Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Anggora Termurah di Bawah Rp500 Ribu (Anakan dan Dewasa)

Update Harga Kucing Anggora Termurah di Bawah Rp500 Ribu (Anakan dan Dewasa)

Tak hanya kucing Persia yang menjadi primadona pencinta kucing, tetapi juga anggora. Nah, sementara harga anggora tidak murah, ada beberapa jenis anggora peranakan yang masuk dalam daftar harga kucing anggora termurah 2022, tentunya di bawah Rp500 ribu dalam kategori usia anakan (kitten) dan dewasa.

Karakteristik Kucing Anggora Asli

Angora cat merupakan salah satu ras kucing yang cantik dan terkenal dengan bulu yang panjang. Secara morfologi, kucing ini juga terlihat imut seperti boneka, sehingga tak heran jika harganya mahal, bahkan tahun 2021 ada yang mencapai Rp5 jutaan per ekor.

Termasuk mamalia mungil ras alami dan bukan hasil kawin silang, kucing anggora juga sering diikutkan kontes. Jika kucing sudah mengantongi banyak sertifikat show, maka harganya akan melambung tinggi.

Karena sering diikutkan perlombaan, tak heran jika ngora cat terbilang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Di negeri asalnya, Turki, anabul berbulu panjang ini bahkan dijadikan hewan peliharaan yang dibanggakan.

Untuk ras anggora asli, memiliki ciri khas bermata biru dan berbulu panjang. Beberapa orang menyebutkan, kucing ini mirip dengan balerina yang anggun saat berjalan. Tak heran jika tidak ada kucing ras anggora asli yang masuk dalam list harga kucing anggora termurah.

Mamalia mungil ini juga memiliki sifat yang ramah dan pintar, sehingga mudah beradaptasi di lingkungan baru. Tak hanya itu, kucing anggora bisa dipelihara bersama dengan jenis kucing lain, seperti Persia, Siam, hingga kucing hutan.

Meskipun cerdas, Angora cat termasuk jenis kucing yang malas jika dibandingkan dengan Siamese cat. Hewan mungil ini bahkan lebih suka menghabiskan separuh harinya hanya untuk tidur dan bermalas-malasan.

Harga Kucing Anggora Asli

Menurut review dari salah satu owner Angora cat juga mengatakan, kucing ini sangat manja. Dalam sehari saja, anabul tersebut tidak bisa lepas dari pelukan atau belaian tuannya.

Mau itu kucing betina atau jantan, kucing anggora sangat suka disayang. Jika Anda menghiraukan mereka beberapa jam saja, mereka akan merengek untuk meminta belaian. Inilah alasan mengapa Anda harus meluangkan banyak waktu jika ingin memeliharanya.

Kecerdasan dan kepintaran Angora cat ternyata tidak bisa diremehkan. Kucing pintar ini mudah dilatih untuk makan sendiri dan datang ketika dipanggil namanya.

Baca Juga: Update Harga Kucing Siam Kitten dan Dewasa (Semua Varian) per Ekor

Untuk melatih kucing supaya penurut, Anda harus menggunakan snack kesukaannya. Selain itu, berikan belaian ketika kucing Anda bisa mengikuti perintah Anda. 

Nah, karena harga kucing anggora termurah umumnya di atas Rp1 juta, para breeder mencoba mengembangbiakkan mamalia mungil ini dengan ras lain. Dengan adanya percampuran antara ras anggora dan kucing lain, maka harganya akan lebih murah.

Hasil dari perkawinan antara ras anggora asli dengan ras kucing lain disebut anggora peranakan. Peranakan Angora cat diklaim memiliki karakteristik yang unik dan berikut ulasannya.

Karakteristik Kucing Anggora Peranakan

Anggora peranakan adalah hasil perkawinan silang antara kucing ras anggora asli dengan kucing domestik. Dengan ini, maka harga peranakan anggora lebih murah dibandingkan anggora asli.

Beberapa breeder juga kerap mengawinkan anggora asli atau peranakan anggora dengan kucing domestik. Hasil perkawinan dari ras kucing campuran seperti ini acak, tergantung gen mana yang lebih dominan.

Jika diamati secara mendalam, anggora peranakan memiliki bentuk fisik yang mirip dengan anggora asli, tetapi ada juga yang tidak dan hanya mewarisi sifatnya. Ada juga kucing peranakan anggora dengan ciri fisik mirip anggora, tetapi sifatnya mirip kucing kampung.

Berbeda dengan anggora yang malas dan manja, tetapi cerdas, kucing domestik memiliki sifat yang lincah, aktif, cerdas, dan tidak terlalu malas atau pun manja. Nah, jika Anda menemukan ada kucing yang fisiknya mirip anggora, tetapi sifatnya mirip kucing kampung, bisa jadi itu adalah anggora peranakan.

Dengan perkawinan silang yang terjadi secara alami maupun buatan, tak heran kini ras domestik semakin beragam. Beberapa orang bahkan menemukan kucing liar yang berbulu panjang mirip anggora.

Sayangnya, anggora peranakan ini tidak bisa diikutkan kontes kucing skala besar. Biasanya kucing hanya dipelihara untuk peliharaan rumah.

