Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll) Terbaru

Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll) Terbaru

Ada banyak jenis burung kicau yang populer di Indonesia, seperti parkit. Meskipun begitu, harga burung parkit anakan dan dewasa per ekor tidaklah murah.

Termasuk spesies burung beo, parkit memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebutnya falk, palek, dan cockatiel.

Baca Juga: Harga Burung Pleci Anakan & Dewasa (Jawa, Bali, Lombok, Garut, dll)

Burung falk harga jualnya beragam, tergantung dari jenis dan usianya. Sebelum membahas jenis dan harga burung parkit, berikut penentu nilai jual parkit.

Penentu Nilai Jual Burung Parkit

Usia Burung Parkit

Salah satu penentu nilai jual burung cockatiel adalah usianya. Menurut review salah satu owner, harga anakan burung parkit lebih murah daripada yang dewasa.

Itu juga alasan, lebih banyak orang menawarkan harga burung palek dewasa. Sehingga, mereka mendapatkan keuntungan lebih, hampir sama seperti dalam harga burung kenari.

Karakteristik Burung Parkit

Harga parkit juga ditentukan dari karakteristiknya. Untuk burung parkit australia jinak yang sudah terlatih, tentunya lebih mahal daripada yang biasa.

Beberapa orang jual burung parkit jinak dengan alasan menarik perhatian pembeli. Namun, itu juga supaya para owner lebih mudah melatihnya berkicau.

Asal Burung Parkit

Kebanyakan harga burung parkit termurah biasanya adalah parkit lokal. Harga parkit lokal bisa lebih terjangkau, karena tidak perlu membayar biaya shipping.

Parkit harga jualnya memang tergantung dari jenis dan asalnya. Jika itu adalah jenis parkit yang jarang di Indonesia dan harus impor, maka harganya akan mahal.

Jumlah Burung Parkit

Meskipun harga anakan falk itu lebih terjangkau daripada yang dewasa, tidak jika Anda membelinya banyak. Apalagi, untuk harga burung falk sepasang.

Harga burung falk anakan sepasang bisa dibanderol lebih dari ratusan ribu rupiah. Namun, itu tergantung dari jenisnya.


Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll) Terbaru


Jenis-Jenis Burung Parkit

Burung Parkit Australia

Salah satu jenis burung parkit yang cukup populer di Indonesia adalah parkit australia. Ciri khas unggas kicau ini adalah jambul kepala dan semburat merah di pipi.

Dibandingkan spesies parkit lainnya, parkit australia mempunyai ukuran tubuh yang cenderung besar. Namun, parkit australia harga jualnya tidak murah, seperti harga burung lovebird.

Harga pasaran burung parkit australia bisa mencapai lebih dari setengah juta rupiah. Meskipun begitu, banyak yang jual falk australia.

Burung Parkit Roselle

Termasuk jenis parkit impor, parkit roselle bukan termasuk jenis harga burung parkit termurah. Ini karena burung parkit roselle bisa ditawar lebih dari setengah juta rupiah per ekor.

Meskipun begitu, konon tidak banyak yang menawarkan burung parkit ini di Indonesia. Masih lebih banyak yang jual parkit australia.

Memiliki suara yang merdu dengan bentuk fisik menarik, banyak yang memeliharanya sebagai burung hias. Apalagi, burung ini memiliki warna bulu yang beragam, mulai dari merah, kuning, hijau, dan biru.

Burung Parkit Belanda

Juga termasuk parkit impor, burung ini memang berasal dari Belanda. Termasuk jenis parkit yang populer di seluruh dunia, parkit belanda memiliki paruh yang bengkok.

Selain itu, bulunya beragam, ada yang berwarna toska, kuning mentah, abu-abu, hingga biru langit. Untuk harga burung cockatiel yang satu ini juga tidak bisa dibilang murah.

Sayangnya, jenis ini agak sulit ditemukan di Indonesia. Karena, lebih banyak yang jual burung parkit australia.

Burung Parkit Lutino

Lebih dikenal dengan nama parkit mata merah, banyak yang ingin memeliharanya. Ciri khas parkit lutino adalah matanya yang berwarna merah.

Sementara itu, tubuhnya cenderung berwarna kuning atau hijau muda dengan ujung sayapnya berwarna putih. Dibandingkan harga burung parkit australia, parkit lutino cenderung mahal.

Burung parkit harga jualnya memang tidak murah. Apalagi, jenis lutino yang langka, seperti harga burung murai.

Burung Parkit Albino

Salah satu parkit yang langka adalah albino. Karena, parkit albino terlahir karena kelainan genetik dan ini sangat berbeda dengan parkit putih atau jambul.

Ciri khas parkit albino adalah bulu, paruh, dan cakar berwarna putih. Sementara itu, warna matanya merah seperti jenis lutino.

Baca Juga: Harga Burung Jalak  Anakan & Dewasa (Suren, Bali, Kebo, Putih, dll)

Nilai jual burung parkit albino terbilang sangat mahal dibandingkan harga parkit jambul biasa. Apalagi jika itu sudah jinak dan pandai berkicau.

