Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Sebagai perwujudan syukur atas lahirnya buah hati, sebagai kaum Muslim, kita disunahkan untuk menjalankan aqiqah. Nah, kebanyakan orang akan memilih kambing sebagai hewan yang diqurbankan. Harga kambing aqiqah sendiri bervariasi, tergantung jenisnya.

Penentu Harga Kambing Aqiqah

Paket Kambing Aqiqah

Selain karena nilai jual yang lebih murah dibandingkan harga domba aqiqah, kambing mudah didapatkan. Alagai, sudah banyak yang jual kambing terdekat.

Khusus untuk persyaratan aqiqah, beberapa penjual ada yang menerapkan harga paket. Tentunya, nilai jual kambing aqiqah seperti ini dipaketkan untuk mempermudah para pembeli.

Baca Juga: Harga Burung Nuri Kepala Hitam (Anakan, Dewasa, per Ekor, & Pasang)

Bagi kaum yang masih awam, tak jarang kebingungan dengan harga kambing aqiqah anak perempuan. Ada juga yang bingung dengan harga kambing aqiqah anak laki-laki.

Lokasi Pembelian Kambing Aqiqah

Dengan adanya sistem paket harga kambing aqiqah 2022, orang bisa menghitung nilai belinya dengan mudah. Ini juga yang membuat orang bisa memperkirakan budget dengan mudah.

Sementara kambing harga jualnya tidak murah, mungkin Anda bisa mencari lapak yang jual kambing aqiqah terdekat. Ini sangat memengaruhi harganya.

Jika Anda memaksakan diri membeli kambing di tempat yang jauh, kemungkinan harganya bisa mahal. Karena, harus membayar biaya pengiriman. Itu sama seperti harga burung prenjak.

Namun, harga kambing aqiqah terdekat bisa lebih murah. Karena, Anda tidak perlu membayar biaya shipping.

Selain itu, nilai jual kambing aqiqah di tiap daerah berbeda. Sebagai contoh, harga kambing aqiqah Cilegon tidak sama dengan harga kambing Aqiqah Medan.

Begitu juga dengan harga kambing Aqiqah Semarang. Tentunya akan berbeda dengan harga kambing aqiqah Bandung.

Jumlah Kambing Aqiqah

Jumlah kambing aqiqah juga mempengaruhi harganya. Untuk satu paket aqiqah laki-laki, tentunya lebih mahal daripada paket perempuan.

Syarat aqiqah anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor. Tentunya, harga 2 ekor kambing aqiqah lebih mahal daripada seekor.

Namun, harga 1 ekor kambing aqiqah bisa lebih mahal jika itu adalah jenis unggulan. Selain itu, jika ukurannya lebih besar dan beratnya melebihi dua ekor kambing.

Sebelum Anda menawar harga kambing aqiqah, pastikan juga Anda mengetahui syaratnya. Berikut syarat kambing aqiqah.

Syarat Kambing Aqiqah

Kondisi Fisik Kambing Aqiqah

Salah satu syarat kambing bisa dijadikan kambing aqiqah adalah kondisi fisik yang baik. Itu artinya, kambing tidak cacat, beratnya sesuai, cukup umur, dan sehat.

Sangat penting memilih kambing sebelum membelinya. Jika Anda kurang paham dengan kondisi fisik kambing, Anda bisa menanyakannya pada penjual.

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari membeli kambing yang sehat. Salah satunya adalah daging yang bergizi dan rasanya yang lezat.

Umur Kambing Aqiqah

Salah satu penentu kambing sudah bisa dijadikan kambing aqiqah adalah usianya. Pastikan kambing harus mempunyai usia yang tepat.

Merujuk pada hadits Nabi Muhammad, hewan aqiqah yang belum cukup umur mengakibatkan aqiqahnya tidak sah. Sehingga, sia-sia saat menjalankan ibadah sunnah tersebut.

Untuk kambing, usianya sudah cukup jika mencapai satu tahun. Selain itu, kambing harus sudah masuk musim kedua. Sebelumnya, mungkin Anda tertarik dengan harga burung merpati balap.

Ada juga kriteria jadza'ah jika Anda ingin menjadikan domba untuk aqiqah. Domba bisa dijadikan sebagai hewan aqiqah jika usianya mencapai 6 bulan hingga 1 tahun.

Waktu Penyembelihan Kambing Aqiqah

Sangat penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat menjalankan ibadah aqiqah. Jika hari raya qurban, maka penyembelihan kambing dilakukan pada hari raya Idul Adha dan hari tasyirik.

Hari tasyrik jatuh pada 10, 11, 12, dan 13 dzulhijjah. Sementara untuk penyembelihan hewan aqiqah sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Penyembelihan kambing disunnahkan dilakukan pada hari ke-7 setelah anak dilahirkan. Itu harus dilakukan oleh penjagal khusus.

