Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Ikan Dover Sole Eropa, Ikan Sebelah Sisa Nabi Musa di Indonesia

Harga Ikan Dover Sole Eropa, Ikan Sebelah Sisa Nabi Musa di Indonesia


Salah satu jenis hidangan mewah yang kerap menjadi incaran para old money di luar negeri, khususnya di Eropa adalah ikan dover sole. Harga ikan dover sole sendiri bisa mencapai jutaan rupiah jika sudah diolah.

Karakteristik Ikan Dover Sole

Asal Ikan Dover Sole

Secara ilmiah, ikan dover termasuk keluarga Soleidae. Bisa dibilang, ikan ini masih satu keluarga dengan ikan lidah dan ikan sebelah.

Juga dikenal sebagai Ikan Sisa Nabi Musa, dover sole cukup terkenal di daratan Eropa. Beberapa orang ada yang mengklasifikasikannya dalam jenis ikan leper.

Kerap disebut ikan sole atau Solea solea, ikan dover memang lebih banyak ditemukan di sekitar perairan Eropa. Spesies ini sangat berbeda dengan leper yang ada di Amerika.

Baca Juga : Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng

Untuk ikan sebelah yang ada di Negeri Paman Sam, umumnya adalah ikan leper dari keluarga Pleuronectidae, lemon sole, Microstomus pacificus, dan petrale. Ikan leper ini ada yang hidup di air tawar dan ada yang di laut.

Bentuk Ikan Dover Sole

Berbeda dengan ikan sebelah yang ada di Amerika, dover sole asal Eropa punya ciri khas badan yang lebih pipih, tetapi menebal di bagian kepala. Sementara itu, ikan leper asal Amerika punya bentuk pipih merata.

Perbedaan lainnya ada pada bentuk tubuhnya. Dover sole Eropa cenderung oval dan mengerucut di bagian ekor.

Sementara itu, ikan leper Amerika punya tubuh cenderung bulat. Dari bagian kepala hingga ekor juga terlihat lebih lebar dibanding dover sole.

Corak atau motif dan warna sisik dover sole dan leper Amerika juga berbeda. Dover punya corak seperti warna pasir laut yang dengan bintik hitam di beberapa bagian sisiknya.

Pada ikan leper asal Negeri Paman Sam, sisiknya cenderung berwarna gelap dengan sedikit corak bergaris. Garis-garis ini cukup jelas, sehingga mempermudah Anda untuk membedakan keduanya.

Selain itu, sirip punggung dan perut dover sole lebih pendek dibandingkan leper Amerika. Untuk kepala dan mulut dover sole juga lebih kecil dibandingkan saingannya.

Tekstur dan Rasa Ikan Dover Sole

Cukup terkenal di Paris, ikan dover sole menjadi salah satu hidangan yang pernah disantap Putri Diana sebelum wafat. Menjadi hidangan mewah di resto ternama, yakni L'Espadon Ritz, dover sole hampir tak pernah turun pamornya.

Tanpa bumbu dan hanya dimasak dengan cara sederhana seperti di grill, daging dover sole sudah sangat lezat. Konon, rasanya sangat gurih dengan after taste yang manis.

Selain itu, tekstur daging ikan dover sole terkenal sangat lembut dan mudah digigit, inilah alasan harga ikan dover sole tidak murah. Apalagi, Anda tidak memerlukan pisau untuk momotong daging yang tebal.

Cukup gunakan sendok, daging akan terlepas dari durinya dan terpotong dengan rapi. Anda juga bisa mengeluarkan tulang punggungnya dengan garpu atau sendok sebelum menyantapnya.

Untuk ukuran ikan dover sole yang dihidangkan di tiap restoran beragam karena ikan ini mampu tumbuh dengan berat hingga 1,6 kg. Namun, beberapa restoran ada yang menyediakan dover dengan berat minimal 500 gr.

Dengan berat dan ukurannya yang besar, dover terbilang cocok untuk dijadikan hidangan dalam acara keluarga. Apalagi jika ikan ini dimasak dengan beragam kondimen lain, seperti sayur dan buah.


Harga Ikan Dover Sole Eropa, Ikan Sebelah Sisa Nabi Musa di Indonesia


Tips Memasak Ikan Dover Sole

Harga ikan dover sole di restoran ternama bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, Anda bisa mendapatkan yang lebih murah dalam kondisi segar.

Memang, nilai jual ikan dover sole bisa melejit karena sudah diolah dan dimasak menggunakan beragam bumbu serta bahan pangan lain. Untuk mendapatkan yang lebih murah, Anda harus membelinya di pasar dalam kondisi segar atau frozen.

Baca Juga : Harga Kucing Snowshoe Asli Amerika di Indonesia per Ekor

Setelah mendapatkan ikan dover pilihan, pastikan Anda segera mengolahnya. Jika ikan sudah tidak segar, maka cita rasa dan tekstur dagingnya akan berubah.

Mengolah ikan dover juga tidak bisa sembarangan, karena bisa membuat rasa manisnya berkurang atau hilang. Tentunya akan sangat disayangkan jika rasanya berubah bukan?

Sebelum dimasak, bersihkan ikan dover menggunakan air hingga bersih. Anda bisa memisahkan sisik dan daging ikan sebelum memasaknya.

Gunakan bumbu sederhana untuk meningkatkan cita rasa ikan itu sendiri. Bumbu yang terlalu berempah kadang bisa membuat rasa khas daging ikan ini hilang.

Anda bisa menambahkan sedikit garam dan lada putih saja sebagai bumbu marinasi. Jika Anda ingin ikan lebih gurih, tambahkan sedikit irisan bawang bombay.

Masak daging dengan api kecil hingga sedang supaya dagingnya tidak rusak dan teksturnya menjadi lembut. Beberapa orang akan menggunakan pan dan mentega yang sudah dipanaskan untuk memasaknya supaya daging ikan lebih garing.

Memasak ikan dover tidak membutuhkan waktu yang lama, maksimal 5-10 menit. Praktis sekali bukan?

Baca Juga : Harga Udang Jerbung per Kg Segar dan Frozen (Semua Size)

Sangat mudah dijumpai di Eropa, konon ikan ini sudah diekspor ke Tanah Air. Sementara itu, berapa harga ikan dover sole di Indonesia?

Harga Ikan Dover Sole di Indonesia

Varian Kemasan Ikan Dover Sole

Harga Ikan Dover Sole

Tepung Ikan Dover Sole Food People 100% Pure Di Yu Fen 250 gr 

Rp175.000

Ikan Dover Kering Pasar Dried Food 50 gr 

Rp209.000

Ikan Dover Sole Frozen Fillet 1 ekor

Rp290.000 - Rp332.000

Tepung Ikan Dover Sole Food People 100% Pure Di Yu Fen 500 gr 

Rp383.000

Ikan Dover Sole Segar 1 ekor 

Rp400.000 - Rp600.000

Perlu diingat, harga ikan dover sole di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, nilai jual ikan dover sole bisa berbeda di tiap restoran.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Ikan Dover Sole Eropa, Ikan Sebelah Sisa Nabi Musa di Indonesia"