Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Tenggiri per 1 Kg (Utuh, Segar, Fillet, Giling) di Pasaran

Update Harga Ikan Tenggiri per 1 Kg (Utuh, Segar, Fillet, Giling) di Pasaran

Sering dijadikan pempek, harga ikan tenggiri di pasar tradisional tidak bisa dibilang murah. Tersedia dalam bentuk segar atau utuh, fillet, dan giling, biasanya dijual per 500 gram.

Namun, ada juga yang menjual daging tenggiri per kilo atau 1 kg. Khusus untuk ikan tenggiri utuh, biasanya juga ditawarkan per ekor.

Tak hanya masuk pasar tradisional, tenggiri juga tersedia di pasar modern. Anda bahkan bisa membelinya di Superindo, Carrefour, dan masih banyak lagi.

Termasuk komoditas air laut yang laris di pasaran, resep ikan tenggiri tidak hanya sebatas pempek. Anda bisa mengolahnya menjadi otak-otak dan kerupuk.

Harga ikan tenggiri per kg sebelum terkini 2022 terbilang tidak murah, khususnya yang segar dan belum diolah. Diketahui, produk tenggiri olahan bisa lebih murah, karena sudah diproses dan dicampur bahan lainnya.

Baca Juga: Harga Ayam Petelur DOC dan Dewasa (per Box dan Ekor)

Seperti yang sudah dijelaskan, di pasaran, tenggiri tidak hanya ditawarkan secara utuh. Ada beberapa jenis daging yang ditawarkan, seperti giling, fillet, dan utuh. 

Varian Daging Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri Giling

Untuk Anda yang akan mencoba resep pempek atau otak-otak, daging tenggiri giling terbilang pas untuk keperluan tersebut. Produk olahan tenggiri asli ini bisa Anda beli di super market terdekat.

Harga ikan tenggiri giling bervariasi, tergantung tingkat kesegaran dan jumlah daging. Anda bisa membelinya dalam plastik isi 250 gr, 500 gr, 750 gr, hingga 1000 gr atau 1 kilo.

Biasanya, daging akan dicampur dengan tepung, telur, minyak, dan aneka bumbu rempah untuk dijadikan pempek atau otak-otak. Beberapa orang juga ada yang menjadikannya sebagai isian untuk membuat shioamay.

Ikan Tenggiri Fillet

Bagi Anda pencinta gorengan, seperti nya ikan tenggiri fillet pas untuk dijadikan karage. Untuk tenggiri fillet biasanya agak mahal daripada tenggiri utuh.

Proses pengolahan daging tenggiri fillet tidak bisa secara sembarangan. Ini karena tenggiri memiliki banyak duri.

Umumnya, untuk membuat tenggiri utuh, pedagang harus memilih pisau yang paling tajam dan pinset khusus untuk membuang durinya. Kepala ikan harus dipotong terlebih dahulu.

Setelah itu, bagian perut ikan harus dibersihkan dan dicuci menggunakan air mengalir. Proses pencucian ikan tidak boleh terlalu lama. Karena bisa membuat daging menjadi mudah hancur.

Pisahkan bagian duri atau tulang belakang, ekor, dan kulit ikan. Ini harus dikerjakan secara cepat supaya daging terjaga kesegarannya.

Ikan Tenggiri Utuh

Ada dua jenis ikan tenggiri utuh yang dijual dipasaran, yakni utuh per ekor atau dalam bentuk potongan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan ikan utuh per ekor, sebaiknya membelinya di pasar tradisional.

Di pasar modern, saat ini sangat jarang ditemukan tenggiri yang dijual utuh per ekor. Umumnya dijual dalam bentuk potongan.

Untuk tenggiri potong, Anda bisa memilih bagian yang Anda sukai, seperti ekor, perut, dan kepala. Selain digoreng, biasanya daging tenggiri seperti ini dimasak dengan tambahan sayur pedas.

Sementara ada banyak bentuk daging tenggiri yang dijual, ternyata tidak kalah dengan jenisnya. Diketahui, ada tiga varian tenggiri yang dijual di pasaran, yakni banci, papan, dan batang.

Jenis Ikan Tenggiri

Ikan Tenggiri Banci (Wahoo)

Memiliki bentuk fisik yang unik, hewan air laut ini terbilang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya tenggiri banci merupakan jenis tenggiri yang paling banyak dijual di Nusantara.

Ciri khas tenggiri banci terletak pada moncongnya yang panjang. Dibandingkan tenggiri lainnya, hewan ini paling mencolok di perairan.

Diketahui, panjang moncong tenggiri hampir sama seperti panjang kepalanya. Sekilas, itu mirip dengan tanduk atau pedang.

Tenggiri Papan

Memiliki nama ilmiah Scomberomorus guttatus, ini adalah tenggiri yang agak jarang ditemukan di pasaran. Hewan air laut ini memiliki ciri khas pada warna tubuhnya.

Pada salah satu bagian sisi tubuhnya, terdapat corak berwarna kehitaman. Ikan ini juga memiliki rona keperakan saat terpapar cahaya matahari.

Bisa tumbuh dengan panjang 60 cm hingga 80 cm, ikan ini tergolong tenggiri medium. Namun, kebanyakan nelayan hanya mampu menangkap tenggiri papan yang berukuran 20 cm hingga 50 cm.

