Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)

Setelah Idul Fitri, biasanya orang-orang akan disibukkan dengan persiapan Idul Adha. Nah, untuk itu, banyak yang mencari ternak untuk qurban, tetapi kebanyakan memilih kambing. Karena, harga kambing qurban lebih terjangkau dibandingkan harga sapi kurban.

Perbandingan Harga Kambing Qurban

Meskipun begitu, nilai jual kambing qurban bisa lebih mahal dibandingkan harga domba qurban. Untuk nilai jual kambing qurban terdekat, umumnya yang termurah berada di kisaran Rp2,5 jutaan. 

Sementara untuk harga sapi qurban, yang paling murah mencapai Rp9 hingga Rp10 jutaan per ekor. Adapun domba yang biasanya ditawar paling murah mulai Rp2 juta.

Baca Juga: Harga Sapi Wagyu Anakan dan Dewasa Siap Potong Halal

Sangat mudah untuk mengetahui perbandingan harga kambing kurban saat ini. Anda bisa mengetahuinya dengan mengunjungi tempat jual hewan qurban.

Namun, akan lebih mudah jika Anda menyimak informasi dari kami. Sebagai gambaran awal, harga kambing 2022 lebih mahal dibandingkan tahun 2021. 

Untuk harga 1 ekor kambing saja, sudah mencapai Rp2 juta. Itu untuk jenis kambing lokal biasa. 

Jika itu termasuk kambing ras unggul atau peranakan, maka nilai pasarannya bisa lebih mahal. Meskipun begitu, itu masih murah dibandingkan harga sapi qurban 2022.

Ada banyak hal yang mempengaruhi nilai jual kambing qurban. Salah satunya adalah daerahnya.

Sebagai contoh, harga kambing qurban 2022 berbeda dengan harga kambing qurban 2022 Medan. Begitupun dengan harga kambing 2022 Jawa Timur yang berbeda dengan harga kambing 2022 Jawa Tengah.

Di sisi lain, jenis kambing juga menentukan nilai pasarannya. Berikut jenis-jenis kambing untuk qurban. Sebelumnya, mungkin Anda juga tertarik dengan harga kambing aqiqah.


Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)


Jenis-Jenis Kambing Qurban

Kambing Peranakan Etawa (PE)

Untuk Anda yang mencari kambing ras unggul dengan perawakan besar, tak ada salahnya memilih kambing PE. Itu adalah kambing perawakan etawa yang sudah diternak banyak orang.

Mengembangkan kambing PE memang gampang-gampang sulit. Karena, Anda harus mencari indukan etawa unggulan dan kambing lokal unggulan.

Ciri kambing PE adalah mempunyai bentuk fisik seperti etawa. Meskipun begitu, ukurannya lebih kecil.

Sebagai ras yang cukup populer di Indonesia, kambing PE mempunyai ciri khas pada telinganya. Telinga hewan ternak ini terbilang sangat panjang dibandingkan kambing lokal.

Lalu, bulu kambing PE cenderung beragam, yakni cokelat muda, coklat tua, dan hitam. Ada juga kambing PE yang berwarna putih.

Dengan tubuhnya yang besar, kambing PE dewasa bisa memiliki berat hingga 40 kg lebih. Namun, akan lebih ringan dari kambing etawa murni.

Kambing Etawa

Berbeda dengan kambing PE, etawa mempunyai ukuran yang lebih besar. Tergolong jenis unggulan, etawa bukanlah ras lokal.

Untuk mendapatkan etawa ras murni, peternak harus mengimpornya dari India. Setelah itu, baru bisa dikembangkan di Indonesia.

Sudah dikembangkan banyak peternak di Tanah Air, kambing etawa tak hanya dikenal sebagai kambing pedaging. Banyak orang yang menjadikannya sebagai kambing perah.

Hal ini karena etawa mempunyai susu yang berkualitas baik. Selain itu, susu kambing etawa dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sebagai kambing bertubuh besar, etawa jantan bisa tumbuh hingga 130 cm. Berat hewan ternak ini bisa mencapai 100 kg.

Sementara itu, etawa betina bisa tumbuh hingga 92 cm. Terlihat lebih mungil dibandingkan pejantan, beratnya bisa mencapai 63 kg.

Ciri khas kambing etawa adalah bulunya yang tidak terlalu beragam. Kebanyakan etawa berwarna hitam dan putih.

Telinga kambing etawa juga panjang hingga sepundaknya. Ini juga ciri kambing etawa murni.

Kambing Gibas

Salah satu jenis kambing yang cukup diminati, baik untuk qurban dan aqiqah adalah gibas. Kambing gibas merupakan salah satu ras unggul yang sudah dikembangkan di Indonesia.

Dilihat dari fisiknya, kambing gibas mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan etawa. Meskipun begitu, ukuran tubuhnya tidak sekecil kambing lokal lainnya.

Salah satu ciri morfologi yang membedakannya dengan kambing lainnya adalah ekor dan bulunya. Kambing gibas terkenal dengan bulunya yang lebat dan kasar.

