Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kambing Bligon untuk Qurban dan Aqiqah per Ekor

Harga Kambing Bligon untuk Qurban dan Aqiqah per Ekor

Banyak sekali pilihan kambing untuk qurban maupun aqiqah dan salah satu yang paling diminati saat ini adalah bligon. Harga kambing bligon per ekor relatif terjangkau tergantung dari usia, kualitas, dan jenis kelaminnya.

Mengenal Kambing Bligon

Salah satu jenis kambing lokal yang menjadi primadona peternak alah bligon. Juga dikenal sebagai kambing jawa randu, bligon merupakan hasil persilangan antara kambing PE dan kambing kacang.

Kambing jantan dan betina bligon memiliki berat maksimal 40 kg. Meskipun tidak seberat PE, tetapi kambing ini lebih besar dibanding kambing kacang. Karena inilah harga kambing bligon lebih murah dibanding PE, tetapi agak mahal dibandingkan kambing kacang.

Baca Juga : Serupa dengan Domba, Harga Kambing Angora Mencapai Rp1,3 Miliar

Sudah sangat umum di kalangan peternak, bligon dikenal memiliki ukuran tubuh yang besar dan gagah. Ciri khasnya adalah moncong yang lancip dengan telinga tebal.

Hampir mirip PE, hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil. Selain itu telinga bligon cenderung panjang melebihi panjang kepalanya.

Berbeda dengan kambing ukuran medium dan besar lainnya, kambing jawa randu tidak memiliki surai pada lehernya. Meskipun begitu, bulu ada tubuhnya cenderung panjang, tebal, dan kasar.

Keunggulan Kambing Bligon

Selain lebih besar dan berat daripada kambing kacang, jawa randu dikenal memiliki laju produktivitas yang baik. Keunggulan ini diperoleh dari kambing kacang yang memiliki tingkat produktivitas tinggi.

Dengan laju produktivitas tinggi, kambing bligon menjadi salah satu ternak yang mudah dikembang biakkan. Tentunya, ini mempermudah para peternak dalam memenuhi permintaan pasar yang kian melonjak.

Keunggulan lain dari bligon, khususnya yang betina adalah mampu menghasilkan susu untuk konsumsi harian. Seperti yang kita ketahui, susu kambing memiliki sejumlah manfaat bagi Kesehatan.

Jika Anda merasa harga susu kambing etawa cukup mahal, Anda bisa menggantinya dengan susu bligon. Kambing ini memang dikenal sebagai kambing pedaging sekaligus kambing perah.

Sifatnya sebagai kambing perah ini diturunkan dari kambing PE. Dikutip dari Jurnal UNS, seekor indukan kambing bligon mampu menghasilkan susu hingga 1,5 liter per hari.

Baca Juga : Kerap Disangka Monster, Harga Kambing Damaskus Capai Rp1 Miliar

Susu kambing bligon ini bisa didapatkan dari kambing betina dewasa yang sudah pernah melahirkan. Nantinya susu bisa dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk cempe atau anakan kambing dan untuk dikonsumsi keluarga atau diperjualbelikan.

Rasa susu kambing bligon dikenal mirip susu kambing etawa, hanya saja tidak terlalu berlemak. Sementara itu, berikut kandungan nutrisi susu kambing jawa randu.

Kandungan Nutrisi Susu Kambing Bligon per 100 Gr

  • 64 kkal Kalori
  • 4,3 gr Protein
  • 2,4 gr Lemak
  • 6,6 gr Karbohidrat
  • 98 mg Kalsium
  • 78 mg Fosfor
  • 2,7 mg Zat Besi

Termasuk sumber gizi lengkap, susu kambing bligon juga diperkaya vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Selain itu, susu kambing ini diklaim memiliki kandungan serat dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Susu Kambing Bligon

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga dan meningkatkan Kesehatan tulang
  • Baik untuk menjaga Kesehatan gigi dan gusi
  • Membantu tumbuh kembang anak
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Meningkatkan produksi ASI
  • Sebagai alternatif untuk pengobatan gangguan pernapasan

Mengetahui kandungan dan manfaat susu kambing bligon yang cukup lengkap, tak heran banyak peternak juga jual susu kambing ini. Konon, harga susu kambing jawa randu cukup bersaing dengan nilai jual susu sapi.

Baca Juga : Harga Kambing Pygmy (Dwarf Goat) Anakan dan Dewasa di Indonesia

Dengan keunggulannya, tak heran pula harga kambing bligon di pasaran tidak semurah kambing kacang. Untuk lebih rinci, berikut referensi nilai jual kambing bligon di pasaran.

Harga Kambing Bligon

Varian Kambing Bligon

Harga Kambing Bligon per Ekor

Kambing Betina Bligon Cempe 

Rp950.000 - Rp1.100.000

Kambing Jantan Bligon Cempe 

Rp1.100.000 - Rp1.450.000

Kambing Betina Bligon Muda 

Rp1.500.000 - Rp1.750.000

Kambing Betina Bligon Dewasa 

Rp1.750.000 - Rp2.000.000

Kambing Jantan Bligon Muda 

Rp2.000.000 - Rp2.350.000

Kambing Jantan Bligon Dewasa 

Rp3.450.000 - Rp3.850.000

Sebagai informasi, harga kambing bligon di atas telah kami rangkum dari beberapa lapak ternak di Indonesia. Tentunya, nilai jual kambing bligon bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kambing Bligon untuk Qurban dan Aqiqah per Ekor"