Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Kembung per 1 Kg (Segar dan Frozen) di Pasaran

Update Harga Ikan Kembung per 1 Kg (Segar dan Frozen) di Pasaran

Sering dijadikan hidangan berkuah pedas, ikan kembung termasuk hewan laut yang cukup laris di pasar tradisional maupun modern. Harga ikan kembung 1 kg atau per kg di pasaran terbilang fluktuatif.

Ikan Kembung si Pelagis Kecil

Juga dikenal dengan banyara atau banyar, ikan kembung memiliki marga Rastrelliger dan termasuk suku Scombridae. Tak hanya itu, hewan air laut ini masih sekerabat dengan tongkol.

Diketahui juga, ikan laut ini masih satu family dengan tuna, tenggiri, madidihang, dan makerel atau mackerel. Diklasifikasikan sebagai ikan pelagis, di Ambon dikenal dengan nama lema tau tatare. Bahan pangan ini memiliki nilai ekonomis menengah. 

Baca Juga: Harga Obat Cacing Kucing (Wormix, Combantrin, Drontal, Dll)

Sebagai ikan pelagis kecil, tidak sulit menangkap ikan kembung. Karena, ikan ini hidup secara berkelompok atau bergerombol untuk mencari makan.

Cara hidupnya yang unik, kerap menarik perhatian predator, seperti cakalang dan hiu. Meskipun begitu, tidak mudah untuk memangsa ikan pelagis. Karena pola berenang ikan yang dapat mengecoh pemangsanya.

Terhitung sebagai komoditas yang cukup penting, biasanya kembung dijual dalam kondisi segar. Tak hanya itu, ada nelayan yang menawarkannya dalam kondisi hidup sebagai umpan cakalang.

Supaya lebih tahan lama, beberapa pelapak juga menawarkannya dalam bentuk pindang. Lebih awet lagi, jika kembung dijadikan ikan asap atau ikan asin.

Ciri Ikan Kembung

Masih satu saudara dengan tongkol atau tuna, banyak orang yang terkecoh dengan fisik kembung. Beberapa dari mereka bahkan mengira ikan ini adalah anakan tongkol.

Secara morfologi, ikan kembung memiliki tubuh ramping dan memanjang. Namun, ciri khasnya adalah bentuk bagian perut ikan yang melebar.

Hewan laut ini juga terbilang lebih pipih dibandingkan tongkol. Selain itu, ikan ini memiliki kepala yang cenderung lebar dan besar.

Memiliki sisi dorsal berwarna gelap, yakni biru kehijauan hingga kecokelatan, ikan ini terlihat indah saat berenang. Ada juga 1 hingga 2 deret bintik gelap yang membujur di dekat pangkal sirip punggung.

Seperti ikan pelagis pada umumnya, kembung memiliki sisik ventral keperakan. Sisik yang menutupi tubuhnya berukuran kecil dan seragam.

Ada juga sirip punggung yang diikuti sirip kecil tambahan. Ini yang membuat ikan menjadi perenang handal di laut lepas.

Tekstur Daging Ikan Kembung

Masih kerabat dekat ikan tuna, kembung memiliki daging berwarna putih dan sedikit berserat. Meskipun begitu, teksturnya tidak sekeras dua jenis ikan laut tersebut.

Daging ikan kembung berwarna putih, lembut, dan empuk jika dimasak. Selain itu, rasanya lebih gurih daripada tongkol.

Terbilang praktis dan mudah diolah, daging ikan kembung tidak mudah hancur jika disayur. Umumnya, daging ikan malah menjadi lebih empuk saat dimasak menjadi hidangan berkuah.

Namun, banyak juga konsumen yang memilihnya untuk digoreng. Menggoreng ikan kembung tidak sulit, karena dagingnya mudah matang.

Selain itu, Anda tidak perlu menambahkan banyak bumbu. Karena daging ikan sudah gurih, asin, dan juicy.

Dibalik rasanya yang lezat, daging ikan kembung kaya nutrisi. Sebelum membahas harga ikan kembung, berikut adalah kandungan gizi ikan kembung 100 gr.

Nilai Gizi Ikan Kembung 100 gr

  • 21,3 gr Protein.
  • 3,4 gr Lemak.
  • 2,2 gr Karbohidrat.
  • 136 mg Kalsium.
  • 69 mg Fosfor.
  • 0,8 mg Fosfor.
  • 214 Natrium.
  • 245 mg Kalium.
  • 0,20 mg Tembaga.
  • 1,1 mg Seng.

Selain itu, ikan kembung mengandung vitamin B (thiamin, riboflavin, niasin) dan besi. Dengan semua kandungannya, tak heran jika harga ikan kembung bisa mengalami kenaikan tahun ini.

Tak hanya itu, kandungan nutrisi yang lengkap, membuat daging kembung memiliki banyak manfaat. Berikut adalah khasiat makan ikan kembung dalam porsi atau diet yang cukup.


