Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Buah Matoa per Kg (Asli Papua & Kalimantan) dan Cara Menanamnya

Harga Buah Matoa per Kg (Asli Papua & Kalimantan) dan Cara Menanamnya

Salah satu buah lokal yang terkenal eksotis dan agak sulit dicari adalah matoa. Meskipun karenanya harga buah matoa per kg terbilang mahal, tidak membuat penggemarnya mundur. Tak hanya itu, beberapa orang juga rela menawar harga pohon matoa untuk mendapatkan buahnya.

Sebelum pergi ke lapak jual matoa terdekat, sebaiknya Anda memperhatikan dengan seksama buah yang satu ini. Karena cukup sulit ditemukan di pasaran, banyak orang yang belum familiar. Biasanya, untuk beli buah matoa juga tidak bisa setiap saat, karena ini termasuk buah musiman.

Tak hanya itu, matoa yang dijual di pasaran ada beberapa jenis, mulai dari matoa merah, matoa hijau, matoa asli Papua, dan matoa Kalimantan. Namun, dilansir dari beberapa sumber, ternyata matoa hanya ada dua jenis.

Baca Juga: Harga Anjing Maltipoo per Ekor (Baby dan Dewasa) Serta Cara Merawatnya

Untuk yang ada di lapak jual buah matoa terdekat, umumnya dibedakan dari warna kulit buah dan asalnya. Sementara itu, berikut jenis buah matoa berdasarkan pohonnya.

Jenis Buah Matoa

Di tempat asalnya, Papua, matoa dibedakan menjadi dua berdasarkan pohonnya, yakni matoa kelapa dan papeda. Perbedaannya bisa dilihat dari buahnya. Sama seperti namanya, matoa kelapa memiliki daging buah dengan tekstur seperti kelapa muda.

Tekstur daging buah matoa kelapa juga cenderung kenyal dan mudah lepas dari bijinya. Sekilas, itu mirip dengan buah rambutan, hanya saja dagingnya lebih bening. Untuk diameter buahnya berkisar 2,2 cm hingga 2,9 cm. Sementara diameter bijinya mulai 1,25 cm hingga 1,4 cm.

Berbeda dengan matoa kelapa, matoa papeda cenderung berdaging lembek. Tekstur daging buahnya juga tidak kenyal dan cenderung lengket, sehingga agak sulit lepas dari bijinya. Untuk diameter buahnya juga lebih kecil dari matoa kelapa, yakni berkisar 1,4 cm hingga 2 cm.

Meskipun memiliki karakteristik buah yang berbeda, pohon matoa mempunyai struktur yang sama. Sebelum Anda pergi ke lapak jual buah matoa, setidaknya berikut ulasan karakteristik pohon matoa.


Harga Buah Matoa per Kg (Asli Papua & Kalimantan) dan Cara Menanamnya


Karakteristik Pohon Matoa

Tinggi Pohon Matoa

Memiliki nama ilmiah Pometia pinnata, matoa termasuk jenis buah tropis. Ciri khasnya memiliki buah berbentuk bulat lonjong. Untuk warna kulit buahnya cukup beragam, tergantung tingkat kematangan dan jenisnya. Anda bisa menemukan buah matoa dengan warna hijau, hijau kekuningan, hingga kuning kemerahan.

Termasuk golongan tumbuhan besar, pohon matoa bisa tumbuh setinggi 50 meter dengan akar papan mencapai 15 meter. Sementara itu, diameter pohonnya bisa lebih dari 20 cm. Namun, untuk jenis matoa yang dibudidayakan, rata-rata hanya bisa tumbuh setinggi 18 cm.

Pertumbuhan pohon matoa biasanya dipengaruhi dari luasnya lahan dan cara menanam. Di alam liar, pohon matoa bisa tumbuh tinggi dan besar karena lahan yang luas dan tidak melalui proses pemangkasan akar. Sementara itu, pohon matoa budidaya biasanya akan dipangkas akar serta cabangnya.

