Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng

Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng

Landak laut atau biasa disebut dengan bulu babi merupakan salah satu jenis hidangan mahal. Di Indonesia sendiri, harga bulu babi segar bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Karakteristik Bulu Babi

Termasuk salah satu biota laut yang banyak ditemukan di Indonesia, sea urchin termasuk kelas Echinoidea. Ini termasuk hewan laut yang hidup di daerah pasang surut hingga kedalaman 5.000 meter.

Juga disebut dengan landak laut, bulu babi berbentuk bulat dengan duri-duri di sekujur tubuhnya. Tak hanya panjang, pada sebagian jenis bulu babi terkenal sangat beracun.

Baca Juga : Harga Kucing Snowshoe Asli Amerika di Indonesia per Ekor

Racun dan duri pada hewan ini mampu melindunginya dari predator. Orang yang terkena racun bulu babi diketahui akan mengalami iritasi kulit, pembengkakan, nyeri dan sensasi panas di seluruh tubuhnya.

Tidak semua orang mengalami gejala yang sama. Beberapa orang bahkan harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan serius.

Dikenal sebagai salah satu biota laut berbahaya, landak laut mudah ditemukan di pesisir pantai. Biasanya, bulu babi akan muncul di bebatuan karang dan area perbatasan pasang surut air laut.

Kendati demikian, sea urchin punya nilai perekonomian yang tinggi. Banyak negara yang membutuhkannya sebagai bahan impor untuk dijadikan bahan pangan.

Selain karena rasanya yang terkenal lezat dan gurih, beberapa ahli mengatakan bahwa bulu babi punya nilai gizi tinggi. Berikut informasi kandungan nutrisi sea urchin.

Kandungan Gizi Bulu Babi per 100 Gr

  • 11,03 gr Protein
  • 1,24 gr Albumin
  • 2983,93 IU Vitamin A
  • 23,47 mg Vitamin E
  • 1 mg Fe
  • 2 mg Magnesium
  • 0,022 mg Zink

Selain itu, sea urchin diperkaya asam amino esensial, seperti lisin, metionin, fenilalanin, tretinoin dan falin. Dikutip dari inisehat.com, hewan laut ini juga mengandung omega-3 dan omega-6.

Dengan kandungannya, tak heran jika harga bulu babi di pasaran tidak bisa dibilang murah. Selain itu, produk laut ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat Makan Bulu Babi

  • Mengembalikan sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan daya imun pada orang sakit.
  • Mencegah inflamasi pada tubuh.
  • Meningkatkan regenerasi sel tubuh.
  • Sumber protein hewani.
  • Baik untuk perkembangan otak anak.
  • Meningkatkan pertumbuhan anak.

Selain memiliki banyak nutrisi, manfaat, dan dinyatakan populasinya sedikit, ada beberapa alasan mendasar mengapa biota laut ini tidak murah. Berikut ulasannya.

Baca Juga : Harga Udang Jerbung per Kg Segar dan Frozen (Semua Size)

Kenapa Harga Bulu Babi Mahal?

Populasi Bulu Babi Kian Merosot

Sudah banyak yang jual bulu babi di pasaran, termasuk Indonesia. Meskipun begitu, faktanya hewan ini termasuk golongan biota laut yang dinyatakan sedikit populasinya.

Dilansir dari Pangeashellfish, hanya ada 18 spesies dari 950 spesies sea urchin yang bisa dikonsumsi. Ini karena beberapa jenis bulu babi punya kandungan racun yang sangat berbahaya.

Selain itu, tingginya peminat bulu babi membuat populasinya semakin berkurang. Apalagi, di Indonesia sendiri banyak nelayan yang malah mengekspor sea urchin ke berbagai negara.

Tidak Semua Bagian Bulu Babi Bisa Dikonsumsi

Bentuk bulu babi terbilang cukup unik dengan bulu di sekujur tubuhnya. Selain itu, cangkang yang berbentuk bulat pada sea urchin cenderung keras.

Dengan anatominya, hanya bagian dalamnya yang bisa dikonsumsi. Kerap disebut gonad atau telur bulu babi, inilah bagian yang bisa dikonsumsi.

Juga disebut uni, gonad pada bulu babi cukup beragam. Selain itu, tidak semua bulu babi mempunyai uni.

Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan uni berukuran besar. Namun, bisa saja Anda malah tidak menemukan apapun dalam cangkang bulu babi.

Cara Mengolah yang Sulit

 Karena hanya uni atau gonadnya saja yang bisa dimakan, maka untuk mengolah bulu babi diperlukan teknik khusus. Tentunya, ini untuk menghindari tangan atau kulit terkena racunnya.

Selain itu, mengolah bulu babi yang kurang tepat bisa membuat uni rusak dan rasanya berubah. Beberapa chef bahkan harus melakukan pelatihan khusus untuk mengolahnya.


Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng


Cita Rasa Uni Bulu Babi

Tak seperti pangan laut lainnya, uni memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Untuk mendapatkannya, cangkang bulu babi harus dibelah terlebih dahulu.

Uni pada bulu babi akan menggumpal di setiap sudut cangkang bulu babi. Tampilannya mirip dengan gumpalan telur ikan.

Warna uni yang baik dan segar, yakni kuning cerah dan melekat dengan cangkangnya. Sementara itu, gonad yang rusak dan tidak segar berwarna pucat dan cenderung lepas dari cangkangnya.

Tekstur uni mirip mentega yang creamy dan lembut. Selain itu, cita rasanya sangat khas, yakni gurih, segar, dan memiliki aroma laut.

Sementara itu, pada gonad yang rusak atau sudah tidak segar, rasanya cenderung lembek dan tidak creamy. Aromanya juga cenderung amis dan beberapa ada yang tengik.

Baca Juga : Harga TRESemme Keratin Smooth Hairspray untuk Rambut Rusak

Pastikan Anda memilih bulu babi yang segar untuk mendapatkan gonad berkualitas premium. Sementara itu, berapa harga bulu babi di pasaran?

Harga Bulu Babi

Kemasan Bulu Babi

Harga Bulu Babi

Gonad Bulu Babi Sea Urchin Kaleng 100 gr 

Rp110.000

Bulu Babi Segar Hidup 10 ekor 

Rp450.000

Frozen Uni Bulu Babi 100 gr 

Rp450.000

Uni Bulu Babi Fresh Siap Konsumsi 250 gr 

Rp4.396.000

Tentunya, nilai jual bulu babi atau uni bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga uni sea urchin bisa berbeda di tiap daerah.

Tidak hanya bisa dimakan secara langsung dalam kondisi segar, gonad atau sea urchin kerap dijadikan topping pada beragam masakan. Ada juga yang suka menjadikannya sebagai bahan untuk membuat sushi.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Bulu Babi (Uni/Sea Urchin) Fresh, Hidup, Frozen, & Kaleng"