Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Maine Coon Asli Kitten/Anakan dan Dewasa

Update Harga Kucing Maine Coon Asli Kitten/Anakan dan Dewasa


Selain kucing ragdoll, Maine coon termasuk jenis kucing besar yang menjadi primadona tersendiri bagi anabul lovers. Sayangnya, harga kucing Maine coon asli baik itu anakan atau kitten dan dewasa tahun 2022 tidaklah murah. Di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya saja, biaya adopsi anak Maine coon pedigree maupun non pedigree bisa ditaksir lebih dari Rp3 juta per ekor.

Sebelumnya, kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang terbilang populer di dunia. Namun, sebagai hewan peliharaan, kucing digolongkan menjadi dua jenis, yakni kucing trah dan kucing peranakan.

Secara resmi, kucing yang tercatat sebagai kucing trah/galur murni yang biasa dikenal dengan purebred di antaranya, persia, siam, manx, spinx, anggora, dan Maine coon. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan oleh breeder bersertifikat resmi.

Konon, jumlah kucing galur murni hanya 1% dari jumlah seluruh kucing di dunia. Sisanya adalah kucing keturunan campuran,

Dari sekian varian kucing pure breed yang ada, Maine coon menjadi pilihan beberapa pencinta kucing. Berbeda dengan jenis anabul lainnya, Maine coon memiliki karakteristik dan bentuk fisik yang unik.

Asal Usul Maine Coon

Juga dikenal sebagai American longhair cat, Maine coon merupakan kucing ras tertua. Anabul besar ini berasal dari Maine, Amerika dan sudah menjadi salah satu kucing yang banyak dipelihara hingga kini.

Jika dilihat dari cerita yang beredar, mungkin Maine coon termasuk kucing ras yang didapatkan dari perkawinan antara kucing ras yang berbeda. Hal inilah yang membuat ukuran dan bentuk fisiknya menjadi tak biasa.

Diketahui, kucing Maine coon lahir dari perkawinan antara kucing ras Norwegian forest yang dibawa Viking dari Skandinavia ke Amerika Serikat dengan kucing lokal Amerika. Hasil perkawinan antara dua jenis kucing yang berbeda tersebut menghasilkan ras kucing baru, yakni Maine coon.

Ada juga yang mengatakan, Maine coon lahir dari perkawinan antara kucing Turkish Anggora yang dibawa Ratu Marie Antoinette dari Perancis ke Amerika dengan kucing domestik berbulu pendek. Hasil perkawinan dua ras kucing tersebut yang menghasilkan ras Maine coon.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor

Meskipun Maine coon sempat menjadi primadona di kalangan pencinta kucing, tampaknya tidak mudah menemukan anabul tersebut. Populasinya yang semakin sedikit, membuat orang kadang harus bersusah payah menemukan kucing tersebut.

Tak banyak breeder atau pet shop yang menawarkan Maine coon, membuat harga kucing Maine coon tidak murah. Meskipun begitu, ada juga beberapa orang yang berhasil membiakkan Maine coon dan memberikannya secara gratis saat menginjak umur 2 bulan kepada orang terdekat.

Nah, sebelum mengetahui biaya adopsi Maine coon, Anda juga perlu mengetahui ciri fisiknya. Karena, bentuk serta ukuran tubuh kucing tersebutlah yang membuatnya kian menarik.

Ciri Fisik Maine Coon

Perut Maine Coon

Berasal dari wilayah Amerika Serikat, Maine coon memiliki perut yang besar dan agak berlemak. Hal ini juga ada kaitannya dengan asal negaranya yang memiliki empat musim yang ekstrem.

Dengan bentuk perutnya, anabul tersebut mampu beradaptasi dengan mudah di iklim yang tak biasa. Perutnya bisa menahan dingin saat suhu di sekitar turun drastis.

Tubuh Maine Coon

Dibandingkan ras lainnya, Maine coon memiliki ukuran tubuh paling besar dan panjang. Tak hanya itu, anabul besar ini cenderung berotot dan berpostur tubuh tinggi.

Diketahui, untuk seekor Maine coon jantan bisa tumbuh hingga 121 cm dari kepala hingga ekor. Lalu, berat badannya sendiri berkisar 6 kg hingga 9 kg.

Sementara itu, Maine coon betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Berat anabul besar tersebut umumnya bisa mencapai 4 kg hingga 6 kg. 

Bentuk Kepala Maine Coon

Sekilas, mungkin bentuk kepala kucing ini mirip dengan ras lain, hanya saja lebih besar. Tak hanya itu, bagian pipinya lebih menonjol dengan dahi sedikit melengkung.

Kuping anabul besar ini juga lebih lebar dengan ujung yang lancip dan diselimuti bulu tebal. Ini sangat adaptif terhadap suhu, terutama jika mereka berada di ruang yang dingin.

