Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Jamur Enoki per 100 Gr di Superindo, Alfamart, Indomaret, Dll

Harga Jamur Enoki per 100 Gr di Superindo, Alfamart, Indomaret, Dll

Bagi Anda pencinta masakan Jepang dan Korea, pasti cukup familiar dengan jamur enoki. Biasanya, bahan pangan ini disajikan dalam masakan berkuah dengan citarasa pedas. Nah, harga jamur enoki per 100 gr hingga per kg cukup variatif. Anda bisa membelinya di Superindo, Alfamart, Indomaret, Ranch Market, dan e-commerce.

Sebelum Anda beli jamur enoki terdekat, sebaiknya Anda mengetahui karakteristik jamur ini. Hal ini karena jamur enoki memiliki bentuk yang unik dibandingkan jamur lainnya. Berikut ulasannya.

Karakteristik Jamur Enoki

Juga disebut jamur jarum emas, enokitake atau enoki termasuk jamur pangan yang tumbuh dari hasil budidaya. Bentuknya mirip dengan tauge yang panjang dengan ujung bulat dan berwarna putih. 

Baca Juga: Harga Buah Matoa per Kg (Asli Papua & Kalimantan) dan Cara Menanamnya

Bagian bawahnya cenderung bergerombol dan secara liar biasanya ditemukan di permukaan kayu lapuk. Selain itu, jamur enoki tumbuh subur di bawah pohon kesemek pada suhu udara yang rendah. Sempat dianggap hama oleh para petani kesemek, kini enoki menjadi hidangan lezat yang dicari-cari.

Tak hanya karena bentuknya yang unik, enoki mudah dimasak dan rasanya juga enak. Menurut review konsumen, jamur enoki cenderung empuk dan mudah digigit setelah dimasak. Bagian batang enoki juga kenyal dan rasanya gurih dengan citarasa sedikit manis.

Cara Memasak Jamur Enoki

Bukan jenis jamur yang dikeringkan, umumnya enoki dijual dalam keadaan fresh atau segar. Ini yang membuat jamur enoki harus cepat diolah setelah dibeli. Untuk mengolah bahan pangan ini juga tidak sulit.

Jika Anda adalah pemula, Anda bisa menjadikan jamur enoki sebagai camilan yang sehat. Caranya cukup mudah, karena Anda hanya perlu melumuri jamur enoki dengan tepung yang sudah dibumbui. Setelah itu, goreng jamur hingga matang dan hidangkan selagi hangat.

Namun, jika Anda sudah mahir memasak, Anda bisa mengolahnya menjadi aneka hidangan berkuah. Beberapa orang suka menambahkan jamur enoki dalam berbagai macam sup, mulai dari sup telur, sup kepiting, sup timlo, sundubu jjigae, miso, dan masih banyak lagi.

Dengan cara memasak yang tepat, maka citarasa jamur enoki akan terasa lebih sedap. Selain itu, kandungan nutrisinya akan tetap terjaga hingga masuk ke perut Anda. Lalu, apa saja kandungan gizi jamur enoki?

Kandungan Nutrisi Jamur Enoki per 100 Gr

  • 30 kkal Kalori
  • 3 gr Protein
  • 6 gr Karbohidrat
  • 1 gr Serat

Selain itu, enoki mengandung magnesium, selenium, vitamin D, zinc, zat besi, niacin, dan folat. Dilansir dari ALODOKTER, enoki diklaim memiliki kandungan asam pantotenat, tiamin, riboflavin, dan fosfor.

Baca Juga: Harga Anjing Maltipoo per Ekor (Baby dan Dewasa) Serta Cara Merawatnya

Dengan kandungan gizi dari jamur enoki, ada sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan dari jamur tersebut. Berikut manfaat mengonsumsi jamur enoki untuk kesehatan.


Harga Jamur Enoki per 100 Gr di Superindo, Alfamart, Indomaret, Dll


Manfaat Jamur Enoki

  • Mencegah kesusakan sel akibat radikal bebas
  • Mengatasi hiperpigmentasi pada kulit
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menghambat perkembangan kanker
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Bagi Anda yang tertarik untuk mengolah jamur enoki karena rasa dan manfaatnya, Anda bisa membelinya di supermarket atau e-commerce. Berikut referensi nilai jual jamur enoki di beberapa tempat perbelanjaan.

Harga Jamur Enoki di Superindo

Bagi Anda yang hobi berbelanja di Superindo, jangan khawatir karena tempat ini juga menawarkan jamur enoki. Letaknya ada di bagian sayur mayur dan berada di etalase pendingin. Untuk harga jamur enoki di Superindo relatif terjangkau, yakni Rp8.000 per 100 gr.

Tentunya, untuk packaging atau pengemasan jamur enoki di Superindo terbilang premium. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk. Tak hanya itu, tempat beli jamur enoki yang satu ini kerap menawarkan diskon.

Jika Anda beruntung, Anda bisa beli jamur enoki di Superindo dengan harga mulai Rp7 ribuan per 100 gr. Selain itu, masih banyak promo menarik untuk produk lain yang ditawarkan supermarket tersebut.

Harga Jamur Enoki di Alfamart

Jika Anda kesulitan mencari Superindo terdekat, Anda bisa membeli jamur enoki di Alfamart. Untuk merk dan kemasan jamur enoki di Alfamart sama seperti yang dijual di Superindo. Anda bisa menemukan produk ini di bagian frozen food.

Sayangnya, saat kami melakukan penelusuran ke sejumlah Alfamart, jamur enoki di tempat ini sudah sold out. Memang, permintaan jamur enoki di pasaran saat ini terbilang tinggi. Tak heran jika di swalayan dan minimarket, jamur enoki cepat ludes.

Harga Jamur Enoki di Indomaret

Tenang saja jika Anda tidak menemukan jamur enoki di Alfamart, karena Indomaret biasanya mempunyai banyak stok. Di beberapa Indomaret terdekat, jamur enoki ditawarkan di bagian frozen food.

Ada juga yang meletakkan jamur enoki di lemari pendingin bersama dengan buah-buahan. Ini untuk mempermudah pembeli yang mencari produk tersebut. Selain itu, produk juga disandingkan dengan makanan instan seperti sosis siap makan.

Dikemas dalam plastik khusus, harga jamur enoki di Indomaret berkisar Rp6.000 hingga Rp7.000 per 100 gr, tergantung merknya. Selain dijual eceran, Indomaret menawarkan paket jamur enoki 200 gr dengan harga Rp12.000.

Masih banyak tempat yang jual jamur enoki terdekat, seperti Hypermart, Ranch Market, Carrefour, dan Alfamidi. Anda hanya perlu beli jamur enoki sesuai kebutuhan di tmpat-tempat tersebut.

Baca Juga: Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya

Namun, jika Anda masih kesulitan menemukan jamur enoki, Anda bisa membelinya di pasar langsung. Anda juga bisa membelinya secara online di e-commerce. Untuk lebih rinci, berikut referensi harga jamur enoki di pasaran dalam berbagai merk.


Harga Jamur Enoki per 100 Gr di Superindo, Alfamart, Indomaret, Dll


Harga Jamur Enoki di Pasaran

Merk Jamur Enoki

Harga Jamur Enoki

Green Box Jamur Enoki 100 gr 

Rp5.200

Duta Buah Enoki RRC 100 gr 

Rp5.200

LOLA Astro Hijau Jamur Enoki 100 gr 

Rp5.488

Super Fruta Enoki Mushroom 100 gr 

Rp6.000

Sayurbox Jamur Enoki Impor 100 gr 

Rp7.500

Fresh Co Sayur Above Jamur Enoki 100 gr 

Rp7.900

Sebagai informasi, harga jamur enoki di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Tentunya, nilai jual jamur enoki terdekat bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Jamur Enoki per 100 Gr di Superindo, Alfamart, Indomaret, Dll"