Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing Ragdoll Asli Kitten & Dewasa (Pedigree & Non-Ped) 2022

Harga Kucing Ragdoll Asli Kitten & Dewasa (Pedigree & Non-Ped) 2022

Tak hanya Anggora dan Persia, kucing Ragdoll juga memiliki pamor yang tinggi di Indonesia. Mulai banyak breeder yang membiakkannya dan mematok biaya adopsi yang tak murah. Di Jakarta saja, harga kucing ragdoll betina maupun jantan dengan usia 3 bulan lebih dari Rp1 juta per ekor.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran

Kepopuleran Kucing Ragdoll

Meskipun terbilang mahal, jika dibandingkan dengan kucing ras Persia dan Anggora, harga kucing Ragdoll masih terbilang murah. Pasalnya, ragdoll merupakan kucing peranakan dan bukan ras yang hanya memiliki satu trah.

Terlihat seperti boneka hidup, tak heran jika ragdoll diminati banyak orang. Mamalia mungil ini sering dianggap sebagai perpaduan antara Anggora dan Persia, karena penampilannya.

Cantik dan memesona, ternyata kucing ini sempat menjadi ras kucing paling populer di dunia tahun 2018. Ini berdasarkan data yang diperoleh dari Cat Fanciers' Association (CFA).

Bisa mengalahkan ras Exotic, kucing ragdoll bukanlah ras tertua seperti Anggora dan Persia. Kemunculan Ragdoll diketahui pada tahun 1960-an.

Asal Kucing Ragdoll

Tidak termasuk dalam golongan kucing ras murni, konon adanya Ragdoll adalah hasil rekayasa genetik. Kucing domestik asal Amerika Serikat tersebut diketahui adalah hasil percobaan yang dilakukan peternak kucing Persia bernama Ann Baker.

Berawal saat seekor kucing jantan hitam dengan tampilan fisik seperti Persia bernama Blackie yang dikawinkan dengan kucing miliknya. Selain itu, Blackie dikawinkan dengan beberapa kucing ras lain.

Dari semua perkawinan yang dilakukan, salah satu kitten yang lahir adalah Ragdoll. Diketahui, ras kucing tersebut membawa gen yang dominan dari Persia, Birman, dan Burma cat. 

Semua gen dominan tersebut tidak hanya diturunkan dari ras kucing yang dikawinkan dengan Blackie secara langsung. Namun, juga diturunkan dari indukan Blackie dan nenek moyang kucing betina yang dikawininya.

Untuk menghasilkan kucing Ragdoll secara alami seperti ini memang sulit. Untungnya Baker tidak hanya membiarkan keberadaan kucing Ragdoll yang sudah lahir sendirian.

Perkembangan Kucing Ragdoll

Baker telah melakukan breeding terhadap Ragdoll jantan dan betina untuk menghasilkan ras Ragdoll tanpa campuran. Ini rupanya berhasil dan hewan tersebut jumlahnya semakin bertambah.

Supaya Ragdoll menjadi kucing legal yang boleh diperjualbelikan, akhirnya Baker mendirikan International Ragdoll Cat Association (IRCA) tahun 1971. Organisasi juga dibentuk untuk mengatur peredaran serta breeding Ragdoll dengan standar yang ketat. 

Baca Juga: Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix)

Meskipun telah banyak yang diuntungkan, termasuk breeder Ragdoll, IRCA tidak diakui organisasi ras kucing global. Karena, kucing Ragdoll dikatakan belum memiliki standar sifat dan karakteristik murni seperti kucing ras lain.

Sangat disayangkan jika kucing peranakan tersebut tidak diakui secara internasional. Hingga akhirnya, sepasang suami istri, Deni dan Laura Dayton mencoba untuk lebih mengembangkan Ragdoll setelah membelinya di IRCA.

Pasangan tersebutlah yang akhirnya berhasil menciptakan standar sifat dan karakteristik Ragdoll. Dengan ini, Ragdoll diakui CFA dan Federation Internationale Feline (FiFe). 

Perjuangan yang panjang untuk mendapatkan pengakuan dari organisasi kucing dunia tersebut, tampaknya membuat harga kucing Ragdoll mahal. Tak hanya itu, bentuk fisik yang sangat menggemaskan membuat biaya adopsi Ragdoll di tahun 2021 melesat naik, bahkan hingga 2022 ini.

Ciri Fisik Kucing Ragdoll

Mata Kucing Ragdoll

Sekilas, mungkin Anda akan kesulitan membedakan Ragdoll, Persia, dan Anggora, karena hampir mirip. Namun, cobalah untuk memperhatikan bentuk matanya.

Tak seperti Persia dan Anggora, Ragdoll memiliki mata berbentuk bulat seperti biji almond. Bagian pinggirnya tidak terlalu tajam seperti Persia, tetapi tidak terlalu bulat seperti Anggora.

Umumnya, Ragdoll memiliki warna mata biru langit atau biru keabu-abuan. Inilah yang membuat kucing tampak cantik dan menggemaskan.

Warna biru pada mata Ragdoll merupakan karakteristik utama kucing dan yang membuat harga kucing ragdoll mahal. Hal ini tidak ditemukan pada ras kucing lain yang umumnya memiliki bola mata beragam dalam satu ras keturunan.

