Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Rajungan per Kg (Segar dan Frozen) serta Kandungan Gizinya

Harga Rajungan per Kg (Segar dan Frozen) serta Kandungan Gizinya

Rajungan saus padang tampaknya masih memiliki pamor cukup kuat di kalangan pencinta seafood. Rasanya yang nikmat tak hanya menjadi alasannya, tetapi juga karena harga rajungan per kg yang terbilang relatif terjangkau. 

Menurut review orang yang jual rajungan, harga rajungan per kilo terbilang relatif murah. Itu jika dibandingkan dengan harga kepiting bakau Papua. Bahkan, harga rajungan di Muara Angke tak sampai Rp200 ribu per kg.

Sempat turun di angka puluhan ribu rupiah sekilo, beberapa pedagang mulai bertanya, kapan harga rajungan naik lagi? Memang, seperti komoditas air laut lainnya, nilai jual rajungan fluktuatif. Ini juga berlaku untuk rajungan kecil dan jumbo.

Baca Juga: Harga Kepiting Bakau per Kg dan Ekor (Frozen, Hidup, Segar)

Cukup mudah untuk mengetahui harga rajungan per ekor maupun sekilo. Anda hanya perlu pergi ke lapak jual rajungan hidup terdekat. Namun, Anda juga bisa membelinya melalui e-commerce. Sebelum mengetahui harga rajungan per kg, simak seluk beluk hewan air tersebut.

Karakteristik Rajungan

Warna Rajungan

Banyak orang yang bingung dengan rajungan dan kepiting, apalagi jika keduanya memang memiliki bentuk yang hampir mirip. Nah, untuk mengetahui perbedaan rajungan dan kepiting, Anda bisa melihat warnanya.

Umumnya, kepiting mempunyai cangkang dan kaki berwarna cokelat kehitaman. Ada juga kepiting berwarna kehijauan, sedangkan hampir semua rajungan berwarna biru.

Meskipun ada rajungan berwarna cokelat, tetapi bagian pinggir cangkangnya memiliki rona kebiruan. Warnanya akan tampak sangat jelas ketika hewan ini berada di air.

Tak hanya itu, rajungan memiliki corak di atas permukaan cangkangnya. Umumnya, itu adalah bentol-bentol berwarna cerah. Sementara kepiting cenderung memiliki cangkang yang polos dan halus.

Ada juga perbedaan warna rajungan betina dan jantan. Untuk rajungan betina memiliki cangkang biru kehijauan dengan bercak putih. Sementara itu, cangkang rajungan jantan berwarna biru gelap dengan bercak putih.

Struktur Tubuh Rajungan

Perbedaan antara rajungan dan kepiting yang paling mencolok juga terletak pada capitnya. Kepiting cenderung memiliki capit berukuran besar, sedangkan rajungan cenderung kecil. Tak hanya itu, capit rajungan cenderung lebih panjang dan pipih.

Dengan bentuk capit lebih panjang dan pipih, rajungan lebih lihai berenang dan mencari pakan di dalam terumbu karang. Selain itu, kaki bagian paling belakang memiliki ekor lebih pipih dan lebar dibandingkan kepiting.

Habitat Rajungan

Rajungan merupakan salah satu anggota famili Portunidae, yakni jenis kepiting yang sepenuhnya hidup di laut. Berbeda dengan kepiting yang bisa hidup di darat, sehingga akan mati setelah ditangkap dan diletakkan di darat.

Baca Juga: Harga Kepiting Alaska per Kg dan per Ekor (King Crab) Segar dan Frozen

Termasuk binatang laut yang mudah ditemui, ada banyak spesies rajungan. Untuk yang umum ditemukan di Indonesia, yakni rajungan lokal, rajungan karang, dan rajungan angin. Sementara itu, rajungan yang jarang diperjualbelikan, yakni rajungan batik.


Harga Rajungan per Kg (Segar dan Frozen) serta Kandungan Gizinya


Review Daging Rajungan

Tak seperti kepiting yang bercapit besar, rajungan dengan capit kecil cenderung memiliki daging sedikit. Meskipun begitu, rasa daging rajungan tak kalah empuk dan lezat dengan daging kepiting. 

Menurut review konsumen, daging rajungan memiliki rasa lebih manis dan gurih dibandingkan daging kepiting. Meskipun begitu, cara makan rajungan sama repotnya dengan makan kepiting. Ini karena Anda perlu menggunakan pinset dan alat khusus untuk memecah cangkang rajungan.

Ciri khas rajungan segar bisa dilihat dari dagingnya. Rajungan segar cenderung memiliki daging yang mudah lepas dari cangkangnya setelah matang. Selain itu, aroma rajungan segar tidak terlalu amis, tetapi lebih beraroma segar seperti laut.

Memiliki rasa yang lezat, bagaimana dengan kandungan gizinya? Ternyata, rajungan memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah lengkap dengan kepiting. Berikut ulasannya.

Kandungan Gizi Rajungan per 100 Gr

  • 14,1 gr Karbohidrat
  • 210 mg Kalsium
  • 11 mg Fosfor
  • 200 SI Zat Besi
  • 0,05 mg Vitamin A dan B1
  • 16 - 17 gr Protein

Cara masak rajungan terbilang mudah. Seafood jenis ini tergolong mudah matang. Anda bisa mencoba resep rajungan saus tiram, saus padang, hingga asam manis. Lalu, berapa harga rajungan per kg saat ini?

Baca Juga: Harga Kepiting Soka Per Kg Cangkang Lunak (Frozen, Segar, & Hidup)

Harga Rajungan per Kg

Varian Rajungan

Harga Rajungan per Kg

Rajungan Segar Ukuran Kecil Isi 8-10 ekor per Kg 

Rp87.000

Rajungan Kukus Berkualitas 1 kg 

Rp130.000

Rajungan Segar Size 4-5 per Kilo 

Rp180.000

Daging Rajungan Tanpa Cangkang Segar 1 kg 

Rp200.000

Sebagai informasi, harga rajungan per kg di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, nilai jual rajungan per kilo bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Anda bisa membeli rajungan segar di pusat perbelanjaan terdekat, seperti Superindo, Carrefour, dan masih banyak lagi.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Rajungan per Kg (Segar dan Frozen) serta Kandungan Gizinya"