Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)

Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)

Ada banyak jenis kepiting yang dijual di pasaran dan salah satu yang paling unik adalah kepiting kenari. Memiliki ukuran tak biasa, harga kepiting kenari, baik per kg hingga per ekor relatif mahal.

Jenis-Jenis Kepiting Kenari

Lebih dikenal dengan nama ketam kelapa (Birgus latro) kepiting kenari termasuk jenis arthropoda darat terbesar di dunia. Hal ini yang membuat harga kepiting kelapa relatif mahal di berbagai belahan dunia.

Meskipun disebut kepiting, ketam kenari termasuk jenis keong atau umang-umang. Hanya saja, hewan darat ini tidak memiliki cangkang.

Itu bisa dilihat dari postur tubuhnya yang memang sangat mirip dengan keong. Diketahui, ketam kelapa termasuk jenis umang-umang yang sangat maju dalam hal evolusi.

Baca Juga: Harga Burung Kacer (Gacor, Poci, dll) per Ekor dan Cara Memeliharanya

Di mancanegara, kepiting kenari lebih dikenal dengan nama terrestrial hermit crab. Berbeda dengan jenis lokal, untuk yang ditemukan di Eropa ada ketam kelapa yang tidak meninggalkan cangkangnya hingga dewasa.

Jenis ketam kenari yang tidak meninggalkan cangkangnya, salah satunya jenis Coenobita. Namun, memang yang paling umum dikonsumsi adalah Birgus latro.

Secara lokal, kepiting kenari lebih banyak dijumpai di daerah Indonesia bagian timur. Anda bisa mudah menemukannya di Sulawesi Tenggara, Ternate (Maluku), hingga Papua.

Namun, ada juga yang menjual kepiting kelapa di Samarinda, Jakarta, dan Balikpapan. Setiap daerah akan mematok nilai jual kepiting kenari yang berbeda.

Harga kepiting kenari Ternate misalnya, berbeda dengan nilai jual kepiting kenari Jakarta. Begitu pula dengan nilai jual kepiting kenari Samarinda, berbeda dengan harga kepiting kenari Balikpapan.

Biasanya, di daerah non penghasil, nilai jual kepiting kenari akan semakin mahal. Bahkan, harga kepiting kenari Surabaya bisa mencapai jutaan rupiah.


Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)


Karakteristik Kepiting Kenari

Ukuran Kepiting Kenari

Karakteristik kepiting kenari terbilang sangat unik. Anda bisa melihatnya dari ukuran tubuh yang sangat besar.

Untuk kepiting kenari dewasa, beratnya bisa mencapai lebih dari 4 kg. Sementara untuk panjang tubuhnya mampu mencapai 40 cm dengan panjang kaki sekitar 200 cm. Menurut review penggiat kuliner seafood, ketam kenari jantan lebih besar daripada betina.

Namun, untuk mencapai ukuran yang besar, kepiting kenari memiliki pertumbuhan yang lama. Usia hidup ketam kelapa sendiri berkisar antara 30 tahun hingga 60 tahun.

Anatomi Kepiting Kenari

Memiliki struktur tubuh mirip keong, hanya saja tidak bercangkang, ketam kenari terbagi menjadi tiga bagian. Dari bagian depan, yakni kepala-dada atau sefalotoraks.

Lalu, bagian kaki di samping kepala yang terdiri dari 10 kaki. Dan yang terakhir abdomen atau perut.

Bagian kaki paling depan merupakan sepasang capit besar yang berfungsi mengupas kelapa dan termasuk bagian paling keras. Capit ini dilengkapi cakar untuk mengangkat benda dengan berat hingga 29 kg.

Dua pasang kaki berikutnya lebih kecil dari capitnya, tetapi cukup besar dibandingkan kaki paling belakangnya. Kaki-kaki ini berguna untuk memanjat pohon kelapa yang tinggi.