Sementara itu, ekornya cenderung mungil dan tipis. Ada juga tanduk yang mungil di kepala kambing jantan.

Kambing Kacang

Jika Anda mencari kambing qurban dengan harga yang relatif terjangkau, pertimbangkan untuk membeli kambing kacang. Ini adalah jenis kambing yang paling mudah ditemui di pasaran.

Sebagai ras lokal, hampir sebagian peternak pasti memulai usahanya dengan kambing kacang. Selain itu, konon tingkat produktivitas kambing kacang cukup tinggi.

Namun, kambing kacang cenderung bertubuh mungil. Tak hanya itu, hewan ini cenderung berkaki pendek dengan telinga mungil.

Baca Juga: Harga Sapi Limosin  dan Cara Merawatnya Supaya Cepat Gemuk

Ciri khas kambing kacang adalah postur tulang belakang yang melengkung dan meninggi. Lalu, bulunya berwarna cokelat, krem, putih, dan hitam.

Saking kecilnya, untuk kambing jantan jenis ini, hanya mampu tumbuh hingga 30 kg. Sementara indukan betinanya hanya mampu tumbuh hingga 25 kg.

Karena tubuh yang mungil, tak heran jika harganya relatif terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan harga sapi untuk kurban.

Kambing Jawa Super

Berbeda dengan jenis kambing lainnya, kambing jawa super termasuk ras unggul yang paling banyak ditemukan di Jawa. Perawakannya yang besar patut diacungi jempol sebagai penghasil daging qurban.

Tak hanya itu, menurut review peternak, kambing jawa super termasuk jenis yang mempunyai tingkat produktivitas tinggi. Tak heran banyak yang ingin mengembangkannya.

Ciri khas kambing jawa super adalah tanduk yang mungil dan melengkung di kepalanya. Tak hanya itu, ternak ini diklaim mampu menghasilkan susu.

Meskipun begitu, jarang ada yang mengonsumsi susunya. Karena, susu kambing jawa super hanya ada jika kambing dalam masa menyusui.

Kambing Saanen

Berbicara kambing penghasil susu, itu tidak melulu etawa. Kambing saanen juga salah satu penghasil susu terbaik.

Selain itu, kambing saanen yang sudah tidak memproduksi susu bisa dijadikan hewan qurban. Namun, khusus untuk saanen jantan biasanya memang dijadikan kambing pedaging.

Karena, saanen jantan tidak bisa menghasilkan susu. Selain itu, tubuhnya lebih besar dan mampu menghasilkan lebih banyak daging.

Berbeda dengan etawa yang cenderung tinggi, kambing saanen justru cenderung pendek. Tak hanya itu, terdapat tanduk mungil di kepala indukan jantan maupun betina.

Kambing Boer

Tak hanya kambing PE dan etawa yang bertubuh besar, tetapi juga kambing boer. Hewan ternak ini bahkan ukurannya bisa setara dengan anak sapi.

Sayangnya, kaki kambing boer cenderung pendek dan berlemah. Lalu, tubuhnya cenderung lebar dan panjang.

Tak heran, jika kambing boer termasuk penghasil daging terbaik. Nah, untuk dewasa jantan, kambing boer bisa tumbuh hingga 150 kg.

Sementara itu, indukan kambing boer betina ukuran tubuhnya lebih kecil. Bobot kambing boer betina bisa mencapai 90 kg.

Baca Juga: Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Setelah mengetahui jenis-jenis kambing untuk qurban, pastikan Anda tahu nilai jualnya. Lalu, berapa harga kambing qurban saat ini?


Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)


Harga Kambing Qurban

Jenis Kambing Qurban

Harga per Ekor

Kambing Jawa Randu Betina 15 kg 

Rp1.733.000

Kambing PE Cempe Usia 3 bulan

Rp2.000.000

Kambing Jawa Randu Jantan 18 kg 

Rp2.100.000

Kambing PE (Etawa x Jawa Randu) Usia 5 bulan

Rp2.500.000

Kambing Gibas 1 tahun 

Rp2.500.000

Kambing Kacang 1 tahun 

Rp2.600.000

Kambing Jawa Randu Jantan 20 kg 

Rp3.000.000

Kambing Jawa Randu Jantan 40 kg 

Rp3.500.000

Kambing PE (Etawa x Senduro Kacang) Usia 1 tahun 

Rp4.000.000

Kambing Etawa 1 tahun 

Rp5.000.000

Kambing Saanen Sapera Betina Usia 1 tahun

Rp5.000.000

Kambing Jawa Super Jantan 50 kg 

Rp5.250.000

Kambing Boer Jantan F4 Usia 1 tahun 

Rp9.000.000

Kambing Saanen Asli Betina Usia 1 tahun

Rp12.500.000

Kambing Saanen Super Impor Jantan Usia 1 tahun

Rp28.000.000

Sebagai informasi, harga kambing qurban di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga kambing qurban bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Sama seperti harga kambing boer.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kambing Qurban Semua Jenis (PE, Etawa, Boer, Cempe, dll)"