Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Persia Dibawah Rp500 Ribu (Kitten dan Dewasa)

Update Harga Kucing Persia Dibawah Rp500 Ribu (Kitten dan Dewasa)


Bentuk fisik yang lucu seperti boneka, tampaknya membuat kucing Persia atau Persian cat menjadi primadona para pencinta kucing. Sayangnya, biaya adopsi kucing Persia tidaklah murah. Supaya harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu, beberapa breeder mengawinkan kucing Persia dengan kucing domestik. 

Baca Juga: Update Harga Ikan Channa Limbata Lokal Baby & Dewasa (Lawu, Golden Albino)

Sebagai hewan peliharaan, kucing memiliki pola, warna bulu, panjang ekor dan panjang rambut yang bervariasi. Variasi tersebut merupakan ekspresi dari beberapa gen dan dalam suatu populasi terdapat keragaman gen tersebut (Mariandayani, 2012). Hal ini juga terjadi pada kucing persia yang dikawinkan silang dengan kucing domestik.

Ada kemungkinan yang terjadi jika Anda mengawinkan kucing Persia dengan kucing kampung, hal ini tentunya bisa diperkirakan secara teori biologi. Umumnya, anakan yang akan dihasilkan dari kawin silang ini adalah domestic kitten, kucing Persia campuran domestik, dan kucing Persia. 

Nah, sebelum membahas lebih rinci mengenai harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu, Anda harus mengetahui jenis-jenis kucing Persia keturunan asli berikut.

Jenis Kucing Persia

Kucing Persia Himalaya 

Ini bukan termasuk harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu. Kucing Persia Himalaya ciri khasnya adalah hidung yang tidak terlalu pesek dibandingkan Persia lainnya. 

Namun, sama seperti anabul Persia umumnya, kucing ini berbulu tebal dan lembut. Ukuran tubuh kucing Persia Himalaya lebih besar dibandingkan jenis lainnya dengan berat 4 kg hingga 6 kg.

Untuk warna bulu mamalia mungil ini terbilang unik dan tidak dimiliki kucing lainnya, yani berwarna colorpoint. Pola warna buku di bagian wajah, telinga, hidung, ekor, dan ujung kaki sama, sedangkan lainnya berbeda. 

Bagian yang berpola ini umumnya gelap, seperti cokelat tua dan hitam. Sementara itu, bagian tubuh lain yang tidak berpola, cenderung berwarna cerah, seperti cokelat muda dan putih.

Baca Juga: Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor

Sekilas, Himalayan Persian Cat mirip dengan kucing siam, hanya saja bulunya tebal dengan hidung lebih pesek. 

Tak hanya itu, anabul ini kakinya lebih pendek dengan ekor lebih panjang daripada kucing siam. Tak hanya itu, sifat kucing Persia lebih manja dan malas dibandingkan kucing siam.

Kucing Persia Flat Nose 

Seperti namanya, anabul ini memiliki hidung yang cenderung pesek dibandingkan kucing Persia lain. Jenis ini juga berhidung kecil dan terlihat hampir sejajar dengan matanya.

Tak hanya itu, flat nose Persian kepalanya berbentuk sedikit kotak dengan pipi yang chubby. Sama seperti kucing Persia lain, jenis ini memiliki bulu yang panjang dan bertelinga runcing, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Cenderung berbadan gemuk, hewan ini memiliki kaki yang tidak terlalu panjang, tetapi tak terlalu pendek. Dengan bentuk fisiknya ini, kucing Persia flat nose cenderung lebih lincah dan aktif dibandingkan Himalaya Persian Cat. Harga kucing Persia ini terbilang mahal, bahkan untuk kittennya mampu dibanderol jutaan rupiah.

Kucing Persia Medium 

Berbeda dengan jenis kucing Persia sebelumnya, Medium Persian Cat memiliki hidung yang tidak terlalu pesek. Namun, anabul ini memiliki bulu paling lebat dan panjang dibandingkan dua kucing sebelumnya.

Tak hanya itu, kucing ini memiliki kaki yang lebih panjang dibandingkan kucing persia lain. Untuk ukuran hidungnya lebih besar dengan bentuk moncong lebih runcing.

Sebenarnya, kucing persia ini dibedakan menjadi dua tipe, yakni longhair dan shorthair. Untuk jenis shorthair, mungkin sekilas mirip dengan kucing campuran, yakni anakan Persia dan kucing domestik (kampung). Harga kucing Persia medium ini secara umum lebih terjangkau jika dibandingkan Himalaya Persian Cat.

Kucing Persia Peaknose 

Memiliki hidung paling pesek di antara jenis kucing Persia lainnya, Peaknose Persian Cat menjadi primadona tersendiri bagi pencinta kucing. Tak hanya itu, kabarnya harga kucing Persia Peaknose paling tinggi dibandingkan semua jenis kucing Persia yang ada.

