Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kucing Scottish Fold Mirip Punya Nagita Slavina 2022

Harga Kucing Scottish Fold Mirip Punya Nagita Slavina 2022

Tak hanya Anggora dan Persia, kucing Scottish fold seperti punya istri selebriti Raffi Ahmad, yakni Nagita Slavina,tampaknya digemari banyak anabul lovers. Meskipun harga kucing scottish fold tidak murah, beberapa orang ingin mengadopsinya karena lucu. Bisanya, anabul ini ditawarkan mulai kitten atau anakan umur 2, 3, hingga 6 bulan atau dewasa indukan jantan serta betina usia satu tahun.

Baca Juga: Harga Kucing Russian Blue Anakan dan Dewasa (Murni & Mix Breed)

Penggolongan Kucing Scottish Fold

Ada banyak jenis, di antaranya Scottish fold putih, Scottish fold mix exotic, Scottish fold munchkin, dan Scottish fold himalaya, beberapa orang di Indonesia malah lebih suka dengan ras Scottish fold asli. Karena, anabul tersebut tidak memiliki trah campuran atau bukan terlahir sebagai peranakan.

Tak hanya dijual di Jakarta dan Surabaya, banyak juga breeder yang menawarkan Scottish fold di kota lain, seperti Bandung, Malang, bahkan ada yang mengekspornya hingga ke negara tetangga, yakni Malaysia. Diketahui, harga kucing Scottish fold di berbagai kota dan negara berbeda-beda, tergantung pihak penjual.

Umumnya, untuk menentukan biaya adopsi, breeder juga akan membedakan golongan kucingnya, apakah sudah mengantongi sertifikat pedigree atau belum. Bisa dibilang, biaya adopsi Scottish fold ped lebih mahal dibandingkan non ped.

Namun, di tahun 2021 kemarin, orang lebih suka mengadopsi anabul yang sudah bersertifikat pedigree. Karena, mereka ingin memastikan apakah kucing ras tersebut benar-benar dari trah aslinya atau campuran.

Dengan memperhatikan faktor penentu tarif adopsi kucing Scottish fold, Anda bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadopsi mamalia kecil ini. Untuk jelas rinci mengenai hal tersebut, Anda bisa melihat rincian berikut.

Faktor Penentu Harga Kucing Scottish Fold

  • Pedigree/non-pedigree.
  • Kondisi kesehatan kucing.
  • Panjang bulu kucing.
  • Termasuk kelompok champion atau bukan.
  • Usia kucing (anakan atau dewasa).
  • Track record vaksin dan pemberian vitamin khusus.

Jika melihat faktor penentu harga Kucing Scottish Fold, bisa dikatakan dari semua itu, yang paling utama adalah apakah kucing termasuk kelompok champion atau bukan. Jika iya, pasti biaya adopsinya sangat mahal.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor

Nah, sebelum membicarakan tarif adopsi anabul ini, Anda juga perlu mengetahui asal-usulnya. Berikut ulasan mengenai asal kucing Scottish fold.

Asal Kucing Scottish Fold

Diketahui, sesuai dengan namanya, Scottish fold memang berasal dari Skotlandia. Ini berawal dari ditemukannya seekor putih dengan bentuk fisik yang unik bernama Susie di sekitar peternakan Coupar Angus Perthshire pada 1961.

Dikabarkan, Susie adalah ras Scottish fold pertama saat itu. Hingga anabul ini memiliki anak dan dua di antaranya memiliki bentuk fisik yang mirip Susie, akhirnya rumor adanya kucing ras baru tersebut mulai tersebar.

Salah satu anak kucing unik ini lalu diadopsi oleh seorang pencinta kucing, William Rose. Karena keunikannya, Rosie mendaftarkan kucing tersebut ke Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) di Inggris pada 1966 supaya ras kucing tersebut diakui.

Sayangnya, saat kucing ini didaftarkan ke lembaga lain, yakni Fédération Internationale Féline (FiFe) di Eropa, tidak mendapat pengakuan. Hal ini juga yang membuat GCFF menarik kembali pengakuan ras kucing tersebut.

Ada banyak faktor yang menjadi alasan penarikan pengakuan dari lembaga-lembaga tersebut. Salah satunya, anabul ini rentan dan memiliki risiko tinggi terhadap infeksi kutu pada telinga. Hal ini cukup meresahkan, karena bisa membuat kucing menjadi tuli.

Perbaikan Genetik Kucing Scottish Fold

Sangat disayangkan hingga akhirnya para ilmuwan di Amerika turun tangan supaya kucing bisa mendapatkan pengakuan dari lembaga perkucingan terkemuka. Cara yang dilakukan para cendekiawan ini adalah dengan memperbaiki genetiknya.

Tidak mudah untuk memperbaiki genetik kucing, sehingga harus dilakukan kawin silang atau mixed dengan jenis kucing British shorthair. Tak hanya itu, anabul juga harus di-mix dengan American shorthair.

Hasil breeding ini menghasilkan jenis kucing Scottish fold modern yang rendah risiko infeksi dan tuli. Ini hal yang baik, tidak hanya bagi kucing, tetapi bagi pencinta anabul dan para peneliti.

Saat ini, Scottish fold juga sudah berhasil diakui lembaga The International Cat Association (TICA) dan Cat Fanciers’ Association (CFA). Nah, mungkin Anda akan penasaran dengan ras kucing Scottish fold yang asli yang lahir dari Susie.

