Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya

Selain aqiqah dengan kambing, para ulama memperbolehkan menggunakan hewan ternak lain dan salah satunya sapi. Namun, masih banyak orang yang bingung dengan syarat dan hukum aqiqah pakai sapi.

Ada banyak pertanyaan yang muncul seputar aqiqah, salah satunya adalah bolehkah aqiqah dengan sapi? Untuk itu, Anda perlu memahami tentang aqiqah. 

Hukum Aqiqah Pakai Sapi

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, Aqiqah merupakan salah satu sunnah yang dijalankan untuk bersyukur atas kehadiran anak. Sudah sangat terang-terangan, Rasulullah SAW mengajarkan bagaimana tata cara Aqiqah pakai sapi.

Baca Juga: Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Nabi Muhammad juga mengatakan, seorang bayi itu tergadai dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh, bayi akan dicukur rambutnya, diberi nama, dan disembelihkan hewan qurban.

Tata cara aqiqah ini kemudian dituangkan dalam Hadits Riwayat Tirmidzi. Tersurat pesan penting dalam hadits tersebut, yakni aqiqah adalah anjuran rasa syukur yang perlu dibagikan.

Rasa bahagia, nikmat, dan nasab aqiqah patut dibagikan. Sehingga, dapat dikatakan aqiqah merupakan salah satu bentuk taqarrub kepada Allah.

Namun, perlu di garis bawahi, aqiqah hukumnya bisa berubah wajib jika Anda bernazar. Semua yang dinazarkan memang wajib untuk dijalankan.

Dilansir dari NU Online, aqiqah juga sebagai manifestasi rasa syukur kepada Allah atas karunia yang dilimpahkan. Nah, untuk syarat aqiqah, berikut ulasannya. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga kambing PE.

Syarat Aqiqah Anak

Bagi Anda yang ingin mengadakan acara aqiqah anak, Anda harus mengetahui syaratnya. Disunnahkan bayi laki-laki berhak atas dua ekor kambing untuk aqiqah.

Sementara itu, anak perempuan yang baru lahir disyaratkan satu ekor kambing untuk aqiqah. Tentunya itu bisa menjadi momen aqiqah sekeluarga yang memorable.

Tak hanya kambing, Anda bisa mengganti hewan aqiqah dengan ternak lain, seperti domba, unta, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, kemudian muncul permasalahan, bagaimana jika aqiqah dengan sapi?

Keutamaan Aqiqah Pakai Sapi

Tak hanya itu, pertanyaan lainnya adalah, apakah aqiqah sapi untuk 7 orang sah. Bagaimana aqiqah dengan sapi rumaysho, dan apa syarat sapi untuk aqiqah?

Ada juga pertanyaan, 1 ekor sapi untuk berapa orang aqiqah. Lalu, aqiqah sapi untuk berapa orang laki-laki dan bolehkan sapi betina untuk aqiqah?

Dalam hal ini, Anda bisa melihat jawabannya pada kitab Kifayatul Akhyar. Berdasarkan pendapat paling sahin (al-ashshah), keutamaan aqiqah terbagi menjadi beberapa tingkatan.

Menggunakan al-badanah (unta gemuk) atau sapi, lebih utama dibandingkan dengan al-ghanam (kambing). Meskipun begitu, beberapa pendapat ulama lainnya menyatakan aqiqah kambing adalah yang utama.

Yang dimaksud dengan aqiqah kambing lebih utama adalah, mengacu pada persyaratan jumlah kambing aqiqah. Hal itu karena, sesuai dengan bunyi sunnah.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa peruntukkan atau penggunaan aqiqah pakai sapi berbeda dengan kambing. Berikut penjelasannya. Namun, mungkin Anda  tertarik juga dengan harga kambing kacang.

Keunggulan Aqiqah Pakai Sapi

Jika kambing hanya bisa digunakan untuk aqiqah seorang bayi, berbeda dengan sapi. Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang ingin aqiqah dengan sapi.

Berdasarkan Muhyiddin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, Jeddah, Maktabah Al-Irsyad, sapi boleh dikorbankan untuk sekelompok orang dengan niat berbeda.

Lebih detailnya, sapi bisa digunakan untuk aqiqah tujuh anak atau adanya isytirak (keterlibatan) sekelompok orang dalam hal sapi. Anda bisa menggunakan sapi dengan niat aqiqah, sementara beberapa berniat untuk qurban, dan lainnya berniat untuk pesta.

Sebagai contoh, ada tujuh orang yang membeli sapi secara iuran. Nah, dari tujuh orang itu, empat di antaranya berniat untuk aqiqah, dua orang berniat untuk qurban, dan lainnya hanya untuk makan besar.


Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya


Syarat Aqiqah Pakai Sapi

Usia Sapi Aqiqah

Tidak semua sapi bisa dijadikan sapi aqiqah, karena ada syaratnya. Untuk kambing, syaratnya harus sudah berusia satu tahun dan memasuki dua musim.

Untuk aqiqah pakai sapi, ternaknya sudah harus berusia dua tahun. Tak hanya itu, sapi harus sudah memasuki tahun atau musim ke tiga.

Baca Juga: Jual Kambing Aqiqah? Ini Tips Supaya Untung Banyak dan Balik Modal

Berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, hewan ternak yang belum memasuki usia syarat aqiqah hukumnya tidak sah jika dikorbankan untuk aqiqah. Ini sangat berbeda jika Anda menyembelih hewan untuk dikonsumsi sendiri.

Kesehatan Sapi Aqiqah

Sama seperti sapi qurban, sapi aqiqah harus mempunyai kondisi fisik yang baik. Syarat utama sapi aqiqah adalah kesehatannya.

Anda harus memilih sapi yang sehat, gemuk, dan tidak cacat. Pastikan juga berat sapi sesuai dengan standar dan tidak kekurangan gizi.

Supaya tahu kondisi kesehatan sapi, Anda bisa bertanya kepada penjualnya. Tak hanya itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan jika diperlukan.

Pilih jika sapi yang mendapatkan perawatan baik, yakni diberi pakan rutin dan diberi vitamin rutin. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih sapi yang sudah divaksin lengkap.

Penyembelihan Sapi Aqiqah

Untuk hewan qurban, syarat penyembelihannya dilakukan pada saat hari raya Idul Adha. Tak hanya itu, penyembelihan hewan qurban dilakukan pada hari tasyrik.

Hari tasyrik dimulai pada 10, 11, 12, hingga 13 dzulhijjah. Ini sangat berbeda dengan anjuran penyembelihan hewan aqiqah. 

Jika Anda ingin aqiqah, ternak harus disembelih pada hari ke-7 setelah kelahiran buah hati. Anda boleh melihat proses penyembelihannya atau tidak.

Sapi yang sudah disembelih harus diproses dengan cepat. Daging yang sudah dipotong dan dibersihkan bisa langsung dibagikan.

Pembagian Daging Sapi Aqiqah

Setelah daging sapi di potong-potong, timbang daging dan bagikan. Namun, Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu.

Kebanyakan orang saat ini lebih suka membagikan daging aqiqah olahan. Anda bisa memasaknya menjadi gulai, sate, dan masih banyak lagi.

Dengan cara tersebut, Anda bisa mengadakan acara makan bersama. Tentunya, ini dilakukan bersama keluarga.

Beberapa orang bahkan mengajak anak yatim dan fakir miskin dalam acara aqiqah. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa membungkusnya dan membagikan kepada tetangga.

Sebelum Anda merencanakan aqiqah pakai sapi, pastikan Anda membeli sapi yang baik. Nah, berikut tipsnya.


Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya


Tips Membeli Sapi untuk Aqiqah

  • Pilihlah lokasi pembelian yang dekat supaya lebih ekonomis.
  • Cari lapak penjual sapi atau hewan ternak terpercaya.
  • Perhatikan review konsumen yang pernah membeli di lapak ternak pilihan.
  • Tanyakan kondisi kesehatan sapi, indukan sapi, dan riwayat penyakit sapi.
  • Pastikan sapi sudah dewasa dan diberi pakan rutin.
  • Lihat kondisi kandang sapi dan pilihlah sapi yang ditempatkan di kandang bersih.

Praktikkan tips di atas saat Anda memilih sapi untuk aqiqah. Nah, untuk sapi aqiqah sendiri jenisnya beragam, berikut rinciannya.

Baca Juga: Kambing Saanen: Harga, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya

Harga Aqiqah Pakai Sapi

Jenis Sapi Aqiqah

Harga per Ekor (Rp)

Sapi Bali 260 kg - 300 kg 

Rp17.000.000 - Rp20.000.000

Sapi Brangus 260 kg 

Rp17.000.000

Sapi Madura 300 kg 

Rp19.000.000

Sapi Kupang 300 kg 

Rp25.000.000

Sapi Bali 320 kg - 400 kg 

Rp21.000.000 - Rp27.000.000

Sapi Bali 425 kg - 800 kg 

Rp30.000.000 - Rp65.000.000

Sebagai informasi, harga sapi aqiqah di atas telah kami rangkum dari forum jual beli ternak. Tentunya, harga sapi aqiqah bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap tempat. Sama seperti harga kambing jawa randu.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Aqiqah Pakai Sapi? Ketahui Harga, Jenis, Hukum, dan Syaratnya"