Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kurma Ajwa Asli (Kurma Nabi Muhammad SAW) di Pasaran

Harga Kurma Ajwa Asli (Kurma Nabi Muhammad SAW) di Pasaran


Sebagai makanan favorit Nabi Muhammad SAW, kurma ajwa terbilang laris di pasaran, apalagi menjelang bulan ramadhan. Harga kurma ajwa per kg sendiri beragam, tergantung merek dan kemasannya.

Karakteristik Kurma Ajwa

Ada ciri khas pada kurma ajwa yang tidak dimiliki kurma lainnya. Kurma nabi ini cenderung berwarna hitam dan lebih hitam dibandingkan kurma lainnya.

Dari warnanya, Anda bisa membedakan mana ajwa yang asli dan bukan dengan mudah. Selain itu, kulitnya sedikit lebih bertekstur dan kering dibandingkan kurma lainnya.

Baca Juga : Harga Ikan Selar Kuning & Hijau Berbagai Size (Segar dan Frozen)

Untuk daging buahnya sendiri cenderung banyak dengan ukuran biji kecil. Rasa kurma ajwa cenderung legit dan sangat manis.

Dengan cita rasanya, tak heran jika harga kurma ajwa tidak bisa dibilang murah. Bahkan, per kilonya saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah. 

Selain itu, kandungan gizi pada kurma ajwa terbilang lebih premium dibandingkan kurma lainnya. Dan ini juga yang membuat nilai jual kurma ajwa di pasaran hampir jarang turun.

Kandungan Nutrisi Kurma Ajwa per 100 Gr

  • 282 kkal Kalori
  • 0,39 gr Lemak
  • 75,03 gr Karbohidrat
  • 2,45 gr Protein
  • 2 mg Sodium
  • 656 mg Kalium

Melihat kandungan gizinya yang sangat komplek, tak heran jika harga kurma ajwa per 500 gram tidak murah. Apalagi jika buah ini punya nilai sendiri bagi umat Islam.

Nilai Kurma Ajwa Bagi Muslim

Selain karena rasanya yang khas dengan manis dan legit mirip madu, kurma ajwa punya nilai tersendiri bagi umat Islam. Nama buah ini diklaim paling banyak disebut dalam surat-surat Al-Quran.

Di antara surah-surah tersebut, yakni Ar-Ra'd, Maryam, Al-Baqarah, Al-Hasyr, dan Qaaf. Tak hanya itu, kurma ajwa kerap dituliskan dalam hadist Rasulullah.

Baca Juga : Harga Ikan Kakatua ‘Guardian of The Blue Sea' per Ekor di Pasaran

Disebutkan pula disunnahkan bagi kaum muslim untuk berbuka dengan kurma seperti kurma ajwa. Ada beberapa hal yang menjadi dasar nilai sunnahnya, salah satunya adalah manfaatnya.

Manfaat Kurma Ajwa

Dikutip dari beberapa sumber, kurma ajwa merupakan jenis kurma pertama yang ditanam oleh Rasulullah SAW. Hal ini menyebabkan kurma ajwa dinobatkan menjadi salah satu jenis kurma premium termahal yang populer di Tanah Air.

Dilansir dari Shahih Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barang siapa memakan tujuh butir kurma ajwa di pagi hari maka hari itu ia terlindung dari racun dan sihir.” Hal  ini diriwayatkan Sa'ad bin Abi Waqqash.

Dalam beberapa hadist juga disebutkan, ajwa merupakan salah satu buah yang berasal dari surga dan sebagai obat penangkal racun. Hadits ini diriwayatkan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.

Khasiat kurma ajwa lainnya adalah mencegah kelaparan. Dalam Hadits Riwayat Muslim nomor 2046 dijelaskan, rumah yang tidak ada tamr atau kurma kering di dalamnya, maka penghuninya akan kelaparan.

Dalam beberapa kesempatan, Ibnu Qayyim juga pernah menyampaikan bahwa kurma basah, termasuk jenis ajwa bisa meningkatkan kecerdasan seseorang. Ini juga alasan, buah kurma ajwa menjadi incaran para ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga : Harga Corn Snake Baby, Adult, Amel, Anery, Snow, dll per ekor

Nah, sebelum Anda mencari lapak jual kurma ajwa terdekat, pastikan Anda sudah mengetahui harganya. Berikut referensi harga kurma ajwa di pasaran dalam berbagai merk.

Harga Kurma Ajwa

Merk Kurma Ajwa

Harga Kurma Ajwa

Kurma Ajwa Madinah DOUVA Toples 7 butir 

Rp19.500

Kurma Ajwa Premium Grade A Toples 220 gr 

Rp54.000

Amristores Kurma Ajwa Madinah Premium 250 gr 

Rp54.449

Kurma Ajwa Al Madinah 500 gr  

Rp65.000

Kurma Ajwa Jumbo Nabi Madinah Premium Super XL 500 gr 

Rp99.000

Kurma Ajwa Madinah Castle Farms Medium 500 gr 

Rp120.000

Kurma Ajwa Madinah Castle Farms Premium Toples 

Rp125.000

Kurma Ajwa Madinah DOUVA Toples 500 gr 

Rp129.990

Kurma Ajwa Al Madinah 1kg  

Rp129.999

Kurma Ajwa Madinah Castle Farms Premium 

Rp139.000

Kurma Barari Ajwa 500 gr 

Rp151.900

Kurma Ajwa Jannata Al-Madinah Import 500 gr 

Rp180.000

Kurma Ajwa Safiya Super Premium Original Saudi 1 kg 

Rp199.500

Kurma Ajwa Al Madinah Premium Kemasan Kaleng 1 kg 

Rp205.000

Kurma Ajwa Madinah Castle Farms Premium 1 kg 

Rp235.000

Sebagai informasi, harga kurma ajwa di atas telah kami rangkum dari berbagai lapak kurma di Indonesia. Tentunya, nilai jual kurma ajwa tidak terikat dan bisa berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kurma Ajwa Asli (Kurma Nabi Muhammad SAW) di Pasaran"