Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor

Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor

Tak hanya kucing persia dan anggora, kucing siam atau siamese cat menjadi primadona para pencinta kucing. Kucing dari Thailand ini tidak hanya memiliki rupa yang unik, tetapi juga diketahui memiliki usia yang panjang, bahkan beberapa di antaranya bisa hidup selama 15 tahun. Tak heran, jika harga kucing siam kitten dan dewasa tidak bisa dibilang murah.

Karakteristik Kucing Siam

Sekilas, kucing siam memiliki perawakan yang mirip dengan kucing kampung, hanya saja pola warna bulunya unik. Diberi nama siamese cat, kucing ini berasal dari Negeri Gajah Putih yang dulunya dikenal dengan Negara Siam. 

Termasuk golongan anabul yang terbilang populer di dunia, populasi hewan mungil ini semakin berkurang. Untungnya, saat ini sudah banyak breeder, termasuk di Indonesia yang melakukan pelestarian jenis kucing ini, sehingga populasinya tidak punah.

Memiliki tubuh yang lebih tinggi dan panjang dibandingkan kucing lokal, siamese cat diketahui rata-rata panjangnya berukuran 50 cm hingga 60 cm. Sementara itu, berat badannya bisa mencapai 5 kg untuk kucing siam betina dan 7 kg untuk siamese cat jantan.

Untuk membedakan kucing siam dan lokal, Anda juga harus memperhatikan bentuk wajahnya. Jika dibandingkan dengan kucing domestik, siamese cat memiliki kepala berukuran kecil dengan pipi yang tirus. Bibir mamalia mungil ini sekilas tampak seperti moncong anjing dengan telinga kaku layaknya serigala. 

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang gahar, nyatanya anabul ini sangat ramah dan cerdas. Kucing tidak akan menyerang ownernya dan lebih suka bermain, sehingga Anda harus sering mengajaknya bermain.

Baca Juga: Update Harga Ikan Gabus per Kg dan Ekor di Pasaran (Hidup & Olahan)

Sifat kucing siam lainnya adalah penyayang dan ramah. Dengan karakteristiknya ini, kucing mudah beradaptasi dan bergaul dengan hewan lain. 

Anda bahkan bisa memeliharanya bersamaan dengan kucing ras lain, seperti British shorthair, maine coon, anggora, dan Persia. Secara umum, yang membuat harga kucing siam tidak murah adalah bentuk fisiknya. 

Meskipun sekilas seperti kucing kampung, anabul ini memiliki ciri khas bulu berwarna lebih dari satu campuran. Ada kucing siam berwarna putih keabu-abuan, putih kecokelatan, mocca, dan hitam keabu-abuan. 

Corak warna yang tak biasa ini membuat kucing terlihat unik. Selain itu, ciri khas siamese cat terletak pada corak warna bulunya yang point dan warna bola matanya yang biru, putih, dan kekuningan. 

Jarang sekali ada kucing siam dengan warna bola mata oranye atau hijau. Hal inilah yang membuat mamalia mungil ini semakin imut. Nah, berikut adalah varian pola warna kucing siam.

Varian Pola Warna Kucing Siam

Seal Point

Sebagian breeder berasumsi seal point adalah pola warna asli kucing siam, karena banyak siamese cat dengan pola ini. Jenis pola warna tersebut digambarkan dengan bagian wajah, kaki bawah, dan ujung ekor anabul yang berwarna lebih gelap. Contohnya, bagian tubuh kucing tersebut berwarna lebih hitam atau cokelat tua dibandingkan bagian tubuh lain yang lebih terang, seperti abu-abu, cokelat muda, atau krem.

Blue Point

Varian pola warna kucing siam yang cukup diminati para pencinta anabul lainnya adalah pola blue point. Ciri khasnya, anabul ini memiliki sedikit bulu berwarna abu-abu di bagian hidung. Sementara itu, bagian tubuhnya dominan dengan warna putih blur, putih krem, atau putih keabu-abuan.

Cokelat Point

Tampaknya, ini adalah pola warna kucing siam yang cukup sulit ditemukan. Ciri khas dari siamese cat cokelat point adalah bulu kucing yang didominasi warna cokelat. Umumnya, kucing siam dengan pola warna cokelat point memiliki hidung berwarna cokelat muda. Sementara itu, bagian bawah kaki serta tubuhnya berwarna cokelat krem atau cokelat keabu-abuan.

Cream Point

Berbeda dengan kucing siam lainnya, anabul dengan pola warna cream point terlihat paling outstanding. Hal ini karena warna bulunya paling cerah di antara siamese cat lainnya. Didominasi dengan warna cream dan cokelat muda pada bulunya, pola point lebih terlihat pada bagian kaki, hidung, wajah, dan ekor yang merah muda.

