Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Siberian Husky Anakan (Baby) dan Dewasa 2022

Harga Anjing Siberian Husky Anakan (Baby) dan Dewasa 2022

Selain Golden retriever dan Malamute, Siberian husky menjadi anjing yang cukup populer di Indonesia, bahkan sudah ada banyak komunitas yang berkecimpung khusus dalam hal merawatnya. Namun, harga anjing Siberian husky anakan maupun dewasa tidak bisa dibilang murah.

Asal Anjing Siberian Husky

Meskipun berwajah gahar seperti Srigala, nyatanya Siberian husky berhati Hello Kitty. Termasuk dalam anjing peliharaan yang tidak ganas, anabul ini terbilang sangat manja kepada manusia.

Diperkirakan, bentuk fisik anjing husky Siberia ini hasil persilangan antara Serigala dan anjing hutan atau domestik secara alami. Seperti namanya, memang anabul besar ini berasal dari Siberia.

Awalnya, konon anjing Siberian husky adalah peliharaan orang dari suku Chukchi di kawasan semenanjung Siberia. Dipelihara sebagai hewan pekerja, anjing tersebut sudah terbiasa untuk dijadikan penarik kereta seluncur, menggembala rusa, dan sebagai hewan penjaga.

Tak ada alasan lain mengapa Siberian husky adalah anjing pekerja saat itu. Alasan utamanya adalah, memiliki tubuh yang kuat, mampu bertahan di cuaca ekstrem, dan mampu berlari cepat di antara anjing lain yang ada di kawasan Siberia.

Kepopuleran Anjing Siberian Husky

Sangat bermanfaat bagi kehidupan orang semenanjung Siberia, akhirnya anjing tersebut dibawa ke Alaska pada 1909. Anjing ini dijadikan sebagai anjing balap untuk bertanding lari jarak jauh.

Dengan adanya pertandingan tersebut, husky menjadi populer dan dikenal di berbagai negara. Khususnya, Siberian husky mulai terkenal di Kota Nome pada 1925, ketika ada demam Dipteria.

Sebagai anjing pelari, husky dijadikan sebagai anjing penolong dengan tugas membawa obat-obatan untuk orang sakit. Dengan bantuan husky, demam Difteri mampu diatasi. 

Tak hanya itu, berkat kekuatan fisik dan kecerdasannya, Siberian husky juga dijadikan sebagai anjing untuk membantu angkatan darat dalam perang dunia dua. Semua prestasi yang telah dicapai anabul tersebut, membuatnya semakin populer.

Hingga kini, Siberian husky dijadikan hewan peliharaan rumah dan anjing kontes atau show. Hal inilah yang membuat harga anjing Siberian husky mahal, bahkan tarif adopsi termahal dari anabul ini bisa mencapai puluhan juta.

Perbedaan Anjing Siberian Husky dan Alaskan Malamute

Hampir tidak ada Siberian husky original atau asli yang dijual dengan harga Rp1 jutaan, bahkan Rp500 ribu. Rata-rata, bayi anjing ini memiliki biaya adopsi di atas Rp1 juta, baik itu jantan, betina, stambum, dan non stambum.

Bertubuh besar dan berbulu besar, beberapa orang merasa kesulitan membedakan Siberian husky dan Alaskan malamute. Apalagi, ada beberapa varian Siberian husky dengan warna bulu mirip Alaskan malamute.

Baca Juga: Harga Kucing Toyger Asli (Anakan & Dewasa) di Indonesia

Untuk mengetahui perbedaan antara dua anabul ini, Anda bisa melihat kecepatan dan kekuatannya. Mungkin ini agak sulit, karena Anda harus melakukan tes lari dan angkat beban pada anjing.

Diketahui, Siberian husky mampu berlari lebih cepat daripada Alaskan malamute. Namun, Alaskan malamute mampu membawa beban lebih berat dibandingkan husky, karena tubuhnya yang lebih besar.

Selain Alaskan malamute, Samoyed, dan Saarloos Wolfdog sekilas hampir mirip dengan husky, hanya saja bentuk mata dan ukuran tubuhnya yang berbeda. Ada juga beberapa bagian tubuh yang bisa membuat Anda mengenali Siberian husky asli dengan mudah.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui ciri fisik husky. Sebelum mengetahui harga anjing Siberian husky, berikut adalah ciri fisik anjing Siberian husky.

Ciri-Ciri Anjing Siberian Husky

Bulu Anjing SIberian Husky 

Seperti yang telah dijelaskan Siberian husky adalah anjing penarik kereta seluncur, sehingga tak heran jika berbulu tebal. Sekilas, anjing ini mirip dengan Serigala salju, karena beberapa husky berbulu hitam putih.

Ada juga Siberian husky yang berbulu putih, golden, putih mix golden, abu-abu, hingga kecokelatan. Hal ini yang membedakannya dengan Serigala dan anjing jenis lainnya.

Meskipun sekilas bulu anabul besar ini terlihat kasar, sebenarnya sangat lembut dan fluffy. Selain itu, bulunya mirip dengan bulu boneka yang lembut dan mudah disisir.

Warna bulu yang sangat bervariasi dengan tekstur yang lembut juga salah satu alasan, mengapa harga anjing Siberian husky cukup mahal di Indonesia. Hal ini pula yang membuat breeder anjing husky Siberia mulai mencoba lebih mengembangkan anabul tersebut.

Bentuk Kepala Anjing Siberian Husky

Cenderung lancip di bagian bawah dengan moncong yang panjang, Siberian husky sangat mirip dengan Serigala. Tak hanya itu, telinga yang meruncing ke atas juga membuatnya mirip dengan hewan buas tersebut.

Wajahnya sendiri, terlihat sangat cool dan datar, seperti pembunuh berdarah dingin. Meskipun begitu, kadang husky bisa membuat mimik yang menggemaskan.

Warna mata Siberian husky sangat bervariasi dan ini pula yang menjadi daya tariknya. Secara umum, anjing husky tersebut memiliki warna mata cokelat, biru, dan hijau. Bagian tengah matanya, atau pupil berwarna hitam dan berukuran kecil.

Tubuh Anjing Siberian Husky

Bagian kaki Siberian husky terlihat kekar dan besar. Tidak hanya itu, bahunya juga cenderung lebar dan ini yang membuat postur tubuhnya semakin gagah. 

Seperti anjing berekor panjang lainnya, Siberian husky ekornya cenderung melengkung ke tas. Bagian tubuh ini dilapisi dengan bulu yang tebal dan panjang. 

Untuk anjing Siberian husky jantan dewasa, mampu tumbuh dengan ketinggian 21 inci hingga 23,5 inci. Sementara indukan betina lebih pendek, yakni 20 inci hingga 22 inci.

Berat badan pejantan Siberian husky mampu mencapai 45 pound hingga 60 pound. Sementara itu, anjing Siberian husky betina mampu tumbuh dengan bobot maksimal 35 pound hingga 50 pound.

Perlu diketahui, jika anjing Siberian husky jantan atau betina memiliki berat lebih dari standar tersebut maka dipastikan anjing mengalami obesitas. Ini cukup berbahaya bagi kesehatan anjing.

Bentuk fisiknya unik dan menarik, sehingga tak heran jika harga anjing Siberian husky yang anakan atau masih kecil bisa mencapai jutaan rupiah di pasaran Indonesia. 

Baca juga: Harga Anjing Tibetan Mastiff Anakan & Dewasa di Indonesia

Meskipun memiliki tampang yang sangar, ternyata sifat anjing ini sangat menggemaskan, seperti berikut.


Harga Anjing Siberian Husky Anakan (Baby) dan Dewasa 2022


Sifat Anjing Siberian Husky

  • Sangat aktif dan tidak bisa diam. 
  • Cocok dijadikan hewan peliharaan rumah.
  • Cerdas dan mudah dilatih.
  • Ramah dan pintar bergaul dengan manusia atau anjing ras lain.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.
  • Setia dengan ownernya.
  • Suka digendong dan dielus.
  • Sangat manja dan suka dipeluk.
  • Tidak bisa ditinggal dalam waktu yang lama. 
  • Suka diajak bermain dan berjalan-jalan.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi.
  • Suka berlarian dan tidak suka dikurung.

Dengan memahami sifat dan karakter anjing Siberian husky, ini mempermudah Anda untuk memeliharanya. Untuk lebih jelas dengan cara merawat anjing husky tersebut, Anda bisa melihat rincian berikut.

Cara Memelihara Anjing Siberian Husky

  • Pastikan Anda melengkapi kandang atau ruang pemeliharaan anjing dengan AC.
  • Untuk menjaga kesehatan dan keindahan bulunya, berikan pakan yang sehat dengan protein, vitamin E, dan lemak yang cukup.
  • Anak Siberian husky harus diberi makan sehari tiga kali, sedangkan anjing dewasa bisa diberi makan sebanyak dua kali sehari.
  • Kandang anjing harus dibersihkan setiap hari seiring dengan mengganti air minumnya.
  • Pemberian vaksin dan vitamin harus rutin untuk menjaga kesehatan anjing.
  • Mandikan anjing sebanyak satu hingga dua kali dalam sebulan supaya bersih dan terhindar dari kutu.
  • Lakukan grooming, seperti pembersihan telinga dan pemotongan kuku secara rutin.

Memelihara anjing Siberian husky di Indonesia yang beriklim tropis memang gampang-gampang sulit. Lalu, berapa harga anjing Siberian husky ini? Berikut rinciannya.

Harga Anjing Siberian Husky

  • Puppy Siberian Husky Usia 3-4 bulan Non Stamboom (Jantan/Betina): Rp1.500.000-Rp3.000.000 per ekor.
  • Anjing Siberian Husky Dewasa Non STB (Jantan/Betina): Rp2.000.000-Rp3.000.000 per ekor.
  • Bayi Siberian Husky Stamboom (Jantan/Betina): Rp4.000.000-Rp4.750.000 per ekor.
  • Adult Siberian Husky Stamboom (Jantan/Betina): Rp5.000.000-Rp7.000.000 per ekor.
  • Impor Anjing Siberian Husky Dewasa Stamboom (Jantan/Betina): Rp6.000.000-Rp9.000.000 per ekor.

Sebagai tambahan, harga anjing Siberian husky ini kami dapatkan dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga anjing Siberian husky tersebut bisa berbeda di setiap tempat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Auranti Semua Ukuran (Dewasa & Anakan)

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing Siberian husky tahun 2022 masih cenderung stabil. Untuk mengetahui harga anjing Siberian husky lebih rinci, Anda bisa langsung datang ke breeder anjing terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Siberian Husky Anakan (Baby) dan Dewasa 2022"