Namun, pada kontes-kontes kucing berskala kecil, ada juga yang memperbolehkan kucing peranakan anggora ikut serta. Biasanya ini dengan syarat kucing harus memiliki gen ras anggora lebih dominan daripada ras turunan lainnya.

Secara fisik, kucing peranakan anggora memiliki ciri berbulu panjang, lebat, tidak rebah, dan berwarna 1 hingga 3 macam. Selain itu, kucing seperti ini biasanya bertubuh agak bulat dengan tulang dominan besar.

Nah, selain dikawinkan dengan kucing domestik, Angora cat juga bisa dikawinkan dengan kucing ras lain. Berikut adalah varian kucing anggora peranakan.


Update Harga Kucing Anggora Termurah di Bawah Rp500 Ribu (Anakan dan Dewasa)


Jenis Kucing Anggora Peranakan

Anggora X Anggora

Jika anggora dikawinkan dengan kucing anggora, tentu saja akan menghasilkan kitten anggora ras asli. Memiliki sifat dan karaktersitik kucing ras anggora original, kucing ini tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Sudah banyak breeder yang saat ini lebih suka mengawinkan kucing Anggora dengan ras lain. Hal ini yang membuat beberapa cat lovers kesulitan mencari Angora ras asli.

Tidak termasuk dalam list harga kucing anggora termurah, biaya adopsi kitten anggora asli usia 3 bulan belum vaksin bisa mencapai Rp3 juta per ekor. Sementara untuk Angora cat dewasa ras asli sudah vaksin, tarif adopsinya bisa mencapai Rp7 juta per ekor.

Baca Juga: Update Harga Anjing Alaskan Malamute Anakan (Puppy) & Dewasa (Indukan)

Namun, ada juga breeder yang menawarkan kucing anggora asli berusia 6 bulan belum vaksin dengan harga Rp8 jutaan per ekor. Sementara itu, yang sudah divaksin bisa mencapai harga Rp12 jutaan per ekor.

Anggora x Persia

Umumnya, hasil perkawinan antara Angora cat dan Persian cat adalah kucing dengan bentuk fisik seperti anggora. Namun untuk wajah dan hidungnya mirip dengan Persia yang cenderung bulat.

Lebih bulat dan fluffy, bentuk tubuh kucing peranakan ini tidak terlihat seperti anggora yang kurus dan panjang. Sekilas, kucing ini sangat lucu dan mirip boneka.

Bukan juga termasuk dalam list harga kucing anggora termurah, kucing peranakan anggora x Persia ini dijual di atas Rp500 ribu. Untuk kittennya dengan usia 3 bulan belum vaksin saja, biaya adopsinya mencapai Rp700 ribuan per ekor.

Sementara itu, Anda juga bisa mendapatkan kucing peranakan tersebut dengan usia 3 bulan yang sudah divaksin. Diketahui, kucing seperti ini dibanderol mulai Rp900 ribuan hingga Rp1,2 jutaan per ekor.

Anggora x Domestik (Kampung)

Jika Anda merasa jenis anggora peranakan di atas terlalu mahal, ada juga jenis yang lebih murah, yakni hasil perkawinan antara ras angora dan domestik. Ini adalah jenis peranakan ras yang umum di kalangan cat lovers.

Diketahui, kucing peranakan Angora cat dan kucing kampung memiliki struktur tulang dan bulu mirip kucing kampung. Namun, beberapa ada yang bebrbulu lebih panjang dibanding kucing domestik.

Wajah dan mata kucing peranakan ini sekilas mirip dengan anggora asli. Tak hanya itu, bentuk kepalanya juga cenderung agak bulat.

Nah, termasuk dalam harga kucing anggora termurah tahun 2022, kira-kira, berapa biaya adopsinya? Berikut ulasannya.

Harga Kucing Anggora Termurah

  • Kucing Anggora Mix Domestik: Rp250.000 - Rp400.000 per ekor.
  • Anggora Cat Mix Domestik Vaksin 3 bulan: Rp450.000 - Rp500.000 per ekor.
  • Peranakan Anggora Kampung 6 bulan: Rp650.000 - Rp700.000 per ekor.

Sebagai perbandingan, untuk kucing anggora peranakan hasil kawin dengan kucing domestik tahun 2021, biasanya dijual dengan harga Rp200 ribu hingga Rp400 ribu. Ini adalah kucing yang berusia tiga bulan dan belum divaksin.

Sementara itu, untuk kucing peranakan Angora cat x domestic yang sudah divaksin dengan usia 3 bulan, bisa mencapai Rp400 ribu hingga Rp500 ribu. Ini terbialang agak mahal, karena sudah termasuk biaya vaksinnya.

Namun, jika Anda ingin memelihara kucing peranakan anggora dan kampung yang sudah agak dewasa atau remaja dengan usia enam bulan, tampaknya Anda harus merogok kocek agak dalam. Biaya adopsi kucing peranakan tersebut yang usianya sudah enam bulan bisa mencapai Rp600 ribu.

Baca Juga: Update Harga Kucing Bombay (Anakan & Dewasa) dan Cara Memeliharanya

Harga kucing anggora termurah di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Perlu diingat, harga kucing anggora termurah tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Anggora Termurah di Bawah Rp500 Ribu (Anakan dan Dewasa)"