Tenggiri Batang

Ini juga termasuk jenis tenggiri yang paling dicari di pasaran. Umumnya, daging tenggiri papan diolah menjadi kerupuk.

Ciri khas hewan laut ini terletak pada ukuran tubuhnya yang cukup besar dibanding tenggiri lainnya. Ciri morfologi lainnya adalah terdapat garis vertikal pada salah satu sisi tubuhnya.

Tak hanya itu, ikan ini memiliki bagian tubuh samping berwarna gelap. Di lautan lepas, hewan ini bisa tumbuh sepanjang 200 cm.

Dibandingkan dengan jenis lainnya, harga ikan tenggiri batang sekilo relatif lebih mahal. Apalagi jika Anda membelinya per ekor dengan berat lebih dari 1 kg.


Update Harga Ikan Tenggiri per 1 Kg (Utuh, Segar, Fillet, Giling) di Pasaran


Review Daging Ikan Tenggiri

Memiliki nama ilmiah Scomberomorini, tenggiri adalah suku ikan bertulang belakang. Hewan air laut ini masih satu family dengan makarel.

Ikan tenggiri juga masih satu rumpun dengan suku mackerel, tuna, dan bonito. Selain itu, chordata ini masih sering dikaitkan dengan Gasterochisma melampus.

Termasuk ikan berdaging, tenggiri adalah hewan laut besar. Tak hanya itu, ikan ini dikenal sebagai predator ikan dan hewan laut yang lebih kecil.

Baca Juga: Harga Ayam Poland Dewasa dan Anakan (Ori, Putih, Batik, Tanduk, dll)

Menurut review konsumen, daging ikan tenggiri memiliki aroma yang sangat amis. Namun, rasanya sangat lezat.

Tekstur daging tenggiri juga lembut dan mudah ditelan. Untuk rasanya sendiri terbilang sangat gurih dan cenderung asin.

Hal tersebut yang membuat orang, biasanya hanya menambahkan sedikit penyedap dan garam. Nah, untuk menghilangkan aroma amis tenggiri, Anda bisa menambahkan cuka. 

Beberapa orang juga menambahkan air perasan jeruk lemon dan jahe. Jika Anda merasa kurang dan masih amis, Anda bisa memarinasinya dengan berbagai macam rempah.

Mempunyai rasa yang lezat dan bisa dijadikan beragam olahan, tak membuat harga ikan tenggiri murah. Apalagi jika mengetahui kandungan gizinya yang lengkap.

Kandungan Gizi Ikan Tenggiri per 100 gr

  • 19,3 gr Protein.
  • 6,3 gr Lemak.
  • 11 mg Kalsium.
  • 33 Mg Magnesium.
  • 446 mg Kalium.
  • 59 mg Sodium.
  • 36,5 mcg Selenium.
  • 1,6 mg Vitamin C.
  • 1 mcg Folat.
  • 50,5 mg Kolin.
  • 2,3 mg Niacin.
  • 2,4 mcg Vitamin B12.
  • 39 mcg Vitamin A.
  • 7,3 mcg Vitamin D.
  • 1,339 gr Omega-3.
  • 1,74 mg Asam Lemak Jenuh.

Selain itu, daging tenggiri mengandung zat besi, zinc, vitamin E, lysine, kolin, dan leucine. Tak heran, jika harga ikan tenggiri saat ini tidak murah.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, konon, daging ikan tenggiri memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat atau khasiat daging tenggiri.

Manfaat Makan Ikan Tenggiri

  • Menjaga kesehatan otak.
  • Mengatasi gejala anemia.
  • Menurunkan risiko kanker.
  • Melindungi daya tahan tubuh.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mendukung tumbuh kembang anak.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan daging ikan tenggiri untuk berbagai keperluan dapur, bisa membelinya di pasar tersekat. Lalu, berapa harga ikan tenggiri? Berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Tenggiri per 1 Kg (Utuh, Segar, Fillet, Giling) di Pasaran


Harga Ikan Tenggiri

Jenis Ikan Tengiri

Harga

Ikan Tenggiri Segar

Rp81.000 - Rp98.000 per kg

Ikan Tenggiri Fillet

Rp96.000 - 102.000 per kg

Ikan Tenggiri Giling

Rp110.200 - Rp127.500 per kg

Sebagai informasi, harga ikan tenggiri di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Seperti komoditas air laut lainnya, harga ikan tenggiri cenderung fluktuatif dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan tengiri tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, ikan tengiri segar yang semula dibanderol Rp80.000 - Rp97.250 per kg, sedikit naik menjadi Rp81.500 - Rp98.000 per kg.

Tak hanya itu, harga ikan tenggiri di tiap daerah bisa berbeda-beda. Untuk mengetahui nilai jual ikan tenggiri teraktual, Anda bisa mengunjungi supermarket terdekat.

Baca Juga: Harga Ayam Cochin Anakan dan Dewasa (Mini, Kapas, Bantam, & Giant)

Persebaran ikan tenggiri di Indonesia sudah sangat luas, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Ikan ini juga sudah diperjualbelikan di pasar Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, dan lainnya.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Tenggiri per 1 Kg (Utuh, Segar, Fillet, Giling) di Pasaran"