Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Munchkin (Kitten & Dewasa) dan Cara Merawatnya

Update Harga Kucing Munchkin (Kitten & Dewasa) dan Cara Merawatnya

Tak hanya Scottish fold, Persia, dan British shorthair yang menjadi primadona cat lovers, tetapi juga munchkin. Bukan termasuk kucing ras asli, harga kucing Munchkin anakan (kitten) dan dewasa 2022 tidaklah murah. Anabul ini tidak hanya diperjualbelikan di Bandung, Surabaya, Jakarta, dan Jogja, tetapi juga hingga ke negara lain seperti Malaysia.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Barca (Baby & Dewasa) Semua Ukuran

Asal Kucing Munchkin

Termasuk salah satu hewan peliharaan mahal di Indonesia, kucing Munchkin bukan termasuk kucing lokal. Dipasarkan dalam kategori anakan atau kitten usia 3 bulan dan dewasa, mamalia mungil ini awalnya populer di Amerika Serikat.

Lahir karena mutasi genetik, Munchkin yang ada sejak beberapa dekade baru diterima sebagai kucing ras pada tahun 1994. Organisasi yang mengklaim anamul ini secara resmi adalah TICA (The International Cat Association).

Kucing Munchkin sebenarnya memiliki sedikit perbedaan dari kucing lainnya. Misalnya saja, kucing jenis ini memiliki kaki yang lebih pendek dan mungil dari jenis kucing yang lain. Bentuk kaki yang tidak biasa ini terjadi karena adanya mutasi genetik.

Tak Hanya Kucing Munchkin yang Berkaki Pendek

Ada juga hewan lain yang memiliki struktur kaki yang sama, seperti anjing Dashcund dan Welsh misalnya. Sayangnya, karena bentuk tubuh yang panjang, anjing jenis ini memiliki resiko masalah tulang belakang.

Termasuk kondisi yang sirius, permasalahan kesehatan tersebut bisa berujung kematian pada anjing. Namun, hal serupa tak ditemukan pada kucing Munchkin yang bebas resiko penyakit tersebut.

Meskipun Munchkin sering dianggap sebagai satu-satunya jenis kucing yang berkaki pendek, faktanya ada beberapa jenis kucing serupa. Ras kucing ini ditemukan di beberapa wilayah di dunia. 

Seorang dokter berhasil mengidentifikasikan beberapa generasi kucing berkaki pendek di dataran Inggris Raya pada tahun 1940-an. Meskipun kabar tentang kucing ini sempat menghilang, pada tahun 1953, jenis kucing serupa ditemukan di wilayah Stalingrad.

Ada juga penemuan kucing berkaki pendek di Amerika Serikat yang diberi nama Blackberry. Kucing ini berhasil ditemukan oleh seorang guru di wilayah Lousiana. Uniknya, anak-anak kucing dari Blackberry berkaki pendek setengah atau half short-legged, dan juga berkaki panjang setengah atau half long-legged.

Kelainan Genetik Kucing Munchkin

Tidak dikawinkan dengan sesama rasnya, kucing Munchkin yang dikawinkan dengan ras kucing rumahan. Ini untuk menghindari terjadinya salinan genetik cacat pada generasi kucing berikutnya.

Diketahui, gen yang membuat kucing Munchkin berkaki pendek bersifat dominan autosom. Ini adalah gen yang menyebabkan kelainan, tetapi tidak terkait jenis kelamin.

Hal ini juga yang membuat cara breeding munchkin berbeda dengan kucing trah asli. Jika kucing ras asli harus dikawinkan dengan sesamanya untuk menjaga kemurnian trahnya, tidak dengan Munchkin.

Jika kucing Munchkin dikawinkan dengan sesamanya, ada beberapa risiko yang terjadi. Umumnya, embrio bisa sekarat di dalam rahim dan harus dikeluarkan secara paksa.

Karena anabul mungil ini harus dikawinkan dengan kucing ras lain untuk mendapatkan anakan Munchkin, bisa dibilang mamalia kecil ini adalah kucing peranakan. Hal ini pula yang membuatnya jenisnya beragam. Sebelum mengetahui harga kucing Munchkin, berikut jenis-jenisnya.

Jenis Kucing Munchkin

Scottish Kilts Munchkin Cat

Merupakan hasil persilangan antara kucing Munchkin dan Scottish fold, anabul ini terlihat sangat menggemaskan. Namun, harga kucing Munchkin ini tidaklah murah.

Memiliki ciri fisik yang mirip dengan Scottish fold, hanya saja kakinya pendek dan kecil. Tak hanya itu, daun telinganya juga menutup ke dalam dan tubuhnya berukuran sangat mungil.

Napoleon Munchkin Cat

Membawa empat gen dari kucing ras murni, kucing Munchkin ini adalah hasil persilangan antara Munchkin cat, Persian cat, Himalayan Cat, dan Eksotis shorthair. Garis keturunan yang cukup rumit, membuat harga kucing Munchkin tersebut tidak murah.

