Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Terbaru Harga Kucing British Shorthair Murah (Anakan dan Dewasa)

Info Terbaru Harga Kucing British Shorthair Murah (Anakan dan Dewasa)

Tak hanya Siamese cat, ternyata British short hair telah dikenal banyak orang sebagai kucing ras yang unik. Meskipun bentuk fisiknya agak mirip dengan kucing domestik, harga kucing British shorthair tidaklah murah. 

British shorthair anakan atau kitten maupun dewasa, memiliki biaya adopsi mulai jutaan rupiah, meskipun begitu ada saja yang menjualnya dengan harga murah.

Kucing British Shorthair Pekerja Keras

Sekilas, ras kucing British shorthair tampak seperti kucing kampung, karena bulunya yang pendek. Selain itu, bentuk tubuhnya tidak seperti ras kucing lainnya yang cenderung bulat.

Di daerah asalnya sendiri, kucing tersebut memang dianggap sebagai kucing domestik. Tak seperti kucing Anggora atau Persia, British shorthair umumnya dilepas liar di jalanan.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mengadopsinya sebagai kucing rumahan. Beberapa orang bahkan tidak rela jika kucingnya harus dilepas begitu saja.

Sebelum menjadi kucing rumahan, British shorthair adalah jenis kucing pekerja. Kucing ini dipelihara untuk membantu petani mengusir hama tikus. Tak hanya itu, beberapa orang memeliharanya sebagai hewan penjaga di depan rumah.

Morfologi Kucing British Shorthair

Namun, bentuk fisik yang menawan, gagah, tetapi terlihat mewah, membuat beberapa orang merasa sayang untuk menjadikannya sebagai kucing pekerja. Sebagai kucing pekerja, memang hewan ini bertubuh kekar dan cenderung berkaki panjang jika dibandingkan dengan kucing domestik.

Dengan bentuk fisik yang unik, mamalia mungil ini terlihat seperti boneka beruang mungil yang hidup. Hal ini yang menjadi daya tarik utamanya dan membuat tarif kucing British shorthair tidak semurah kucing domestik.

Termasuk kucing keluarga yang ideal, British shorthair memiliki bulu yang pendek dan lembut. Beberapa kucing bahkan memiliki bulu yang empuk, seperti kapas.

Baca Juga: Harga Daechang Halal dan Bedanya dengan Gopchang (Usus Sapi Korea)

Meskipun termasuk kucing yang gahar dan keras kepala, mamalia mungil ini sangat manja dengan ownernya. Seperti kucing ras lainnya, ternyata anabul ini suka dipeluk, digendong, dan dielus.

Dengan sifat manjanya, beberapa orang tidak mempermasalahkan harga kucing British shorthair 2023 yang mahal. Selain itu, karakteristik kucing ini membuat para pencinta kucing mudah jatuh hati.

Karakteristik Kucing British Shorthair

Memiliki sifat pekerja keras, temperamen kucing British shorthair terbilang sulit dikalahkan. Mungkin, jika Anda memelihara kucing tersebut dengan jenis lainnya, maka British shorthair adalah yang paling dominan.

Meskipun cenderung paling dominan, anabul berbulu tipis ini sangat aktif dan super ceria. Kucing akan suka bermain apapun, bahkan mereka suka berlarian di dalam rumah.

Sifat lain yang dimiliki British shorthair adalah penuh kasih sayang, pintar, mudah beradaptasi, dan tahu cara membuka diri. Hal ini yang membuat mereka bisa dipelihara dengan jenis kucing lain tanpa membuat ricuh, bahkan bisa menjadi leader yang baik bagi kucing jenis lain.

Meskipun sangat aktif, kucing tersebut juga bisa santai dan tenang. Hal ini yang membuat mereka bisa dijadikan sebagai teman yang baik bagi cat lovers.

Kucing British Shorthair Bisa Malas

Jika kucing sudah dewasa dan berusia lebih dari satu tahun, maka mereka juga bisa bersifat malas. Biasanya, mereka akan rebahan sepanjang waktu setelah lelah bermain kejar-kejaran dengan lainnya.

Termasuk jenis kucing yang ambivert, British shorthair tidak harus diperhatikan sepanjang hari. Mereka juga bisa menghargai privasi ownernya dan tidak memerlukan terlalu banyak pelukan.

Mampu menempatkan dalam segala situasi, British shorthair juga tergolong kucing yang cerdas. Ini juga yang membuat harga kucing British shorthair tidak bisa dibilang murah.

Nah, untuk jenis anabul tersebut dibedakan dari warna atau pola bulunya. Tidak semua kucing British shorthair berwarna abu-abu gelap, tetapi juga ada yang cerah, bahkan beberapa di antaranya ada yang memiliki bulu berpola. 

