Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Dori Asli Fillet Segar (per Ekor dan 1 Kg) di Pasaran

Harga Ikan Dori Asli Fillet Segar (per Ekor dan 1 Kg) di Pasaran

Menjadi salah satu ikan yang laris di pasaran, dori asli dijual dalam bentuk fillet atau segar. Umumnya, harga ikan dori fillet dihitung per kilo atau kg. Namun, Anda juga bisa membeli ikan tersebut per slice atau potong di Superindo, Hypermart, Carrefour, dan Prima Freshmart.

Ikan John Dory Fillet adalah Patin

Diketahui, kerap dioplos dengan ikan patin, beberapa orang merasa kebingungan memilih daging ikan dori segar. Tak hanya itu, 1 kg dory yang dipasarkan dalam kemasan slice atau fillet umumnya bukan yang asli.

Sebagai hidangan yang terkenal lezat, tampaknya daging ikan dori asli fillet jarang ditemukan. Untuk itu, Anda disarankan membeli ikan dari secara utuh. 

Baca Juga: Harga Kucing Serval (Anakan & Dewasa), Mirip Punya Rachel Vennya

Dilansir dari detikfinance, kontroversi ikan dori yang beredar di pasaran adalah ikan patin masih menjadi buah bibir di media sosial. Pasalnya, dua daging ikan ini memiliki rupa yang hampir sama.

Umumnya, orang mengira, ikan daging dori yang diperjualbelikan di Indonesia adalah jenis John Dory yang hidup di laut. Faktanya, banyak orang menjual daging ikan patin fillet dengan label dori.

"Ikan dori adalah bagian dari produk olahan ikan patin," ungkap pihak Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia tahun 2021. "Memang labelnya John Dory, tetapi bukan.”

Ikan John Dory di Pasaran 

Diketahui, sebetulnya 'Dori' di Nusantara adalah sebutan lain dari patin . Namun, umumnya nama atau label produk 'Dori' berasal dari luar negeri. 

Sementara itu, untuk 'Dori' di Tanah air lebih umum dikenal dengan nama patin. Ikan ini hidupnya di air tawar dan lebih dikenal dengan nama Pangasius.

Mungkin sebagian dari Anda, penikmat dori fillet akan sedikit tercengang mendengar kabar tersebut. Memang belum banyak yang tau jika dori fillet yang dijual di pasar modern atau cafe adalah fillet ikan patin.

Jika ditelisik lebih dalam, 'Dori' merupakan merek produsen ikan dari Vietnam. Namun, banyak orang menyangka jika dori adalah jenis ikan.

Dori fillet termasuk bahan makanan yang cukup laris di pasaran, terutama supermarket. Karena, bisa diolah dengan cepat dan dijadikan aneka hidangan lezat.

Sementara ikan dori fillet yang dipasarkan di dalam negeri adalah daging patin, beberapa orang lebih memilih membelinya secara impor. Gambar ikan dori asli menunjukkan, ikan ini memang pipih. Namun, tidak setebal daging dori fillet di minimarket.


Update Harga Ikan Dori Asli Fillet Segar (per Ekor dan 1 Kg) di Pasaran


Asal Ikan John Dory Asli

Ikan dori atau dory asli tentu berbeda dengan patin. Memiliki bentuk cenderung unik, ikan ini terbilang populer di kalangan chef.

Umumnya, daging dori asli diperjualbelikan di restoran mewah. Harga ikan dori asli juga tidak semurah daging patin fillet.

Dikenal sebagai ikan aneh yang kerap dijadikan masakan ala Mediterania, dori banyak ditemukan laut tropis. Ikan ini hidup di sepanjang garis lintang tropis dan subtropis.

Namun, nelayan akan kesulitan mencari hewan air ini di Samudera Pasifik. Hewan tersebut juga sangat jarang ada di Atlantik Barat.

Bentuknya yang aneh, juga membuat John Dory diperjualbelikan sebagai ikan hias. Biasanya, hewan laut ini ditawarkan per ekor dengan usia bibit atau anakan dan dewasa.

Sementara itu, untuk konsumsi, dori dijual dalam bentuk segar sekilo atau per kg. Beberapa orang tidak hanya mengimpornya langsung dari Eropa, tetapi juga Malaysia dan Singapura.

Umumnya, dori asli dapat ditangkap di Inggris, Australia, dan New Zealand. Sementara itu, di Amerika Serikat (AS), dori terbilang langka. Hal ini yang membuat harga ikan dori tidak murah.

Ciri Ikan John Dory Asli

Postur Tubuh Ikan John Dory

Dikutip dari Kompas, ikan dori kerap disandingkan dengan ikan turbot, sole, dan brill. Karena tubuhnya sama-sama pipih.

Selain pipih, bodinya juga lebar dan sangat tipis. Sekilas, John Dory terlihat seperti ikan tak berdaging dan sangat kurus.

Namun, berkat tubuhnya itu, menyelamatkan dori dari predator. Karena hewan lain akan kebingungan ketika melihat dori yang tidak berdaging.

Pola Warna Ikan John Dory

Bagian samping tubuhnya, juga terdapat semacam bulatan berwarna gelap. Itu adalah pola yang hanya dimiliki John Dory dan bentuknya seperti mata.

Sekilas, mungkin predator akan menyangka, ikan dori memiliki wajah yang besar dan lebar dari samping. Lalu, mereka akan kebingungan saat mengetahui letak kepalanya yang sesungguhnya.