Update Harga Ikan Kembung per 1 Kg (Segar dan Frozen) di Pasaran


Manfaat Daging Ikan Kembung

Sebagai Antiinflamasi

Juga dikenal memiliki zat antioksidan tinggi, daging ikan kembung bisa mencegah peradangan. Tak hanya itu, kabarnya ikan kembung mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Harga Anjing American Bully Anakan & Dewasa (Semua Jenis)

Antioksidan pada ikan kembung juga dipercaya bisa melindungi sel-sel tubuh serta mempercepat penyembuhan luka. Anda bisa mengonsumsi ikan ini dengan cara dikukus atau di tim.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet sehat atau untuk menurunkan berat badan, tampaknya ikan kembung pas dijadikan hidangan utama. Tidak mengandung banyak lemak dan kaya protein, daging kembung diklaim mampu mempercepat metabolisme.

Semakin cepat metabolisme tubuh, maka semakin banyak kalori yang terbakar. Sehingga, berat badan bisa turun secara drastis.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor terbilang sangat baik untuk anak dalam masa pertumbuhan. Selain mampu mendorong pertumbuhan, daging ikan kembung bisa menjaga kesehatan tulang.

Tak hanya itu, dengan mengonsumsi ikan kembung secara rutin, konon gigi Anda akan tetap kokoh saat menjelang tua. Beberapa produk olahan ikan kembung juga diklaim berkhasiat mampu mencegah osteoporosis dini.

Menyehatkan Saraf

Selain mampu menjaga kesehatan otot, ikan kembung diklaim berkhasiat menjaga kesehatan saraf. Karena, kadar kalium atau natrium yang cukup.

Kadar natrium yang tak terlalu tinggi pada daging ikan ini juga tidak akan membuat tekanan darah Anda naik. Sehingga cocok, bagi Anda yang memiliki keluhan hipertensi.

Tak hanya ada satu varian, ikan kembung yang dijual dipasaran beragam. Berikut jenis-jenis ikan kembung.

Jenis-Jenis Ikan Kembung

  • Layang.
  • Banjar.
  • Rastrelliger Brachysoma Bleeker (Kembung Perempuan).
  • Matsui Rastrelliger Faughni.
  • Kembung Lelaki (Rastrelliger Kanagurta Cuvier).

Mengetahui manfaat ikan kembung di atas, tak heran jika hewan air laut ini cukup populer. Lalu, berapa harga ikan kembung per kilo saat ini? Berikut ulasannya.


Update Harga Ikan Kembung per 1 Kg (Segar dan Frozen) di Pasaran


Harga Ikan Kembung di Pasar Tradisional

Dikutip dari berbagai sumber, harga ikan kembung di pasar tradisional, dinilai lebih murah daripada di supermarket. Selain itu, tergantung dari jenisnya, seperti ikan kembung banjar, mata belo, dan gepeng biasa.

Tak hanya diperjualbelikan dalam kemasan per kilo, ada pedagang yang menawarkannya 1/2 kg atau 500 gr. Ikan air laut ini juga tidak hanya dijual di kota metropolitan seperti Surabaya dan Jakarta. 

Namun, ada juga yang menawarkannya di Jogja, Bandung, dan Tulungagung. Nah, selain ditawarkan dalam bentuk segar, beberapa lapak juga menjualnya dalam bentuk masakan. 

Biasanya, semakin rumit resep hidangannya, semakin mahal nilai jualnya. Harga set asam pedas ikan kembung misalnya, lebih mahal daripada harga pepes ikan kembung.

Diketahui, harga ikan kembung sekilo 2022 terkini mengalami kenaikan dari 2021 dan 2020. Dilansir dari Tribun Bandar Lampung, nilai jual ikan kembung hari ini naik sekitar Rp5 ribu per kg. 

Baca Juga: Harga Ikan Channa Pulchra Semua Ukuran (Anakan & Dewasa)

Dari nilai beli yang awalnya Rp40 ribu per kilo, di Bandar Lampung bisa menjadi Rp45 ribu 1 kg. Ada juga yang menawarkannya dengan harga Rp55 ribu. Namun, di beberapa pasar di Bandar Lampung, nilai jual ikan laut tersebut terbilang stabil. Ikan ini dijual dengan harga Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg.

Selain dijual di pasar tradisional, ikan kembung ditawarkan di lapak online. Harga ikan kembung di situs jual beli online atau situs e-commerce bervariasi. Ini tergantung jenis olahannya, seperti berikut.

Harga Ikan Kembung Online

Jenis Ikan Kembung

Harga per Kg

Ikan Kembung Banjar

Rp45.000 - Rp50.500

Ikan Kembung Layang

Rp47.000 - Rp53.000

Ikan Kembung Frozen

Rp52.000 - Rp81.000

Ikan Kembung Pepes

Rp62.000 - Rp78.000

Ikan Kembung Asin

Rp77.200 - Rp87.250

Sebagai informasi, harga ikan kembung di atas, kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Beberapa, juga ada yang kami dapatkan dari situs jual beli online.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan kembung tahun 2022 mengalami kenaikan. Contohnya, ikan kembung banjar yang awalnya dibanderol Rp40 ribu-Rp45 ribu per kg, naik menjadi Rp45-50 ribu per kg.

Perlu diingat, harga ikan kembung di setiap daerah tidak sama dan fluktuatif. Untuk informasi nilai beli ikan kembung teraktual, Anda bisa langsung ke pusat perbelanjaan terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Kembung per 1 Kg (Segar dan Frozen) di Pasaran"