Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)

Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)

Pergi ke restoran seafood memang belum lengkap rasanya jika tidak makan kepiting. Nah, salah satu jenis kepiting yang terbilang populer di kalangan pencinta seafood adalah kepiting soka. Harga kepiting soka per kg sendiri cukup beragam, akan lebih mahal jika sudah masuk restoran.

Saking terkenalnya kepiting soka, saat ini sudah banyak yang jual kepiting soka, baik dalam kondisi segar atau hidup hingga frozen. Untuk kepiting soka kemasan frozen biasanya akan dikemas plastik dengan teknik khusus.

Supaya tidak mudah membusuk, kepiting soka frozen akan di-vakum dan dipres. Sehingga, tidak ada air yang tertinggal dalam kemasan. Selain itu, beberapa pedagang akan menyimpannya dalam lemari pendingin bersuhu -4 derajat Celsius.

Baca Juga: Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)

Tentunya, kepiting soka harga jualnya cukup beragam, baik frozen maupun segar. Sebelum mengetahui harga kepiting soka per kilo, pastikan Anda mengetahui seluk beluknya. Ketahui juga, kenapa kepiting soka sangat populer di kalangan pencinta seafood.

Karakteristik Kepiting Soka

Kepiting Soka Punya Cangkang Lunak

Lebih dikenal sebagai kepiting cangkang lunak, soka adalah sebuah istilah kuliner untuk kepiting yang baru melepas kulit atau cangkang lamanya. Cangkang yang terlepas membuat kulitnya lembek dan mudah dikonsumsi. 

Umumnya, jenis kepiting yang dijadikan kepiting cangkang lunak untuk dikonsumsi adalah kepiting bakau. Selain karena mudah dicari, juga mudah untuk dibudidaya atau ternak.

Proses pemeliharaan kepiting soka juga terbilang unik dan perlu perhatian khusus. Untuk mempermudah para peternak panen kepiting, hewan ini dimasukkan dalam kandang khusus.

Beberapa petani ada yang menggunakan kandang dari besi dan bambu. Selama proses pembesaran, kepiting harus diberi pakan sesuai habitat di alam liar.

Tak hanya mendapatkan bibit dari hasil tangkapan, beberapa petani ada yang membelinya. Harga bibit kepiting soka juga relatif terjangkau dibandingkan beberapa jenis kepiting lainnya.

Setelah cukup dewasa dan berusia sekitar satu bulan, di hari ke-20, kepiting akan mulai melepas cangkangnya. Ini adalah proses yang dinanti para peternak.

Kepiting yang sudah keluar dari kulit lamanya harus segera dipanen supaya cangkangnya tidak mengeras. Semakin cepat dipanen setelah proses berganti kulit, maka semakin lembek dan lembut kulitnya.

Masa Panen Kepiting Soka Cepat

Tak seperti kepiting pada umumnya yang membutuhkan waktu panen hingga 3 bulan, kepiting soka bisa dipanen mulai usia 19-20 hari. Ini tergantung kapan kepiting lepas cangkang.

Para peternak juga bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk panen kepiting soka. Karena, kepiting akan berganti cangkang setiap 20 hari.

Namun, bagi petani yang ingin cepat panen bisa mulai memanennya di hari pertama kepiting lepas cangkang. Itu dihitung dari hari pertama setelah tebar benih atau masa pembesaran.

Tidak melalui proses pembesaran seperti kepiting lainnya, beberapa petani juga ada yang baru memanennya ketika usia kepiting sekitar 1 bulan lebih. Tujuannya mendapatkan kepiting soka berukuran jumbo.

Ukuran Kepiting Soka Bisa Ditentukan Waktu Panen

Tergantung kapan petani memanennya, ini menyebabkan ukuran dan kualitas kepiting soka beragam. Ada kepiting soka grade A, grade B, hingga grade C.

Kelas kepiting ini tidak hanya ditentukan dari ukuran, tetapi juga kelengkapan kaki kepiting dan waktu panennya. Semakin cepat kepiting dipanen maka ukurannya akan semakin kecil dan jika kakinya kurang lengkap, maka kualitasnya kurang baik.

Biasanya, kepiting yang kualitasnya kurang baik akan dimasukkan grade C. Sementara itu, kepiting yang berukuran sedang dengan kaki lengkap dan tidak terburu-buru dipanen atau mengalami beberapa kali lepas cangkang, akan dimasukkan dalam grade B.

Baca Juga: Harga Burung Kacer (Gacor, Poci, dll) per Ekor dan Cara Memeliharanya

Lalu, untuk kepiting soka grade A biasanya dipanen paling akhir dan memiliki ukuran tubuh lumayan besar. Tak hanya itu, kepiting cangkang lunak kelas A biasanya termasuk varian yang sering diekspor.


Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)


Kepiting Soka Halal atau Haram?

Dikenal sebagai hewan yang hidup di dua alam, kehalalan kepiting menjadi pertanyaan umum umat Muslim. Apalagi, kepiting soka menjadi kegemaran banyak orang karena cara konsumsi yang praktis dan rasa yang lezat.

Dikutip dari detikfood, dalam fiqih, kepiting dikenal dengan istilah 'al-hayawan al-barma'i' (hewan yang hidup di dua alam), yakni air dan darat. Ini membuat para ulama memiliki perbedaan pendapat dalam hukum mengonsumsinya.

Ada mazhab ulama yang menghalalkan makan kepiting, yakni ulama Malikiyyah dalam buku Fiqih Islam Wa Adillatuhu oleh Wahbah Az-zuhaili. Sementara mazhab ulama yang mengharamkan, yakni ulama mazhab Hanafi dan Syafi'i.

Berdasarkan mazhab yang ada, pada 2002, LPPOM MUI membahas lebih lanjut mengenai hukum makan kepiting. Dilansir dari situs resminya, Dosen IPB Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr Sulistiono menjelaskan, kepiting termasuk hewan air.

Ini dibuktikan dari cara bernapas kepiting yang melalui insang dan berhabitat di air. Tak hanya itu, kepiting diklaim tidak pernah mengeluarkan telur di darat.

Kepiting, termasuk soka akan mengeluarkan telur di air karena memerlukan oksigen dan air. Berdasarkan ini, Komisi Fatwa MUI menetapkan semua jenis kepiting halal dikonsumsi selama tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan. 

Review Daging Kepiting Soka

Tak hanya memiliki cangkang yang lunak dan empuk, rasa daging kepiting soka juga terbilang sangat lezat. Berbeda dengan kepiting pada umumnya, daging kepiting soka terbilang lebih lembut, juicy, gurih, dan manis.

Tingkat manis dan gurih daging kepiting soka terbilang lebih tinggi dibanding kepiting biasa. Selain itu, kepiting mudah matang dan ini yang membuat banyak orang lebih suka mengolahnya dibanding kepiting biasa.

Tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengolah kepiting soka resep saus Padang, kepiting soka saus Tiram, dan kepiting soka Asam Manis. Anda juga tidak membutuhkan alat penghancur cangkang kepiting. 

Bahkan, menurut review konsumen, Anda bisa memotong daging dan kulit kepiting soka menggunakan sendok. Ketika daging dan kulitnya digigit, maka Anda akan merasakan ada dua lapis tekstur yang beragam.

Tekstur bagian luar daging kepiting yang berupa cangkang akan terasa sedikit krispi, sementara bagian dalamnya sangat lembut, juicy, dan meleleh di mulut. Terlebih jika kepiting digoreng dengan telur atau dibumbui telur asin.

Cukup terkenal di Tarakan, konon harga kepiting soka Tarakan bisa mencapai ratusan ribu rupiah per kilo. Apalagi untuk harga kepiting soka ekspor yang bisa mencapai lebih dari Rp200 ribuan per kg.

Baca Juga: Harga Karangan Bunga Duka Cita Semua Ukuran dan Desain

Tak harus mengunjungi lapak kepiting soka terdekat untuk mengetahui nilai jualnya. Anda bisa mengunjungi situs e-commerce. Rata-rata nilai jualnya tak jauh berbeda dengan nilai jual kepiting soka terdekat.


Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)


Harga Kepiting Soka Per Kg

Varian Kepiting Soka

Harga Kepiting Soka per Kg

Kepiting Soka Tanpa Air 1 kg 

Rp155.000

Kepiting Soka Frozen Soft Shell 1 kg 

Rp120.000

Kepiting Soka Tidak Utuh (Hanya Badan) Non Glazing 1 Kg 

Rp125.000

Kepiting Soka Segar Utuh Premium Grade A 1 kg 

Rp190.000 

Kepiting Soka Telur Hidup 1 Kg isi 3-4 ekor 

Rp215.000

Harga Kepiting Soka Kemasan Lain

Varian Kepiting Soka

Harga Kepiting Soka

Kepiting Soka Frozen Shoft Shell Size 16-20 kemasan 500 gr 

Rp60.000

Kepiting Soka Lemburi Lunak Grade B 500 gr 

Rp65.000

Kepiting Soka Kualitas Eksport 500 gr 

Rp65.000

Kepiting Soka Telur Asin 400 gr 

Rp88.000

Daging Kepiting Soka Kupas Campur Telor 500 gr 

Rp110.000

Sebagai informasi, harga kepiting soka di atas telah kami rangkum dari beberapa lapak seafood segar. Tentunya, harga kepiting soka per kg maupun kemasan lainnya bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)"