Memiliki pola bulatan yang cukup unik, membuat dori juga disebut sebagai St. Peter. Karena mitos mengatakan, bulatan hitam pada dori mewakili sidik jari French doree (St. Peter).

Sirip Ikan John Dori

Tak hanya itu, ciri khas John Dory terletak pada sirip punggungnya. Ada duri seperti tulang yang mencuat di sirip punggungnya.

Tulang tersebut berbentuk seperti mahkota dengan ujung yang runcing. Beberapa nelayan menyebutkan, itu seperti senjata yang mematikan.

Sementara itu, bagian sisik dori asli didominasi dengan warna abu-abu keperakan. Jika sisik ini terpapar sinar matahari, maka akan memantulkan cahaya.

Proses Fillet Daging John Dory Asli

Tak seperti ikan lain yang berdaging tebal, dori mempunyai daging sangat tipis. Ini membuatnya lebih cocok untuk di-fillet.

Diketahui, berat satu ikan dori sekitar 230 gr hingga 450 gr untuk ukuran medium. Sementara itu, John Dory jumbo atau besar bisa mencapai 2 kg.

Baca Juga: Harga Anjing Great Dane Scooby Doo (Puppy dan Dewasa)

Kepala yang lebar dan duri atau tulangnya yang tajam, membuat ikan ini mudah dipotong. Selain itu, kulitnya juga agak tebal dan sedikit berlemak.

Proses fillet ikan dori cukup dengan memotongnya menjadi tiga bagian dari samping. Pisahkan duri, kepala, kulit, dan ekornya.

Setelah dipotong, berat John Dory akan berkurang 35%. Karena sumber bobot terbesarnya berasal dari kepala dan tulang punggungnya.


Update Harga Ikan Dori Asli Fillet Segar (per Ekor dan 1 Kg) di Pasaran


Tekstur Daging John Dory Asli

Umumnya, dori berdaging putih dengan tekstur yang padat. Selain itu, ikan bertekstur lembut setelah dimasak dan tidak mudah hancur.

Rasa daging ikan John Dory terbilang light jika dibandingkan salmon dan tuna. Selain itu, daging ikan cenderung manis dan tidak terlalu gurih dibandingkan daging ikan laut lainnya.

Beberapa koki biasanya memasak ikan laut ini menjadi Ikan Dori Saus Lada. Ini adalah kuliner khas Mediterania yang lezat.

Ada juga yang menyebutkan, daging dori lebih enak jika dipanggang. Anda bisa membuat bumbu panggangan menggunakan basil, oregano, rosemary, olive oil, dan sedikit jnten.

Supaya daging tidak terlalu amis dan rasanya segar, Anda boleh menambahkan sedikit cuka. Tambahkan juga air jeruk lemon, dan jahe. 

Beberapa konsumen juga suka jika dori dimasak dengan saus tomat dan kecap asin. Lalu, agar lebih gurih, tambahkan taburan wijen dan sedikit mentega.

Memiliki daging yang lezat dan lembut, tak heran jika harga ikan dory asli cukup mahal. Selain itu, hewan air laut ini juga bergizi lengkap. Ini juga yang membuat harga ikan dori mahal.

Kandungan Gizi John Dory Asli per 100 gr

  • 21 gr Protein.
  • 1 gr Lemak.
  • 95 kkl Kalori.

Selain itu, dori mengandung karbohidrat, asam lemak, omega 3, dan DHA. Lalu, berapa harga ikan dori? Berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Dori Asli Fillet Segar (per Ekor dan 1 Kg) di Pasaran

Harga Ikan Dori

Varian Ikan Dori

Harga

Ikan Dori Fillet Lokal (Patin)

Rp15.000 - Rp17.500 per slice

Ikan Dori Fillet Lokal (Pangasius) isi 3-4 slices

Rp38.000 - Rp45.000 per kg

Ikan Dori (John Dory) Pasar Internasional 450 gr

Rp657.000 - Rp821.000 per ekor

Ikan Dori Fillet (John Dory) Australia 180 gr

Rp155.000 - Rp175.000 per slice

Ikan Dori (John Dory) Impor

Rp1.420.000 - Rp2.000.000 per kilo

Sebagai informasi, harga ikan dori di atas telah kami rangkum dari situs jual beli online atau situs e-commerce. Sama seperti hewan air laut lainnya, harga ikan dori cukup fluktuatif.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan dori tahun 2022 ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, ikan John Dory impor yang semula dibanderol Rp1,3 juta hingga Rp1,5 juta per kilo, naik menjadi Rp1,4 jutaan hingga Rp2 juta per kg.

Tak hanya itu, harga ikan dori bisa berbeda dan berubah-ubah di tiap tempat. Nilai jual ikan dori asli memang lebih maha, karena cara mendapatkannya juga sulit.

Diketahui, John Dory asli sangat jarang dijual di pasar Indonesia, apalagi pasar tradisional. Umumnya, cara paling mudah mendapatkan dori asli adalah menelusuri situs e-commerce mancanegara.

Baca Juga: Harga Ikan Tuna 1 Kg (Sirip Biru, Kuning, Segar & Olahan)

Meskipun harga ikan dori di kancah internasional tidak murah, tetapi itu tak menjadi masalah bagi beberapa orang. Karena rasanya yang lezat dan cara memasak atau resep yang mudah.

Selain itu, ada sejumlah manfaat ikan dori yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya, menurunkan kolesterol.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Dori Asli Fillet Segar (per Ekor dan 1 Kg) di Pasaran "