Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kepiting Alaska per Kg dan per Ekor (King Crab) Segar dan Frozen

Harga Kepiting Alaska per Kg dan per Ekor (King Crab) Segar dan Frozen

Salah satu jenis seafood yang terbilang lezat dan umum di kalangan para sultan adalah king crab. Lebih dikenal sebagai kepiting Alaska, umumnya hewan laut ini dijual dalam kemasan per ekor dan per potong, terutama bagian kaki. Lalu, harga kepiting Alaska per kg cukup beragam, tergantung apakah itu frozen atau segar.

Jika dibandingkan dengan harga kepiting per kg untuk jenis biasa, tentunya nilai jual kepiting Alaska atau kepiting terbesar di dunia ini sangat jauh lebih mahal. Jika kepiting biasa mampu dibanderol ratusan ribu rupiah per kg, king crab restaurant yang sudah dibumbui bisa mencapai jutaan rupiah per potong.

Baca Juga: Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)

Memiliki banyak nama, kepiting Alaska atau kepiting raja Alaska adalah kepiting termahal di dunia. Ini karena berat kepiting Alaska yang bisa mencapai lebih dari lima kilo per ekor. Ada alasan lain kenapa king crab mahal, seperti karakteristik dan keunikannya berikut.

Karakteristik dan Keunikan Kepiting Alaska

Berbagai Macam Sebutan Kepiting Alaska

Tak hanya harga kepiting raja Alaska yang mahal, tetapi keunikannya menjadikan hewan air ini dilirik banyak kalangan atas. Salah satu keunikannya terletak pada namanya yang beragam. Hampir di tiap negara, bahkan daerah, king crab memiliki nama yang berbeda.

Namun, Secara umum, kepiting raja Alaska dikenal dengan nama Paralithodes camtschaticus, kepiting Kamchatka, dan kepiting raja merah. Ini karena kepiting Alaska termasuk spesies kepiting raja yang berasal dari Laut Bering.

Rentang Kaki Kepiting Alaska

Ciri khas kepiting Alaska terletak dari ukuran tubuhnya yang super besar, begitupun kakinya. Tak heran, jika harga satu potong kakinya bisa dibanderol ratusan ribu hingga jutaan rupiah per pcs.

Sebagai kepiting yang menghabiskan waktunya di lautan dalam, king crab mampu tumbuh dengan karapas sepanjang 28 cm. Karapas merupakan cangkang yang menutupi punggung hewan air ini.

Rentang kaki Alaskan king crab dewasa mampu mencapai 150 cm. Ini sama seperti tingginya anak SD zaman millenial. Padahal, jumlah kaki kepiting raja merah ini berjumlah lima pasang, yakni sepuluh.

Tak hanya itu, kepiting raja merah ini mempunyai perut berbentuk kipas. Perutnya terselip di belakang cangkang, sehingga Anda harus membalik punggungnya jika ingin melihat perutnya. Di alam liar, jika tidak terlalu dini dipanen, kepiting Alaska mampu mencapai bobot sembilan kilo per ekor.

Kepiting Alaska Bisa Dijual per Bagian

Saking besar dan beratnya king crab per ekor, banyak pedagang yang jual king crab dalam bentuk potongan. Namun, ini tak membuat harga kepiting Alaska king crab jadi murah jika dibandingkan kepiting biasa.

Umumnya, ada tiga varian kemasan king crab yang dipasarkan. Itu mulai dari per pcs kaki kepiting Alaska, setengah bagian tubuh kepiting Alaska termasuk bahunya, dan hanya cangkang hingga perut kepiting Alaska. 

Harga king crab tersebut beragam, tak hanya dibedakan dari beratnya, tetapi juga kondisinya. Untuk kepiting Alaska segar seperti di restoran atau lapak sushi, maka harganya bisa sangat mahal. Sementara itu, kepiting raja merah frozen atau vakum bisa agak miring banderolnya.

Jenis-Jenis Kepiting Alaska

Secara umum, mungkin Anda lebih sering menjumpai king crab berwarna merah muda hingga merah. Memang ini adalah jenis yang paling banyak ditangkap nelayan, tetapi tahukah Anda bahwa hewan air ini memiliki banyak jenis?

Sesuai sebutannya, king crab berasal dari perairan lepas pantai Alaska. Tepatnya, ada di kawasan Alaska dan Laut Bering. Untuk menangkapnya tidak bisa sembarangan dan memerlukan peralatan khusus. 

