Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Teripang Laut (Gamat) Segar (Basah) dan Kering di Pasaran

Harga Teripang Laut (Gamat) Segar (Basah) dan Kering di Pasaran


Salah satu seafood yang dikenal punya segudang manfaat untuk kesehatan adalah teripang. Hewan laut ini diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak heran jika harga teripang laut segar atau basah dan kering per kg tidak bisa dibilang murah.

Karakteristik Teripang Laut

Habitat Teripang Laut

Sebagai hewan tak bertulang belakang, timun laut atau teripang masuk dalam famili Holothuriidae dan Stichopodidae. Juga dikenal dengan istilah gamat dan trepang, hewan ini dapat dimakan dan memiliki nilai jual tinggi.

Dikutip dari Journal IPB sekitar 2000 spesies tersebar di lautan dunia. Meskipun begitu, timun laut ini lebih banyak ditemukan di zona pasang surut hingga laut dalam. 

Baca Juga : Harga Ikan Dover Sole Eropa, Ikan Sebelah Sisa Nabi Musa di Indonesia

Kebanyakan spesies teripang yang bisa dikonsumsi juga berasal dari Samudera Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Tak heran jika akhirnya banyak penangkap teripang hilir mudik di lautan tersebut.

Menangkap gamat laut terbilang mudah jika air laut sedang surut. Apalagi hewan ini hidup di air yang jernih dan dekat terumbu karang.

Tak perlu peralatan khusus untuk menangkapnya. Para nelayan hanya membutuhkan ember sebagai wadahnya dan menangkapnya dengan tangan.

Karakteristik Teripang Laut

Seperti julukannya, timun laut punya bentuk lonjong mirip buah timun. Ukurannya sendiri cukup beragam, tergantung usianya.

Sekilas, bentuknya juga mirip dengan cacing, hanya saja lebih gemuk dan cenderung membulat. Bentuk tubuhnya ini membuat gerakan gamat laut lambat dan mudah ditangkap.

Beberapa jenis teripang mampu tumbuh sepanjang 15 cm hingga 30 cm. Karena tidak memiliki tulang, teripang mempunyai tubuh yang lunak. 

Bagian kulitnya diselimuti dengan lendir dan beberapa spesies ada yang berduri lunak. Sementara itu, warna dan corak teripang cukup beragam, ada yang berwarna cokelat, hitam, kebiruan, hingga cokelat kemerahan.

Tekstur Daging Teripang Laut

Karena tidak memiliki tulang, daging teripang cenderung kenyal. Sekilas, teksturnya mirip dengan cumi-cumi, hanya saja lebih berserat.

Seolah berlapis, daging yang paling dekat dengan kulit teksturnya lebih kenyal. Dengan tekstur daging yang beragam, tak heran beberapa orang suka mengonsumsinya.

Sementara itu, citarasa gamat laut cenderung gurih dengan aroma khas lautana yang segar. Seafood ini juga mudah menyerap bumbu, tak heran jika orang biasanya akan memarinasinya sebelum mengolahnya.

Baca Juga : Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng

Untuk mengolah teripang sendiri gampang-gampang sulit. Jika kurang tepat, maka dagingnya akan keras dan tidak kenyal.

Cara Mengolah Teripang

Ada berbagai cara untuk mengolah teripang, tetapi dasarnya adalah direbus terlebih dahulu. Beberapa orang akan menambahkan kapur sirih pada air rebusan timun laut.

Air kapur sirih akan menghilangkan aroma amis serta lendir teripang tersebut. Setelah direbus, teripang harus disikat dan dibersihkan hingga lendirnya hilang.

Merebus teripang tidak hanya dilakukan sekali, karena hewan ini sangat berlendir. Teripang yang sudah direbus baru bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Meskipun begitu, sebagian besar orang lebih suka mengeringkannya untuk dijadikan obat atau kerupuk. Harga teripang laut yang sudah diolah tentunya berbeda dengan teripang segar.

Umumnya, nilai jual teripang basah lebih murah daripada teripang olahan. Selain dijadikan obat, gamat laut bisa dijadikan kerupuk dan asinan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga teripang laut segar maupun olahan, pastikan Anda tahu kandungan nutrisinya. Berikut rinciannya.


Harga Teripang Laut (Gamat) Segar (Basah) dan Kering di Pasaran


Kandungan Gizi Teripang Laut

  • 462 kkal Kalori
  • 39,1 gr Protein
  • 32,4 gr Lemak
  • 3,5 gr Karbohidrat
  • 315 mg Natrium
  • 5,3 mg Niasin
  • 402,5 mg Kalium
  • 616 mg Fosfor

Selain itu, teripang diperkaya vitamin B1, vitamin A, dan zat besi. Dengan kandungannya, tak heran jika gamat laut punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Teripang Laut

  • Mengatasi penyakit radang sendi
  • Menurunkan kolesterol
  • Baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Menghambat perkembangan sel kanker
  • sebagai antiinflamasi untuk mempercepat penyembuhan luka
  • Menjaga kesehatan hati

Banyaknya manfaat gamat laut di atas menjadi salah satu penyebab harga teripang laut tidak murah. Berikut rinciannya.

Baca Juga : Harga Kucing Snowshoe Asli Amerika di Indonesia per Ekor

Harga Teripang Laut

Varian Teripang Laut

Harga Teripang Laut

Kerupuk Teripang Hitam Khas Madura Siap Makan 75 gr 

Rp27.000

Kerupuk Teripang Hitam Khas Madura Siap Makan 100 gr 

Rp37.000

Teripang Laut (Sea Cucumber) Basah Siap Masak Grade A 100 gr Isi 2-3 

Rp55.000

Haisom Teripang Basah Asli Belitung 500 gr Isi 5-8 

Rp270.000

Haisom Teripang Gamat Laut Kering 100 gr Isi 3-4 

Rp315.000

Haisom Teripang Gamat Laut Kering 250 gr Isi 8-9 

Rp730.000

Haisom Teripang Gamat Laut Kering 500 gr Isi 16-17 

Rp1.430.000

Haisom Teripang Kering Asli Belitung 500 gr Isi 15 

Rp1.664.000

Haisom Teripang Kering Asli Belitung 1 kg Isi 40 

Rp2.700.000

Haisom Teripang Gamat Laut Kering 1 kg Isi 30-32 

Rp2.800.000

Sebagai informasi, harga teripang laut di atas bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda di tiap daerah. Selain itu, rincian nilai jual teripang laut tersebut telah kami rangkum dari berbagai lapak penjual hasil laut di Indonesia.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Teripang Laut (Gamat) Segar (Basah) dan Kering di Pasaran"