Baca Juga: Harga Belut per Kg (Hidup, Segar, Frozen, dan Siap Goreng)

Dikenal sebagai pemanjat ulung, ketam kenari mampu memanjat pohon kelapa hingga ketinggian 6 m. Sementara kaki bagian belakang bertugas seperti pinset dengan cakar sebagai alat bantu ketika kepiting ingin bersembunyi dalam batok kelapa.

Ciri Khas Kepiting Kenari

Kerap disebut kepiting daripada umang-umang, ada ciri khas dari ketam kenari yang bisa dilihat di bagian ekornya. Layaknya kepiting sejati, ketam kelapa akan mengeraskan perisai perutnya dengan cara menumpuk keratin dan kapur.

Sebagai bentuk perlindungan, ketam kelapa juga membengkokkan ekornya, seperti kepiting sejati. Tak hanya itu, ketam kelapa juga mengalami pergantian kulit yang berlangsung selama 30 hari seperti kepiting.

Selama berganti kulit, tubuh kepiting kenari menjadi lunak. Untuk melindungi dirinya dari predator, ketam kenari akan mencari batok kelapa sebagai tempat bersembunyi.

Kepiting Kenari Dilindungi

Tak semua tempat diperbolehkan menjual dan ternak kepiting kenari di Nusantara. Di beberapa tempat, bahkan kepiting kenari dilindungi negara.

Hal ini sesuai SK Menteri Kehutanan No.12/KPTS-II/Um/ 1987 dan PP No.7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Surat keputusan kepiting kenari jadi satwa buru itu keluar dari KLHK 8 Agustus 2017 dari semula dilindungi jadi satwa buru.

Sehingga, untuk mengolah kepiting kenari, harus mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) setempat. Baik itu untuk diternak atau dijual.

Baca Juga: Harga Karangan Bunga Duka Cita Semua Ukuran dan Desain

Terlebih, jika Anda berada di daerah non penghasil atau berada di daerah penghasil, tetapi jumlah kepiting kenari sudah mulai jarang. Meskipun begitu, kepiting kenari bukan termasuk hewan terancam punah.

Ini karena sudah banyak orang mulai mendapatkan izin dari KSDAE untuk ternak dan melestarikan kepiting kenari. Nantinya, tidak semua ketam kelapa yang diternak akan diperjualbelikan, tetapi juga ada sebagian yang dilepas di alam liar untuk menjaga populasinya.


Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)


Harga Kepiting Kenari di Restoran

Nilai jual kepiting kenari sangat beragam, tergantung dari ukurannya. Umumnya, yang diperjualbelikan adalah ketam kelapa yang sudah dewasa atau sudah pernah bertelur.

Dilansir dari akun YouTube Nex Carlos (Youtuber kuliner ternama di Indonesia), di Ternate, harga kepiting kenari yang sudah menjadi hidangan kuliner dibedakan dari ukurannya. Untuk nilai jual ketam kelapa ukuran kecil mulai Rp450.000 per porsi dan ukuran sedang mulai Rp500.000 per porsi.

Namun, jika Anda ingin makan kepiting kenari ukuran besar, harga jualnya mulai Rp600.000. Itu sudah termasuk jasa memasak, seperti dimasak dengan bumbu saus padang, saus tiram, dan saus asam manis.

Selain dijual dalam bentuk hidangan, ada juga yang menjual dalam kondisi segar atau hidup. Biasanya itu dipatok dengan harga kepiting kenari per ons, per gr,  per kg, hingga per ekor. Untuk lebih jelasnya, berikut tabelnya.

Daftar Harga Kepiting Kenari

Ukuran Kepiting Kenari

Harga per Ekor

Kepiting Kenari 250 gr

Rp500.000 - Rp700.000

Kepiting Kenari 500 gr 

Rp1.200.000

Kepiting Kenari 1 kg 

Rp2.400.000

Kepiting Kenari 2 kg 

Rp4.800.000

Sebagai informasi, harga kepiting kenari di atas telah kami rangkum dari situs jual beli online ternama. Tentunya, nilai jual kepiting kelapa bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)"