Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Ikan Kerapu (Air Tawar dan Laut) per 1 Kg di Pasaran

Update Harga Ikan Kerapu (Air Tawar dan Laut) per 1 Kg di Pasaran

Selain salmon dan tuna, beberapa orang memilih kerapu karena tekstur daging yang empuk. Harga ikan kerapu 1 kg di pasaran tergantung dari variannya.

Ada kerapu air laut dan tawar. Umumnya, harga ikan kerapu air tawar lebih terjangkau dibanding air laut.

Tak hanya itu, faktor yang membuat mahal hewan air laut ini adalah ukurannya. Konon, harga ikan kerapu besar lebih mahal dibanding kecil.

Baca Juga: Harga Ikan Channa Asiatica (Baby, Bibit, & Dewasa) per Ekor

Beberapa orang juga beranggapan, kerapu hias lebih tinggi nilai jualnya. Harga kerapu putih albino misalnya, termasuk list harga ikan kerapu termahal saat ini.

Sebelum membahas lebih jauh tentang harga ikan kerapu per kilo, Anda juga perlu mengetahui sejarahnya. Berikut adalah asal ikan tersebut.

Asal Ikan Kerapu

Termasuk famili Serranidae, kerapu atau yang disebut grouper dipercaya berasal dari Amerika Selatan. Ada juga yang mengatakan, ikan yang tinggal di karang ini berasal dari Portugis.

Juga dikenal dengan nama groper, habitat ikan ini meliputi jenis perairan. Meskipun umum, ditemukan di karang, kerapu juga ada di muara sungai, laut dangkal dan laut dalam.

Namun, kerapu lebih banyak dijumpai di lautan tropis. Sementara itu, di Indonesia, ikan ini banyak dijumpai di pesisir Aceh, Jawa Timur, dan Lampung.

Ada juga yang menangkapnya di Sumatera Utara, Bali, dan Berau. Bisa dibilang, saat ini, persebaran kerapu sangat luas di perairan Tanah Air.

Kerap disangka ikan hias, kerapu memang memiliki bentuk fisik yang unik. Sebagian besar juga terlihat cantik. Nah, jika Anda penasaran dengan ciri-ciri morfologinya, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Ciri-Ciri Ikan Kerapu

Kepala Ikan Kerapu

Kepala ikan kerapu cenderung agak lebar dengan mata menonjol. Bagian atas matanya terdapat kelopak mata yang terlihat jelas.

Mulut ikan ini berongga lebar dan menyerong ke tas. Sementara itu, bagian bawah mulutnya agak menonjol ke depan melebihi mulut atasnya.

Bibir ikan ini juga tebal dan keras dengan gigi tajam yang sedikit mencuat. Bagian mulutnya tersambung dengan dua insang di sisi kanan dan kiri mulut.

Sirip Ikan Kerapu

Hewan air ini cenderung bertubuh pipih dan lebar. Pada tubuhnya terdapat sirip kecil sebagai tanda hewan ini suka berenang lamban.

Sirip perut ikan ini berada tepat di bawah sirip dada. Sementara itu, sirip punggungnya hanya satu dan memanjang ke belakang.

Ciri khas ikan kerapu juga terletak pada sirip ekornya yang cenderung bulat. Lalu, semua tubuhnya dilapisi sisik yang cukup keras dan kecil.

Berat Ikan Kerapu

Untuk ukuran pasaran, ikan kerapu bisa mencapai berat 500 gr hingga 600 gr. Namun, di alam bebas, hewan air ini bisa mencapai 1 kg atau 1000 gr.

Namun, ada juga ikan kerapu yang bobotnya bisa mencapai 1,2 kg atau 1.200 gr. Umumnya ini tergantung dari kedalaman dan luas air.

Selain itu. tergantung dari jenis pakannya. Untuk ikan kerapu budidaya, umumnya diberi pakan ikan rucah dan pelet yang kandungan protein dan lemaknya sudah tertakar.

Sementara itu, ikan kerapu yang ada di perairan bebas biasanya makan hewan-hewan kecil yang ada. Umumnya, mereka suka udang, kepiting kecil, dan ikan kecil yang mengandung protein dan lemak lebih banyak.

Tak puas hanya mengetahui asal ikan kerapu. Sebelum mengetahui harga ikan kerapu, Anda juga perlu memahami karakteristiknya.

Karakteristik Ikan Kerapu

Hewan air yang berbentuk unik ini termasuk jenis ikan predator. Ini bisa dilihat dari susunan gigi yang tidak terlalu rapi dan mencuat.

Umumnya, kerapu memangsa crustacea seperti udang-udangan dan kepiting saat masih muda. Seiring bertambahnya usia, hewan air ini lebih sering memangsa ikan-ikanan.

Dilansir dari berbagai sumber, makanan yang sangat disukai kerapu adalah udang jebung, krosok, dan dongol. Tak hanya itu, spesies ini kerap memangsa teri, belanak, tembang, baronang, jenaha, dan cumi.

Baca Juga: Harga Kucing 3 Warna Jantan Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Berdasarkan pakannya, bisa disimpulkan bahwa ikan ini tergolong karnivora. Dengan sumber makanan berprotein tinggi, tak heran daging kerapu mengandung gizi lengkap. Ini juga yang membuat harga ikan kerapu per kg di pasaran tidak murah.


Update Harga Ikan Kerapu (Air Tawar dan Laut) per 1 Kg di Pasaran


Kandungan Gizi Ikan Kerapu per 100 gr

  • 100 kcl Kalori.
  • 19,2 gr Protein.
  • 36,5 mcg Selenium.
  • 0,26 gr Omega 3.
  • 162 mg Fosfor.
  • 0,3 mg Vitamin B6.
  • 0,75 mg Vitamin B5.
  • 0,6 mcg Vitamin B12.

Dengan kandungan gizi di atas, ikan kerapu memiliki banyak manfaat baik jika dikonsumsi secara cukup. Sebagai contoh, daging ikan ini mampu membantu tumbuh kembang anak.

Sementara itu, di pasaran sendiri daging ikan kerapu tidak hanya dijual dalam bentuk utuh. Ada juga yang menjualnya per ekor dengan takaran sekilo. Umumnya, harga ikan kerapu per kg tahun 2022 dibedakan dari jenisnya seperti berikut.

Harga Ikan Kerapu per Kg

Macan

Ikan kerapu macan merupakan salah satu jenis yang terancam punah. Cirinya, memiliki sisik dengan corak totol dan loreng seperti macan.

Harga ikan kerapu macan juga terbilang mahal, yakni berkisar Rp120.000-Rp130.000 per kg. Ini karena sulitnya mendapatkan jenis tersebut.

Air Tawar

Ikan kerapu air tawar termasuk jenis yang umum di pasaran. Ciri khasnya terlihat dari warnanya yang cenderung gelap.

Meskipun begitu, harga ikan kerapu air tawar tidaklah murah, yakni sekitar Rp300.000-Rp500.000 per kilo. Karena ini tergolong ikan musiman di pasar.

Tikus

Ikan kerapu tikus memiliki ciri khas sisik berwarna abu-abu keputihan. Terdapat pula bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya.

Harga ikan kerapu tikus berkisar Rp390.000-Rp450.000 per kg. Meskipun begitu, keberadaannya juga jarang.

Lumpur

Seperti namanya ikan kerapu lumpur sangat mudah ditemukan di daerah yang berlumpur. Spesies ini juga kerap dijumpai di daerah karang.

Harga ikan kerapu lumpur dipatok mulai Rp150.000-Rp200.000 per kg. Umumnya mencapai ratusan ribu rupiah per kilo.

Kertang

Ikan kerapu kertang tergolong jenis terbesar dibandingkan kerapu lainnya. Ukurannya bisa mencapai 1,5 m.

Ciri khasnya adalah seluruh tubuh yang berwarna hitam. Harga ikan kerapu kertang di pasaran mulai Rp170.000-Rp250.000 per kg.

Cantang

Ikan kerapu cantang adalah keturunan dari kerapu macan dan kertang. Ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan mudah dibudidayakan.

Harga ikan kerapu cantang di pasaran terpaut Rp150.000-Rp350.000 per kg. Ada juga yang menawarkannya Rp500 ribu per ekor.

Batu

Ikan kerapu batu memiliki warna sisik mirip dengan kerapu tikus. Namun, warnanya lebih gelap.

Harga ikan kerapu batu juga tidak murah, yakni mulai Rp250.000-Rp300.000 per kg. Umumnya, spesies ini dipasarkan dalam bentuk fillet.


Update Harga Ikan Kerapu (Air Tawar dan Laut) per 1 Kg di Pasaran


Kustang

Ini adalah hasil hybrid dari perkawinan silang kerapu tikus dan kertang. Umumnya, ikan ini memiliki tubuh yang besar dan berdaging banyak.

Harga ikan kerapu kustang mulai Rp400.000-Rp500.000 per kilo. Ikan dalam bentuk fillet dinilai lebih murah dibandingkan utuh.

Sunuk

Kerapu sunuk memiliki ciri khas berkulit merah menyala dengan bintik biru di sekujur tubuhnya. Harga ikan kerapu merah ini mahal, apalagi jika masih hidup.

Harga ikan kerapu sunuk mulai Rp360.000-Rp400.000 per kg. Namun, ada juga yang menawarkannya lebih miring untuk potongan kepalanya saja.

Batik

Ikan kerapu batik mempunyai ciri khas berwarna cokelat dan berbintik-bintik. Hewan ini konon cukup langka.

Tak heran jika harga ikan kerapu batik dinilai tidak murah, yakni mulai Rp200.000-300.000 per kilo. Umumnya, hewan ini dijual segar per ekor.

Cantik

Ikan kerapu cantik adalah hasil perkawinan kerapu macan dan batik. Spesies ini terbilang cukup umum di pasaran.

Meskipun begitu, harga ikan kerapu cantik berkisar Rp150.000-Rp250.000 per kilo. Ada juga yang menjualnya per ekor.

Putih Albino

Selain ada varian ikan kerapu konsumsi, ada juga kerapu hias, yakni kerapu putih albino. Harga ikan kerapu putih albino sultan ini berkisar Rp700.000-Rp1.500.000 per ekor. 

Spesies tersebut dijual dalam keadaan hidup dengan ciri bersisik putih dan bermata merah. Umumnya, spesies ini dipelihara dalam tank aquarium.

Baca Juga: Harga Anak Anjing Husky (Stambum dan Non STB) per Ekor

Sebagai informasi, harga ikan kerapu di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Tentunya, nilai jual ikan kerapu tidak terikat dan bisa berbeda di tiap daerah.

Selain itu, harga ikan kerapu bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan kerapu tahun 2022 terbilang stabil.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Ikan Kerapu (Air Tawar dan Laut) per 1 Kg di Pasaran"