Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga/Biaya Steril Kucing (Jantan & Betina) serta Manfaatnya

Update Harga/Biaya Steril Kucing (Jantan & Betina) serta Manfaatnya

Cara yang tepat untuk mengontrol populasi hewan peliharaan seperti kucing adalah steril. Untuk melakukannya, tentunya Anda harus menyiapkan biaya steril kucing sesuai dengan jenis kucingnya.

Spay dan neuter adalah istilah medis yang dipakai untuk prosedur sterilisasi. Bisa dibilang, daripada menggunakan kata 'spaying' dan 'neutering,' banyak orang lebih mengenal istilah steril. 

Biaya steril kucing tentunya berbeda dengan biaya steril anjing, karena prosedur yang berbeda. Sebelumnya, spaying adalah pengangkatan ovarium dan uterus (ovariohysterectomy) pada hewan betina. 

Baca Juga: Harga Anjing Border Collie Puppy dan Dewasa (Mix dan Asli)

Biasanya, Anda akan dikenakan biaya steril yang berbeda untuk steril pada kucing betina dan jantan. Diketahui, biaya steril kucing betina lebih mahal dibandingkan jantan.

Pengangkatan organ reproduksi pada kucing jantan maupun betina dinilai aman. Bahkan, beberapa orang merasa ini adalah hal yang perlu dilakukan. 

Ini karena ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan kucing sekaligus ownernya dari prosedur bedah ini. Sebelum membahas harga steril kucing, berikut manfaatnya.

Manfaat Steril Kucing Jantan dan Betina

Menjaga Populasi Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang memiliki tingkat reproduksi tinggi. Dalam sekali melahirkan, biasanya ada sekitar dua hingga enam kitten yang lahir. 

Jika semua kitten ini adalah peliharaan Anda, tentunya Anda memerlukan biaya yang besar. Hal ini yang membuat beberapa owner memilih untuk mensterilkan kucingnya.

Mengurangi Risiko Kucing Terlantar

Populasi kucing jika tidak ditekan bisa semakin terus meningkat. Tentunya, ini membuat sebagian orang merasa tidak sanggup memelihara kitten atau kucing dewasa di rumahnya.

Hingga akhirnya, para owner memilih untuk menelantarkannya. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu melakukan penekanan populasi kucing dengan cara steril.

Kucing Lebih Sehat

Menurut ASPCA (The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals), sterilisasi pada kucing bisa membuat mamalia mungil ini lebih sehat. Selain itu kucing bisa hidup lebih lama.

Ini karena mereka tidak perlu merasa stres akibat kelahiran dan kehamilan. Sama seperti manusia, kucing betina bisa merasakan baby blues dan postpartum syndrom.

Mencegah Penyakit Kucing

Sterik juga diklaim mampu mencegah postpartum syndrom pada anabul betina. Sementara itu, steril diketahui bisa mencegah kanker testis dan prostat pada hewan jantan. 

Dengan begitu, kucing betina bisa hidup lebih lama. Ini juga berlaku pada kucing jantan yang akan lebih sehat dan bisa hidup lebih lama.

Kucing Bertambah Gemuk

Melihat anabul yang menjadi gemuk dan bulat, siapa sih yang tidak gemas. Setelah steril, hormon reproduksi kucing tidak akan terbentuk lagi.

Hormon pertumbuhan akan teralihkan menjadi hormon tumbuh kembang. Inilah yang membuat kucing memiliki berat badan yang semakin bertambah diiringi bentuk badan yang membulat.

Mengurangi Resiko Stres Kucing

Hewan peliharaan yang tidak berpasangan biasanya sering merasa stres. Karena, membutuhkan pasangan untuk menghasilkan keturunan. 

Stres pada kucing bisa mengurangi usia hidup kucing. Sebagai solusi, biasanya owner kucing akan mencarikan pasangan atau melakukan steril.

Mengurangi Perkelahian antar Kucing 

Seperti yang kita ketahui, anabul jantan lebih agresif daripada kucing betina. Kucing jantan terbiasa berkelahi untuk memperebutkan betina serta wilayah. 

Baca Juga: Harga Ikan Napoleon per Kg dan Ekor (Konsumsi & Hidup)

Namun, diketahui jika kucing jantan sudah disteril, maka mereka tidak akan berkelahi. Selain itu, kucing jantan tidak akan terlalu agresif lagi.

Kucing Lebih Tenang di Rumah

Banyak anabul jantan yang kabur dari rumah untuk bermain sekaligus mencari betina. Namun, setelah mereka disteril, maka anabul jantan merasa tidak perlu memikat pasangannya.

Steril akan membuat kucing lebih nyaman di rumah. Mereka juga akan merasa lebih tenang dan tidak akan kabur dari rumah.

Mencegah Kucing Spraying 

Khusus untuk anabul jantan biasanya akan menandai wilayah kekuasaannya dengan urin. Bisa Anda bayangkan jika kucing Anda mulai spraying dimanapun, termasuk di gorden dan sofa.

Ini menjadi sebuah masalah yang perlu Anda cegah dan atasi. Salah satu cara untuk mencegah dan mengatasinya adalah dengan steril.