Baca Juga: Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix)

Memiliki bentuk fisik paling menarik, terbilang banyak pencinta anabul yang meliriknya.  Sekilas, kucing ini memiliki bentuk wajah mirip dengan Persia, tetapi telinga dan perawakan yang mirip dengan Eksotik short hair dan bulu seperti Himalayan cat.

Genetta Munchkin

Merupakan jenis Munchkin yang imut dan eksotis, anabul ini berasal dari persilangan antara Bengal Cat dan Munchkin. Hal ini pula yang membuat harga kucing munchkin Genetta tidak murah.

Memiliki bulu berwarna perak, cokelat, dan hitam, bulu mamalia mungil ini juga dibekali dengan binti-bintik mirip bola salju. Meskipun termasuk peranakan bengal, bulunya halus dan lembut.

Kucing Munchkin Genetta juga mewarisi sifat Bengal yang sangat aktif dan suka berlarian. Selain itu, hewan ini cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Lambkin Munchkin Cat 

Hasil perkawinan silang antara kucing Munchkin dan Rex Selkirk, anabul bernama Lambkin Munchkin cat ini memiliki bulu yang keriting. Ini membuat penampilannya mirip dengan boneka kucing.

Terbilang unik, kucing tersebut juga memiliki biaya adopsi yang tidak murah. Selain itu, beberapa orang rela menyisihkan jutaan rupiah untuk berbagai keperluannya.

Selain itu, ada juga Munchkin jenis Skookum, Minskin, Bambino, dan Kinkalow. Sementara setiap kucing Munchkin memiliki sifat yang unik, secara umum, hewan ini terkenal manja dan suka digendong. Selain itu, ada beberapa sifat yang membuat hewan menggemaskan ini populer.


Update Harga Kucing Munchkin (Kitten & Dewasa) dan Cara Merawatnya


Sifat Kucing Munchkin

  • Suka bermain dan aktif.
  • Ramah dan loyal kepada ownernya.
  • Suka dielus dan digendong.
  • Sangat manja.
  • Tidak terlalu berisik.
  • Cerdas dan memiliki rasa ingin tahu tinggi.
  • Mudah dilatih.
  • Tidak suka sendirian.
  • Mudah beradaptasi.

Memiliki sifat yang sangat manja, tampaknya kucing ini tidak cocok bagi Anda yang sibuk. Karena, Anda harus memiliki waktu luang, setidaknya 30 menit setiap hari untuk bermain dengan anabul ini.

Selain itu, supaya kucing Anda sehat dan tidak mudah sakit, Anda harus memeliharanya dengan tepat. Sebelum mengetahui harga kucing Munchkin, berikut adalah cara merawat kucing Munchkin.

Cara Memelihara Kucing Munchkin

  • Munchkin tidak suka dikekang dan lebih suka kebebasan, sehingga Anda harus menempatkannya di kandang yang luas.
  • Biarkan kucing mengenal lingkungan sekitar dengan cara membiarkannya menjelajahi rumah Anda.
  • Bersihkan kandang kucing setiap hari dan jangan lupa ganti pasir kucingnya setiap 2 hingga 3 hari sekali.
  • Berikan kucing air minum yang bersih dan matang supaya kucing tidak mudah sakit.
  • Pakan kucing harus diberikan secara rutin sebanyak tiga kali sehari dan mengandung protein, serat, serta lemak yang seimbang.
  • Mandikan anabul Anda setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan bulunya sekaligus mencegah kutu dan jamur.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan secara berkala sesuai dengan kebutuhan serta usia kucing.

Selain langkah di atas, beberapa owner juga melakukan grooming secara rutin pada kucingnya. Misalnya, memotong kukunya dan membersihkan telinga kucing. Lalu, berapa harga kucing Munchkin tahun 2022?

Baca Juga: Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed)

Harga Kucing Munchkin

  • Kitten Munchkin usia 3 bulan Non-Ped: Rp3.250.000 - Rp7.050.000 per ekor.
  • Kucing Munchkin Anakan usia 3 bulan Pedigree: Rp10.700.000 - Rp22.000.000 per ekor.
  • Adult Munchkin Non Ped Jantan/Betina: Rp3.300.000 - Rp12.000.000 per ekor.
  • Munchkin Cat Adult Pedigree Jantan/Betina: Rp9.100.000 - Rp17.200.000 per ekor.

Perlu diketahui, harga kucing Munchkin di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet, termasuk situs jual beli online. Harga kucing Munchkin tersebut bisa berbeda di tiap daerah dan berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing Munchkin tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, kitten Munchkin usia 3 bulan Non-Ped yang dibanderol Rp3 juta - Rp7 juta per ekor sedikit naik menjadi Rp3,2 jutaan - Rp7 juta per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Munchkin (Kitten & Dewasa) dan Cara Merawatnya"