Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Ikan Kakatua ‘Guardian of The Blue Sea' per Ekor di Pasaran

Harga Ikan Kakatua ‘Guardian of The Blue Sea' per Ekor di Pasaran

Menjelajahi pasar ikan, tak jarang Anda akan menemukan biota laut yang unik. Nah, salah satunya adalah ikan kakatua. Diklaim cukup langka, harga ikan kakatua per ekor maupun per kg beragam tergantung size dan tingkat kesegarannya.

Penyebaran Ikan Kakatua

Scarus frenatus atau ikan kakatua termasuk ikan laut kelompok besar. Spesies ini umumnya tinggal di perairan dangkal.

Baca Juga : Harga Corn Snake Baby, Adult, Amel, Anery, Snow, dll per ekor

Tersebar di wilayah Indo-pasifik, ikan kakatua mudah ditemukan di pantai berkarang dan padang lamun. Ini yang membuat seafood tersebut mudah ditangkap nelayan berperahu kecil hingga sedang.

Tergolong ikan soliter, ikan kakatua bisa berbaur dengan spesies lainnya. Mereka bahkan tidak ragu bergabung dengan ikan terumbu karang lain ketika mencari makan.

Larangan Menangkap Ikan Kakatua

Sifat parrot fish yang mudah berbaur, kerap membuat hewan ini tak sengaja masuk jala nelayan. Dan ini yang menjadi salah satu alasan ikan ini masih diperjual belikan.

Kendati demikian, sudah banyak aktivis yang melarang perdagangannya. Ini karena populasi ikan kakatua di alam kian merosot.

Larangan mengonsumsi parrot fish kerap mewarnai surat kabar dan media sosial. Kendati demikian, masih banyak nelayan yang tidak menghiraukannya.

Selain karena harga ikan kakatua yang tidak murah, banyak orang mengonsumsinya karena rasa dan kandungan gizinya. Padahal di alam liar, parrot fish punya peran yang sangat penting.

Peran Ikan Kakatua untuk Laut

Sebagai ikan herbifora, parrot fish suka makan alga di antara terumbu karang. Ini membantu mengontrol populasi alga di lautan.

Dilansir dari beberapa sumber, setiap hari, ikan kakatua menghabiskan 90% waktunya mengunyah alga. Ini juga bermanfaat membersihkan alga yang menghambat pertumbuhan terumbu karang.

Karena 90% harinya dihabiskan untuk mengunyah, tak heran jika ikan ini sering buang kotoran. Bukan sembarang kotoran, itu berupa gumpalan pasir putih halus.

Baca Juga : Harga Ikan Layur Segar, Frozen, Steak, dan Kering di Pasaran

Fakta yang menarik, parrot fish dewasa mampu menghasilkan pasir hingga 450 kg per tahun. Semakin banyak ikan kakatua yang hidup dalam jangka usia lama, maka kuantitas pasir laut akan terjaga.

Bisa dibilang, peran penting parrot fish ini yang membuat pantai di kawasan Indo-pasifik punya pasir putih yang lembut dan laut karang yang indah. Ini juga yang membuat ikan kakatua dijuluki sebagai ‘Guardian of The Blue Sea.’

Sayangnya, populasi ikan kakatua semakin merosot. Apalagi di Indonesia, ikan ini masih banyak ditemukan di pasar seafood.

Nah, supaya Anda tidak kepincut tawaran orang yang jual ikan kakatua, pastikan Anda mengetahui ciri khas spesies ini. Sehingga, Anda tidak harus membelinya demi kelestarian parrot fish.

Ciri Khas Ikan Kakatua

  • Panjang tubuh bisa mencapai 47 cm.
  • Bentuk bodi lonjong dan pipih.
  • Moncong cenderung membulat dan kepala timbul.
  • Terdapat sirip punggung gabungan yang terdiri dari sembilan duri keras dan sepuluh duri lemah.
  • Bentuk gigi menyerupai flat dan utuh di bagian rahang atas serta bawah.
  • Lebih aktif di siang hari.
  • Ikan kakatua muda berkelamin betina berwarna keabu-abuan atau kecokelatan.
  • Menginjak dewasa, parrot fish berubah menjadi jantan dengan warna biru kehijauan.

Untuk mendukung pelestariannya, sebaiknya Anda berpikir panjang sebelum mengonsumsi ikan kakatua. Meskipun begitu, jika Anda masih bersikeras beli ikan kakatua, pastikan Anda membelinya secara legal.

Baca Juga : Harga Teripang Laut (Gamat) Segar (Basah) dan Kering di Pasaran

Tidak semua pasar ikan atau lapak seafood jual parrot fish secara legal. Sementara itu, berikut referensi harga ikan kakatua.

Harga Ikan Kakatua

Kemasan Ikan Kakatua

Harga Ikan Kakatua

Ikan Kakatua Fillet Premium Frozen Kualitas Ekspor per slice 

Rp33.000

Ikan Kakatua Segar Premium 1 kg 

Rp75.000

Ikan Kakatua Hijau Kering Asli Sorong Papua 

Rp196.500

Ikan Kakatua Putih Kering Asli Sorong Papua 

Rp196.500

Ikan Kakatua Kering/Ikan Asin/Ikan Garam Asli Palu 

Rp125.000

Ikan Hias Air Laut Kakatua Milan Size 20 cm 

Rp204.000

Ikan Hias Laut Kakatua Hijau Aquascape 30 cm per ekor 

Rp250.000

Ikan Hias Laut Kakatua Hijau Aquascape Hasil Tangkapan 

Rp363.000

Sebagai informasi, harga ikan kakatua di atas telah kami rangkum dari beberapa lapak ikan legal di Indonesia. Tentunya, nilai jual parrot fish bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Ikan Kakatua ‘Guardian of The Blue Sea' per Ekor di Pasaran"