Menghapus Risiko Kematian Bayi Kucing

Khusus untuk kucing ras, biasanya mereka kurang bisa menangani kehamilan dan kelahirannya sendiri. Bahkan, beberapa owner harus membantunya dalam masalah kelahiran. 

Jika tidak dibantu, kitten yang lahir atau masih dalam kandungan akan lemah dan mudah mati. Bagi owner yang berpengalaman, mungkin membantu proses persalinan kucing ras adalah hal yang menyenangkan.

Namun, tidak bagi Anda yang kurang pengalaman. Untuk itu, biasanya para owner kucing ras yang kurang paham soal kelahiran kucing lebih memutuskan melakukan steril.

Membuat Kucing Mudah Diatur

Banyak owner anabul yang merasa kewalahan merawat kucing yang sering memberontak. Umumnya in ditandai dengan kebiasaan kucing mencakar sofa. 

Kucing berontak adalah halbiasa, karena kucing memiliki sifat yang agresif dan liar. Supaya kucing Anda lebih tenang dan mudah diatur, Anda bisa melakukan steril.

Mencegah Rabies Kucing

Diketahui dari berbagai sumber, ternyata steril bisa menurunkan tingkat penyebaran rabies. Ini adalah penyakit yang berbahaya bagi anabul dan ownernya. 

Penyakit rabies terbilang sulit disembuhkan dan berisiko kematian bagi si manis. Umumnya, rabies ditularkan dari kucing yang terinfeksi virus.

Itulah manfaat steril pada kucing jantan dan betina. Selain harus mengetahui manfaat dan biaya steril kucing, Anda harus paham syarat anabul bisa disteril. Berikut adalah rincian syarat steril kucing.


Update Harga/Biaya Steril Kucing (Jantan & Betina) serta Manfaatnya


Syarat Steril Kucing Jantan dan Betina

  • Kucing betina atau jantan yang akan disteril harus berusia minimal enam bulan.
  • Kondisi kucing harus dalam keadaan sehat.
  • Khusus untuk kucing betina tidak sedang dalam keadaan hamil.
  • Pemilik kucing harus menandatangani surat persetujuan operasi.
  • Anda harus membaca surat persetujuan operasi yang diajukan dokter hewan.
  • Membayar biaya steril kucing sesuai kelas dan gendernya.

Pastikan si manis kesayangan Anda memenuhi syarat di atas sebelum di steril. Selain itu, pilihlah klinik hewan yang tepat untuk anabul. 

Sebelum mengetahui biaya steril kucing, pastikan Anda mengetahui prosedurnya. Bagi Anda yang penasaran dengan prosedur steril kucing, berikut ulasannya.

Prosedur Steril Kucing Jantan dan Betina

Sebelum mengetahui biaya steril kucing, pastikan Anda mengetahui prosedurnya. Lamanya proses steril kucing tergantung dari gendernya. 

Untuk anabul jantan, biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga 30 menit. Ini terbilang cepat untuk operasi hewan. 

Sementara itu, kucing betina membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk proses sterilisasi dan biasanya hingga satu jam. 

Durasi sterilisasi kucing jantan dan betina dipengaruhi tingkat kerumitan prosedur operasi. Kucing jantan tidak memerlukan pembedahan yang rumit. Karena, prosedur dilakukan untuk mengambil alat reproduksi di luar tubuh.

Kucing betina memiliki sistem reproduksi di dalam tubuh. Sehingga, memerlukan prosedur pembedahan yang lebih komplek.

Selain itu, anabul betina memerlukan banyak jahitan pada bagian perutnya. Sehingga, harus dicukur dulu bulunya sebelum melakukan sterilisasi.

Baca Juga: Harga Kucing Rex Selkirk (Kitten & Dewasa) dan Tips Merawatnya

Setelah operasi, anabul membutuhkan masa pemulihan atau recovery selama 7-14 hari. Kecepatan masa pemulihan pada kucing berbeda-beda.

Durasi pemulihan kucing tergantung dari daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan mereka. Kucing baru bisa beraktivitas seperti biasa setelah masa pemulihan selesai. Lalu, berapa biaya steril kucing jantan dan betina?


Update Harga/Biaya Steril Kucing (Jantan & Betina) serta Manfaatnya


Biaya Steril Kucing Jantan dan Betina

  • Kucing Jantan Dewasa: Rp350.000 - Rp400.000 per ekor.
  • Dewasa Kucing Betina Bobot <10 kg: Rp700.000-Rp800.000 per ekor.
  • Betina Kucing Dewasa Bobot 10-20 kg: Rp800.000 - Rp1.000.000 per ekor.
  • Indukan Kucing Betina Bobot 20 kg: Rp1.000.000 - Rp1.250.000 per ekor.

Sebagai informasi, biaya steril kucing di atas kami rangkum dari forum hewan peliharaan dan salah satu website jasa steril kucing. Tentunya, biaya steril kucing jantan dan betina dewasa bisa berbeda di tiap daerah.

Selain itu, biaya steril kucing jantan dan betina bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, biaya steril kucing tahun 2022 relatif stabil.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga/Biaya Steril Kucing (Jantan & Betina) serta Manfaatnya"