Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Harga Kucing Bombay (Anakan & Dewasa) dan Cara Memeliharanya

Update Harga Kucing Bombay (Anakan & Dewasa) dan Cara Memeliharanya

Kucing hitam jenis Bombay merupakan salah satu hewan yang cukup diminati saat ini. Meskipun harga kucing Bombay tidak murah, itu tak menjadi masalah bagi sebagian orang.

Harga kucing hitam ini konon bisa disandingkan dengan harga kucing ocicat. Namun, itu tidak termasuk dalam list kucing termahal di dunia.

Beberapa orang biasanya lebih menyukai untuk mengadopsi anak kucing bombay daripada indukan atau dewasa. Karena, harga anak kucing bombay atau kitten dinilai lebih terjangkau.

Baca Juga: Update Harga Kucing Hutan Norwegia Kitten (Anakan) & Dewasa per Ekor

Kepopuleran kucing bombay juga diklaim dari nilai jualnya yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga kucing Anggora. Tak hanya itu, Bombay lebih terjangkau dibandingkan harga kucing Persia dan harga kucing American curl.

Meskipun memiliki nilai jual yang tidak terlalu mahal dibandingkan ras lainnya, pamor Bombay tidak kalah dengan spesies lainnya. Anabul ini bahkan sering masuk dan dibicarakan di forum jual beli kucing.

Dengan iklan jual atau beli kucing Bombay, ini membuat orang-orang tertarik. Biasanya, spesies ini dijual dalam bentuk kitten atau dewasa usia satu tahun.

Nah, sebelum mengetahui harga kucing hitam ini, Anda juga perlu mengetahui sejarahnya. Berikut adalah asal usul kucing Bombay.

Asal Kucing Bombay

Kucing Bombay Amerika

Meskipun bernama Bombay, yakni sebuah pelabuhan di India, si hitam manis ini tidak berasal dari Negara Bollywood. Bombay berasal dari Amerika dan sudah ada sejak 1950-an akhir.

Keberadaan Bombay tidak muncul secara alami, tetapi melalui sebuah eksperimen yang dilakukan seorang peternak kucing. Nikki Horner, seorang breeder kucing dari Louisville menginginkan kucing dengan penampilan mirip Panther.

Panther adalah macan hitam dari India yang terlihat sangat garang. Namun, dibalik penampilannya yang hitam legam, Horner menginginkan kucing yang jinak.

Breeding Kucing Bombay

Untuk mewujudkan keinginannya, Horner mengawinkan kucing ras Burma berwarna gelap dengan American Shorthair hitam solid. Keturunan dia spesies ini menghasilkan kucing berwarna hitam solid. 

Dinamakan Bombay, anabul ini mendapatkan pengakuan atas jenisnya pada 1976. Mamalia mungil ini diakui CFA (Cat Fabciers Association) sebagai kucing ras.

Organisasi internasional lain yang mengakui Bombay adalah ACFACAT (American Cat Fancier Association). Selain itu disusul dengan TICA (The International Cat Association). 

Kepopuleran Kucing Bombay

Dengan diakui banyak organisasi kucing dunia, Bombay menjadi sangat populer. Itu, terlepas dari rumor kucing hitam pembawa sial.

Ini membuat si hitam manis tersebut juga kerap muncul di berbagai acara TV. Tak hanya itu, banyak orang yang menginginkannya sebagai hewan peliharaan.

Persebaran Bombay tidak hanya meluas ke Benua Eropa dan sekitarnya, tetapi juga Asia. Bahkan, saat ini Bombay sudah cukup populer di tanah air.

Selain itu, Bombay sangat populer berkat sifatnya yang menggemaskan. Berikut adalah karakteristik kucing hitam ini, sebelum Anda mengetahui harga kucing Bombay.

Karakteristik Kucing Bombay

  • Adaptif dengan lingkungan baru.
  • Aktif dan suka bermain.
  • Bisa bergaul dengan peliharaan lain.
  • Ramah dengan anak kecil.
  • Suka bermain dengan anak kecil.
  • Tenang dan kalem.
  • Sangat manja dan suka duduk di pangkuan ownernya.
  • Cerdas dan bisa dilatih.

Nah, sebelum membahas harga kucing Bombay hitam, sebaiknya Anda mengetahui bentuknya. Kerap disamakan dengan kucing domestik, berikut ciri-ciri kucing Bombay.


Update Harga Kucing Bombay (Anakan & Dewasa) dan Cara Memeliharanya


Ciri-Ciri Kucing Bombay

Wajah Kucing Bombay

Termasuk kucing berukuran sedang, Bombay memiliki wajah cenderung agak bulat. Rahangnya tegas dengan pipi agak sedikit gembul.

Jarak antara dua telinganya cukup dekat dengan telinga yang lebar dan memanjang. Telinga ini menghadap ke atas dan tegak.

Baca Juga: Update Harga Kucing Persia Dibawah Rp500 Ribu (Kitten dan Dewasa)

Hidung kucing hitam ini cenderung mungil dan tentunya berwarna gelap. Kumisnya juga panjang dengan mulut dan bibir berwarna hitam.

Ciri khas dari Bombay adalah terletak pada matanya yang membulat. Warnanya terbagi menjadi dua, yakni tembaga, emas, dan hijau.

Bulu Kucing Bombay

Seperti yang telah dijelaskan, Bombay memiliki bulu berwarna hitam colid. Ciri khasnya adalah bulu ini mengilap saat terpapar sinar matahari.

