Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Buah Salju per Kg Asli Bedugul Bali (Fresh Masak Pohon)

Harga Buah Salju per Kg Asli Bedugul Bali (Fresh Masak Pohon)


Cukup terkenal di daerah Bedugul, Bali, buah salju kerap menjadi incaran turis lokal maupun mancanegara karena rasanya yang unik. Tersedia masak pohon dalam kondisi segar, harga buah salju per kg terbilang relatif terjangkau.

Ciri Khas Buah Salju

Menjadi salah satu incaran para pelancong, ice cream bean atau buah salju banyak ditemukan di pasar daerah Bedugul, Bali. Buah ini berasal dari pohon dengan nama ilmiah Louis Feuilleei dan termasuk famili fabaceae.

Meskipun tumbuh dapat subur di Bedugul, ice cream bean berasal dari lembah Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Seiring berjalannya waktu, buah ini sudah dibudidayakan di Indonesia, khususnya di Bedugul dan menjadi salah satu buah lokal setempat.

Baca Juga : Harga Buah Cempedak Asli Kalimantan (Frozen & Fresh Masak Pohon)

Bukan termasuk tanaman kecil, pohon buah salju cenderung menjulang tinggi dan memiliki sedikit dahan. Daunnya juga cenderung lebat, sehingga tidak terkesan seperti pohon buah.

Bagi orang awam, mungkin pohon ice cream bean akan terlihat seperti tumbuhan hijau biasa. Namun setelah memerhatikan dengan detail, Anda akan menemukan adanya icecream bean di antara dedaunan yang hijau.

Jika belum matang, buah salju akan berwarna hijau dan jika sudah saatnya panen, warnanya berubah menjadi kekuningan. Bentuk buah salju sendiri sekilas mirip dengan buah asam, hanya saja lebih panjang dan berbulu halus.

Rasa Buah Salju

Buah salju yang matang maupun belum masak pohon memiliki bulu halus yang menempel pada kulit buahnya. Bulu ini tidak menyebabkan gatal atau iritasi kulit, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Berbeda dengan yang masih mentah, buah salju yang matang sangat mudah dikupas. Anda tidak memerlukan pisau dan hanya perlu menekan bagian samping kanan dan kiri menggunakan jari secara bersamaan.

Buah salju ini bentuknya mirip polong, hanya saja berukuran besar dan saling menempel satu sama lain. Anda bisa memisahkan buahnya menggunakan sendok atau langsung menggigitnya.

Ciri khas buah salju lainnya adalah daging buah yang berwarna putih seperti salju dengan bulu halus di sekelilingnya. Seperti namanya, ice cream bean ini memiliki daging buah dengan tekstur yang halus dan lembut.

Rasa buah salju sendiri juga mirip dengan es krim, yakni manis dengan sensasi dingin di lidah. Akan lebih lezat lagi jika buah sudah didinginkan terlebih dahulu di lemari pendingin.

Sayangnya, daging buah salju tidak terlalu tebal dan menyisakan biji yang cukup besar. Umumnya bijinya berwarna kehitaman dan keras mirip seperti kelereng.

Baca Juga : Harga Crawfish per Kg Asli Louisiana dan Cara Mengolahnya

Sebagai tips jika Anda ingin mencicipi buah salju dengan daging buah tebal, legit, dan sangat manis, Anda bisa membelinya di musim panas. Musim memang kerap kali memengaruhi rasa buah, terutama ice cream bean.

Selain itu, jika Anda ingin membelinya untuk oleh-oleh, pastikan Anda mengemasnya dengan baik dan jika bisa divakum. Sebelum dibawa dalam perjalanan jauh, buah juga harus dimasukkan lemari es atau freezer karena mudah rusak dan busuk.


Harga Buah Salju per Kg Asli Bedugul Bali (Fresh Masak Pohon)

Harga Buah Salju di Pasaran

Termasuk salah satu jenis buah langka, harga buah salju di beberapa daerah cenderung mahal. Berdasarkan riset yang kami lakukan, di beberapa lapak buah di Jakarta dan sekitarnya, harga buah salju per kg mencapai Rp100 ribu. 

Selain karena langka, harga buah salju di beberapa daerah bisa mahal karena ongkir. Apalagi jika Anda berdomisili sangat jauh dari daerah penghasil.

Baca Juga : Harga Kurma Sukari 3 Kg, 1 Kg, & 500 Gr Asli (Basah dan Kering)

Jika Anda ingin mendapatkan nilai jual buah salju yang relatif murah, memang sebaiknya Anda membelinya langsung di tempat penghasil. Berikut referensi harga buah salju di Bedugul yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat Anda berlibur ke Pulau Dewata.

Harga Buah Salju di Bedugul

Kemasan Buah Salju

Harga Buah Salju

Buah Salju 250 gr

Rp10000

Buah Salju 500 gr

Rp20000

Buah Salju 1 kg

Rp35000

Sebagai informasi, harga buah salju di atas telah kami rangkum dari beberapa lapak penjual ice cream bean di Bedugul. Tentunya, nilai jual buah salju per kg dan kemasan lainnya bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Posting Komentar untuk "Harga Buah Salju per Kg Asli Bedugul Bali (Fresh Masak Pohon)"