Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Channa Limbata Lokal Baby & Dewasa (Lawu, Golden Albino)

Update Harga Ikan Channa Limbata Lokal Baby & Dewasa (Lawu, Golden Albino)


Termasuk predator air tawar, harga ikan channa limbata 2022 lokal baby dan dewasa tidak murah. Ikan ini terdiri dari banyak jenis, mulai dari lawu, golden, hingga albino.

Dibedakan berdasarkan ukurannya, harga channa limbata termahal adalah ikan dengan panjang lebih dari 10 cm. Namun, biasanya, kolektor ikan hias akan memeliharanya mulai bibit ukuran 3 cm.

Asal Ikan Channa Limbata

Juga dikenal dengan bogo atau channa gachua, limbata adalah jenis ikan air tawar dari suku Channidae. Hewan air tawar ini masih satu kerabat dengan ikan gabus.

Tergolong hewan buas dan bersifat karnivora, channa limbata tersebar luas dari perairan Pakistan. Seiring berjalannya waktu, hewan air tawar ini umum ditemukan di Malaysia hingga Indonesia.

Secara internasional, channa gachua juga dikenal sebagai dwarf snakehead dan Frog snakehead. Namun, hewan ini juga dikenal dengan nama Brown snakehead.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Red Barito Asli (5 Cm, 10 Cm, 30 Cm, 40 Cm) Tahun 2022

Sementara itu, dalam bahasa lokal, limbata lebih umum disebut dengan hejo dan gado. Di beberapa daerah juga diketahui dengan nama bogo benguk dan kutuk benguk.

Di Indonesia sendiri, channa limbata memiliki persebaran yang luas. Predator air tawar ini kerap ditemui di Sumatera. Ada juga yang menangkapnya di Nias, Bangka, Belitung, Kalimantan, Jawa, dan Madura.

Dengan persebarannya yang luas, bogo akhirnya dikembangbiakkan atau dibudidayakan di perairan Nusantara. Inilah yang membuatnya dibedakan menjadi varian lokal dan impor.

Tentunya, harga ikan channa limbata lokal per ekor lebih murah dibandingkan impor. Apalagi, jika Anda membeli ikan langsung dari peternak.

Kerap disandingkan dengan channa orientalis, banyak orang yang tidak bisa mengenali limbata dengan baik. Di Srilanka, beberapa orang malah menganggap dua hewan air tawar tersebut adalah jenis yang sama.

Namun, di Burma, beberapa orang menyebutnya sebagai kembaran dari channa harcourtbutleri. Karena bentuk fisik dan warna yang hampir sama.

Supaya Anda tidak bingung dan mengetahui alasan harga ikan channa limbata tidak murah, Anda harus mengetahui morfologinya. Berikut adalah ciri fisik ikan channa limbata.

Ciri Fisik Ikan Channa Limbata

Termasuk golongan snakehead mungil, channa limbata hanya bisa tumbuh hingga 20 cm atau 7,9 inci. Tubuhnya berbentuk silinder dan agak pipih.

Memiliki kepala agak gepeng dan mendatar, Anda bisa melihat matanya yang sedikit menonjol. Sementara itu, celah mulutnya miring ke atas dengan rahang yang menonjol ke depan.

Channa limbata berduri lunak dan memiliki sirip dorsal atau punggung yang tegak seperti kipas. Ada juga sirip pektoral atau dada dan ventral atau perut.

Untuk warnanya sendiri, kecokelatan dan agak gelap dengan pola coretan-coretan miring yang kabur. Pada ikan yang masih muda, juga ada bintik-bintik hitam di seluruh sisiknya.

Ciri khas ikan ini terletak pada sirip dorsal, anal, dan ekor yang bertepi keputihan. Ada juga yang berwarna kekuningan dan kemerahan.

Namun, ada juga spesies yang memiliki sisik dengan pola bulat seperti mata di belakang sirip dorsal. Ini biasa disebut dengan ocellus dan hanya dimiliki ikan anakan betina.

Di pasaran sendiri, ikan ini tidak hanya diperjualbelikan dalam jenis lokal atau impor. Namun, berdasarkan corak warnanya.

Jenis Ikan Channa Limbata

Ikan Channa Limbata Albino

Ini adalah ikan channa yang paling banyak diburu kolektor ikan hias, karena fisiknya yang unik. Ciri khas dari spesie ini adalah tubuhnya yang berwarna putih.

Channa limbata albino asli tidak bercorak dan sekilas mirip dengan ikan tak bersisik. Sementara itu, warna bola matanya merah menyala.

Harga ikan channa limbata albino juga tergolong mahal. Ikan ini termasuk jenis yang jarang ditemukan.

Ikan Channa Limbata Lawu

Termasuk jenis snakehead lokal, channa limbata Lawu berasal dari daerah gunung Lawu. Ikan ini juga disebut sebagai channa Jawa atau lokal.

Tentunya, harga ikan channa limbata Lawu relatif lebih murah dibandingkan albino. Selain itu, spesies ini terbilang umum dan mudah ditemukan.

Secara fisik, ikan ini mempunyai ciri khas pada sisiknya yang kecoklatan. Tak hanya itu, matanya berwarna hitam dan agak menonjol.

Ikan Channa Limbata Golden

Seperti namanya, channa limbata golden berwarna kuning keemasan. Untuk yang asli, dari ujung kepala hingga ekor tidak memiliki corak dan didominasi warna emas.

Jenis ikan ini juga terbilang langka dan hanya sedikit yang menawarkannya. Persebarannya juga tidak seluas varian Lawu.

Konon, harga ikan channa limbata golden bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, itu tergantung dari panjangnya.

Baca Juga: Update Harga Royal Canin Kitten Persian (2 kg dan 400 gr) dan Manfaatnya

Tak hanya disukai karena bentuk fisik yang unik, channa limbata dipelihara banyak orang karena sifatnya. Berikut adalah karakteristik ikan channa limbata. 


Update Harga Ikan Channa Limbata Lokal Baby & Dewasa (Lawu, Golden Albino)


Karakteristik Ikan Channa Limbata

Adaptif di Air Rendah Oksigen

Seperti yang telah dijelaskan, ikan channa limbata termasuk hewan yang buas. Banyak ditemukan di sungai kecil, terutama wilayah gunung dan bukit, ikan tersebut juga agresif.

Beberapa nelayan juga menyebutkan, hewan ini kerap muncul di sungai kecil di hutan, danau, dan waduk. Namun, karena zaman sudah modern, banyak yang membudidayakannya di kolam atau akuarium.

Juga dikenal sebagai monster rawa mungil, channa limbata memiliki kebiasaan berenang di perairan yang tenang. Hewan ini bisa hidup di air yang keruh dan rendah oksigen.

Hewan Nokturnal

Berdasarkan catatan, pernah ditemukan channa limbata yang hidup di sungai pegunungan dengan ketinggian 1500 mdpl. Ada juga yang menemukannya di sungai dengan ketinggian 3.600 mdpl.

Seperti predator pada umumnya, limbata adalah hewan nokturnal. Spesies ini akan sangat aktif mencari mangsanya di malam hari.

Peredaran ikan ini sangat cepat dan mampu menyebar luas. Karena kemampuannya yang acap untuk loncat dan keluar dari air.

Berada di Daratan

Tak hanya itu, karena ikan mampu bertahan di daerah dengan oksigen rendah, hewan ini mampu melewati daratan dengan cepat.

Sebagai salah satu ikan dari keluarga gabus, channa limbata juga memiliki daya tahan yang tinggi. Predator sungai ini terbilang cukup kuat menghadapi perubahan suhu air akibat cuaca.

Mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama, membuat harga channa limbata tidak murah. Sebelumnya, berikut adalah tips atau cara memelihara ikan tersebut.

Tips Memelihara Ikan Channa Limbata

  • Siapkan media pemeliharaan seperti akuarium atau kolam.
  • Bagi Anda yang memilih menggunakan aquarium, pilihlah yang ada tutupnya.
  • Ikan ini bisa loncat jauh, sehingga pasang juga jaring-jari di atas akuarium atau kolam.
  • Beberapa orang menyarankan untuk menambahkan aerasi.
  • Supaya ikan lebih nyaman, tambahkan kerikil atau akar tanaman di dasar akuarium.
  • Pastikan Anda rajin membersihkan dan menguras kolam.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan tidak boleh telat.
  • Meskipun hewan ini mampu dipelihara secara berkelompok, tetapi tidak disarankan.
  • Sebaiknya Anda memeliharanya secara individu supaya ikan tidak saling memangsa.
  • Ada tiga jenis pakan yang harus diberikan, yakni pakan hidup, kering, dan basah.
  • Pilihlah pakan yang bernutrisi dengan lemah, serat, dan protein seimbang.
  • Pakan diberikan secara berselang-seling supaya tidak bosan.
  • Ikan ini tidak cocok disandingkan dengan ikan hias lain.

Memiliki cara pemeliharaan yang cukup mudah, tentunya banyak yang semakin penasaran dengan nilai jualnya. Lalu, berapa harga ikan channa limbata?


Update Harga Ikan Channa Limbata Lokal Baby & Dewasa (Lawu, Golden Albino)

Harga Ikan Channa Limbata

  • Ikan Channa Limbata Gunung Lawu 19 cm - 20 cm: Rp52.000 - Rp80.000 per ekor.
  • Bibit atau Anakan Channa Limbata Albino 5 cm - 8 cm: Rp138.000 - Rp220.000 per ekor.
  • Channa Limbata Golden 10 - 12 cm: Rp1540.000 - Rp1.899.900 per ekor.

Sebagai info, harga ikan channa limbata di atas telah kami rangkum dari situs e-commerce. Perlu diketahui, nilai jual atau beli channa tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan channa limbata tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, ikan channa limbata Gunung Lawu 19 cm-20 cm yang dibanderol Rp50 ribu-Rp78 ribu per ekor, sedikit naik menjadi Rp52 ribu-Rp80 ribu per ekor.

Baca Juga: Update Harga Ikan Koi Slayer Kumpay dan Platinum Tahun 2022

Tak hanya itu, harga ikan channa limbata di setiap daerah tidak sama. Untuk mengetahui nilai ekonomis ikan tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi toko aquascape terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Channa Limbata Lokal Baby & Dewasa (Lawu, Golden Albino)"