Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing Bengal Asli 2022 Kitten dan Dewasa (Semua Jenis)

Harga Kucing Bengal Asli 2022 Kitten dan Dewasa (Semua Jenis)

Ada banyak jenis kucing bengal yang beredar di pasaran, mulai dari hitam, marble, hitam, putih, peranakan, snow, dan mix Persia. Tak hanya itu, beberapa petshop menawarkan bengal asli non ped maupun pedigree. Harga kucing bengal di Indonesia pada 2022 sendiri tidaklah murah, tergantung usia seperti kitten atau anakan dan dewasa.

Asal Kucing Bengal

Termasuk kucing ras yang unik dan tak biasa, menurut TICA (The International Cat Association), bengal cat termasuk kucing trah yang menerima gelar champion breeds. Hal ini yang membuat harga kucing bengal tidak murah.

Championship breeds merupakan kelas kucing trah yang mengikuti perlombaan pameran kucing. Ini diadakan TICA dengan saingan lain seperti kucing Abyssinian, American bobtail, Balinese, Birman, Bombay, British shorthair, dan Chartreux.

Meskipun merupakan kucing ras yang dilirik banyak pencinta kucing dan hewan unik, sebenarnya bengal termasuk jenis kucing hutan. Tak seperti kucing ras lainnya, hewan ini juga sangat liar, karena habitat aslinya bukan di rumah.

Tak hanya itu, bengal cat juga terbilang paling susah diatur dibandingkan jenis lainnya. Namun, jika Anda telaten dan sabar, mamalia mungil ini juga akan jinak.

Bukan termasuk hewan asli dari hutan, diketahui kucing bengal adalah produk hibrida. Ini tercipta dari pengembangan genetik yang dilakukan seorang ilmuwan, dr. Centerwall.

Menginginkan ras kucing baru dengan pola spotted wid, peneliti tersebut mengawinkan kucing American shorthair dengan kucing Asian leopard. Breeding ini menghasilkan anakan jantan dan betina yang dikawinkan dan anaknya adalah kucing bengal.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor

Pertama kali muncul di California, kucing bengal akhirnya tersebar luas hingga ke berbagai negara dan salah satunya Indonesia. Termasuk hewan impor, harga kucing bengal memang mahal. Di kota besar, seperti Surabaya dan Jakarta saja, hampir tidak ada bengal asli dengan biaya adopsi di bawah Rp5 jutaan.

Sayangnya, karena harga yang mahal, banyak penjual yang mengakalinya dengan menawarkan kucing bengal KW. Biasanya, ini adalah kucing domestik yang bulunya bercorak hampir sama dengan bengal. Namun, ada juga yang menjajakan bengal peranakan supaya tarifnya agak miring.

Supaya Anda tidak tertipu apakah anabul yang Anda beli adalah bengal asli atau palsu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri bengal. Ini bisa dilihat dari bentuk fisiknya seperti berikut.

Ciri Fisik Kucing Bengal

Postur Kucing Bengal

Memiliki postur tubuh yang hampir mirip dengan kucing kampung atau domestik, beberapa orang merasakan kesulitan membedakannya. Namun, Anda bisa melihat bahwa kucing ini memiliki tubuh lebih besar dan berat dibanding kucing kampung.

Diketahui, anabul bengal jantan memiliki berat hingga 10 kg. Sementara betina lebih ringan dan kecil dengan bobot mencapai 5 kg.

Perawakan hewan ini terbilang gagah dan panjang. Tak seperti kucing ras lain yang cenderung bulat, bengal memiliki tubuh yang ramping.

Bulu Kucing Bengal

Lahir sebagai kucing hutan, bengal memiliki bulu yang pendek dengan ujung agak runcing. Hal ini membuat bulu anabul tersebut lebih kaku dan kasar jika dibandingkan kucing ras lain.

Memiliki corak dan warna yang unik, bulu kucing bengal terlihat tak biasa. Beberapa kucing ada yang berbulu hitam dengan corak oranye dan ada lagi yang berbulu abu-abu dengan totol hitam atau cokelat. 

Corak dan warna bulu kucing yang unik, membuat harga kucing bengal mahal. Selain itu, pola dasar pada bulu bengal dibedakan menjadi dua, yakni rosetted spotted dan marble. Untuk lebih jelas mengenai varian pola pada bulu mamalia mungil ini, Anda bisa melihat rincian berikut.

Jenis Kucing Bengal

Kucing Bengal Rosetted Spotted.

  • Pawprint Rosetted Bengal Cat.
  • Donuts Rosetted Bengal Cat.

Kucing Bengal Marble

  • Horizontal Flowing Marble Bengal Cat.
  • Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble Bengal Cat.
  • Chaos Pattern Marble Bengal Cat.

Umumnya, kucing bengal yang ada di Indonesia memiliki bulu dengan warna dasar cinnamons. Sementara itu, bintiknya berwarna hitam atau cokelat tua. Nah, sebelum Anda memelihara salah satu jenis bengal di atas, pastikan Anda mengetahui karakteristiknya.