Sekilas, kucing ini hampir sama seperti Persian Flatnose, hanya saja hidungnya lebih mungil dan pesek. Badan mamalia mungil ini juga lebih gemuk dan bundar dibanding anabul Persia lainnya. Bentuk tubuh yang mirip boneka inilah yang membuat Peaknose Persian Cat banyak penggemarnya.

Terbagi menjadi dua golongan, yakni kucing Persia Peaknose biasa dan extreme, perbedaan dua jenis kucing ini terletak pada bentuk hidungnya. Peaknose Extreme Persian Cat memiliki hidung lebih mungil dan pesek dibanding anabul Persia Peaknose biasa dan harganya lebih mahal. Biasanya, jenis kucing ini kerap menjadi peserta kontes kucing ras.

Dari semua jenis kucing Persia yang ada, biasanya para breeder memilih jenis Himalaya Persian Cat atau Medium Persian Cat untuk disilangkan dengan kucing domestik. Ini untuk menghasilkan harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu, Rp300 ribu, Rp200 ribu, hingga Rp100 ribu. 

Baca Juga: Update Harga Ikan Gabus per Kg dan Ekor di Pasaran (Hidup & Olahan)

Biasanya, harga kucing Persia peranakan domestik dijual dengan mempertimbangkan usianya, mulai dari kitten usia 3 bulan, 5 bulan, hingga dewasa. Semakin besar usianya, semakin mahal harganya. Nah, sebelum mengadopsi kucing Persia peranakan domestik, pastikan Anda mengetahui cara merawatnnya.

Meskipun harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu, Anda harus merawatnya dengan tepat, sehingga kucing tidak mudah sakit dan dapat bertahan lebih lama. 

Hal ini karena ada dua campuran gen dalam satu kucing yang membuat kucing peranakan diketahui memiliki daya tahan lebih lemah dibanding kucing kampung. Namun, lebih kuat dibanding kucing Persia asli.


Update Harga Kucing Persia Dibawah Rp500 Ribu (Kitten dan Dewasa)


Cara Memelihara Kucing Persia Peranakan

  • Bersihkan kandang setiap hari dan pastikan tidak ada kotoran atau bulu yang menempel di kandang.
  • Anda bisa mencuci kandang setiap minggu dan membersihkan bagian bawah kandang setiap hari minimal dua kali sehari.
  • Sediakan tempat makan dan minum khusus untuk setiap kucing.
  • Pastikan pakan diberikan sesuai dengan usia kucing.
  • Untuk kucing persia dewasa, Anda bisa memberinya pakan kucing adult dan untuk anakan bisa diberikan susu kucing dan pakan kucing kitten.
  • Berikan dry food dan wet food secara berselang-seling untuk menjaga kesehatan pencernaan kucing.
  • Air minum harus matang dan diganti setiap hari untuk menghindari bakteri dan virus.
  • Mandikan kucing seminggu sekali dan keringkan bulunya menggunakan hairdryer.
  • Kucing anakan harus dimandikan dengan air hangat suam kuku, sementara kucing dewasa sudah boleh dilatih mandi dengan air dingin.
  • Jika kucing dewasa sakit atau demam, maka tidak boleh dimandikan.
  • Pasir untuk kotoran kucing harus diletakkan agak jauh dari kandang, supaya bakteri, jamur, dan virus tidak menempel serta berkembang biak di bulu kucing.
  • Ganti pasir kucing minimal tiga hari sekali.
  • Gunakan pasir menggumpal supaya kotoran mudah diangkat.
  • Sisir bulu kucing setiap hari untuk mengontrol kutu, jamur, dan hairball.
  • Kucing Persia harus rutin divaksin dan diberi obat cacing supaya tidak mudah sakit.

Setelah mengetahui cara memelihara kucing Persia campuran, saatnya Anda mengetahui apakah harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu itu terbukti. Nah, berikut adalah jenis kucing Persia yang harganya miring.

Harga Kucing Persia di bawah Rp500 ribu

  • Persia Mixdome Kitten 3 Bulan (Belum Vaksin): Rp310.00 - Rp350.000 per ekor.
  • Persia Mixdome Kitten 3 Bulan (Sudah Vaksin): Rp370.000 - Rp400.000 per ekor.
  • Persia Mixdome Dewasa 6 Bulan (Belum Vaksin): Rp450.000 - Rp500.000 per ekor.

Itulah rincian harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu. Harga kucing Persia dibawah Rp500 ribu di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber di internet, termasuk situs jual beli online. 

Perlu Anda ketahui, harga kucing Persia di bawah Rp500 ribu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing Persia di bawah 500rb tahun 2022 mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, Persia Mixdome kitten 3 bulan belum waksin yang dibanderol Rp300 ribu per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp310 ribu - Rp350 ribu per ekor tahun 2022. 

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Persia Dibawah Rp500 Ribu (Kitten dan Dewasa)"