Telinga Kucing Ragdoll

Kuping kucing Ragdoll terlihat seprti perpaduan antara Anggora dan Persia. Jaraknya tidak terlalu berjauhan, tetapi menjulang tinggi ke atas dan segitiga.

Tak seperti telinga Persia yang pendek, kucing Ragdoll bertelinga panjang. Namun, ukurannya tak sepanjang telinga Anggora.

Pada bagian pinggirnya, terdapat bulu-bulu halus sebagai pelindung dari hawa dingin dan panas. Fungsi bulu telinga kucing Ragdoll juga untuk mencegah kutu dan serangga lain masuk.

Bulu Kucing Ragdoll

Tidak sepanjang Persia atau Anggora, bulu kucing Ragdoll masuk kategori medium atau sedang. Hal ini yang membuatnya agak mirip dengan bulu kelinci.

Dengan tekstur yang halus, bulu anabul ini mudah diatur dan disisir. Akan lebih lembut lagi jika kucing dirawat dan melakukan grooming secara rutin.

Untuk warna bulu mamalia mungil ini cukup beragam. Ada enam varian warna kucing Ragdoll, yakni merah, biru, cokelat, seal, lilac, dan krem. Namun, ada juga yang berwarna putih keabu-abuan.

Ekor Kucing Ragdoll

Termasuk kucing berekor panjang, Ragdoll terlihat menggemaskan. Ekornya juga dipenuhi bulu panjang dan sekilas mirip dengan kemoceng.

Warda bulu ekornya cukup unik, karena merupakan perpaduan warna yang ada di tubuh si anabul. Selain itu, beberapa Ragdoll memiliki warna bulu ekor cenderung lebih gelap daripada warna dasar tubuhnya.

Badan Kucing Ragdoll

Mungkin Anda akan melihat bahwa Ragdoll memiliki tubuh yang tambun dan lebar, padahal kucing ini tidak terlalu gendut. Kucing terlihat berisi karena bulu yang panjang dan bahunya yang lebar.

Bentuk bahunya memberikan kesan kucing berbadan gemuk dengan perut yang buncit. Namun, hal inilah yang membuatnya menjadi menggemaskan.

Sementara itu, makhluk ini memiliki kaki yang cukup panjang, kuat dan kokoh. Bentuk kaki yang proporsional, mampu menopang berat badannya dengan baik.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor

Untuk berat Ragdoll, umumnya betina dan jantan memiliki bobot yang hampir sama, yakni antara 4 kg hingga 9 kg. Berat badan kucing sangat bergantung dari pakan dan perawatannya.


Harga Kucing Ragdoll Asli Kitten & Dewasa (Pedigree & Non-Ped) 2022


Usia Kucing Ragdoll

Jika kucing mendapatkan perawatan yang baik dan tepat, umumnya Ragdoll memiliki usia maksimal antara 12 tahun hingga 17 tahun. Ini juga bergantung pada kondisi kesehatannya.

Faktor lain yang mempengaruhi lamanya hidup Ragdoll adalah lingkungan. Kucing yang tumbuh di lingkungan yang baik akan hidup dengan lama.

Penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri Ragdoll asli, supaya tidak tertipu saat mengadopsinya. Selain itu, kucing manis ini memiliki sifat berikut.

Sifat Kucing Ragdoll

  • Mudah beradaptasi.
  • Suka dielus dan sangat dekat dengan majikan.
  • Manja dan mudah dekat dengan orang.
  • Suka dipeluk dan digendong.
  • Selalu mengikuti ownernya dan penurut.
  • Suka nonton TV dan melihat benda-benda bergerak.
  • Sangat setia pada majikannya.
  • Hanya akan bersuara jika lapar dan ingin dimanja.
  • Cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Sifatnya yang menggemaskan tersebut juga membuat harga kucing ragdoll di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, saking lucunya, banyak breeder Nusantara yang mulai mengekspornya hingga ke Malaysia dan Singapura. Lalu, berapa harga kucing Ragdoll tahun 2022?

Harga Kucing Ragdoll

  • Anakan (Kitten) Ragdoll Non Ped usia 3 bulan: Rp1.100.000 - Rp1.250.000.000 per ekor.
  • Kitten Ragdoll Pedigree usia 4 bulan: Rp1.550.000 - Rp2.100.000 per ekor.
  • Ragdoll Dewasa Jantan atau Betina Non Ped: Rp2.800.000 - Rp3.500.000 per ekor.
  • Adult Ragdoll Betina/Jantan Ped: Rp4.510.000 - Rp6.500.000 per ekor.

Perlu Anda ketahui, harga kucing Ragdoll di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber di Internet. Harga kucing Ragdoll di atas tidak terikat dan bisa berbeda-beda di tiap daerah, serta berubah sewaktu-waktu. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai harga kucing Ragdoll, Anda bisa langsung berkunjung ke breeder kucing Ragdoll terdekat. Harga kucing ragdoll tahun 2022 terbilang stabil jika dibandingkan tahun 2021.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing Ragdoll Asli Kitten & Dewasa (Pedigree & Non-Ped) 2022"