Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan Ekor (Konsumsi & Hidup)

Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan Ekor (Konsumsi & Hidup)

Salah satu hasil laut yang menjadi primadona, tetapi langka adalah ikan napoleon. Harga ikan napoleon per kg dan per ekor sendiri tidak murah dan bisa mencapai jutaan rupiah.

Populasi ikan napoleon yang semakin sedikit yang menjadi alasan kenapa ikan napoleon mahal. Selain itu, sudah jarang orang menawarkan harga perkilo ikan napoleon dan lebih sering menjualnya per ekor secara hidup.

Dalam kondisi hidup, umumnya ikan napoleon diekspor ke berbagai negara dan salah satunya Hongkong. Harga ikan napoleon di Hongkong juga mahal, sama seperti harga ikan napoleon di Indonesia.

Baca Juga: Harga Burung Kakatua Dewasa dan Anakan (Raja, Jambul Kuning, Dll)

Selain dinilai dari kondisinya, besar tubuh ikan menjadi takaran nilai jualnya. Ikan napoleon terbesar tentunya ditawarkan dengan harga termahal.

Nilai jual ikan napoleon juga kerap dikaitkan dengan khasiatnya. Manfaat ikan napoleon beragam dan tidak hanya dijadikan sebagai bahan konsumsi, tetapi juga obat.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, ikan napoleon dimasak apa? Beberapa orang ada yang membakarnya. Nah, harga ikan napoleon bakar juga tidak lebih murah daripada ikan napoleon per ekor atau per 1 kg.

Sebelum membahas daftar harga ikan napoleon, Anda perlu mengetahui seluk beluknya. Ternyata, ikan ini juga ada di Indonesia dan tak jarang ditemukan di perairan Natuna.

Asal Ikan Napoleon

Persebaran Ikan Napoleon

  • Secara internasional, ikan napoleon dikenal dengan nama Napoleon Wrasse atau Humphead Wrasse. 
  • Sementara itu, hewan air laut ini memiliki nama ilmiah Cheilinus undulatus dari famili Labridae.
  • Diketahui, habitat ikan napoleon ada di Samudra Hindia dan Pasifik. 
  • Ini juga yang menyebabkan persebaran napoleon sampai ke Indonesia.

Di Nusantara, ikan napoleon memiliki banyak nama, seperti Langkow, Maming, dan Mengkait. Sementara itu, di China dan Hongkong, Napoleon disebut dengan Sio Moy. 

Habitat Ikan Napoleon

Kebanyakan ikan napoleon yang ada di Indonesia kerap ditemukan di Natuna, tetapi saat ini sudah langka. Sebagai primadona divers, ikan napoleon memiliki habitat di perairan tropis, subtropis, dan temperate. 

Beberapa jenis di antaranya hidup di daerah pesisir pantai dekat terumbu karang. Namun, ada juga yang hidup di dasar perairan daerah rumput laut dengan kedalaman hingga 50 m.

Untuk menyaksikan ikan napoleon, tak jarang para penyelam rela berenang menyusuri pulau berterumbu karang lebat. Ikan ini juga tidak terganggu ketika Anda berfoto dengannya di laut lepas.

Terbilang cukup populer, ikan napoleon yang ada di Indonesia semakin berkurang dan langka. Ini membuat hewan air laut tersebut bersifat dilindungi dan masih dalam proses penangkaran untuk dilestarikan. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung perkutut.

Jual Ikan Napoleon

Usaha pemerintah untuk melestarikan napoleon adalah dengan cara membuat kolam-kolam penangkaran di Natuna. Meskipun begitu, masih banyak nelayan yang mencoba menjualnya.

Tak hanya ditawarkan dalam bentuk bibit, tetapi ada yang menjualnya dalam bentuk indukan atau dewasa. Penjualan ikan langka ini tidak hanya sampai ke Hongkong tetapi juga Malaysia.

Harga ikan napoleon di Malaysia umumnya tidak berbeda jauh daripada di Hongkong. Sementara itu, harga ikan napoleon di Natuna, mungkin bisa agak murah karena tidak perlu biaya ekspor.

Sebagai ikan langka yang banyak dilirik kolektor ikan hias, pastinya Anda penasaran dengan bentuknya. Berikut adalah ciri fisik atau morfologi ikan napoleon.


Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan Ekor (Konsumsi & Hidup)


Ciri-Ciri Ikan Napoleon

Kepala Ikan Napoleon

Tidak sulit untuk mengetahui apakah ikan yang Anda jumpai saat menyelam adalah ikan napoleon atau bukan. Karena, ikan napoleon memiliki ciri khas bentuk kepala yang unik.

Ada benjolan keras di dahi ikan napoleon yang diduga sebagai daya tariknya. Benjolan tersebut membuat bentuk kepala ikan terlihat seperti trapesium yang terbagi dua.

Keunikan lain dari Sio Omay adalah bibir yang cenderung besar dan tebal. Ini sebagai tanda bahwa napoleon tergolong sebagai ikan karang. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung parkit.

Tak hanya itu, napoleon mempunyai mata yang cukup besar dan timbul di permukaan tengkoraknya. Lalu, pada wajahnya terdapat guratan-guratan dengan tekstur agak kasar.