Jenis Kucing British Shorthair

  • Bicolor. Ini adalah nama untuk kucing British shorthair yang memiliki bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih di bagian kaki, perut, dada, dan wajah. Sekilas mirip dengan kucing yang memakai tuxedo, makanya juga dikenal dengan British shorthair tuxedo cat.
  • Calico. Lebih dikenal dengan kucing belang telon atau belang tiga, jenis kucing British shorthair ini berbulu putih dengan bercak warna biru dan krem.
  • Colorpoint. Kucing ini memiliki ciri khas pada bulunya yang mirip dengan Siamese cat, yakni kaki, ekor, dan wajah yang berwarna semakin gelap saat dewasa.
  • Maltese. Ini adalah jenis British shorthair yang paling umum dengan ciri khas bulu berwarna biru solid atau abu-abu.
  • Solid. British shorthair solid hanya memiliki satu warna pada bulunya, yakni abu-abu terang atau gelap dan tidak akan berubah hingga dewasa.
  • Tabby. Ini adalah salah satu jenis British shorthair yang sangat jarang, dengan ciri khas bulu berpola belang dan garis-garis seperti harimau, hanya saja didominasi warna biru dan abu-abu.
  • Tortoiseshell/Tortie. Sama seperti tabby, ini adalah jenis kucing British shorthair yang sangat tidak umum. Ciri khas dari kucing ini adalah bulu yang cenderung berwarna gelap, seperti abu-abu gelap dan hitam dengan corak huruf M di dahinya.

Semakin jarang pola dan warnanya, maka semakin mahal pula harga kucing British shorthair. Biasanya, untuk mendapatkan jenis dan pola warna yang beragam pada tubuh kucing, diperlukan usaha pembiakan atau breeding secara alami maupun buatan.

Baca Juga: Harga Anjing Maltipoo per Ekor (Baby dan Dewasa) Serta Cara Merawatnya

Tak jarang pula beberapa breeder mencoba mengawinkan kucing British shorthair dengan ras lain, seperti kucing siam, persia, anggora, dan himalaya untuk mendapatkan anakan yang beragam. Hal ini juga bertujuan untuk menghasilkan peranakan British shorthair dengan tarif adopsi lebih murah dibanding ras asli.

Nah, sebelum mengetahui harga kucing British shorthair dan mengadopsinya, Anda harus mengetahui cara memelihara kucing ini. Meskipun tergolong kucing pekerja yang tidak mudah sakit, cara merawat anabul ini tidak bisa sembarangan, mengingat hewan ini bukan jenis kucing lokal.


Info Terbaru Harga Kucing British Shorthair Murah (Anakan dan Dewasa)


Cara Memelihara British Shorthair

  • British shorthair tidak suka dikekang dan Anda harus menyiapkan ruang khusus untuk mereka bermain.
  • Jika Anda memelihara kitten, Anda bisa meletakkannya di kandang, namun Anda juga perlu mengeluarkannya supaya mereka tidak bosan.
  • Pastikan Anda selalu membersihkan kandang dan mengganti air minumnya.
  • Jangan terlalu sering menggendong atau membelai kucing, karena ada waktunya mereka ingin sendirian.
  • Beri pakan kering dan basah secara berselang-seling supaya kucing tidak bosan.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan tidak boleh telat, karena anabul ini memiliki nafsu makan yang tinggi dan mudah ngambek jika makanannya kurang.
  • Sama seperti memelihara kucing ras lainnya, Anda harus rutin memberikan vitamin dan vaksin supaya British shorthair tidak mudah sakit.

Mengetahui cara merawat British shorthair yang mudah, beberapa orang memilih untuk memeliharanya sejak kitten. Lalu, berapa harga kucing British shorthair tahun 2023? Berikut referensinya.

Harga Kucing British Shorthair

  • Anakan BSH Mix Persia 2 - 3 bulan: Rp1.000.000 - Rp3.500.000 per ekor.
  • Kitten British Shorthair Asli Usia 2 - 3  bulan: Rp18.000.000 - Rp25.000.000 per ekor.
  • Kucing BSH Indukan Jantan/Betina Mix Persia: Rp5.000.000 - Rp7.000.000 per ekor.
  • British Shorthair Dewasa Jantan atau Betina Asli: Rp29.000.000 - Rp35.000.000 per ekor.

Perlu diketahui, harga kucing British shorthair ini kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat pula, biaya adopsi kucing British shorthair tidak di setiap daerah bisa berbeda.

Baca Juga: Harga Coklat SilverQueen di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Jika Dibandingkan dengan tahun 2021, harga BSH tahun 2022 dan 2023 mengalami perubahan. Sebagai contoh, harga kucing British shorthair kitten asli jantan atau betina usia 2 hingga 3 bulan tahun 2021 berkisar Rp20 jutaan, berubah menjadi Rp18 jutaan hingga 25 jutaan per ekor tahun 2022 hingga 2023. 

Sementara itu, harga British shorthair dewasa jantan atau betina asli usia 6 hingga 8 bulan tahun 2021, umumnya Rp28 jutaan. Harganya naik menjadi Rp29 jutaan di tahun 2022 hingga 2023. Meskipun begitu, ada juga yang melepas British shorthair anakan usia 2 bulan dengan varian bulu dua warna Rp17 juta. 

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Info Terbaru Harga Kucing British Shorthair Murah (Anakan dan Dewasa)"