Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Sawi Putih 1 kg dan Per 100 gr di Berbagai Daerah

Harga Sawi Putih 1 kg dan Per 100 gr di Berbagai Daerah

Sawi putih atau petsai, termasuk salah satu jenis sayur yang mudah diolah. Bahan makanan ini bisa dijadikan hidangan berkuah, lalapan, hingga tumisan. Selain itu, harga sawi putih 1 kg maupun per batang relatif terjangkau. 

Karakteristik Sawi Putih

Secara ilmiah, sawi putih termasuk tanaman suku sawi-sawian atau Brassicaceae. Sering digunakan untuk memasak Chinese food, sayur tersebut juga dikenal dengan sawi China.

Ada alasan sayur ini disebut sawi putih, yakni karena tangkainya berwarna putih. Selain itu, warna daunnya cenderung hijau pucat dan ada juga yang kekuningan.

Baca Juga: Harga Tepung Pancake Instan di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Meskipun secara tampilan, sayur yang satu ini dirasa kurang menarik, banyak orang yang menyukainya. Ini karena sawi putih tergolong sebagai sayuran yang mudah matang.

Tak perlu waktu lama untuk memasak sawi putih. Dengan cara mengolah sederhana seperti ditumis, sayur ini sudah bisa dihidangkan dalam waktu kurang dari 10 menit.

Selain itu, harga sawi putih juga relatif terjangkau. Namun, cukup bersaing dengan harga sawi hijau 1 kg di pasaran.

Menurut review salah satu pedagang di pasar, harga sayur sawi putih juga relatif murah dibandingkan harga pakcoy. Sawi putih harga jualnya juga bisa lebih murah per kg dibandingkan harga brokoli 1 kg.

Kemasan sawi putih di pasaran sendiri tidak hanya per kg, ada juga yang per ikat. Untuk harga sawi putih 1 ikat cukup beragam, tergantung beratnya,

Sebagai tips jika Anda ingin mendapatkan nilai jual sawi putih yang lebih murah, Anda bisa membelinya di pasar tradisional. Sebagai contoh, harga sawi putih di pasar induk per kilo tak sampai Rp15 ribu.

Sebelum Anda mengetahui harga sawi putih 1 kg, pastikan juga Anda mengetahui kandungan gizinya. SAngat penting mengetahui kandungan nutrisi bahan makanan, apalagi jika Anda sedang diet sehat.

Kandungan Gizi Sawi Putih

  • 22 kkal Kalori
  • 2,3 gr Protein
  • 0,3 gr Lemak
  • 4 gr Karbohidrat
  • 220 mg Kalsium
  • 38 mg Fosfor
  • 3 mg Zat Besi
  • 6460 IU Vitamin A
  • 0,09 mg Vitamin B1
  • 102 mg Vitamin C

Dengan kandungan gizi yang melimpah, tak heran jika banyak orang semakin gemar mengonsumsi sawi putih. Sementara nilai jual sawi putih terkadang bisa naik drastis, banyak orang ingin menanamnya sendiri di rumah.

Cara Menanam Sawi Putih

  • Tak sulit melakukan cara menanam petsai, karena sudah ada bibit siap tanam.
  • Pilih bibit sawi putih siap tanam yang sehat dan tidak cacat.
  • Siapkan media tanam seperti pot atau polybag.
  • Isi media tanam dengan tanah campur sekam dan pupuk berbanding 1:1:1.
  • Buat lubang sedalam 3-5 cm di bagian tengah media tanam dan tanam bibit sawi.
  • Padatkan tanahnya supaya bibit petsai tumbuh dengan baik.
  • Lakukan pemupukan susulan dilakukan setiap 2 minggu.
  • Siram sawi putih menggunakan semprotan jika tanahnya mulai mengering.
  • Pemupukan selanjutnya diperlukan tiap 
  • Petsai bisa langsung dipanen setelah berusia 1-2 bulan.

Sawi putih yang sudah dipanen bisa langsung dibersihkan dan disortir berdasarkan ukurannya untuk dijual. Namun, jika Anda ingin menjadikannya sebagai bahan konsumsi keluarga, pastikan Anda menyimpannya dengan baik.

Baca Juga: Harga Sabun Kojie San di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Supaya mudah diolah dan tahan lama, beberapa orang suka menjadikan sawi sebagai asinan. Asinan sawi ini bisa disimpan hingga berbulan-bulan jika proses pengolahannya tepat.

Selain dijadikan asinan, beberapa orang ada yang menjadikan sawi sebagai bahan kimchi. Ini adalah salah satu side dish khas Korea yang sedang digemari banyak orang.

Nah, bagi Anda yang tidak punya banyak waktu menanam sawi putih, namun ingin membuat asinan atau kimchi, Anda bisa membelinya. Berikut harga sawi putih 1 kg di pasaran.


Harga Sawi Putih 1 kg dan Per 100 gr di Berbagai Daerah


Harga Sawi Putih 1 kg di Berbagai Daerah

Daerah Penghasil Sawi Putih

Harga Sawi Putih

Jakarta 

Rp5.000

Subang 

Rp8000

Ponorogo

Rp8000

Kediri 

Rp10.000

Surabaya

Rp14.000

Kendari 

Rp25.000

Sebagai informasi, harga sawi putih 1 kg di atas telah kami rangkum dari berbagai berita. Tentunya, nilai jual sawi putih segar sekilo bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Harga Sawi Putih di Superindo

Selain bisa beli sawi putih di pasar tradisional, Anda bisa membelinya di swalayan atau supermarket terdekat. Nah, salah satu supermarket yang menawarkan sawi putih dalam berbagai kemasan adalah Superindo.

Dilansir dari situs resminya, harga sawi putih di Superindo per batang berkisar Rp15.000. Namun, untuk Anda yang tidak membutuhkan banyak sawi putih, tersedia sawi putih ukuran kecil.

Untuk harga sawi putih berukuran mini di Superindo dibanderol Rp2.000 per 100 gram. Bisa dibilang, untuk harga sawi putih di Superindo 1 kg Rp20.000.

Baca Juga: Harga Menu Bebek Carok Tretan Muslim, Baru Buka Cabang Lagi Nih!

Seperti di tempat belanja lainnya, nilai jual sawi putih segar di Superindo bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi jika sedang ada promo, biasanya harga sawi putih per kg di Superindo akan jauh lebih murah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Sawi Putih 1 kg dan Per 100 gr di Berbagai Daerah"