Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Kambing Pygmy (Dwarf Goat) Anakan dan Dewasa di Indonesia

Harga Kambing Pygmy (Dwarf Goat) Anakan dan Dewasa di Indonesia

Ragam hewan peliharaan tidak hanya merujuk pada anjing dan kucing, tetapi juga kambing. Nah, salah satu jenis kambing peliharaan yang dilirik banyak orang saat ini adalah pygmy. Harga kambing pygmy per ekor, baik anakan maupun dewasa memang tidak murah. Hal ini juga yang membuat kebanyakan ownernya bukan dari kalangan sembarang orang.

Asal Kambing Pygmy

Tak seperti kambing pada umumnya, pygmy memang dikhususkan untuk dipelihara dan bukan diternak sebagai kambing pedaging maupun kambing perah. 

Dilansir dari berbagai sumber, ruminansia asal lembah Kamerun, Afrika Barat dan sebagai hewan domestik setempat, kambing ini hidup liar di lereng bukit dan dataran. Seiring Waktu, hewan ini kemudian dipelihara oleh petani sekitar dan dikembangbiakkan dengan tujuan sebagai peliharaan.

Baca Juga : Harga Buah Salju per Kg Asli Bedugul Bali (Fresh Masak Pohon)

Awal mula pygmy dikenal sebagai peliharaan pada 1950. Mamalia ini diekspor ke Amerika Serikat untuk diteliti dan dikembangkan. Secara bertahap,hingga kini ruminansia ini dikenal sebagai peliharaan.

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai harga kambing pygmy, pastikan Anda mengetahui karakteristiknya. Ini akan mempermudah Anda dalam proses pemeliharaan nantinya. 

Karakteristik Kambing Pygmy

Tinggi dan Berat Kambing Pygmy

Bukan jenis hewan stunting atau kurang gizi, pygmy memang tidak bisa tumbuh besar meskipun diberi pakan berlebihan. Selain itu, kambing ini punya tanduk yang tumbuh seiring bertambah usianya.

Dikenal sebagai dwarf goat atau kambing kerdil, ukuran dan tinggi tubuh pygmy lebih kecil dibandingkan jenis kambing lainnya. Dilansir dari British Goat Society, tinggi maksimal pygmy goat hanya mencapai 58 cm. 

Sementara itu, rata-rata kambing lainnya mampu tumbuh hingga 75-100 cm. Tidak cocok dijadikan hewan pedaging, pygmy jantan hanya memiliki berat sekitar 27 kg hingga 39 kg. Sementara betinanya lebih mungil dengan berat berkisar 23 kg hingga 34 kg.

Warna Bulu Kambing Pygmy

Ciri khas kambing pygmy lainnya terletak pada bagian kaki. Cakar hewan ini tidak seperti kambing pada umumnya, tetapi lebih mirip cakar embun pada anjing.

Sama seperti kambing lainnya, warna bulu pygmy cukup beragam. Anda bisa menemukan pygmy dengan warna putih, caramel, cokelat tua, cokelat muda, hitam, hingga perak keabu-abuan.

Beberapa kambing pygmy tidak hanya punya satu corak warna saja dan ini yang membuatnya tambah menarik. Ada kambing dengan warna dasar putih dan totol hitam, ada juga kambing dengan dasar karamel dan berkaki putih seperti berkaus kaki.

Kepintaran Kambing Pygmy

Daya tarik kambing pygmy lainnya terletak pada intelijennya. Kambing ini dianggap lebih cerdas dibandingkan kambing lainnya dan ini yang membuat harga pygmy goat tidak kaleng-kaleng.

Baca Juga : Harga Buah Cempedak Asli Kalimantan (Frozen & Fresh Masak Pohon)

Berbeda dengan kambing ternak yang lebih pasif, pygmy justru sangat aktif dan ini merupakan salah satu alasan mengapa hewan ini dinilai cerdas. Tak hanya berlarian di dalam rumah, pygmy juga suka melompat-lompat di padang rumput.

Seperti hewan peliharaan pada umumnya, pygmy juga membutuhkan waktu bermain bersama pemiliknya. Kambing ini juga cukup mudah memahami instruksi dalam permainan lempar tangkap dan kejar-kejaran.

Selain harus meluangkan waktu untuk bermain dengannya, Anda juga perlu memerhatikan beberapa hal jika ingin memelihara pygmy goat. Berikut tipsnya.


Harga Kambing Pygmy (Dwarf Goat) Anakan dan Dewasa di Indonesia


Tips Memelihara Kambing Pygmy 

  • Siapkan kandang sebagai tempat berteduh dan bermain pygmy.
  • Meskipun kambing pygmy bisa dipelihara di dalam rumah, pastikan untuk mengajaknya pergi ke padang rumput supaya kambing tidak stres.
  • Perhatikan kebersihan kambing, baik dari segi makanan, minuman, hingga tubuhnya.
  • Setidaknya kambing pygmy mandi sebanyak satu kali setiap dua hingga tiga hari sekali.
  • Sikat bulu kambing untuk menghindari jamur, kutu, dan menumpuknya bulu mati.
  • Pastikan mengecek kesehatannya setiap 3-6 bulan sekali.

Merawat kambing pygmy memang gampang-gampang sulit dan ini juga yang membuat harga kambing pygmy per ekor tidak murah. Berikut referensinya.

Baca Juga : Harga Crawfish per Kg Asli Louisiana dan Cara Mengolahnya

Harga Kambing Pygmy

Varian Kambing Pygmy

Harga Kambing Pygmy

Kambing Pygmy American Goat Nigerian Dwarf Anakan 1 ekor 

Rp22.000.000

Kambing Pygmy American Goat Nigerian Dwarf Anakan 4 bln per ekor 

Rp25.000.000

Kambing Pygmy American Goat Nigerian Dwarf 7 bln per ekor 

Rp31.240.000

Kambing Pygmy Kerdil Import Afrika Anakan Sepasang 

Rp40.000.000

Kambing Pygmy Kerdil Import Afrika Sepasang Siap Kawin 

Rp66.006.000

Sebagai informasi, harga kambing pygmy di atas telah kami rangkum dari berbagai lapak ternak di Indonesia. Tentunya, nilai jual kambing pygmy bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Kambing Pygmy (Dwarf Goat) Anakan dan Dewasa di Indonesia"