Berat Ikan Napoleon

Dikenal sebagai ikan karang terbesar di Dunia, Cheilinus undulatus dewasa bisa mencapai panjang dua meter. Sementara itu, beratnya bisa mencapai 180 kg.

Namun, ikan napoleon memiliki pertumbuhan yang lambat jika dibandingkan ikan laut lainnya. Untuk mencapai ukuran satu meter, ikan napoleon harus bertahan hidup selama 5-6 tahun.

Bisa dibayangkan jika ikan napoleon terbesar yang ukurannya dua meter, tentunya hidup lebih dari 10 tahun. Ini juga yang membuat harga ikan napoleon per ekor tidak murah.

Sisik Ikan Napoleon

Sama seperti jenis ikan karang lainnya, daya tarik ikan napoleon juga ada pada sisik dan tubuhnya. Selain besar, sisik ikan napoleon cenderung keras dan bertekstur.

Bagian tengah tubuh ikan dilapisi dengan sisik yang berpola garis-garis dengan guratan kasar. Hampir semua tubuhnya dilapisi sisik keras berwarna kebiruan.

Untuk ikan napoleon yang hidup di hutan karang dengan kedalaman lebih dari 40 m, umumnya berwarna biru gelap. Sementara itu, napoleon yang hidup di perairan agak dangkal ada yang berwarna kehijauan.

Gender Ikan Napoleon

Fakta unik dari ikan napoleon adalah gendernya. Hewan air ini termasuk protogini hemafrodit, yakni betina berubah menjadi jantan. Itu berbeda dengan hewan yang ada dalam harga burung pleci.

Ikan napoleon betina, konon bisa berubah menjadi jantan ketika berusia sembilan tahun. Namun, belum ada faktor tertentu yang jelas mengenai penyebab berubahnya gender ikan napoleon.

Hal itu pula yang membuat ikan sulit berkembang biak, meskipun ikan bisa hidup lebih dari 50 tahun. Harus ada ikan napoleon yang usianya di bawah sembilan tahun dan di atas sembilan tahun untuk dipijahkan jika ingin melestarikannya.

Baca Juga: Harga Burung Jalak  Anakan & Dewasa (Suren, Bali, Kebo, Putih, dll)

Mengetahui banyak fakta menarik tentang ikan napoleon, tak heran jika nilai jualnya selalu melambung tinggi. Harga ikan napoleon memang tidak bisa dianggap remeh. 

Sementara itu, ada faktor yang membuat ikan napoleon mudah ditangkap dan menjadi langka. Salah satunya adalah karakteristiknya seperti berikut.

Karakteristik Ikan Napoleon

Seperti yang sudah dijelaskan, napoleon adalah ikan karang primadona para penyelam. Meskipun banyak orang yang mencari dan ingin berfoto dengannya, hewan air ini tidak merasa terganggu.

Hampir sebagian besar ikan napoleon memang memiliki karakteristik yang ramah dan cuek. Ikan ini juga tidak merasa risih ketika para penyelam menyentuhnya saat berfoto.

Selain ramah, ikan napoleon bukan perenang cepat. Hewan air ini lebih suka berenang lambat seperti menikmati pemandangan terumbu karang di sekitarnya.

Meskipun begitu, ikan napoleon adalah hewan yang sangat teliti. Setiap jengkal karang habitatnya tidak mungkin terlepas dari pandangannya.

Itu karena ikan sangat suka dengan kondisi habitatnya yang indah. Selain itu, ikan ini sangat suka dengan hewan-hewan kecil yang tinggal di karang untuk dijadikan mangsanya.

Sifat ikan napoleon itu membuat beberapa orang merasa diuntungkan, terutama nelayan yang ingin meraup banyak untung. Tidak perlu menggunakan peralatan khusus, beberapa orang mulai menangkapnya.

Namun, Ada juga yang menggunakan bom potas atau potasium sebagai peledak karang untuk membuat ikan keluar dari tempat tinggalnya. Setelah itu, mereka menggunakan jaring ikan untuk menangkapnya. Lalu, berapa harga ikan napoleon konsumsi maupun hidup saat ini? Berikut rinciannya.


Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan Ekor (Konsumsi & Hidup)


Harga Ikan Napoleon

Kategori Ikan Napoleon

Harga

Ikan Napoleon Hidup 1 kg

Rp1.600.000 - Rp3.000.000

Ikan Napoleon Fillet Konsumsi 1 kg

Rp1.000.000 - Rp2.250.000

Ikan Napoleon Hidup 1 ekor (tergantung usia dan ukurannya)

Rp2.250.000 - Rp6.000.000

Sebagai informasi, harga ikan napoleon di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Perlu diketahui, ikan napoleon termasuk dalam jenis ikan yang dilindungi di Indonesia.

Baca Juga: Harga Ikan Salmon per Kg dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Populasi ikan napoleon yang semakin sedikit, membuat hewan air ini tidak untuk diperjualbelikan. Sehingga, harga ikan napoleon di atas tidak dijadikan patokan untuk bisnis jual beli ikan napoleon. Itu berbeda dengan harga burung cucak ijo.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Napoleon per Kg dan Ekor (Konsumsi & Hidup)"