Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya

Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya

Lobster air tawar menjadi pilihan menarik bagi Anda aquascaper yang ingin menambah koleksi peliharaan. Nah, salah satu lobster air tawar yang terbilang cukup diminati adalah udang biru atau lobster biru. Untuk harga lobster biru sendiri juga relatif terjangkau per ekor.

Harga Lobster Biru Langka

Ada dua jenis lobster di pasaran, yakni lobster laut dan air tawar. Umumnya, lobster air laut adalah jenis yang dikonsumsi. Sementara itu, kebanyakan jenis lobster air tawar digolongkan sebagai lobster hias atau hewan peliharaan.

Ini karena warna dan corak lobster air tawar uang terbilang lebih menarik dibandingkan lobster air laut. Selain ada white lobster dan lobster mutiara, lobster biru cukup diminati banyak aquascaper. Sayangnya, lobster biru air tawar termasuk jenis peliharaan air yang mahal.

Baca Juga: Harga CEDEA Frozen Food (Bakso, Nugget, Fish Roll, Dumpling, dll)

Jika dibandingkan dengan harga lobster hijau, tentunya lobster biru lebih mahal. Selain itu, tak banyak yang menjual lobster biru air tawar.

Bahkan untuk harga lobster biru langka bisa mencapai jutaan rupiah. Dilansir dari CNN Indonesia, bahkan harga lobster biru termahal bisa mencapai belasan juta rupiah per ekor.

Dengan harga lobster air tawar biru yang terbilang cukup menguras kantong, sebagian orang sangat berhati-hati memeliharanya. Namun, sebelum mengetahui cara memelihara lobster biru, berikut karakteristiknya.


Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya


Karakteristik Lobster Biru

Habitat Lobster Biru

Meskipun terbilang langka, lobster biru hidup secara berkelompok dan diketahui suka dengan air yang jernih. Namun, ada juga lobster biru yang hidup di tempat lain. Ketika musim kemarau tiba, kebanyakan lobster biru akan mencari aliran air yang cukup dan bersembunyi di dalam lumpur.

Tergolong hewan semi-akuatik, lobeter biru cenderung membutuhkan vegetasi yang luas. Namun, lebih penting untuk memerhatikan konsentrasi oksigen yang tinggi pada media pemeliharaan jika Anda ingin memeliharanya.

Fakta menarik dari lobster biru, yakni hewan air tawar ini ternyata lebih banyak dijumpai di Benua Australia. Ini juga yang menyebabkan harga lobster biru original atau asli kualitas impor di Indonesia tidak murah.

Struktur Tubuh Lobster Biru

Termasuk jenis lobster langka, lobster biru mempunyai tubuh dengan bentuk memanjang. Ini berbeda dengan lobster pada umumnya yang tubuhnya cenderung padat dan pendek. Ruas perutnya juga ditutupi membran fleksibel, sehingga lobster biru mudah bergerak di batuan karang.

Sementara itu, lobster biru mempunyai dua capit besar di bagian depan, tetapi lebih kecil dibandingkan lobster laut. Meskipun lebih kecil, capitnya memiliki kemampuan menggali pasir hingga kedalaman 2 meter. Lalu, sirip tengah di ekornya menyerupai kipas yang dikelilingi sirip berjumlah empat.

Ukuran tubuh lobster biru air tawar asli bisa mencapai 25 cm hingga 30 cm. Sementara itu, bobotnya bisa mencapai 250 gram per ekor, tetapi itu juga tergantung dari jenis genitalnya.

Lobster Biru Bisa Dimakan

Merupakan salah satu jenis hewan air tawar, konon lobster biru bisa dimakan. Namun, sayang sekali jika hewan mahal ini disajikan di atas meja makan. Untuk itu, lebih banyak orang yang suka memeliharanya daripada dijadikan hidangan.

Namun, menurut review beberapa orang, jika dipelihara dengan baik, lobster biru termasuk penghasil daging yang baik di kelasnya. Tekstur dagingnya juga diklaim lebih lembut dengan citarasa gurih dan sedikit manis.

Baca Juga: Harga CEDEA Bakso Ikan Kemasan 500 Gr Semua Varian dan Resepnya

Nah, sebelum mengetahui lobster biru harga jualnya, Anda perlu mengetahui cara merawatnya. Berikut rinciannya.


Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya


Cara Memelihara Lobster Biru

  • Pilih aquarium berukuran sedang hingga besarm karena lobster biru bisa tumbuh sepanjang 30 cm.
  • Letakkan bebatuan, karang, dan pasir pantai di bagian bawah aquarium.
  • Tak hanya itu, Anda harus meletakkan pipa PVC yang sudah dipotong sebagai media persembunyian lobster.
  • Air media budidaya harus memiliki pH sekitar 7-8.
  • Gunakan air sumur atau air PDAM yang sudah diendapkan dua malam sebagai media pemeliharaan.
  • Oksigen dalam air harus dijaga dan stabil dengan ukuran 7 ppm.
  • Sementara kadar CO2 maksimal dalam air untuk memelihara lobster biru, maksimal 10 ppm.
  • Air pada akuarium harus selalu diganti, maksimal seminggu sekali, karena lobster biru tidak suka air kotor.
  • Makanan lobster biru harus diberikan secara teratur dan rutin, karena hewan ini bersifat kanibal.
  • Anda bisa memberikan potongan sayur atau pelet khusus lobster air tawar sebagai pakan lobster biru.

Memelihara lobster biru air tawar terbilang gampang-gampang sulit. Namun, Anda harus melakukannya dengan tepat, mengingat harga lobster biru yang mahal. Meskipun begitu, di beberapa e-commerce ada yang menjual lobster biru dengan harga relatif terjangkau.

Baca Juga: Harga Crabstick Cedea Frozen Food Kemasan 250 Gr & 1 Kg

Harga Lobster Biru

Varian Lobster Biru

Harga Lobster Biru Air Tawar

Udang Hias Lobster Biru 3 cm 

Rp5.000 per ekor

Lobster Biru Hias Air Tawar 4 cm 

Rp6.500 per ekor

Lobster Biru Hias Air Tawar Aquascape 8 cm 

Rp20.000 per ekor

Lobster Hias Blue Alleni 8 cm 

Rp65.000 per ekor

Lobster Blue Crayfish 8 cm 

Rp75.757 per ekor

Lobster Biru Langka 30 cm

Rp7.000.000 - Rp14.000.000 per ekor

Sebagai informasi, harga lobster biru di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga lobster biru bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya"