Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Crawfish per Kg Asli Louisiana dan Cara Mengolahnya

Harga Crawfish per Kg Asli Louisiana dan Cara Mengolahnya


Selain udang dan kepiting, crawfish menjadi salah satu seafood yang dilirik banyak orang karena tinggi protein. Bukan komoditi lokal, harga crawfish per kg tidak bisa dibilang murah karena harus diimpor dari Lousiana.

Louisiana merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat, tepatnya ada di bagian tenggaranya. Nah, salah satu komoditi lokal yang mendunia dari Lousiana adalah crawfish.

Baca Juga : Harga Kurma Sukari 3 Kg, 1 Kg, & 500 Gr Asli (Basah dan Kering)

Termasuk jenis lobster air tawar, crawfish tidak sama dengan jenis seafood lainnya. Hewan ini termasuk sumber protein premium yang sudah menjadi ikon di negara tersebut.

Cara Berburu Crawfish

Jika musim crawfish telah tiba, para petani mulai berburu lobster air tawar tersebut. Caranya sangatlah mudah karena hanya memerlukan umpan dan jaring.

Bukan jenis hewan budidaya, para petani harus menandai daerah perburuan mereka supaya tidak direbut petani lainnya. Umumnya, pemburu crawfish akan menggunakan potongan daging ikan segar sebagai umpan.

Nantinya, umpan dimasukkan ke jaring besi mirip dengan bubu. Bagian bawah terdapat dua lubang kecil dengan penutup di bagian atasnya.

Crawfish akan terjebak dalam jaring dan tidak bisa ke luar. Biasanya, bubu besi akan diletakkan di pagi atau siang hari dan baru diambil keesokan harinya,

Dalam waktu 24 jam, setidaknya ada setengah bubu crawfish yang bisa didapatkan. Umumnya, petani memiliki lebih dari 10 bubu besi, sehingga mendapatkan hasil panen berlimpah.

Untuk mempermudah mobilitas, para petani crawfish biasanya menggunakan perahu motor yang didesain khusus. Bagian belakangnya sudah dilengkapi pengendali perahu sekaligus alat sortir crawfish.

Standar Jual Crawfish

Crawfish yang didapatkan tidak bisa langsung dijual, tetapi harus disortir ulang dahulu. Tidak hanya diklasifikasikan berdasarkan ukuran, tetapi juga kondisi, dan warna crawfish.

Hasil panen akan dicuci dan dibersihkan, setelah itu crawfish dikelompokkan dalam beragam ukuran. Ini juga yang menentukan harga crawfish per kg di pasaran.

Baca Juga : Harga Kurma Medjool 1 Kg, 500 Gr, dan Kemasan Lainnya

Lobster air tawar seperti crawfish umumnya berwarna abu-abu kehitaman. Jika ada yang berwarna lebih gelap atau sangat pudar, biasanya akan dikembalikan ke habitatnya.

Jika ada crawfish yang sudah mati ketika ditangkap, biasanya akan dibuang atau dijadikan campuran pakan hewan. Hal ini untuk menjaga kualitas produk pangan.

Dalam keadaan hidup, crawfish langsung di-packing dengan es dan dikirim ke restoran, lapak seafood, dan reseller lainnya. Meskipun begitu, ada pula oknum yang masih menjual crawfish tidak segar dan biasanya ini terjadi di lapak seafood pinggir jalan atau pasar tradisional.

Ciri-Ciri Crawfish Segar

Crawfish diekspor ke Indonesia dalam kondisi segar dan biasanya sudah di-pack dengan es dan vakum. Meskipun begitu, lamanya waktu pengiriman bisa membuat seafood ini mengalami kualitas penurunan.

Oknum yang tidak mau rugi, tentunya akan mengemasnya ulang dengan cara dibekukan dan dijual dengan harga sama seperti yang kondisinya segar. Padahal, harga crawfish per kg tidaklah murah.

Nah, supaya Anda terhindar dari kelicikan para oknum seafood ini, Anda perlu mengetahui ciri-ciri crawfish segar. Dalam kondisi beku, crawfish segar berwarna kehitaman dengan cangkang transparan.

Selain itu, aromanya khas dan tidak berbau busuk atau tengik. Mata crawfish segar lengkap dan cenderung berkilau.

Akan lebih mudah jika Anda membeli crawfish segar di lapak seafood bergaransi. Ciri khas lapak ini, yakni menyediakan aneka seafood yang masih hidup.

Cara Mengolah Crawfish

Setelah mendapatkan crawfish segar, pastikan Anda sudah tahu cara mengolahnya. Berbeda dengan udang, crawfish cenderung punya cangkang yang keras.

Untuk membersihkan seafood ini, Anda membutuhkan gunting dan pisau yang tajam. Bagian kepala harus dipotong terlebih dahulu dan buang kotorannya.

Gunting bagian ujung ekor dan bagian yang tajam untuk mempermudah mengonsumsinya. Pastikan juga Anda menyikat cangkangnya dan mencucinya dengan air hingga tidak berlendir.

Baca Juga : Harga Kurma Ajwa Asli (Kurma Nabi Muhammad SAW) di Pasaran

Di negara asalnya, orang mengolah crawfish dengan cara direbus. Bumbu yang dipakai juga sederhana, seperti bubuk cabai, lemon, garam, kaldu jamur, dan merica.

Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan potongan kentang, irisan wortel, dan jagung. Crawfish rebus seperti ini siap dihidangkan dan disantap ramai-ramai.

Namun, jika Anda kurang suka pedas, Anda bisa mengolahnya menjadi crawfish goreng atau dibakar dengan bumbu BBQ. Jangan terlalu takut untuk memasak crawfish, karena diolah menjadi hidangan apapun, seafood ini terbilang lezat.

Harga Crawfish per Kg

Dilansir dari beberapa lapak seafood, harga crawfish per kg impor asli Louisiana berkisar Rp80.000 hingga Rp100.000. Tentunya, nilai jual crawfish tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Crawfish per Kg Asli Louisiana dan Cara Mengolahnya"