Tujuan proses pemangkasan, supaya pohon tidak tumbuh terlalu tinggi serta buahnya lebih rimbun. Sehingga, buah matoa lebih mudah dipanen. Tak hanya itu, pemangkasan dinilai baik untuk proses regenerasi pohon, sehingga memperpanjang masa reproduksi.

Kayu Batang Pohon Matoa

Juga tergolong tumbuhan berkayu, pohon matoa kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture. Tentunya, pohon yang dipilih adalah pohon tua yang sudah tidak bisa berbuah lagi. Beberapa orang juga ada yang menjadikan kayu pohon matoa sebagai kebutuhan konstruksi.

Untuk batang matoa cenderung silinder dan tegak. Percabangannya simpodial dengan arah tumbuh miring hingga mendatar. Sehingga, pohon matoa terlihat seperti payung. Ini yang membuat batang dan kayunya mudah diolah.

Sementara itu, tekstur kayu pohon matoa cenderung padat, tetapi tak sepadat kayu jati. Selain itu, kayu pohon matoa cenderung ringan. Untuk membentuknya juga tidak sulit, karena kayu pohon matoa tidak sekeras kayu pohon jati.

Daun Pohon Matoa

Kerap disandingkan dengan kelengkeng, pohon matoa juga memiliki daun majemuk bersusun. Hanya saja, daunnya berselang-seling sebanyak 4 hingga 12 pasang anak daun. Untuk daun mudanya cenderung berwarna hijau muda, sedangkan daun yang sudah tua berwarna hijau tua. 

Baca Juga: Harga Lobster Biru Air Tawar per Ekor dan Cara Memeliharanya

Bentuk daunnya cenderung lonjong seperti telur dengan panjang 30 cm hingga 40 cm. Sementara itu, lebar daunnya sekitar 8 cm hingga 15 cm. Jika dibandingkan dengan daun kelengkeng, tentu daun matoa lebih besar.

Meskipun karakteristik pohon matoa cukup unik dibandingkan pohon buah lainnya, banyak orang yang ingin mencoba budidaya matoa. Hal ini karena harga buah matoa per kg tidak bisa dibilang murah.

Menurut review orang jual matoa, harganya memang cenderung fluktuatif. Namun, harga buah matoa per kg tidak pernah di bawah Rp50 ribu. Bahkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah di daerah non penghasil.

Nah, bagi Anda yang ingin bisnis jual buah matoa, Anda tidak harus susah payah mencari suplier matoa. Anda bahkan bisa menanam pohon matoa sendiri di rumah dengan cara berikut.


Harga Buah Matoa per Kg (Asli Papua & Kalimantan) dan Cara Menanamnya


Cara Menanam Pohon Matoa

  • Siapkan media semai, yakni polybag atau trai
  • Pilih biji buah matoa yang sudah tua dan bersihkan dari daging buahnya
  • Campur tanah, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  • Masukkan biji matoa ke gelas berisi air dan rendam selama 30 menit atau hingga kulit arinya sedikit mengelupas
  • Tanam benih matoa pada media semai dan rawat hingga menjadi bibit
  • Bibit siap dipindahkan ke media tanam jika sudah berukuran 7 cm
  • Anda bisa menggunakan pot berukuran besar atau tanah langsung sebagai media tanam
  • Rawat pohon matoa hingga berbuah dan berbunga
  • Matoa siap dipanen setelah 2 bulan masa berbunga

Karena pohon matoa sangat tinggi, Anda mungkin membutuhkan tangga dan alat khusus untuk memanennya. Sortir buah matoa berdasarkan ukuran dan warna kulitnya. Ini juga yang menentukan harga buah matoa per kg.

Baca Juga: Harga CEDEA Frozen Food (Bakso, Nugget, Fish Roll, Dumpling, dll)

Harga Buah Matoa per Kg

Varian Buah Matoa

Harga Buah Matoa

Matoa Merah Merah Asli Papua 1 kg 

Rp110.000

Matoa Hijau 1 kg 

Rp120.000

Matoa Sambas Asli Kalimantan 1 kg 

Rp150.000

Sebagai informasi, harga buah matoa di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, nilai jual buah matoa bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Buah Matoa per Kg (Asli Papua & Kalimantan) dan Cara Menanamnya"