Lalu, jika diperhatikan dengan saksama, Anda akan menemukan mata Maine coon yang berbentuk oval dan lebar. Ketika hewan tersebut membuka matanya, akan terlihat bulat sempurna dan inilah yang membuat mereka terlihat seperti boneka besar yang hidup.

Jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya, Main coon memiliki hidung yang lebih lebar dan melengkung. Turun ke bagian dagu, Anda akan melihat bagian yang ditutupi bulu-bulu panjang dan tebal.

Dengan bulu bagian dagu hingga lehernya yang tebal, sekilas anabul besar ini mirip dengan singa. Hal ini juga yang membuat Maine coon dilirik para pencinta kucing.

Ekor Maine Coon

Hampir semua kucing Maine Coon asli memiliki ekor yang panjang dan lebar di bagian pangkal. Bulu ekornya akan menipis ke arah ujung.

Bentuk ekor yang indah ini, juga membuat harga kucing Maine coon terbilang mahal. Tak hanya itu, beberapa kucing ada yang memiliki bulu menyerupai sulak atau kemoceng.

Gerakan ekor yang mengayun ke kiri dan kanan, akan membuat kucing tersebut tampak gemas dan lucu. Selain itu, ekor ini berfungsi sebagai alat untuk menarik lawan jenis dan pengusir serangga.

Bulu Maine Coon

Warna bulu Maine coon yang tak biasa juga salah satu faktor mengapa harga kucing Maine coon bisa mencapai belasan juta rupiah. Terbilang cukup khas, beberapa Maine coon ras murni memiliki bulu tebal berwarna tabby klasik.

Maine coon dengan bulu tabby klasik atau cokelat dan abu-abu inilah yang paling banyak dicari orang. Tak hanya itu, ada juga anabul yang berbulu merah, jingga, dan krem. Pada beberapa kucing, juga ditemukan bulu berwarna hitam, putih, biru, dan perak.

Baca Juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Sementara itu, untuk pola warna bulunya, yang paling jarang adalah tortoiseshell, yakni gabungan dari warna hitam dan biru. Dengan warna bulunya yang gelap, Maine coon juga terlihat gahar.

Tak hanya memiliki ciri fisik yang unik dan menarik, Maine coon juga bersifat manja. Meskipun tubuhnya besar dan terlihat agak gahar, nyatanya hewan ini juga suka dibelai dan berikut adalah rincian karakteristik serta sifatnya.


Update Harga Kucing Maine Coon Asli Kitten/Anakan dan Dewasa


Karakteristik Maine Coon

  • Sangat lembut dan ramah.
  • Bisa beradaptasi dengan baik.
  • Cepat akrab dengan kucing jenis lain atau hewan peliharaan lain.
  • Memiliki temperamen yang baik.
  • Suka dengan anak kecil.
  • Suka bermain dan aktif.
  • Pintar dan mudah dilatih.
  • Sangat suka bermain bersama ownernya.
  • Lebih suka dielus daripada dipangku atau digendong.
  • Tidak suka ketinggian.
  • Menyukai air dan gemar mandi.
  • Sangat setia kepada ownernya.

Mengetahui karakteristiknya yang tidak membuat ownernya kerepotan untuk merawatnya, tak heran jika harga kucing Maine coon tidak murah. Lalu, berapa harga kucing maine coon tahun 2022? Berikut ulasannya.

Harga Kucing Maine Coon

  • Kitten Maine Coon Non-Ped Jantan/Betina: Rp1.274.000 - Rp3.876.210 per ekor.
  • Anakan Maine Coon Ped Jantan/Betina: Rp2.900.500 - Rp4.500.000 per ekor.
  • Dewasa Maine Coon Non-Ped Jantan/Betina: Rp5.100.500 - Rp7.500.000 per ekor.
  • Indukan Maine Coon Ped Jantan/Betina: Rp10.500.000 - Rp25.000.000 per ekor.

Perlu diketahui, harga kucing Maine coon di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga kucing Maine coon bisa berbeda di tiap daerah dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing Maine coon tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Kitten Maine coon non-ped misalnya, sebelumnya dibanderol Rp1 juta-3,7 juta tahun 2021, naik menjadi Rp1,2 juta-Rp3.8 juta per ekor.

Baca Juga: Harga Anak Anjing Husky (Stambum dan Non STB) per Ekor

Sebagai tambahan, berbeda dengan kucing ras lain yang dianggap dewasa ketika usia 6 bulan dan masih dianggap kitten saat usia 3 bulan, Maine coon memiliki perkembangan yang lambat. Umumnya, Maine coon dianggap dewasa ketika berusia 3 tahun hingga 5 tahun.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Maine Coon Asli Kitten/Anakan dan Dewasa"