Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor

Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor

Ada banyak hewan ternak yang bisa dijadikan hewan qurban, tetapi beberapa orang memilih domba. Konon, harga domba qurban lebih murah daripada harga kambing qurban, khususnya yang lokal.

Perbandingan Harga Domba Qurban

Bagi beberapa orang, harga kambing murah, tetapi menurut review peternak, domba masih lebih terjangkau lagi. Di sisi lain, harga sapi qurban 2022 terbilang paling mahal di antara semua hewan qurban saat ini.

Untuk mengetahui harga domba qurban 2022, sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mendatangi lapak penjual hewan kurban terdekat. Namun, Anda juga bisa mengetahuinya dari orang yang jual kambing qurban terdekat.

Umumnya, orang yang jual kambing juga menawarkan domba dari beragam jenis. Tak hanya itu, pelapak tersebut juga mengetahui perbandingan harga domba qurban 2021 dan 2022.

Baca Juga: Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Namun, sebagai gambaran, harga ternak tiap tahun cukup stabil, tetapi akan naik drastis di hari tertentu. Sebagai contoh, hewan ternak biasanya akan naik drastis memasuki hari raya Idul Adha dan Idul Fitri.

Selain itu, perbedaan harga harga domba kurban dipengaruhi letak pembeliannya. Untuk harga domba qurban 2022 Bandung misalnya, berbeda dengan harga domba kurban di Garut.

Perbedaan tersebut sama seperti harga kambing. Contohnya, harga kambing 2022 Jawa Tengah yang berbeda dengan harga kambing qurban 2022 Jakarta.

Nilai jual kambing dan domba juga sama-sama mengalami fluktuasi. Tentunya, harga kambing qurban 2021 lebih rendah dibandingkan tahun ini.

Namun, yang paling mempengaruhi nilai jual domba adalah jenisnya. Berikut jenis-jenis domba qurban.


Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor


Jenis-Jenis Domba Qurban

Domba Garut

Salah satu domba yang paling banyak diincar orang untuk dikurbankan adalah domba garut. Sesuai namanya, ini memang domba yang berasal dari Kabupaten Garut.

Tepatnya, domba garut dikembangkan di Limbangan. Seiring berjalannya waktu, kini domba garut sudah sangat umum di Jawa Barat.

Sebagai ras unggul, domba garut memiliki postur tubuh besar dan hampir mirip dengan kambing. Untuk domba jantan saja, bisa tumbuh setinggi 60 cm lebih dengan bobot 80 kg.

Ciri khas domba garut adalah tanduknya yang melengkung. Umumnya, domba jantan memiliki tanduk melingkar ke belakang.

Tanduk domba garut juga cenderung besar dibandingkan kambing dan domba lainnya. Selain itu, ternak ini mempunyai bulu cenderung panjang dengan tekstur kasar.

Domba Batur Banjarnegara

Juga salah satu ras yang unggul, domba batur banjarnegara lebih dikenal dengan nama domas. Selain dikenal sebagai penghasil daging unggulan, domas juga penghasil wol.

Berbeda dengan domba garut, domas memiliki bulu yang mengembang, keriting, dan lembut. Hal ini yang membuat harga domas tidak bisa dibulang murah.

Bukan dari galur murni, domba batur banjarnegara adalah hasil persilangan. Dalam mengembangkannya, peternak mengawinkan domba ekor tipis, suffolk, dan texel.

Hal itu membuat bentuk fisiknya sangat unik dan mudah dibedakan dengan jenis lainnya. Tak hanya itu, postur tubuhnya cenderung besar dan memanjang.

Meskipun begitu, domba batur banjarnegara berkaki pendek dan berotot. Sama seperti domba lainnya, domas mempunyai tanduk, hanya saja lebih melengkung dan melingkar.

Domba Texel Wonosobo

Jika Anda mencari domba penghasil daging berkualitas premium, tak ada salahnya membeli domba texel wonosobo. Jika dibandingkan jenis domba qurban sebelumnya, texel mempunyai badan lebih besar.

Banyak dikembangkan di Dataran Tinggi Dieng, texel mempunyai bulu yang cukup tebal. Tak hanya itu, teksturnya juga lembut dan cenderung mengembang.

Untuk memanen bulunya, biasanya peternak menggunakan cara khusus, yakni dengan mesin pemotong. Bulu tersebut nantinya akan dibersihkan dan dipintal menjadi benang.

Baca Juga: Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal

Jika domba sudah cukup umur atau dirasa sudah tidak produktif, barulah dijadikan pedaging. Namun, khusus untuk qurban, biasanya domba sudah berusia genap 6 bulan atau memasuki bulan ke tujuh.

Saking besarnya ukuran domba texel, bobot pejantannya bisa mencapai 100 kg. Jika diperhatikan, memang ukurannya hampir seperti kambing etawa.

Domba Donggala

Lebih dikenal dengan nama domba ekor gemuk, donggala mempunyai tingkat produktivitas cukup tinggi. Selain itu, donggala ukurannya tidak sebesar domba texel.

Termasuk ras lokal, banyak yang mengembangkan domba donggala. Sehingga, tak heran jika persebaran donggala di Indonesia sangat pesat.

Selain ekornya yang pendek dan mengembang, domba donggala mempunyai ciri khas pada kulitnya yang agak tebal. Tak hanya itu, bulunya juga cenderung keriting dan mengembang.

Sebagai domba pedaging, untuk pejantannya bisa tumbuh hingga 70 kg. Hal ini yang menjadikannya sebagai domba kelas atas.

Domba Ekor Kurus

Jika Anda mencari domba yang perawakannya mirip kambing, mungkin domba ekor kurus cocok untuk Anda. Lebih dikenal sebagai wedus gembel mini, postur tubuhnya memang mirip kambing.

Namun, jika diperhatikan lebih detail, bulu domba ekor kurus lebih mengembang dan panjang. Tak hanya itu, bulunya berwarna putih dan cenderung agak tebal.

Meskipun begitu, bulunya agak sedikit kasar. Sehingga, diperlukan perawatan khusus jika ingin menggunakan bulunya sebagai benang wol.

Ukuran tubuh domba ekor kurus lebih kecil dibandingkan domba donggala. Untuk indukan jantan siap potong saja, bobotnya sekitar 40 kg.

Baca Juga: Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Dengan mengetahui jenis domba qurban, Anda bisa memilih yang paling pas untuk hari spesial tersebut. Lalu, berapa harganya? tentunya berbeda dengan nilai jual kambing aqiqah.


Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor


Harga Domba Qurban

Jenis Domba

Harga per Ekor

Domba Garut 20-24 kg 

Rp2.500.000

Domba Garut 30 kg 

Rp3.350.000

Domba Merino 55-65 kg 

Rp5.500.000

Sebagai informasi, harga domba qurban di atas telah kami rangkum dari forum jual beli domba. Tentunya, harga domba qurban tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Itu sama seperti harga kambing boer.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Domba Qurban dan Jenisnya (Garut, Donggala, Merino, dll) per Ekor"