Lilac Point

Seperti namanya, siamese cat ini memiliki tubuh yang didominasi dengan bulu berwarna lilac. Untuk pola point-nya tidak sepekat kucing siam pada umumnya, yakni cokelat muda atau cokelat cream.

Baca Juga: Update Harga Ikan Golden Dorado (Salmon Air Tawar) Anakan dan Indukan


Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor


Untuk menentukan harga kucing siam tidak hanya dilihat dari pola warnanya, tetapi juga jenisnya. Dibedakan menjadi empat, yakni siam tradisional (traditional siamese cat), siam klasik (classic siamese cat), siam modern (modern siamese cat), dan siam applehead (applehead siamese cat), berikut rinciannya.

Jenis Kucing Siam

Traditional Siamese Cat

Memiliki tubuh paling besar di antara kucing siam lainnya, traditional siamese cat juga berwajah lebar dengan pipi besar dan tirus. Meskipun wajahnya lebar, ini tidak membuat anabul tersebut terlihat gembul. Hal ini karena hidung yang mancung dan panjang.

Classic Siamese Cat

Sekilas, mamalia mungil ini memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan siam tradisional, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil. Wajahnya berbentuk segitiga dengan pipi yang mungil. Tak seperti siamese cat lainnya, anabul ini konon hanya mampu bertahan hidup selama lima tahun.

Modern Siamese Cat

Bertubuh paling ramping di antara kucing siam lainnya, modern siamese cat juga lebih dikenal dengan nama Lynx. Mamalia mungil ini memiliki berat badan 5 kg hingga 7 kg dan bulunya didominasi dengan warna putih. Sementara itu, wajahnya berwarna cokelat muda atau cokelat keabu-abuan.

Applehead Siamese Cat

Seperti namanya, kucing ini memiliki bentuk kepala seperti buah apel. Tak hanya itu, tubuhnya lebih gempal dan berotot jika dibandingkan dengan kucing siam lainnya. Hasil perkawinan silang antara short hair, kucing ini merupakan salah satu jenis kucing yang diimpor dari Thailand langsung.

Nah, mengetahui jenis-jenis kucing siam, sebelum mengadopsinya, pastikan Anda mengetahui cara merawatnya. Meskipun kucing ini mampu beradaptasi dengan baik, Anda harus merawatnya dengan tepat, apalagi jika mengetahui harga kucing siam yang tergolong mahal.

Cara Merawat Kucing Siam

  • Memberi makan secara rutin dan tidak boleh terlambat. 
  • Pastikan Anda memberikan pakan khusus sesuai dengan usia kucing. 
  • Selain itu, pakan harus mengandung gizi yang seimbang dan diberikan sebanyak tiga kali sehari.
  • Mandikan kucing, maksimal seminggu sekali dan selalu bersihkan kandangnya. 
  • Hal ini akan mencegah jamur, virus, dan penyakit yang berisiko menular dari kucing ke manusia.
  • Tak hanya itu, ini adalah salah satu cara mencegah kucing Anda mudah sakit.
  • Kucing siam juga harus di-vaksin untuk mencegah dan mengobati penyakit tertentu. 
  • Vaksin juga sangat dibutuhkan anabul untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Mudah sekali kan memelihara kucing siam? Lalu, apakah Anda tertarik mengadopsinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga kucing siam. Berikut adalah harga kucing siam anakan dan dewasa per ekor tahun 2022.

Harga Kucing Siam

  • Kitten Kucing Siam Klasik: Rp250.000 - Rp500.000 per ekor.
  • Kucing Siam Klasik Dewasa: Rp750.000 - Rp1.250.000 per ekor.
  • Siam Tradisional dan Modern Anakan: Rp750.000 - Rp1.300.000 per ekor.
  • Tradisional dan Modern Kucing Siam Dewasa: Rp5.100.000 - Rp25.000.000 per ekor.

Tentunya, harga kucing siam tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga kucing siam di setiap pet shop bisa berbeda-beda.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing siam tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai perbandingan, kucing siam klasik tahun 2021 dibanderol Rp150 ribu per ekor untuk anakan atau kitten.

Lalu, kucing siam klasik dewasa dijual dengan harga Rp700 ribu hingga Rp1 juta per ekor tahun 2021. Semakin langka jenis dan pola warna kucing, maka semakin mahal harganya.

Baca Juga: Update Harga Shampo Kucing Bermanfaat untuk Membasmi Kutu & Jamur

Sementara itu, diketahui harga kucing siam tradisional dan modern tahun 2021 berkisar Rp600 ribu hingga Rp1 juta per ekor untuk anakan. Lalu, kucing siam modern dan tradisional dewasa dibanderol Rp5 juta hingga Rp20 juta per ekor tahun 2021. 

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor"