Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Anjing Shiba Inu Jepang (Puppy dan Dewasa) 2022

Harga Anjing Shiba Inu Jepang (Puppy dan Dewasa) 2022

Tak hanya Akita inu, Jepang juga cukup populer dengan keberadaan Shiba inu. Juga dikenal sebagai anjing dodge, nama Shiba Inu sempat trending di dunia kripto 2022, khususnya di indodax. Sementara nilai kripto Shiba Inu cukup fluktuatif, harga anjing Shiba inu yang asli di pasaran tak bisa dibilang murah.

Asal Shiba Inu

Termasuk anjing yang sudah ada sejak zaman kuno Jepang, Shiba inu diperjualbelikan dalam berbagai kategori, mulai dari anakan atau puppy, dewasa, jantan, dan betina. Meskipun bukan anjing lokal, anabul ini bukan termasuk anjing yang langka, karena indukan Shiba inu tergolong sangat produktif dan bisa melahirkan anak mulai 1-5 ekor.

Puppies Shiba inu memang terlihat lucu dan lemah, tetapi akan menjadi anjing yang gagah dan kuat ketika tumbuh dewasa. Diketahui, Shiba inu dewasa mampu bertahan di cuaca yang ekstrem. Harga anjing shiba inu puppy sendiri juga tidak murah.

Dinyatakan sebagai anjing yang termasuk ras primitif, ternyata Shiba inu juga tergolong anjing Arktik. Tak hanya itu, ternyata mamalia berbulu ini adalah satu-satunya anjing yang tidak menyertakan nama asal daerahnya di Negeri Sakura.

Berbeda dengan Akita inu atau anjing Akita yang menyertakan nama prefektur Akita di Jepang sebagai penamaanya, Shiba inu tidak. Penamaan anabul ini berasal dari bahasa Jepang Kuno, yakni Shiba yang berarti 'Mungil’ dan ‘Inu’ yang berarti anjing.

Baca Juga: Harga Anjing Pudel (Tiny, Toy, Teacup) Dewasa & Anakan

Seperti penamaannya, Shiba inu termasuk jenis anjing kecil di kelasnya. Anjing ras ini juga berbulu tebal dan suka bermain di semak-semak. 

Memiliki bentuk fisik yang mirip dengan boneka hidup, Harga anjing Shiba inu cukup bersaing dengan ras lainnya. Untuk lebih lanjut mengenai ciri-ciri fisiknya, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Ciri Fisik Anjing Shiba Inu

Bentuk Kepala Anjing Shiba Inu

Termasuk hewan yang ikonis di Jepang, Shiba Inu memiliki bentuk kepala yang cenderung bundar. Wajahnya juga agak lebar dengan bulu yang tebal dan ini yang membuatnya tampak menggemaskan.

Berbeda dengan ras anjing Jepang lainnya, Shiba Inu memiliki moncong yang tidak terlalu besar dan panjang. Sekilas, ini membuat pipi anabul tersebut terlihat gembul dan berlemak.

Hidung Shiba inu menyatu dengan moncongnya dan tidak terlalu besar. Namun, penciuman hewan ini terbilang sangat tajam dan dapat bersaing dengan trah anjing lain.

Sementara itu, kuping Shiba inu tidak terlalu lancip dan cenderung melengkung. Ini membuat puppy anabul tersebut semakin imut dan terlihat seperti boneka hidup.

Bulu Anjing Shiba Inu

Meskipun berbulu tebal, ukurannya tidak panjang dan cenderung lebih pendek dibanding bulu anjing Husky. Umumnya, anabul ini berbulu cokelat kemerah-merahan.

Namun, ada juga Shiba inu yang memiliki bulu berwarna cokelat muda, hitam, dan abu-abu. Anjing seperti ini sangat jarang di Jepang dan konon hanya ditemukan di daerah tertentu.

Tekstur bulu bagian dalam anabul ini halus dan mudah disisir, apalagi jika Anda sering memandikannya dan melakukan grooming. Tak hanya itu, beberapa owner menyarankan untuk memberi vitamin khusus bulu supaya tidak mudah rontok.

Sementara itu, lapisan bulu luar Shiba inu agak kasar dan kaku. Memiliki dua lapis bulu, inilah keunikan dan ciri khas anjing tersebut. Dengan keunikannya, tak heran jika harga anjing Shiba inu lebih dari Rp1 jutaan.

Badan Anjing Shiba Inu

Sering dijuluki sebagai teman kecil di Jepang, Shiba inu dewasa memiliki tinggi 33 cm hingga 46 cm. Beratnya sendiri mampu mencapai 8-10 kg dengan penampilan yang agak gembul, karena bulu yang tebal.

Memiliki kaki yang panjang dan kekar, zaman dulu Shiba inu juga dijadikan sebagai anjing pekerja untuk membantu memelihara ternak, berburu, dan menjaga rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, anabul ini hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan rumahan.

