan Sulawesi.

Baca Juga : Harga Kurma Medjool 1 Kg, 500 Gr, dan Kemasan Lainnya

Namun, sebelum membeli cempedak, pastikan Anda mengetahui nilai jual cempedak di pasaran. Ini akan mempermudah Anda merencanakan anggaran belanja bulanan.

Harga Buah Cempedak dan Nangka

Varian Kemasan Buah Cempedak

Harga Buah Cempedak

Cempedak Kupas Frozen 1 kg 

Rp83.000

Cempedak Manis Kupas Fresh Matang Pohon 250 gr 

Rp45.000

Cempedak Fresh Kecil Matang Pohon 1 buah 

Rp100.000

Cempedak Fresh Sedang Matang Pohon 1 buah 

Rp110.000

Cempedak Fresh Jumbo Matang Pohon 1 buah 

Rp170.000

Cempedak Kupas Manis Tanpa Biji Frozen 1 kg 

Rp203.000

Cempedak Fresh Super Jumbo Matang Pohon 1 buah 

Rp225.000

Cempedak Fresh Giant Super Grade A Matang Pohon 1 buah 

Rp300.000

Sebagai informasi, harga buah cempedak di atas telah kami rangkum dari beberapa lapak buah di Indonesia. Tentunya, nilai jual buah cempedak bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Buah Cempedak Asli Kalimantan (Frozen & Fresh Masak Pohon)"