Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tepung Tapioka di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Harga Tepung Tapioka di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Beragam camilan lezat, seperti cireng, cimol, dan cilok, tak lepas dari peran tepung tapioka. Dijual di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret, harga tepung tapioka terbilang terjangkau. Selain itu, tepung kanji ini dijual dalam beberapa kemasan dan merk. 

Memiliki banyak sebutan, tepung tapioka lebih dikenal sebagai tepung kanji atau tepung aci. Ada juga yang menyebutnya sebagai aci sampeu dalam bahasa Sunda. Tak hanya dijadikan sebagai bahan masakan bercita rasa manis, tepung ini kerap dijadikan camilan bercita rasa asin.

Baca Juga: Harga Kimchi di Indomaret, Alfamart, dan Superindo (Halal)

Namun, karena resep pangan semakin berkembang, banyak orang lebih inovatif mengolah tepung tapioka. Nah, sebelum Anda beli tepung tapioka, pastikan Anda mengetahui perbedaannya dengan tepung lainnya. Apalagi jika tepung yang satu ini sangat mirip dengan tepung sagu.

Perbedaan Tepung Tapioka dan Sagu

Jika dilihat sekilas, tepung tapioka mirip dengan tepung sagu. Namun, tak perlu khawatir karena mudah membedakan keduanya. Anda hanya perlu melihat warna tepung dengan saksama.

Untuk tepung kanji mempunyai warna yang cenderung sangat putih, bahkan lebih putih daripada susu. Sementara itu, tepung sagu cenderung agak kekuningan. Sekilas, tepung sagu mirip dengan susu bubuk.

Selain itu, perhatikan juga teksturnya. Sebagian besar tepung tapioka bertekstur sangat halus, tetapi padat jika dicubit. Sementara itu, tepung sagu tidak terlalu halus dan teksturnya agak lembut dibandingkan tepung kanji.

Perhatikan juga bahan pembuat tepung, untuk membedakan tepung sagu dan tapioka. Seperti namanya, tepung tapioka berasal dari ketela pohon. Saripati dari ketela pohon merupakan bahan utama tepung kanji.

Sementara itu, bahan utama untuk membuat tepung sagu berasal dari pohon sagu. Hal ini yang membuat proses pembuatan tepung sagu terbilang lebih rumit. Sehingga, tak heran jika harga tepung sagu di pasaran relatif lebih mahal dibandingkan tepung tapioka.

Baca Juga: Harga Saus Gochujang Halal di Indomaret, Alfamart, dan Superindo

Meskipun dua jenis tepung ini mempunyai banyak perbedaan, tepung sagu dan tapioka mempunyai tekstur yang hampir sama saat diolah. Dua jenis tepung ini sama-sama memiliki tekstur lengket seperti lem.

Tak hanya itu, warnanya juga sama-sama bening jika direbus. Dengan tekstur, warna, dan rasanya, banyak orang kerap menjadikan tepung tapioka sebagai pengganti tepung sagu. Apalagi ini karena lebih mudah mendapatkan tepung kanji daripada tepung sagu.

Sebagai info tambahan, kebanyakan tepung tapioka yang beredar di pasaran merupakan tepung kemasan 500 gr. Sehingga, untuk membelinya dalam jumlah 1 kg, Anda memerlukan dua bungkus tepung tapioka. Berikut referensi harganya.


Harga Tepung Tapioka di Indomaret, Alfamart, dan Superindo


Harga Tepung Tapioka di Indomaret

Merk Tepung Tapioka

Harga Tepung Tapioka

Gunung Agung Tepung Tapioka 500 G 

Rp9.600

Pak Tani Gunung Tepung Tapioka 500 gr 

Rp12.200

Tani Nelayan Tepung Super Tapioka Bogor 500 gram

Rp12.200

Harga Tepung Tapioka di Alfamart

Selain bisa membelinya di Indomaret terdekat, Anda bisa beli tepung tapioka di Alfamart. Di minimarket tersebut, tersedia tepung tapioka merk Pak Tani Gunung. Dengan kemasan plastik 500 gr, harga tepung tapioka di Alfamart Rp12.800.

Baca Juga: Harga Oufen Lotus Root Powder dan Fakta Halal Haramnya

Tentunya, nilai jual tepung tapioka di Alfamart tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Selain kitu, informasi harga tepung tapioka di Alfamart ini telah kami rangkum dari aplikasi resminya.

Harga Tepung Tapioka di Superindo

Merk Tepung Tapioka

Harga Tepung Tapioka

Gunung Agung Tepung Tapioka 500 G 

Rp12.000

Pak Tani Gunung Tepung Tapioka 500 gr 

Rp14.000

Seperti harga tepung tapioka di Indomaret dan Alfamart, nilai jualnya di Superindo bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, bisa jadi nilai jual tepung tapioka di Superindo tiap daerah berbeda. Apalagi jika ada diskon di hari atau tanggal tertentu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Tepung Tapioka di Indomaret, Alfamart, dan Superindo"