Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Serindit (Anakan, Dewasa, Bakalan, & Gacor) Terbaru

Harga Burung Serindit (Anakan, Dewasa, Bakalan, & Gacor) Terbaru

Salah satu jenis burung kicau yang sedang naik daun adalah serindit. Harga burung serindit, baik anakan dan dewasa per ekor relatif terjangkau.

Termasuk jenis burung kicau favorit, serindit memiliki karakteristik yang unik. Tak hanya itu, kabarnya mitos burung serindit juga menarik.

Namun, yang menjadi alasan umum seseorang memelihara serindit adalah karena suara burung serindit yang merdu. Untuk mendapatkan burung serindit juga tidak sulit, karena bisa membelinya secara online.

Baca Juga: Harga Serai per Kg dan Kemasan Lainnya, Jenis, Kandungan Nutrisi, serta Manfaat

Sudah banyak yang jual burung serindit OLX. Namun, tak jarang orang lebih suka membelinya di pasar burung.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan nilai jual burung serindit, pastikan Anda mengetahui karakteristiknya. Berikut ulasannya.

Karakteristik Burung Serindit

Paruh Burung Serindit

Sebagai burung kicau, serindit memiliki ciri khas pada paruhnya. Burung ini mempunyai paruh bengkok yang hampir mirip dengan lovebird.

Dengan paruhnya yang bengkok, para peneliti menggolongkan serindit sebagai genus loriculus. Untuk warna paruhnya sendiri beragam, mulai dari oranye hingga merah.

Kepintaran Burung Serindit

Meskipun bukan termasuk burung kicau besar, serindit adalah hewan yang cerdas. Sangat mudah mengajarkan berkicau menggunakan masteran.

Saking mudahnya dilatih, banyak orang yang menjadikannya sebagai burung kontes kicau. Memang, serindit sangat terkenal dengan kepiawaiannya dalam bersuara.

Kebiasaan Burung Serindit

Bagi Anda yang sulit membedakan serindit dan lovebird, coba untuk perhatikan kebiasaannya. Burung serindit mempunyai kebiasaan unik tidur terbalik.

Bisa dibilang, saat tidur, serindit akan bergelantungan seperti kelelawar. Umumnya, burung akan tertidur di bagian atas sangkar dengan kepala di bawah.

Kejahilan Burung Serindit

Tak seperti burung kicau pada umumnya, serindit sangat jahil. Ini juga yang menyebabkan para owner tidak mencampurnya dengan jenis burung kicau lain.

Serindit sangat suka mengejar burung kecil dan tikus. Itu dilakukan untuk melepas stres sekaligus berburu.

Warna Bulu Burung Serindit

Secara umum, burung serindit mempunyai bulu berwarna hijau. Ada serindit yang berwarna hijau muda, dan ada pula yang tua.

Namun, tak jarang ada serindit yang mempunyai pola bulu merah di badannya. Beberapa serindit memang mempunyai semburat merah di bagian ekor dan tenggorokan.

Cara Hidup Burung Serindit

Meskipun bisa dipelihara sendirian di sangkar, di alam liar serindit adalah hewan yang hidup berkelompok. Umumnya, burung akan selalu menghabiskan waktu bersama kelompoknya.

Selain itu, burung juga tidak suka berjalan di tanah, karena termasuk jenis hewan arboreal. Burung serindit akan selalu menghabiskan waktunya di ranting dan dahan pohon.

Inilah kenapa, Anda jarang menemukan serindit di area yang sedikit ditumbuhi pohon. Serindit suka berburu, membuat sarang, dan berjalan-jalan di pepohonan besar.

Dengan mengetahui ciri-ciri burung serindit tersebut, Anda bisa membedakannya dengan jenis burung hijau lain, seperti cucak ijo. Sementara itu, bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakannya, pastikan Anda tahu perbedaan gendernya.

Baca Juga: Harga Kangkung per Kg dan Ikat, Manfaat, Kandungan, serta Benih atau Bibitnya

Perbedaan Burung Serindit Jantan dan Betina

  • Burung serindit jantan mempunyai bulu sangat cerah.
  • Sementara itu, serindit betina mempunyai bulu yang kusam.
  • Bulu burung serindit jantan lebih beragam dan bercorak indah. 
  • Untuk bulu burung serindit betina hanya didominasi satu warna tanpa corak.
  • Suara burung serindit jantan lebih merdu dan lantang.
  • Kemampuan berkicau serindit betina tidak sebaik jantan dan cenderung ngebas.

Tak hanya perlu mengetahui perbedaan gender serindit sebelum mengetahui harga burung serindit. Anda juga perlu mengetahui jenis-jenisnya.


Harga Burung Serindit (Anakan, Dewasa, Bakalan, & Gacor) Terbaru


Jenis-Jenis Burung Serindit

Burung Serindit Sulawesi

Lebih dikenal dengan nama serindit sangihe, harga burung serindit sulawesi relatif terjangkau. Seperti namanya, serindit ini memang berasal dari Sulawesi.

Terdapat sebuah pulau bernama Sangihe di bagian utara Pulau Sulawesi yang menjadi tempat tinggal serindit. Termasuk burung kicau kecil, serindit sangihe hanya mampu tumbuh hingga 13 cm.

Ciri khas serindit sulawesi adalah warna merah pada ekor dan lehernya. Itu yang membuatnya terlihat indah. Itu berbeda dengan burung kenari.

Burung Serindit Melayu

Salah satu serindit yang mempunyai warna bulu mencolok adalah serindit melayu. Ukuran tubuh serindit melayu sama seperti serindit sangihe.

Ciri khas dari burung kicau ini adalah bulunya yang berwarna hijau cerah. Tak hanya itu, unggas terbang ini mempunyai corak merah pada dadanya dan totol biru di kepalanya.

Seperti namanya, serindit melayu hanya ditemukan di daerah melayu. Tak hanya Indonesia, serindit tersebut sangat umum di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Burung Serindit Sulawesi

Termasuk jenis lokal, serindit sulawesi memang dari Sulawesi dan sekitarnya. Secara internasional, burung ini disebut dengan maroon-rumped hanging parrot.

Sudah banyak yang mengembangbiakkan dan menjual serindit Sulawesi, membuatnya semakin diminati. Itu juga karena suaranya yang merdu dan kerap menang kontes kicau.

Meskipun kerap dijadikan burung kontes, harga serindit sulawesi relatif terjangkau. Namun, akan mahal jika sudah pernah menyabet juara dan gacor.

Burung Serindit Maluku

Salah satu jenis serindit yang jarang ditemukan adalah serindit maluku. Ini berasal dari Maluku Utara dan dikenal bersuara indah.

Juga disebut sebagai moluccan hanging parrot, serindit maluku juga lebih suka hidup di hutan berkayu. Nah, harga burung serindit jenis ini terbilang agak mahal dibanding jenis lain.

Ciri khas burung ini adalah bulu yang didominasi warna hijau dengan tunggir berwarna merah. Khusus jantannya, terdapat dahi berwarna merah.

Burung Serindit Sula

Juga disebut sebagai hanging parrot, serindit sula adalah hewan endemik Pulau Sula dan Bangka. Burung jenis ini juga agak sulit ditemukan, karena cara menangkap yang tidak mudah.

Selain itu, tidak banyak orang yang mengembangbiakkannya. Untuk suaranya juga tak kalah merdu dengan jenis lainnya. Itu berbeda dengan burung gagak.

Ciri khas burung serindit sula adalah bulu yang berwarna hijau cerah dengan kepala berwarna merah. Selain itu, paruhnya berwarna kehitaman.

Pilihlah salah satu jenis burung serindit yang ingin Anda pelihara dan kembangbiakkan. Jika Anda ingin mengembangbiakkan, pastikan Anda memilih indukan yang berkualitas baik.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin memeliharanya saja sebagai keperluan estetika dan kicau, pastikan sudah tahu cara merawatnya. Supaya lebih mudah, berikut tipsnya.


Harga Burung Serindit (Anakan, Dewasa, Bakalan, & Gacor) Terbaru


Tips Memelihara Burung Serindit

  • Pilih lokasi untuk memelihara burung serindit.
  • Lokasi yang baik adalah bebas polusi dan terkena sinar matahari cukup.
  • Buat kandang serindit atau gunakan sangkar burung ebod.
  • Beberapa owner menyarankan untuk memakai sarang bambu dan kayu.
  • Anda harus melengkapi sangkar dengan tempat minum, makan, dan tangkringan.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan tidak boleh telat.
  • Buat jadwal khusus untuk serindit belajar berkicau.
  • Lebih mudah mengajari serindit berkicau dengan masteran.
  • Vitamin boleh diberikan untuk menjaga daya tahan tubuh serindit.
  • Mandikan burung serindit setiap pagi dan jemur selama 15 menit.

Lakukan tips di atas supaya burung serindit Anda bebas penyakit dan menjadi gacor. Lalu, berapa harga burung serindit?

Baca Juga: Harga Labu Siam per Kg (Baby, Jumbo, Lokal, Acar, Iris, Siap Masak) Segar dan Bibit

Harga Burung Serindit

Jenis Burung Serindit

Harga per Ekor

Burung Serindit Anakan

Rp50.000 - Rp85.000

Burung Serindit Betina Dewasa

Rp80.000 - Rp100.000

Burung Serindit Jawa 

Rp85.000 - Rp105.000

Burung Serindit Jawa Greceh 

Rp100.000 - Rp110.000

Burung Serindit Bakalan 

Rp100.000 - Rp130.000

Burung Serindit Jantan Dewasa

Rp100.000 - Rp155.000

Burung Serindit Malaysia 

Rp100.000 - Rp165.000

Burung Serindit Gacor 

Rp150.000 - Rp200.000

Harga burung serindit 2022 di atas kami rangkum dari berbagai forum jual beli burung. Tentunya, harga burung serindit bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Serindit (Anakan, Dewasa, Bakalan, & Gacor) Terbaru"