Burung Parkit Hijau

Salah satu jenis parkit yang paling umum adalah parkit hijau. Ciri khasnya adalah dari ujung kepala hingga ekor berwarna hijau.

Bahkan, paruhnya berwarna kehijauan dan ini adalah daya tariknya. Untuk harga burung parkit hijau sendiri lebih terjangkau daripada albino.

Suara burung parkit hijau juga indah dan lantang. Tak hanya itu, parkit ini bisa menirukan suara beberapa jenis burung lain.

Burung Parkit Taiwan

Jika Anda mencari jenis parkit yang unik dan menarik, mungkin Anda bisa memelihara parkit taiwan. Berbeda dengan jenis parkit lainnya, spesies ini berwarna biru.

Ada juga parkit taiwan berwarna biru di bagian dada dengan tubuh putih. Tetapi, ada juga parkit dengan warna biru di bagian tubuh dan putih di kepalanya. 

Harga burung parkit biru ini juga tidak murah, seperti harga burung kepodang. Selain itu, parkit taiwan lebih mahal daripada harga burung parkit lokal sepasang.

Burung Parkit Kesturi

Termasuk jenis parkit yang mudah ditemukan di pasaran, parkit kesturi mempunyai bulu berwarna hijau di bagian badan. Sementara itu, bagian kepalanya berwarna hijau kekuningan atau kuning mentah.

Suara burung parkit kesturi juga indah dan nyaring. Sehingga, banyak orang yang ingin memeliharanya.

Untuk harga burung parkit kesturi terbilang lebih mahal dibandingkan jenis lokal. Apalagi jika dibandingkan dengan harga burung parkit Surabaya.

Burung Parkit Lokal

Seperti namanya, ini adalah jenis parkit yang berasal dari Indonesia. Jenis burung ini diketahui memiliki housing terkecil dibandingkan jenis impor.

Meskipun terbilang murah, diketahui, harga burung parkit lokal 2021 bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor. Untungnya, saat ini ada yang menawarkannya dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Biasanya, orang akan jual burung parkit lokal secara offline maupun online. Bahkan, Anda bisa membelinya di situs jual beli online.

Burung Parkit Monk

Memiliki banyak nama, beberapa orang mengenal parkit monk dengan nama parkit biarawan atau beo quaker. Termasuk populer di kawasan Asia, harga burung parkit di Malaysia untuk jenis ini tidaklah murah.

Apalagi, di Indonesia yang sangat jarang ada yang menjualnya. Burung parkit ini juga jinak, tak heran jika harga burung parkit jinak ini mahal.

Ciri khas parkit monk adalah bulunya yang berwarna abu-abu kebiruan dengan dada berwarna putih. Itu juga yang membuat harga burung parkit monk bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah per ekor.

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis burung parkit, pastikan Anda mengetahui cara memeliharanya. Supaya lebih mudah, berikut tips memelihara burung parkit.


Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll) Terbaru


Tips Memelihara Burung Parkit

  • Kandang burung parkit harus dibersihkan setiap hari, minimal sekali.
  • Anda juga harus selalu mengganti air minum burung dengan yang matang dan bersih.
  • Pilih pakan burung parkit yang mengandung serat, lemak, dan protein seimbang.
  • Untuk menjaga keindahan suaranya, berikan vitamin khusus.
  • Mandikan burung setiap pagi menggunakan spray dan jemur selama 10 menit.
  • Selalu ajak bicara dan bermain parkit supaya jinak dan terlatih.

Lakukan tips di atas supaya burung parkit Anda terhindar dari penyakit. Sementara itu, berapa harga burung parkit 2022 ini?

Baca Juga: Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)

Harga Burung Parkit

Jenis Burung Parkit

Harga per Ekor

Burung Parkit Hijau Lokal 

Rp75.000 - Rp233.000

Burung Parkit Lokal 

Rp75.000 - Rp233.000

Burung Parkit Taiwan 

Rp200.000 - Rp300.000

Burung Parkit Australia 

Rp500.000 - Rp900.000

Burung Parkit Kesturi 

Rp500.000 - Rp1.000.000

Burung Parkit Belanda 

Rp500.000 - Rp1.500.000

Burung Parkit Lutino 

Rp750.000 - Rp1.500.000

Burung Parkit Albino 

Rp1.500.000 - Rp2.250.000

Burung Parkit Roselle Asli Impor 

Rp5.900.000 - Rp6.250.000

Burung Parkit Monk 

Rp3.800.000 - Rp7.500.000

Sebagai informasi, harga burung parkit di atas kami rangkum dari situs e-commerce. Tentunya, nilai jual burung parkit bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Untuk mengetahui nilai jual burung parkit teraktual, Anda bisa langsung menuju toko hewan terdekat. Anda juga bisa berkunjung ke pasar burung terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Parkit Dewasa & Anakan (Lutino, Australia, Roselle, dll) Terbaru"