Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Ikan Layur Segar, Frozen, Steak, dan Kering di Pasaran

Harga Ikan Layur Segar, Frozen, Steak, dan Kering di Pasaran


Ikan layur menjadi salah satu bahan pangan yang laris di pasaran dan kerap diekspor. Selain tersedia harga ikan layur segar per kg, ada juga varian asin, kering tawar, frozen, steak, hingga keripik di pasaran.

Karakteristik Ikan Layur

Asal Ikan Layur

Dikenal dengan nama ilmiah trichiurus lepturus, layur termasuk ikan laut yang bisa dikonsumsi. Sebagai komoditi pasar Tanah Air, layur tersebar di perairan tropika.

Memiliki banyak jenis, layur yang hidup di Samudera Pasifik dan Atlantik berbeda. Ini yang menyebabkan, ikan layur diekspor ke beberapa negara untuk menciptakan keragaman bahan pangan.

Bentuk Ikan Layur

Termasuk ikan yang mudah dikenali, layur punya cirikhas pada bentuk tubuhnya. Tak seperti ikan konsumsi pada umumnya, hewan laut ini punya tubuh super panjang.

Baca Juga : Harga Teripang Laut (Gamat) Segar (Basah) dan Kering di Pasaran

Di laut lepas, ikan layur mampu tumbuh hingga sepanjang 2 meter. Sementara itu, berat maksimalnya 5 kg dengan usia hingga 15 tahun.

Tak hanya panjang, ikan layur bertubuh pipih dengan moncong mengerucut. Sementara itu, kulitnya berwarna perak keputihan.

Terbilang mudah ditangkap, layur punya kebiasaan unik. Ikan ini akan muncul di perairan dangkal untuk memangsa plankton krustasea.

Ciri Ikan Layur Segar

Nah, sebelum Anda pergi ke pasar dan menawar harga ikan layur, pastikan Anda tahu ciri ikan yang segar. Ikan lemur segar cenderung berbau amis dan tidak tengik.

Selain itu, insangnya berwarna merah cerah dan bola matanya tidak pucat. Kulit ikan layur segar juga tidak berlendir dan tidak mudah mengelupas.

Sama seperti ikan laut pada umumnya, layur punya daging dengan cita rasa gurih dan asin. Sementara itu, tekstur dagingnya cenderung lembut dan sedikit berlemak.

Baca Juga : Harga Ikan Dover Sole Eropa, Ikan Sebelah Sisa Nabi Musa di Indonesia

Dengasn tekstur dagingnya, tak heran jika banyak orang jual ikan layur mendapat untung. Pasalnya, banyak konsumen yang ketagihan dengan kelezatan ikan layur.

Dibalik kelezatan ikan layur, ternyata ada banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Berikut rinciannya.

Kandungan Gizi Ikan Layur 100 Gr

  • 82 kkal Kalori
  • 1 gr Lemak
  • 18 gr Protein
  • 48 mg Kalsium
  • 229 mg Fosfor
  • 2,20 mg Zat Besi
  • 4 mcg Vitamin A

Selain itu, ikan layur kaya dengan serat dan vitamin B. Kandungan nutrisi ikan layur tersebut membuat bahan pangan ini bisa dijadikan sumber gizi harian yang beik.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Layur

  • Baik untuk tumbuh kembang anak
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mencegah penyakit mata

Setelah mengetahui kandungan gizi serta manfaat ikan layur, pastinya Anda semakin tertarik untuk membelinya. Nah, pastikan juga Anda tahu cara mengolahnya.

Tips Memasak Ikan Layur

Ikan layur segar harus dipotong-potong terlebih dahulu dan dibersihkan isi perutnya. Setelah itu baru dicuci bersih dengan air mengalir.

Siapkan bumbu aromatik seperti jeruk nipis, jahe, dan serai untuk menghilangkan aroma amisnya. Beberapa orang juga ada yang menggunakan buah nanas dan ketumbar.

Tiriskan ikan dan marinasi dengan bumbu aromatik selama 15-30 menit. Jika Anda ingin cara memasak ikan layur yang praktis, Anda juga bisa langsung menambahkan bumbu masak.

Bumbu sederhana seperti gula, merica, bawang, dan kunyit bubuk bisa Anda tambahkan. Setelah itu, ikan siap dimasak menjadi ikan goreng, ikan bakar, dan olahan lainnya.

Baca Juga : Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng

Dari semua aneka hidangan layur, beberapa orang suka memasaknya menjadi gulai layur pedas. Bumbunya memang cukup banyak, tetapi rasanya tak kalah enak dengan hidangan ikan lainnya.

Nah, sebelum Anda memasak gulai ikan layur, pastikan Anda mengetahui nilai jual ikan layur. Berikut harga ikan layur di pasaran.

Harga Ikan Layur

Kemasan Ikan Layur

Harga Ikan Layur

Ikan Layur Medium Asin Kering RJ Fish 1 pcs 

Rp3.900

Ikan Asin Layur Super 500gram 

Rp19.500

Ikan Asin Layur Tawar 250 gr 

Rp20.000

Ikan Layur Frozen Steak 500 gr 

Rp27.500

Ikan Layur Potong Kualitas Ekspor Fresh 500 gr 

Rp31.500

Ikan Asin Layur Super 1kg 

Rp37.000

Ikan Asin Layur Tawar 500 gram 

Rp38.000

Keripik Ikan Layur 200 gr 

Rp39.500

Ikan Layur Segar Berkualitas Grade A 1 kg isi 2-3 

Rp60.000

Ikan Layur Fresh Sudah Dibersihkan 1 kg isi 3-5 ekor 

Rp67.000

Ikan Layur Besar Segar 1kg isi 3-4 ekor 

Rp70.000

Sebagai informasi, harga ikan layur di atas telah kami rangkum dari beberapa lapak dagang ikan dan seafood. Tentunya, nilai jual ikan layur bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Ikan Layur Segar, Frozen, Steak, dan Kering di Pasaran"