Beberapa orang penasaran, mengapa kucing ras asli tersebut bisa berisiko tuli dan infeksi telinga. Berikut adalah penjelasannya.


Harga Kucing Scottish Fold Mirip Punya Nagita Slavina 2022


Ciri Khas Kucing Scottish Fold

Bentuk Telinga Kucing Scottish Fold

Ciri khas Scottish fold dapat dilihat dari bentuk telinganya, baik ras asli atau modern hasil perbaikan genetika. Anabul ini memiliki daun telinga yang terlipat ke dalam. Tak seperti anabul umumnya yang bertelinga tegak dan meruncing ke atas.

Bentuk telinga yang unik ini terjadi akibat mutasi genetik dominan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seluruh tulang rawan di tubuh kucing. Telinga yang seharusnya tumbuh ke atas pun menjadi terlipat ke depan.

Kelainan Genetik Kucing Scottish Fold

Kelainan genetik ini umumnya baru terlihat saat anabul berusia 21 hari. Saat baru lahir, telinga kucing akan terlihat normal seperti anabul pada umumnya. Sementara itu, jika Scottish fold tidak menunjukkan kelainan genetik saat umurnya lebih dari 21 hari, maka ini dikatakan tidak normal dan disebut Scottish fold straight ear.

Jika kondisi awal Scottish tidak diperbaiki melalui perbaikan genetik, telinga yang menekuk bisa menjadi sarang kutu. Inilah yang membuatnya rentan terhadap infeksi telinga dan tuli. 

Baca juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Namun, karena sudah mengalami perbaikan genetik, bentuk telinga yang tak biasa malah terlihat bagus sebagai kucing ras. Hal ini juga yang membuat anabul ini tampak lebih menggemaskan dibanding ras lain.

Bentuk Kepala Kucing Scottish Fold

Dengan kondisi telinga yang tak biasa, kucing Scottish fold memiliki bentuk wajah seperti boneka. Tanpa telinga yang tegak, kepala kucing terlihat bundar dengan pipi yang cabi.

Kucing ini juga memiliki hidung yang tidak terlalu mancung dengan moncong yang cenderung pendek. Lalu, matanya cenderung bulat seperti bola dan saat kucing membuka mata, akan terlihat pupil berwarna hitam yang besar.

Bulu Kucing Scottish Fold

Termasuk kucing domestik di tempat asalnya, Scottish fold memiliki bulu yang pendek, tetapi halus. Untuk varian warnanya bermacam-macam, mulai dari putih, abu-abu, hingga hitam.

Meskipun memiliki banyak varian warna, sayangnya pola warna pada bulu anabul ini tidak terlalu banyak. Secara umum, kucing Scottish fold yang diperjualbelikan di Indonesia memiliki corak satu warna, tuxedo, dan belang.

Tak hanya bentuk fisiknya yang membuat harga kucing Scottish fold mahal, tetapi juga sifatnya. Berikut adalah rincian sifat anabul yang menggemaskan ini.

Sifat Kucing Scottish Fold

  • Ramah dan penyayang.
  • Memiliki rasa penasaran yang tinggi.
  • Mudah beradaptasi.
  • Suka bermain dengan anak kecil.
  • Manja dan suka digendong atau dielus.
  • Cerdas dan mudah dilatih.
  • Aktif dan tidak mudah stres.
  • Memiliki kebiasaan unik bisa duduk seperti budha.

Dengan memperhatikan sifat Scottish fold, tentunya ini akan mempermudah Anda untuk merawatnya. Nah, lalu berapa harga kucing Scottish fold tahun 2022? Berikut ulasannya.

Harga Kucing Scottish Fold Kitten

  • Kitten Non-ped Scottish Fold Medium Usia 2-4 bulan: Rp10.000.000-Rp12.000.000 per ekor.
  • Non-ped Anakan Scottish Fold Exotic Usia 2-4 bulan: Rp14.000.000-Rp20.000.000 per ekor.
  • Medium Pedigree Anakan Scottish Fold Usia 2-4 bulan: Rp18.000.000-Rp22.000.000 per ekor.
  • Pedigree Anakan Scottish Fold Exotic Usia 2-4 bulan: Rp20.000.000-Rp25.000.000 per ekor.

Harga Kucing Scottish Fold Remaja (Usia 6 bulan)

  • Non-ped Scottish Fold Medium Usia 6 bulan: Rp9.000.000-Rp11.000.000 per ekor.
  • Exotic Non-ped Scottish Fold Usia 6 bulan: Rp12.000.000-Rp15.000.000 per ekor.
  • Medium Pedigree Scottish Fold Usia 6 bulan: Rp16.000.000-Rp20.000.000 per ekor.
  • Pedigree Scottish Fold Exotic Usia 6 bulan: Rp18.000.000-Rp23.000.000 per ekor.

Harga Kucing Scottish Fold Dewasa

  • Non-pedigree Scottish Fold Adult: mulai Rp7.000.000 per ekor.
  • Adult Pedigree Scottish Fold: mulai Rp10.000.000 per ekor
  • Pedigree Champion Scottish Fold Adult: mulai Rp50.000.000 per ekor.

Perlu diingat, harga kucing Scottish fold di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Biaya adopsi Scottish fold di setiap daerah bisa berbeda dan berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing Scottish fold tahun 2022 masih cukup stabil.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kucing Scottish Fold Mirip Punya Nagita Slavina 2022"