Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Sphynx Mirip Punya Raditya Dika (Kitten dan Dewasa)

Update Harga Kucing Sphynx Mirip Punya Raditya Dika (Kitten dan Dewasa)

Tak hanya kalangan selebriti, seperti Raditya dika, para cat lovers tampaknya cukup tertarik dan ingin memelihara kucing Sphynx. Berbeda dengan Anggora, Persia, dan Maine coon, kucing jenis ini tidak berbulu dan bentuk tubuhnya cenderung unik. Meskipun begitu, harga kucing Sphynx asli 2022, anakan (kitten) maupun dewasa tidaklah murah.

Baca Juga: Harga Anjing Labrador Retriever Anakan dan Dewasa (Asli & Mix)

Asal Kucing Sphynx

Merupakan satu-satunya jenis kucing tak berbulu, Sphynx awalnya populer di Australia. Persebarannya cukup cepat dan melebar ke berbagai negara, seperti Mexico, Perancis, Kanada, hingga Indonesia.

Diketahui, kemunculan hairless cat ini berasal dari mutasi genetik pada seekor kucing dari Ontario, Kanada pada 1966. Berdasarkan sejarahnya, hairless cat itu lahir dari sepasang kucing lokal berbulu pendek Kanada.

Sejak munculnya hairless hair pertama di Kanada, pemerintah setempat terdorong untuk membuat program untuk membiakkan kucing Sphynx. Penamaannya sendiri diambil dari nama patung kucing asal Mesir, yakni Sphynx dan inilah yang membuat banyak orang salah mengira bahwa anabul tersebut berasal dari Negeri Cleopatra.

Bukan termasuk kucing lokal dan memiliki bentuk fisik yang sangat unik dibanding anabul lain, banyak negara mulai tertarik untuk melestarikannya. Tak heran, jika negara besar seperti Amerika Serikat juga ikut dalam pelestarian tersebut.

Kucing Sphynx Dipelihara Raditya Dika

Di Indonesia, persebaran Sphynx sangat luas dan tidak hanya diperjualbelikan di kota-kota seperti Jakarta dan Surabaya. Ada juga yang menawarkan kucing ini di Batam, Bali, Malang, dan Bandung. Namun, ada juga yang mengekspornya hingga ke Malaysia.

Terbilang cukup populer, kucing Sphynx memiliki pamor yang tak pernah turun di Nusantara, bahkan banyak publik figur yang memeliharanya. Salah satu selebriti tanah air yang cukup kondang dan mengadopsi hewan mungil ini adalah Raditya Dika.

Komika tersebut tidak hanya memelihara seekor Sphynx, tetapi juga jenis-jenis kucing ras lain. Namun, dari semua kucing peliharaannya, Sphynx yang paling terkenal. Tak heran jika harga kucing Sphynx 2022 tidak bisa dibilang murah.

Termasuk golongan ras kucing tanpa bulu, bagi sebagian orang mungkin Sphynx masih asing. Namun, ciri fisik yang unik membuat pencinta kucing merasa lebih familiar.

Juga dikenal dengan Canadian Hairless, Sphynx memiliki banyak jenis. Tidak semua jenis anabul ini benar-benar botak atau tidak berbulu, tetapi masih ada beberapa jenis Sphynx yang memiliki sedikit bulu halus di bagian tertentu. Untuk lebih jelas, berikut jenis-jenis kucing Sphynx.

Jenis Kucing Sphynx

Kucing Sphynx Ras Asli

Umumnya, cat owner akan mencari kucing Sphynx ras asli dibandingkan jenis lain. Selain karena lebih menarik, juga untuk menjaga garis keturunannya jika ingin dikawinkan.

Baca Juga: Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed)

Harga kucing Sphynx tersebut juga yang paling mahal di antara jenis kucing lain, karena bukan hasil perkawinan silang. Untuk kucing dewasanya saja, beberapa breeder mematok Rp10 juta lebih.

Kucing Sphynx Mogie

Berbeda dengan kucing Sphynx ras asli, hewan ini memiliki kulit yang lebih berwarna dan berbulu sangat halus. Tak kalah unik dengan trah asli, anabul ini memiliki pola khusus pada kulitnya.

Beberapa mamalia mungil tersebut juga berbadan gelap atau bertotol abu-abu kehitaman. Untuk bentuk matanya sendiri cenderung besar dan lebar dan berwarna hijau kekuningan.

Bentuk fisik yang tak biasa adalah faktor utama yang menyebabkan harga kucing Sphynx mahal. Berikut adalah ciri-ciri fisik kucing beserta sedikit ulasannya.


Update Harga Kucing Sphynx Mirip Punya Raditya Dika (Kitten dan Dewasa)


Ciri-Ciri Kucing Sphynx

Bulu Kucing Sphynx

Termasuk ras kucing dengan kelainan genetik, Sphynx memiliki ciri khas pada bulunya. Tidak bisa dikatakan benar-benar botak, sebenarnya mamalia mungil ini masih memiliki bulu, meskipun sangat pendek dan terlihat seolah transparan.