Baca Juga: Harga Kepiting Kenari Berbagai Ukuran per Ekor (250 gr, 500 gr, 1 kg, dll)

Bahkan, perahu yang dipakai untuk memancing kepiting Alaska tidak bisa sembarangan. Dengan standar peralatan yang tepat, maka secara alami jenis kepiting akan tersortir dengan sendirinya dan yang tertangkap hanya king crab yang umum dan memang boleh dikonsumsi.

Ini karena tidak semua kepiting Alaska boleh dikonsumsi, mengingat populasinya tidak banyak. Apalagi, ini termasuk hewan konsumsi musiman. Sementara itu, jenis king crab lainnya yang jarang ditangkap nelayan dan diperjualbelikan, di antaranya blue king crab dan golden king crab.

Seperti namanya, memang kepiting Alaska dibedakan dari warnanya. Blue king crab adalah kepiting Alaska berwarna biru, sedangkan golden king crab merupakan kepiting Alaska berwarna emas.


Harga Kepiting Alaska per Kg dan per Ekor (King Crab) Segar dan Frozen


Review Daging Kepiting Alaska

Seperti daging kepiting lainnya, warna daging kepiting Alaska berwarna putih. Namun, yang unik dari kepiting ini adalah tekstur daging yang diklaim sangat lembut, juicy, dan mudah digigit. Bahkan, dagingnya juga mudah lepas dari cangkangnya, sehingga Anda tidak kesulitan saat mengonsumsinya.

Sementara itu, menurut review beberapa konsumen, rasa daging king crab lebih manis dan gurih dibanding kepiting biasa. Ini terbilang sangat lezat dibanding daging lobster, sehingga Anda tak perlu menggunakan banyak bumbu untuk mengolahnya. Bahkan dipanggang tanpa bumbu sudah sedap dan lezat.

Tak heran jika para hartawan menggandrungi kepiting Alaska. Namun, kepopuleran king crab tidak hanya karena banyak kalangan atas yang mengonsumsinya, tetapi juga banyak YouTuber kuliner kondang yang mencicipinya.

Sebut saja, Tanboy Kun, Raditya Dika, Sisca Kohl, dan Farida Nurhan, mereka sempat mereview kelezatan king crab  dalam beragam olahan hidangan. Ini yang membuat pamor kepiting terbesar di dunia tersebut makin naik.

Selain dinilai memiliki rasa sangat lezat dengan aroma sedap, ternyata kepiting Alaska memiliki kandungan nutrisi lengkap. Ini juga yang membuat harga kepiting Alaska per kg terbilang mahal. Untuk lebih jelasnya, berikut rinciannya.

Baca Juga: Harga Burung Kacer (Gacor, Poci, dll) per Ekor dan Cara Memeliharanya

Kandungan Gizi Kepiting Alaska per 100 gr

  • 84 kkal Kalori
  • 0,6 gr Lemak
  • 18,29 gr Protein
  • 836 mg Sodium
  • 204 mg Kalium

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan rasa kepiting Alaska, Anda bisa membelinya di pasar seafood atau melalui e-commerce. Berikut referensi harga kepiting Alaska per kg berserta kemasan lainnya.


Harga Kepiting Alaska per Kg dan per Ekor (King Crab) Segar dan Frozen


Harga Kepiting Alaska per Kg

Bagian Kepiting Alaska

Harga Kepiting Alaska

Kaki Kepiting Alaska Kecil Frozen 1 kg 

Rp1.785.000

Kaki Alaska King Crab Kemasan 4 pcs 1 kg 

Rp2.500.000

Alaska King Crab Frozen (Ukuran Kecil) 1 kg 

Rp2.990.000

Harga Kepiting Alaska Kemasan Lainnya

Kemasan Kepiting Alaska

Harga King Crab

Kaki Kepiting Alaska Snow Super Bagian Belakang 500 gr 

Rp74.300

Daging Kepiting Kupas Alaska 500 gr 

Rp95.000

Kaki Kepiting Alaska Frozen 300 gr 

Rp170.000 

Alaska King Crab 1 ekor Ukuran Sedang 

Rp6.250.000

Alaska King Crab 1 ekor Ukuran Standar 

Rp23.920.000

Sebagai informasi, harga kepiting Alaska per kg dan kemasan lainnya di atas telah kami rangkum dalam berbagai sumber. Tentunya, nilai jual beli king crab bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kepiting Alaska per Kg dan per Ekor (King Crab) Segar dan Frozen"