Ekor Shiba inu termasuk panjang dan melengkung dengan bulu yang panjang dan tebal. Saat mereka menggerakkannya akan terlihat lucu dan menarik.

Baca Juga: Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed)

Tak hanya memiliki bentuk fisik yang menggemaskan, Shiba inu memiliki sifat yang ramah dan mudah beradaptasi sebagai faktor yang membuat harga anjing Shiba inu tergolong mahal. Berikut adalah rincian karakteristik Shiba inu.


Harga Anjing Shiba Inu Jepang (Puppy dan Dewasa) 2022


Sifat Anjing Shiba Inu

  • Lincah dan energik.
  • Terkadang bersifat awas dan hati-hati.
  • Setia terhadap ownernya.
  • Cerdas dan mudah dilatih.
  • Suka bermain di alam bebas.
  • Tidak suka dikekang.
  • Suka diajak jalan-jalan dan berlari.
  • Tidak mudah jinak dengan orang asing.
  • Pemberani dan bisa dijadikan penjaga rumah yang baik.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Tidak terlalu manja, tetapi suka dielus.
  • Bisa bermain dengan anjing jenis lainnya, tetapi butuh waktu agak lama.
  • Keras kepala dan bandel.

Sifatnya yang unik juga merupakan faktor yang membuat harga Anjing Shiba inu tidak bisa dibilang murah. Terkenal dengan kesetiaannya, bahkan di Jepang sudah ada patung Shiba inu. 

Termasuk anjing yang berumur panjang, konon Shiba inu bisa hidup selama 12 tahun hingga 15 tahun. Meskipun begitu, Anda harus merawatnya dengan tepat, supaya anjing tidak mudah sakit dan berusia lebih panjang.

Cara Merawat Anjing Shiba Inu

  • Memiliki bulu tebal ganda yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh, Anda harus memperhatikan suhu lingkungan.
  • Terbiasa dengan cuaca yang ekstrem, tampaknya Anda tidak perlu khawatir jika memelihara Shiba inu di Indonesia.
  • Anda tidak perlu menyalakan mesin penghangat saat memelihara Shiba Inu, hanya saja nyalakan AC saat anjing ini mulai merasa gerah.
  • Pastikan anjing mendapatkan asupan mineral dan air yang cukup, apalagi jika cuaca sedang panas.
  • Air yang diberikan harus bersih dan matang supaya anjing tidak mudah sakit dan memiliki daya tahan tubuh tinggi.
  • Ganti air minum anjing tersebut setiap hari, yakni pagi dan sore.
  • Ajaklah Shiba inu berolahraga secara rutin, minimal jalan kaki dan jogging di pagi hari. 
  • Di negeri asalnya, Shiba inu memiliki waktu rontok bulu, yakni saat musim semi dan musim gugur, sehingga Anda harus merawat bulunya dengan tepat.
  • Sikat bulu anjing setelah mandi setiap minggu bersama dengan memotong kukunya.
  • Supaya anjing terbiasa dengan grooming, lakukan pemotongan kuku, pembersihan telinga, dan menyikat bulu saat masih anakan.
  • Optimalkan kecerdasan Shiba inu dengan melatihnya untuk menaati perintah Anda.
  • Jangan memasukkan anjing terlalu sering ke kandangnya dan biarkan Shiba inu bebas berlarian atau berjalan-jalan di rumah Anda.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan teratur sesuai porsi dan usia.
  • Supaya Shiba inu tidak mengalami malnutrisi, berikan makanan basah dan kering secara berselang-seling dengan kadar lemak, protein, dan serat seimbang.
  • Berikan makanan saat pagi hari dan malam hari.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan secara rutin bersamaan dengan pengecekan kesehatan anjing, minimal enam bulan sekali.

Meskipun termasuk anjing lokal di Negeri Sakura, merawat anjing Shiba inu di Indonesia memang gampang-gampang sulit. Hal ini juga yang membuat harga anjing Shiba inu mahal. Lalu, berapa harga anjing Shiba inu tahun 2022? Berikut rinciannya.

Baca Juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Harga Anjing Shiba Inu

  • Puppy Shiba Inu usia 3 bulan: Rp1.500.000 - Rp4.270.000 per ekor.
  • Shiba Inu usia 6 bulan: Rp4.710.000 - Rp6.500.000 per ekor.
  • Adult (dewasa) Shiba Inu Jantan atau Betina: Rp5.110.000 - Rp15.000.000 per ekor.

Perlu diketahui, harga anjing Shiba inu di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online di Indonesia, seperti OLX, Shopee, Tokopedia, dan lainya. Perlu diingat bahwa harga anjing Shiba inu tersebut bisa berbeda di tiap daerah dan berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga anjing shiba inu tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, puppy Shiba inu usia 3 bulan yang dibanderol Rp1 juta - Rp4 juta tahun 2021, naik menjadi Rp1,5 juta - Ro4,2 jutaan per ekor tahun 2022.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Anjing Shiba Inu Jepang (Puppy dan Dewasa) 2022"