Beberapa kucing juga memiliki bulu berwarna abu-abu dan putih keperakan pada bagian tubuhnya. Selain itu, beberapa kucing seolah tidak memiliki kumis dan bulu mata.

Menurut review beberapa owner Sphynx, anabul ini memiliki bulu yang sangat jarang dan ini membuatnya seolah hairless. Tak hanya itu, bulu hewan ini terbilang sangat lembut, hingga Anda seolah hanya merasakan tekstur kulitnya.

Bulu kucing yang tipis ini juga akan membuat Anda dengan mudah melihat guratan-guratan di kulitnya. Anda bisa melihat pola lemak atau otot kucing dengan mudah, seolah mereka tidak memakai pakaian.

Kepala Kucing Sphynx

Ciri khas kucing ini juga terletak pada bentuk kepala serta wajahnya. Berbeda dengan kucing domestik, Sphynx memiliki kepala yang meruncing di bawah dan berbentuk segitiga.

Telinga Sphynx lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Berbentuk seperti daun, ujung telinga kucing ini runcing dan menghadap atas seperti corong.

Terlihat mirip patung Sphinx, anabul ini bermata besar dan cenderung bulat. Warna matanya bermacam-macam, khusus untuk ras asli, umumnya cenderung terang, seperti biru atau abu-abu. 

Sementara pada kucing lainnya akan berwarna lebih gelap, seperti hijau dan kuning atau oranye. Bagian tengahnya terdapat pupil yang membesar saat tidak ada cahaya.

Ekor Kucing Sphynx

Hampir semua kucing Sphynx normal berekor panjang. Ekor ini juga tidak ditumbuhi bulu yang lebat dan seolah hairless.

Anda bisa melihat bahwa ekornya mirip dengan kabel panjang berwarna senada dengan kulitnya. Karena tidak ditumbuhi banyak bulu, membuat ekor Sphynx terlihat kecil jika dibandingkan dengan ekor ras kucing lain.

Keindahan kucing Sphynx memang tidak dilihat dari bulunya, tetapi keunikan bentuk fisiknya. Seperti yang telah dijelaskan, harga kucing Sphynx tidak murah, bahkan bisa lebih mahal dibanding kucing bengal kitten.

Sangat disayangkan jika Anda tidak bisa merawatnya dengan tepat, apalagi dengan kondisi tubuhnya yang tidak ditumbuhi banyak bulu, membuat makhluk ini kurang bisa beradaptasi dengan cuaca ekstrem. Ini juga yang membuatnya mudah sakit.

Cara Merawat Kucing Sphynx

  • Grooming harus dilakukan dengan rutin supaya kucing bebas dari virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit.
  • Pakaikan shampo khusus untuk kucing yang mengandung pelembab.
  • Mandikan kucing dengan menggosokkan sikat lembut di tubuhnya untuk membersihkan kotoran, kulit mati, dan bulu mati.
  • Pastikan kuku kucing dipotong secara rutin supaya tidak berisiko melukai kulitnya.
  • Gosok gigi kucing secara rutin untuk mencegah bau mulut dan sakit gigi.
  • Berikan pakan yang teratur sebanyak tiga kali sehari.
  • Pakan yang diberikan harus mengandung protein, serat, dan lemak yang cukup.
  • Ganti air minum kucing dan bersihkan kandangnya setiap hari.
  • Vaksin dan vitamin harus diberikan secara rutin untuk mencegah penyakit kucing.

Dapat hidup mulai 8-14 tahun, kucing Sphynx termasuk hewan yang setia dan loyal kepada tuannya. Selain itu, anabul ini sangat suka bermain dengan anak-anak dan cenderung aktif. Memiliki banyak keunikan dengan sifat yang ramah, kira-kira berapa harga kucing Sphynx tahun 2022?

Baca Juga: Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor

Harga Kucing Sphynx

  • Anakan Sphynx Non-ped Jantan/Betina: Rp3.331.000 - Rp7.050.000 per ekor.
  • Sphynx Kitten Ped (Pedigree) Jantan/Betina: Rp8.500.000 - Rp16.000.000 per ekor.
  • Adult Sphynx Nonped Jantan/Betina: Rp16.000.000 - Rp26.000.000 per ekor.
  • Dewasa Sphynx Ped (Pedigree) Jantan/Betina: Rp29.000.000 - Rp50.000.000 per ekor.

Perlu diketahui bahwa harga kucing Sphynx di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Diingat, harga kucing Sphynx tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di setiap daerah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing Sphynx tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, anakan Sphynx non-ped jantan atau betina yang dibanderol Rp3 juta - Rp6 juta per ekor, naik menjadi Rp3,3 jutaan - Rp7 jutaan per ekor.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Sphynx Mirip Punya Raditya Dika (Kitten dan Dewasa)"