Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)

Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)

Jika Anda menginginkan burung peliharaan yang pandai berkicau dan memiliki fisik yang elok, Anda bisa memelihara burung cucak ijo. Harga burung cucak ijo anakan atau dewasa memang tidak murah, tetapi sepadan dengan keunggulannya.

Juga disebut dengan cica daun atau murai daun, cucak ijo harga jualnya beragam. Meskipun begitu, harga burung murai daun ini memang tidak murah.

Baca Juga: Harga Burung Murai Anakan dan Dewasa (Batu, Air, Albino, dll)

Dengan harga burung cucak hijau yang beragam, itu membuat banyak orang kebingungan. Ada beberapa hal yang membuat harga cucak ijo bervariasi, seperti berikut.

Penentu Harga Burung Cucak Ijo

Kemampuan Berkicau Burung Cucak ijo

Menurut penuturan salah satu owner, harga burung cak ijo tergantung dari kualitas dan kemampuannya berkicau. Untuk kemampuannya, umumnya cucak hijau dikelompokkan dalam dua golongan.

Ada cucak ijo bahan dan gacor. Tentunya, harga burung cucak ijo gacor lebih mahal daripada nilai jual cucak ijo bahan.

Harga burung cucak ijo bahan bisa lebih murah karena belum terlalu mahir berkicau. Sementara itu, harga cucak ijo gacor bisa mahal karena sudah pandai berkicau.

Tempat Pembelian Burung Cucak Ijo

Setiap daerah tentu memiliki standar nilai jual burung cucak ijo. Sebagai contoh, harga cucak ijo Medan akan berbeda dengan jual cucak ijo di Jambi.

Penawaran jual beli burung cucak ijo juga akan beragam jika Anda membelinya melalui situs e-commerce. Nilai jual cucak ijo olx misalnya, pastinya akan sangat bervariasi, tergantung toko onlinenya.

Di sisi lain, beberapa orang yang ingin menawar harga cucak ijo bahan lebih murah, umumnya akan membelinya di pasar hewan. Seperti harga cucak ijo bahan di Pasar Pramuka yang bisa ditawar harganya sesuai budget. Itu seperti harga burung kepodang.

Usia Burung Cucak Ijo

Jika harga cak ijo bahan usia remaja terbilang murah, masih ada yang lebih terjangkau, yakni cucak ijo trotol. Itu adalah jenis cucak ijo yang dipelihara dari kecil hingga menjadi gacor.

Untuk itu, sudah banyak yang jual cucak ijo anakan untuk dilatih menjadi cucak ijo trotol. Selain dipelihara hingga gacor, Anda bisa menjualnya.

Nah, harga cucak ijo trotol bisa lebih mahal daripada anakan dan bakalan. Selain itu, lebih mahal daripada harga ijo mini.

Jumlah Burung Cucak Ijo

Seperti burung kicau lainnya, harga pasaran burung cucak ijo juga tergantung dari jumlahnya. Ada yang jual 4 ekor cucak ijo bakalan yang lebih mahal daripada harga burung cucak ijo betina satu ekor.

Menurut review seorang owner, harga anakan burung cucak ijo memang murah, tetapi tidak jika jumlahnya banyak. Selain itu, faktor utama yang paling mempengaruhi nilai pasaran burung cucak ijo adalah jenisnya.


Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)


Jenis-Jenis Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo Banyuwangi (Cucak Ijo Jawa Timur)

Seperti namanya, ini adalah varian cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi. Sebagai salah satu jenis unggas kicau yang diminati, karena suaranya yang indah.

Ciri khas burung cucak ijo banyuwangi mempunyai bulu berwarna hijau pekat. Selain itu, terdapat warna hitam di bagian paruh dan lehernya. 

Harga cucak ijo banyu wangi ini ditaksir lebih dari satu juta rupiah per ekor. Terbilang mahal bukan? Apalagi untuk harga burung cucak ijo banyuwangi gacor.

Baca Juga: Harga Burung Lovebird Anakan dan Dewasa (Biola, Violet, Albino, dll)

Cucak ijo dijual di pasaran memang digolongkan dari jenisnya. Menurut bocoran yang ada, harga burung cucak ijo jawa timur bisa mencapai ratusan ribu rupiah per ekor.

Burung Cucak Ijo Mini (Jomin)

Termasuk jenis burung kicau mungil, harga cucak ijo mini juga tidak murah. Ini karena suaranya yang sangat khas dan nyaring.

