Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor

Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor


Jika Anda mencari kambing ras unggulan untuk aqiqah maupun qurban, mungkin kambing jawa bisa dipertimbangkan. Harga kambing jawa juga terbilang lebih murah daripada boer dan etawa.

Sebagai ras lokal, tak heran jika kambing jawa mempunyai banyak penggemar. Apalagi, jenis kambing ini sangat mudah ditemui dan sudah banyak peternaknya.

Termasuk ras yang mempunyai nilai penawaran terjangkau di kelasnya, ada banyak hal yang menentukan nilai jualnya. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Harga Kambing PE (Peranakan Etawa) Dewasa dan Cempe

Penentu Harga Kambing Jawa

Menurut penuturan beberapa owner, jenis kambing jawa termasuk dalam list harga kambing murah. Namun, itu cukup bersaing dengan harga kambing gembel dan tergantung dari usianya.

Sama seperti hewan ternak pada umumnya, semakin muda usianya, maka semakin murah harganya. Sebagai contoh, harga anak kambing umur 4 bulan jenis kambing jawa lebih murah daripada yang dewasa.

Begitu pun dengan harga kambing jawa umur 3 bulan yang lebih murah dibandingkan yang usia 5 bulan. Tak heran, jika banyak orang memilih membeli anakan kambing jika tujuannya diternak.

Gender kambing juga sangat berperan dalam menentukan nilai pasaran kambing. Sebagai contoh, harga kambing jawa jantan lebih mahal daripada betina. Juga lebih murah daripada harga kambing aqiqah lainnya.

Untuk kelas pedaging, memang hewan jantan lebih mahal. Namun, bisa lebih murah dalam kondisi tertentu.

Berdasarkan review salah satu penjual kambing, harga kambing jawa betina bisa lebih mahal jika hamil. Apalagi, jika itu sudah kehamilan kedua dan kembar tiga.

Sebelum mengetahui harga kambing jawa 2022, pastikan juga Anda mengetahui keunggulannya. Berikut ulasannya.

Keunggulan Kambing Jawa

Meskipun termasuk ras lokal, kambing jawa memiliki banyak keunggulan dan ini yang membuatnya disukai para peternak. Salah satunya adalah mempunyai daya adaptasi tinggi.

Sebagai hewan ternak lokal, kambing jawa bukan tipe ternak yang rewel. Hewan ini mampu dipelihara di berbagai macam kondisi lahan.

Anda tidak harus menyediakan kandang dekat lapangan atau area sawah. Tak hanya itu, kambing mampu hidup di daerah yang panas maupun dingin.

Karakteristik kambing jawa juga tidak terlalu agresif, sehingga bisa diternak dengan jenis ternak lainnya. Tak hanya itu, Anda bisa menjadikan satu dengan jenis kambing lainnya.

Dengan sifatnya yang adaptif, kambing jawa juga mempunyai daya imun tinggi. Bisa dibilang, kambing jawa tahan terhadap penyakit.

Keunggulan lain dari kambing jawa adalah tingkat produksi yang tinggi. Sebagai hewan pedaging, tingkat produksi sangat penting.

Tingkat produksi yang tinggi bisa mempercepat panen sekaligus meningkatkan jumlah ternak. Anda bisa mengawinkan indukan kambing jawa untuk menghasilkan cempe kualitas unggul.

Setelah itu, Anda bisa memilih untuk menjual indukan yang sudah tidak produktif sebagai hewan pedaging. Di sisi lain, Anda bisa merawat anakan untuk dijadikan indukan lagi.

Mengetahui ada banyak keunggulan kambing jawa, tak heran banyak yang tertarik ingin membelinya. Namun, Anda juga perlu mengetahui jenis kambing jawa. Sebelumnya, mungkin Anda juga tertarik dengan harga ayam cemani.


Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor


Jenis-Jenis Kambing Jawa

Kambing Jawa Randu

Salah satu jenis kambing jawa yang cukup populer di Indonesia adalah jawa randu. Mempunyai banyak nama, hewan ternak ini juga dikenal dengan bligon, koplo, gumbolo, dan kacukan.

Bukan berasal dari galur murni, kambing jawa randu adalah hasil perkawinan kambing kacang dengan kambing PE.

Untuk harga kambing jawa randu 2022 memang tidak bisa dibilang murah dibandingkan jenis lainnya. Namun, itu sebanding dengan daging yang dihasilkan.

Yang membuat harga kambing jawa randu mahal memang karena bobotnya. Berasal dari perkawinan silang peranakan etawa dan kacang, hewan ini bertubuh cukup besar.

Dibandingkan kambing kacang, bobotnya juga jauh lebih berat. Meskipun mempunyai tubuh besar, postur dan bentuk fisik kambing jawa randu sangat mirip kambing kacang. 

Tak hanya terkenal sebagai penghasil daging yang baik, kambing jawa randu juga kerap diambil susunya. Menurut review salah satu ownernya, dalam sehari, kambing jawa randu mampu menghasilkan sekitar 1,5 liter susu. 

Susu kambing baru bisa diperah ketika kambing sudah mempunyai anak. Namun, Anda tidak boleh mengambilnya secara berlebihan, karena anak kambing juga membutuhkannya.

Kambing Jawa Super

Seperti namanya, ini adalah jenis kambing jawa yang unggul. Konon, kambing ini mempunyai kualitas lebih baik daripada kambing jawa randu. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga ayam broiler.

Sebagai kambing lokal ras unggulan, banyak orang lebih suka menjadikan kambing jawa super sebagai indukan. Perkawinan antara kambing jawa super akan menghasilkan kambing jawa super unggul.

Beberapa orang lebih suka memelihara kambing jawa super betina dan jantan untuk dikawinkan. Setelah tingkat produktivitasnya menurun, barulah mereka menjualnya sebagai kambing konsumsi.

Perawakan kambing jawa super juga terlihat lebih besar dibandingkan kambing jawa randu. Meskipun begitu, jarang ada yang mengambil susunya untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Harga Kambing Boer Anakan dan Dewasa (Fullblood & Peranakan)

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis kambing jawa, mungkin Anda tertarik untuk memeliharanya. Supaya lebih mudah, berikut tipsnya.

Tips Memelihara Kambing Jawa

Kandang Kambing Jawa

Sebelum ternak atau memelihara kambing jawa, Anda harus menyiapkan kandangnya. Selain itu, pilihlah lahan atau lokasi yang bersih dan dekat sumber air.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk. Beberapa orang bahkan memiliki lahan khusus untuk membuat kandang kambing.

Buat kandang kambing dengan sistem terkoleksi berdasarkan kategori usia. Anda bisa memasang sekat untuk setiap ruang di dalam kandang.

Siapkan ruang khusus dalam kandang untuk indukan yang hamil, indukan yang dikawinkan, dan indukan jantan. Anda juga harus menyiapkan ruang khusus untuk anakan kambing yang akan dipelihara.

Bibit Kambing Jawa

Pilihlah bibit kambing jawa yang sehat dan tidak cacat. Sebaiknya, untuk jumlahnya Anda memilih berdasarkan kebutuhan.

Jika Anda ingin ternak kambing jawa untuk dijual sebagai pedaging, siapkan jumlah indukan kambing jantan lebih banyak daripada betina. Namun, jika Anda ingin ternak dalam jangka waktu panjang, siapkan bibit betina lebih banyak.

Perawatan Kambing Jawa

Anda harus rajin memberikan pakan pada kambing supaya kambing tidak stres. Berikan rumput hijau sebagai pakan organik diselingi dengan pakan buatan atau konsentrat.

Untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan kambing jawa, berikan juga vitamin dan suplemen. Anda bisa mendapatkannya di toko ternak atau secara online di situs jual beli online.

Pakan bisa diberikan sebanyak 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Berdasarkan rekomendasi salah satu peternak, seekor kambing jawa sebaiknya diberi makan sebanyak 3 kg sekali makan.

Tak hanya makan, Anda harus membersihkan kandang kambing setiap hari, minimal 2 kali sehari. Anda juga harus rutin memandikan kambing dan memotong kukunya.

Supaya tetap sehat, berikan vaksin pada kambing dan semprot kandang dengan cairan disinfektan. Itu mencegah penyakit akibat bakteri dan virus.

Baca Juga: Harga Kambing Etawa (Jantan, Betina, Anakan, Dewasa, Grade A, & B)

Mengetahui cara merawat kambing jawa yang gampang-gampang susah, berapa harga kambing jawa saat ini? Tentunya berbeda dengan harga ayam kalkun.


Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor


Harga Kambing Jawa

Berat Kambing Jawa

Harga per Ekor

Kambing Jawa Randu Betina 15 kg 

Rp1.733.000

Kambing Jawa Randu Jantan 18 kg 

Rp2.100.000

Kambing Jawa Randu Jantan 20 kg 

Rp3.000.000

Kambing Jawa Randu Jantan 40 kg 

Rp3.500.000

Kambing Jawa Super Jantan 50 kg 

Rp5.250.000

Sebagai informasi, harga kambing jawa di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kambing. Tentunya, harga kambing jawa bisa berubah sewaktu-waktu dan berbeda di tiap daerah. Itu sama seperti harga ayam petelur.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kambing Jawa Randu dan Super di Pasaran per Ekor"