Baca Juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Karakteristik Kucing Bengal

Cerdas dan Aktif

Seperti yang telah dijelaskan, bengal cat adalah kucing yang sangat liar. Hewan ini memiliki sifat 180 derajat berbeda dengan peliharaan lain.

Termasuk kucing yang aktif dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata, bengal mampu belajar dan beradaptasi dengan cepat. Hanya saja, Anda perlu bersabar dengan tingkah lakunya.

Menjadi tantangan bagi para owner kucing, tampaknya Anda juga harus bisa mengimbangi stamina bengal. Anda harus bisa meluangkan waktu untuk bermain dengan hewan liar ini.

Tak mudah bermain dengan bengal, karena mereka tidak bisa diam. Kucing ini juga suka berlarian dan memanjat benda-benda yang ada di rumah.

Pastikan Anda juga tidak melepasnya di dalam rumah dalam waktu yang lama. Karena, mamalia mungil ini sangat suka mengacak-acak dan merusak barang dengan mencakar-cakarnya.

Meskipun begitu, jika bengal sudah jinak, hewan ini juga bisa bertingkah layaknya kucing rumahan. Anabul tersebut juga bisa mengeong, merajuk, minta dielus, dan suka digendong.

Suka Bermain Air

Secara umum, kucing adalah hewan yang benci air, tetapi tidak bagi bengal. Ini adalah keunikan dan ciri khas kucing liar atau kucing hutan.

Memiliki hobi bermain air, Anda juga bisa mengajaknya untuk berenang. Tak hanya itu, hewan ini juga suka mandi dan Anda harus rutin memandikannya.

Selain itu, hindari meletakkan kucing ini di dekat kolam atau akuarium. Karena bengal suka memancing dan mencelupkan cakarnya ke air.

Suka Bermain dengan Anak-Anak

Sebagai makhluk yang aktif dan tidak bisa diam, bengal pas sekali jika disandingkan dengan anak-anak. Seperti yang kita tahu, anak di usia golden age, yakni 3 tahun hingga 5 tahun tidak bisa diam.

Memberikan hewan peliharaan seperti bengal kepada anak-anak, mereka berdua bisa menikmati waktu bermain bersama. Energi dan rasa ingin tahu anak-anak juga sama seperti bengal, sehingga mereka bisa bersahabat dengan baik.

Tidak Suka Dikurung

Terbiasa hidup di alam liar, bengal bukanlah kucing rumahan yang suka dikurung. Anda harus mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah supaya mamalia mungil ini tidak stres.

Selain itu, jangan paksakan kucing ini untuk mendekam di kandang. Anda juga harus membiarkannya berkeliaran, paling tidak di teras rumah atau di dalam ruangan khusus.

Beberapa orang bahkan membuat kandang bengal dengan konsep semi outdoor. Ada bagian kandang yang berfungsi sebagai tempat berteduh dan ada bagian kandang sebagai spot untuk bermain.

Baca Juga: Harga Anak Anjing Husky (Stambum dan Non STB) per Ekor

Dengan sifat yang tak biasa seperti di atas, tak heran jika harga kucing bengal bisa mencapai belasan, bahkan puluhan juta per ekor. Selain itu, cara memelihara kucing hutan ini tidak bisa sembarangan, berikut rinciannya.


Harga Kucing Bengal Asli 2022 Kitten dan Dewasa (Semua Jenis)


Cara Memelihara Kucing Bengal

  • Bersihkan kandang bengal setiap hari.
  • Selalu ganti air minumnya dan berikan pakan sesuai usia bengal.
  • Sikat bulunya setiap dua hari sekali.
  • Mandikan bengal setiap 4-7 hari sekali.
  • Beri pakan kering dan basah secara berselang-seling.
  • Selalu ajak bengal bermain dan jalan-jalan.

Mengetahui mudahnya merawat bengal, sebagian orang ingin mengadopsinya. Lalu, berapa harga kucing bengal saat ini? Berikut rinciannya.

Harga Kucing Bengal

  • Kitten Bengal Asli Non-Ped Usia 2-3 bulan Rp5.273.000-Rp8.000.000 per ekor.
  • Impor Kitten Bengal Asli Ped Usia 3 Bulan Rp12.150.000-Rp18.000.000 per ekor.
  • Kucing Bengal Dewasa Jantan/Betina Non-Ped Rp21.225.000-Rp26.000.000 per ekor.
  • Bengal Dewasa Jantan/Betina Ped Rp29.125.000-Rp37.000.000 per ekor.

Perlu Anda ketahui, harga kucing bengal di atas telah kami dapatkan dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga kucing bengal bisa berbeda-beda di tiap daerah dan berubah sewaktu-waktu. 

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing bengal tahun 2022 sedikit naik. Kitten bengal asli non-ped usia 2-3 bulan misalnya, dari Rp5 juta - Rp7 juta per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp5,2 jutaan - Rp8 juta per ekor tahun 2022.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lengkap seputar bengal cat, Anda bisa langsung ke pet shop terdekat. Selain itu, untuk mengetahui harga kucing bengal teraktual, Anda bisa langsung mengunjungi breeder bengal terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing Bengal Asli 2022 Kitten dan Dewasa (Semua Jenis)"