Ada yang menawar harga burung jomin hingga ratusan ribu rupiah per ekor. Memang, dibandingkan jenis lainnya, harga burung cucak ijo mini terpaut murah, tidak seperti harga burung gagak.

Ciri khas burung jomin adalah warna tubuhnya. Dari ujung kepala hingga ekor, tubuhnya diselimuti bulu berwarna hijau muda atau hijau muda.

Burung Cucak Ijo Sumatera

Kerap bersanding dengan cucak ranting, beli burung cucak ijo tersebut terpaut mahal. Dibandingkan harga burung cucak ranting yang berada di kisaran Rp500 ribu, cucak ijo sumatera bisa dibanderol di atasnya.

Selain itu, nilai pasaran cucak ijo tersebut juga lebih mahal dibandingkan harga cak ijo mini. Itu karena suara dan keelokan fisiknya.

Banyak ditemukan di Sumatera, cucak ijo tersebut memiliki ciri khas warna tubuh hijau kekuningan. Sementara itu, kepalanya berwarna kuning cerah.

Burung Cucak Ijo Gambang Suling

Termasuk jenis yang jarang di pasaran, sekalinya ada, harga burung ijo ini bisa mencapai puluhan juta per ekor. Hal ini karena suaranya yang sangat khas dan hampir tidak ada burung yang bisa menyamainya.

Seperti namanya, burung tersebut bisa berkicau bak suling yang ditiup pesuling handal. Bahkan, beberapa burung memiliki cengkok khas dalam kicaunya.

Termasuk dalam list daftar harga burung cucak ijo termahal, sayangnya, tidak ada yang berani mengikutinya dalam kontes. Karena itu termasuk pelanggaran.

Burung Cucak Ijo Kalimantan

Sangat umum di Borneo, cucak ijo kalimantan termasuk jenis burung kicau yang populer. Meskipun nilai penawarannya lebih mahal daripada harga burung ijo mini lainnya.

Ciri khas cucak ijo kalimantan ini adalah adanya semburat warna biru cerah di bagian sayap sampai ekor. Semburat biru itu membentuk garis yang melintang dan sangat jelas.

Kicau burung cucak ijo tersebut sangat merdu, khususnya yang jantan. Inilah yang membuatnya lebih mahal dibandingkan harga cucak ijo betina, tetapi cukup bersaing dengan harga burung gelatik.

Nah, sebelum mengetahui pasaran harga burung cucak ijo, pastikan Anda mengetahui cara memeliharanya. Supaya lebih mudah, berikut tips memelihara burung cucak ijo.


Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)


Tips Memelihara Burung Cucak Ijo

  • Pilih kandang atau sangkar yang cukup luas.
  • Meskipun ukuran cucak ijo kecil, unggas kicau ini sangat suka tempat yang luas.
  • Lengkapi sangkar burung dengan tempat makan dan minum secara terpisah.
  • Bersihkan kandang setiap pagi supaya terhindar dari bakteri dan bau.
  • Berikan pakan secara rutin dan jangan telat, supaya burung tidak stres.
  • Anda boleh memberikan pakan khusus atau vitamin untuk menjaga kualitas suara burung.

Baca Juga: Harga Burung Kenari per Ekor (F1, AFS, Yorkshire, Merlok, dll)

Lakukan tips di atas untuk menjaga kesehatan cucak ijo Anda. Lalu, berapa harga burung cucak ijo saat ini? Konon, nilai jualnya naik dibandingkan harga burung cucak ijo 2021.

Harga Burung Cucak Ijo

Jenis Burung Cucak Ijo

Harga

Burung Cucak Ijo Mini Jantan Ori 

Rp322.000

Burung Cucak Ijo Mini Gacor 

Rp508.000

Burung Cucak Ijo Banyuwangi Betina 

Rp750.000

Burung Cucak Ijo Sumatera 

Rp600.000 - Rp1.000.000

Burung Cucak Ijo Kalimantan 

Rp650.000 - Rp1.500.000

Burung Cucak Ijo Banyuwangi Siap Lomba Original 

Rp3.500.000

Burung Cucak Ijo Banyuwangi Original Tarung Lapangan 

Rp7.000.000

Burung Cucak Ijo Gambang Suling 

Rp100.000.000

Sebagai informasi, harga burung cucak ijo tahun 2022 tersebut kami rangkum dari situs jual beli online. Tentunya, nilai jual burung cucak ijo bisa berubah sewaktu-waktu, seperti harga burung puyuh petelur.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Burung Cucak Ijo Anakan & Dewasa (Banyuwangi, Mini, dll)"