Selain itu, bulu Bombay cenderung pendek, lebat, dan tebal. Teksturnya sendiri mudah disisir dan dan diatur.

Menurut review beberapa owner, kucing Bombay cenderung berbulu halus dan lembut. Ini lah yang membuatnya disebut sebagai mini panther.

Tubuh Kucing Bombay

Sekilas, mungkin Anda akan mengira kucing Bombay adalah kucing domestik. Karena bentuk fisiknya memang mirip dengan domestik, hanya saja lebih besar.

Anabul ini memiliki bentuk fisik mirip dengan Burma. Yang membedakannya adalah tubuh yang lebih berotot, tulang lebih besar, dan bagian dada cenderung melebar.

Tak hanya itu, spesies ini memiliki pertumbuhan cepat. Namun, Anda juga perlu waspada karena si hitam ini juga mudah gembul.

Ukuran badan kucing jantan lebih besar daripada betina. Anabul jantan ini bisa tumbuh dengan bobot maksimal 5 kg.

Sementara itu, betina lebih ringan dengan berat maksimal hingga 3 kg. Meskipun begitu ada juga betina berbobot 4 kg.

Dengan mengetahui morfologis Bombay di atas, Anda bisa mengenali anabul yang ingin Anda adopsi adalah kucing Bombay atau bukan. Sebelum mengetahui harga kucing Bombay, Anda perlu memperhatikan cara merawat atau memeliharanya seperti berikut.

Cara Memelihara Kucing Bombay

  • Bersihkan kandang kucing setiap hari minimal dua kali sehari.
  • Ganti air minumnya setiap pagi dengan air matang yang bersih.
  • Mandikan kucing setiap bulan sekali untuk mencegah kutu dan jamur.
  • Gunakan shampo anti kutu untuk kucing yang rentan berkutu.
  • Grooming harus dilakukan setiap 2 bulan sekali.
  • Telinga kucing harus dibersihkan setiap 2 minggu supaya tidak infeksi.
  • Potong kuku kucing supaya tidak melukai dirinya sendiri.
  • Tidak disarankan memberikan makanan manusia kepada kucing.
  • Berikan pakan yang berlemak sedang atau sedikit.
  • Pakan harus mengandung kalori dan protein seimbang.
  • Supaya tidak bosan, pakan basah dan kering diberikan secara berselang-seling.
  • Untuk mengatasi rasa bosan kucing, berikan juga snack kesukaannya.
  • Vitamin dan vaksin harus diberikan dengan dosis dan kebutuhan yang sesuai.
  • Obat-obatan kucing juga perlu diberikan pada anabul yang sakit.
  • Sikat gigi kucing secara rutin sambil memandikannya.

Supaya kucing Bombay lebih terjaga kesehatannya, bawalah anabul ini ke dokter hewan secara rutin. Ini tidak hanya untuk cek kesehatan, tetapi juga untuk vaksin dan pemberian vitamin.

Dengan cara merawat yang tepat, spesies ini mampu hidup dalam waktu yang panjang. Apalgi, diketahui mamalia mungil ini memiliki daya tahan tinggi.

Nah, sebelum mengetahui harga kucing Bombay, Anda pastinya penasaran dengan kisaran umurnya. Berikut adalah perkiraan usia maksimal kucing Bombay.

Perkiraan Usia Kucing Bombay

Jika Anda melakukan cara pemeliharaan yang tepat dan rutin membawanya ke dokter hewan, kucing ini mampu berumur panjang. Diperkirakan, Bombay bisa mencapai usia maksimal 15 tahun.

Namun, ada juga kucing yang bisa hidup selama 20 tahun. Pastikan juga Anda tidak terlalu mengekang hewan ini karena Bombay memiliki sisi liar.

Stres pada kucing juga bisa memicu berkurangnya usia hewan tersebut. Selain itu, pastikan Anda memperhatikan makanannya dengan baik.

Setelah mengetahui fakta menarik tentang Bombay di atas, beberapa orang semakin tertarik mengadopsinya. Lalu, berapa harga kucing Bombay saat ini? Berikut rinciannya.


Update Harga Kucing Bombay (Anakan & Dewasa) dan Cara Memeliharanya


Harga Kucing Bombay

  • Kucing Bombay Anakan (Kitten): Rp1.000.000-Rp2.000.00 per ekor.
  • Adult Bombay Cat Jantan atau Betina: Rp2.800.000-Rp7.200.000 per ekor.
  • Indukan Bombay Jantan atau Betina Impor Asli: Rp10.400.000-Rp28.100.000 per ekor.

Informasi tentang harga kucing Bombay di atas kami dapatkan dari forum jual beli kucing. Seperti hewan peliharaan lainnya, nilai jual anabul hitam ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga kucing bombay tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, kucing Bombay anakan dibanderol Rp950 ribu-Rp1,5 juta per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp1 juta hingga Rp2 juta per ekor.

Baca Juga: Updat Harga Kucing Anggora Termurah di Bawah Rp500 Ribu (Anakan dan Dewasa)

Tak hanya itu, harga kucing Bombay bisa berbeda di setiap daerah. Jika Anda ingin mengetahui harga kucing Bombay teraktual, Anda bisa mengunjungi petshop terdekat.

Pochin Pochini
Pochin Pochini Hello there! I Hope you like this content ..... Ngopi bareng yuk...

Post a Comment for "Update Harga Kucing Bombay (Anakan & Dewasa) dan Cara Memeliharanya"