Pemberian Daging Kambing Aqiqah

Setelah kambing disembelih dan dipotong-potong, daging bisa langsung dibagikan. Namun, ada ketentuan dalam pembagian hewan aqiqah.

Baca Juga: Harga Ikan Channa di Shopee (Limbata, Red Barito, Maru, dll)

Pembagian daging qurban aqiqah bisa diberikan secara mentah atau sudah dimasak atau siap santap. Daging boleh diberikan kepada siapa saja, seperti tetangga, saudara, teman, fakir miskin, dan sebagainya.

Selain syarat di atas, Anda harus tahu jenis-jenis kambing aqiqah yang ada di tanah air. Berikut rinciannya.


Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan


Jenis-Jenis Kambing Aqiqah

Kambing Kacang

Sebagai kambing lokal, kambing kacang termasuk jenis yang populer untuk aqiqah. Cukup mudah ditemui di pelapak lokal, ciri khas kambing ini adalah badannya yang kecil dan pendek.

Kambing tersebut juga mempunyai telinga pendek dengan punggung meninggi. Untuk bobot kambing kacang, mampu mencapai 25 kg untuk betina dan 30 kg untuk jantan.

Sementara itu, warna kambing kacang terbilang variatif. Seekor kambing kacang bisa mempunyai warna bulu kombinasi putih, hitam, dan cokelat.

Kambing Etawa

Bukan jenis lokal, kambing etawa banyak diekspor dari India untuk indukannya. Kemudian, dikembangbiakkan di Indonesia.

Selain terkenal sebagai penghasil susu, kambing etawa kerap dijadikan kambing aqiqah. Beberapa konsumen juga menjadikannya sebagai kambing pedaging.

Ciri khas kambing etawa adalah ukuran tubuhnya yang relatif besar. Tinggi kambing etawa bisa mencapai 130 cm untuk jantan dan 92 cm untuk betina.

Sementara itu, beratnya bisa mencapai 100 kg untuk jantan dan 63 kg untuk betina. Dengan tubuh dan bobot yang maksimal, tak heran jika harga kambing etawa tidak murah.

Selain itu, kambing etawa mempunyai telinga panjang yang terkulai ke bawah. Untuk kambing jantannya biasanya mempunyai tanduk yang pendek.

Kambing PE (Peranakan Etawa)

Jika Anda mencari kambing lokal unggulan untuk aqiqah, kambing PE bisa menjadi pilihan yang baik. Ini merupakan peranakan dari kambing etawa dan kambing kacang lokal.

Sudah banyak yang mengembangbiakkannya di Nusantara, kambing PE memiliki kemiripan dengan etawa. Hanya saja, ukuran tubuhnya lebih kecil dari etawa.

Namun, jika diperhatikan lagi ukuran kambing PE lebih  besar dibandingkan kambing kacang Hewan ternak ini juga bertelinga panjang dan terkulai.

Sementara itu, bulunya berwarna coklat muda hingga kehitaman. Berat kambing PE betina bisa mencapai 35 kg. Sementara kambing PE jantan bisa tumbuh dengan bobot hingga 40 kg.

Kambing Gibas

Salah satu jenis kambing yang cukup populer sebagai kambing pedaging adalah kambing gibas. Selain kerap dijadikan kambing qurban banyak yang menjadikannya sebagai kambing aqiqah.

Berbeda dengan jenis kambing lainnya, kambing gibas berekor tipis. Tubuhnya juga relatif kecil dan bulunya kasar.

Meskipun dagingnya tidak terlalu banyak jika dibandingkan jenis etawa, banyak yang menginginkannya. Hal ini karena harga kambing gibas cenderung lebih murah dibandingkan kambing PE.

Baca Juga: Harga Burung Kutilang (Anakan, Dewasa, Emas, Jawa, Sutra, dll)

Setelah mengetahui jenis-jenis kambing aqiqah, jangan lupa mengecek nilai jualnya. Lalu, berapa harga kambing aqiqah? Tentunya berbeda dengan harga burung serindit.


Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan


Harga Kambing Aqiqah

Jenis Kambing Aqiqah

Harga per Ekor

Kambing Gibas 1 tahun 

Rp2.500.000

Kambing Kacang 1 tahun 

Rp2.600.000

Kambing PE (Peranakan Etawa) 

Rp2.700.000

Kambing Etawa 1 tahun 

Rp5.000.000

Sebagai informasi, harga kambing aqiqah di atas telah kami rangkum dari forum jual beli kambing. Tentunya, harga kambing aqiqah tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Itu sama seperti harga burung wambi.
Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Harga Kambing Aqiqah untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan"